Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Contoh Konsumen di Bidang Barang

Sebutkan contoh konsumen di bidang barang? Barang adalah benda yang secara fisik dapat dilihat, diraba, dan dimiliki dan dimanfaatkan oleh konsumen. Konsumen barang adalah individu atau kelompok yang membeli barang dan mengggunakan nilai gunanya untuk berbagai kepentingan. Ada banyak sekali contoh pengguna atau customer di bidang barang yang akan kosngosan.com bahas sesaat lagi

Barang itu berwujud, atau juga bisa seperti benda abstrak yang berbentuk kepemilikan seperti saham atau obligasi. Barang punya nilai ekonomi dan dapat diperjual belikan di pasar. Barang itu diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi oleh konsumen baik secara individu atau perusahaan.

Apa bedanya antara barang dan jasa? Keduanya terletak pada sifat fisik, dimana barang punya bentuk fisik, sedangkan jasa merupakan suatu layanan yang dinikmati dari penyedia jasa.

Konsumen di bidang jasa tentunya berperan penting dalam perekonomian karena permintaan customer akan menciptakan lapangan pekerjaan. Angka konsumsi barang yang tinggi bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Ini akan meningkatkan permintaan dan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.


Contoh Konsumen Bidang Barang

Contoh Konsumen Bidang Barang

Apa saja contoh konsumen di bidang barang (good customer) ? Berikut beberapa contoh yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari hari :


Konsumen Barang Elektronik

Ini adalah seseorang yang membeli dan menggunakan barang elektronik seperti smartphone, perlengkapan rumah tangga dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan. Beberapa contohnya antara lain seperti smartphone, kulkas, laptop, ac, kipas angin dan sebagainya


Barang Otomotif

Seseorang yang membeli barang seperti kendaraan mobil, sepeda motor, kapal laut, pesawat jet, kendaraan listrik dan untuk transportasi pribadi adalah salah satu contoh konsumen bidang barang.

Barang otomotif dibeli dan dimanfaatkan untuk kepentingan transportasi dan mobilitas. Misalnya pekerja kantoran yang ingin berangkat kerja dari rumah ke kantor yang jaraknya cukup jauh.


Konsumen Pakaian

Contoh konsumen lainnya adalah pakaian. Seperti kalian yang membeli pakaian, kaos, kemeja, celana, sepatu dan outfit lainnya untuk keperluan berpakaian sehari-hari maupun acara khusus.

Ada banyak kombinasi outfit yang dipakai dan menjadikan manusia sebagai konsumen yang paling sering membeli pakaian untuk memenuhi gaya hidupnya. Industri fast fashion juga membuat konsumen pakaian banyak.


Makanan atau Kuliner

Seseorang yang membeli bahan makanan seperti sayuran, daging, dan beras untuk memasak di rumah. Manusia sebagia subjek yang membutuhkan makanan demi kelangsungan hidupnya. Ini merupakan salah satu contoh konsumen di bidang barang, lebih tepatnya barang bidang kuliner.


Kosmetik

Industri skincare atau produk kecantikan kerap kaitannya dengan kebutuhan wanita. Seseorang yang membeli produk perawatan kulit atau kosmetik seperti krim wajah, sabun, atau parfum. Ini adalah contoh konsumen bidang barang


Konsumen Barang elektronik

Manusia modren saat ini membutuhkan perangkat atau produk elektronik. Ini adalah perangkat prinsip elektronika dalam operasinya dan melibatkan penggunaan arus listrik serta komponen elektronik untuk mengontrol aliran dan penyimpanan informasi.

Seseorang konsumen barang elektronik membeli peralatan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, ac, kipas angin, televisi, oven dan barang lainnya untuk kebutuhan rumah tangga sehari hari


Konsumen Furnitur dan Perabotan

Konsumen yang membeli perabot yaitu peralatan yang digunakan untuk mengisi dan melengkapi kebutuhan di rumah, kantor dan tempat lainnya.

Barang furnitur ada banyak contohnya seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur, rak buku, sofa, dan lainnya. Sobat kosngosan yang membeli barang perabotan ini menggunakannya dalam jangka waktu lama, seperti 2-5 tahun kedepannya


Konsumen Obat-Obatan

Salah satu contoh konsumen bidang kesehatan yaitu membeli dan mengkonsumsi obat obatan untuk mengatasi penyakit tertentu.

Seseorang yang membeli obat-obatan, suplemen vitamin atau perlengkapan kesehatan untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit baik dengan resep dokter ataupun tanpa resep dokter.


Buku

Konsumen barang berupa buku fisik (kertas) adalah seseorang yang membeli berbagai buku untuk membaca dan memperoleh pengetahuan atau hiburan. Ada banyak jenis buku, seperti buku pelajaran di sekolah atau kuliah, novel, majalah, koran, dan kertas yang dicetak dan diterbitkan untuk berbagai kebutuhan.


Konsumen barang Mainan

Orangtua atau anak sebagai konsumen yang membeli membeli mainan untuk anak-anak mereka sebagai hadiah atau media permainan.

Konsumen barang mainan membeli produk ini untuk hiburan, media perkembangan anak waktu kecil, yang terbuat dari berbagai bentuk, ukuran, dan jenis, dan dapat terbuat dari berbagai bahan seperti plastik, kayu, logam, kain, dan lain sebagainya


Konsumen Perhiasan

Perhiasan adalah barang yang dibuat untuk keindahan dan dekorasi tubuh dan terbuat dari bahan berharga seperti emas, perak, berlian, batu permata, mutiara, dan lainnya. Perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting-anting, bros serta gelang tangan.

Konsumen barang perhiasan adalah seseorang membeli perhiasan seperti cincin, kalung, atau gelang sebagai aksesori untuk memperindah tubuh, sebagai hadiah atau bisa juga sebagai investasi


Konsumen Alat Tulis Kantor

Alat tulis kantor atau sering disingkat dengan ATK adalah perlengkapan untuk kebutuhan sekolah, perkantoran dan administrasi manual.

Konsumen barang alat tulis adalah seseorang yang membeli pena, pensil, atau note catatan untuk keperluan tulis-menulis untuk belajar di sekolah, kuliah atau bekerja di kantor.


Barang Fotografi

Konsumen barang kamera, lensa dan segala perlengkapan fotografi atau videografi untuk mengambil gambar dan merekam momen spesial.

Kebutuhan akan perlengkapan ini semakin meningkat karena banyaknya media sosial dan orang orang berlomba untuk memproduksi konten di youtube, tiktok, instagram dan sebagainya.


Konsumen Barang Alat Bangunan

Ketika sobat kosngosan membeli peralatan bangunan seperti palu, gergaji, cat, alat meter, bor, obeng dan berbagai kebutuhan untuk membangun rumah, memperbaiki atau membuat bangunan permanan untuk proyek tempat tinggal. Ini bisa dikatakan sebagai salah satu contoh konsumen di bidang barang.


Konsumen Semikonduktor

Kamu pasti jarang mendengar istilah semikonduktor, bukan? Konsumen dari barang semikonduktor adalah perusahaan besar yang memproduksi smartphone atau alat elektronik lainnya.

Konsumen semikonduktor merupakan perusahaan atau entitas yang menggunakan atau membeli semikonduktor untuk digunakan dalam berbagai produk elektronik, seperti komputer, otomotif (tesla), industri telekomunikasi, dll


Contoh Konsumen Barang Lainnya

Ada beberapa jenis konsumen barang di bidang lainnya yang mungkin bisa jadi referensi buat kalian, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Konsumen bidang Pertanian (produk dan komoditi pertanian)
  • Konsumen bidang peternakan dan perikanan
  • Konsumen bidang energi (batubara, minyak bumi, gas alam)
  • Konsumen bidang energi terbarukan (pembangkit listrik surya, hidro, angin, dll)
  • Konsumen bidang industri kimia (plastik, cat, pupuk, obat-obatan, kosmetik, bahan kimia industri lainnya)
  • Konsumen bidang pertahanan (peralatan militer dan pertahanan (senjata, peralatan militer)
  • Konsumen bidang olahraga (perlengkapan olahraga seperti raket, tenis, bola sepak, dll)


Kesimpulan

Perlu diingat bahwa dalam bidang produk berupa barang, konsumen dapat bervariasi tergantung pada jenis barang yang ditawarkan.

Beberapa contoh yang sudah disebutkan kosngosan.com di atas hanya mencakup beberapa bidang produk secara umum saja, dan masih banyak lagi jenis konsumen di berbagai sektor barang lainnya.

Semoga membantu dan menambah preferensi kalian ya, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian, bookmart juga!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya