Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

28 Contoh Hasil Samping Sayuran dan Pangan

Jelaskan Pengertian Hasil Samping Sayuran? Hasil samping pertanian adalah bagian lain dari komoditas utama pertanian yang dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai ekonominya. Dalam komiditas pertanian misalnya sayuran atau tanaman pangan, "hasil samping" ini mengacu pada bagian tanaman dan produk tambahan yang bisa dihasilkan selain bagian utama yang biasanya dijual dan dikonsumsi. 

Hasil samping sayuran misalnya, ini dapat mencakup berbagai hal, seperti kulit, akar, batang, biji, daun dan bagian tanaman lainnya yang jika dikelola dengan baik ternyata bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi untuk dijual dan dikonsumsi.

Salah satu contoh hasil samping sayuran seperti pemanfaatan kulit bawang merupakan hasil samping dari sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai kompos, keripik kulit bawang atau bahan enzim yang digunakan sebagai perangsang tumbuh akar dan sebagainya.


Hasil Samping Sayuran dan Pangan

Hasil Samping Sayuran dan Pangan

Bahan pangan dan sayuran bisa dimanfaatkan untuk hasil samping peternakan dan perikanan juga. Kalau kamu diminta untuk sebutkan 10 bahan pangan hasil samping sayuran yang masih bisa dimanfaatkan, maka kali ini kosngosan akan mencoba untuk membahasnya untuk kalian, sebagai berikut :

Baca juga : Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bidang Pertanian


Hasil Samping Kentang dan Kulit Kentang

Ada bagian sampingan dari kentang yang seringkali diabaikan atau dibuang begitu saja setelah dipanen. Produk sampingan kentang dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak perlu terbuang sia-sia. Berikut adalah beberapa contoh nya :


Kulit kentang

Kulit kentang yang dibersihkan bisa sobat kosngosan manfaatkan sebagai olahan sampingan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. 

Seperti misalnya Makanan tambahan untuk serat, Camilan krispi, Pupuk alami, Menghilangkan noda pada perabotan kayu, Bahan kecantikan alami, Pembersih perhiasan, Pengusir kutu kayu dan sebagainya


Daun Kentang

Daun kentang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, misalnya sebagai pupuk kompos, Pengendali hama, Pakan ternak, Tanaman obat tradisional dan sebagainya


Batang kentang

Bagian sampingan ini dikenal juga sebagai batang pucuk kentang merupakan bagian tanaman kentang yang tumbuh di atas permukaan tanah dan biasanya berwarna hijau. Digunakan untuk Bahan kompos dan pangan ternak seperti sapi, kambing, babi dan pemakan herbivora lainnya


Hasil Samping Talas

Talas adalah bahan pangan yang sering ditemui tumbuh liar maupun di budidayakan pada areal pertanian. Ada banyak produk yang bisa diciptakan dari talas, termasuk beberapa hasil samping talas yang bisa dikelola diantaranya sebagai berikut :


Kulit talas

Kulit talas adalah bagian dari ubi talas yang terluar dan memiliki tekstur kasar, biasanya sering dibuang dan tidak dimanfaatkan. 

Tapi kalau mengerti cara pemanfaatannya, bisa dijadikan sebagai Pupuk alami, Pangan alternatif dan bisa dijadikan kerajinan dari serat yang didapatkan


Daun dan Batang Talas

Daun dan batang talas adalah bagian tanaman talas yang tumbuh dari pangkal tanaman dan ditemui di atas permukaan tanah. Bagian ini jarang sekali dimanfaatkan. 

Tapi dengan pengelolaan hasil samping, bisa dimanfaatkan sebagai Bahan pembungkus makanan, Pengemas alami atau seratnya digunakan sebagai bahan untuk membuat produk seperti bingkai foto, tempat pensil, dan kerajinan lainnya.


Hasil Samping Bayam

Pemanfaatan hasil samping bayam di luar bidang kuliner bisa saja berpotensi cukup luas dan serbaguna. Akan tetapi bayam yang sobat kosngosan gunakan harus dipastikan bebas pestisida supaya aman untuk dikonsumsi. Ada pun beberapa contoh hasil samping dari sayuran bayam antara lain sebagai berikut :


Pewarna alami

Daun bayam yang berwarna hijau atau ungu bisa digunakan untuk pewarna alami yang digunakan sebagai tambahan makanan dan minuman. Tentu saja kelebihannya adalah warna yang dihasilkan lebih alami dan sehat pada makanan.

Selain itu, seluruh bagian bayam bisa diekstrak dan digunakan untuk keperluan industri tekstil sebagai pewarna dalam menghasilkan warna hijau pada kain atau benang.


Pakan ternak

Akar dan batang bayam yang rusak atau tidak layak konsumsi bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak seperti ayam, kambing dan kelinci karena mengandung nutrisi penting.


Bahan kosmetik atau Herbal

Ekstrak bayam bisa dijadikan sebagai kapsul atau tambahan skincare karena kaya akan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit atau tubuh secara umum.


Hasil Samping Melinjo

Biji melinjo biasa digunakan sebagai makanan dalam hidangan sayur atau keripik melinjo. Tapi tidak banyak yang tau ada berbagai hasil samping melinjo yang bisa dimanfaatkan daripada terbuang sia sia dan jadi limbah yang tidak terpakai. Berikut beberapa contohnya :


Bahan pengeras batik

Hasil samping berupa Kulit dari batang melinjo mengandung zat tanin yang bisa digunakan untuk bahan yang membantu proses pengerasan dan pewarnaan pakaian batik.


Bahan pembungkus

Di beberapa penggunaan bahan di daerah Indonesia, pemanfaatan kulit kayu melinjo bisa digunakan sebagai bahan pembungkus makanan atau produk lainnya.


Tepung Melinjo

Salah satu hasil samping dari Biji melinjo bisa di ubah jadi tepung melinjo yang digunakan sebagai bahan pembuat kue atau roti. Tepung melinjo bisa jadi alternatif pengganti tepung terigu karena kadar gluten nya rendah dan cocok untuk penderita diabetes


Keripik Kulit Melinjo

Kulit melinjo yang biasanya dibuang bisa digunakan untuk bahan dasar keripik. Dipipihkan terlebih dahulu, dikeringkan dibawah terik matahari dan digoreng dan kemudian dijual dalam kemasan


Hasil Samping Bawang Merah

Pemanfaatan hasil samping bawang merah sangat luas dan serbaguna di berbagai bidang. Bawang merah mengandung zat dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Berikut beberapa hasil samping yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi :


Kulit bawang merah

Kulit luar bawang merah sering kali dibuang dan tidak digunakan. Ini menjadi salah satu contoh hasil samping yang bisa digunakan sebagai berikut : 

Pembuatan kaldu atau sup (karena masih memiliki rasa dan aroma yang khas)

Pembersih panci dan peralatan dapur, dan bisa juga dimanfaatkan sebagai Pupuk organik dan perangsang akar karena mengandung ZPT


Daun Bawang Merah

Daun bawang merah punya nilai nutrisi yang baik dan sering dijadikan sebagai sayuran dan tambahan bumbu seperti untuk salad, sup dan saos. 

Selain itu digunakan juga sebagai Obat tradisional karena mengandung senyawa bioaktif, tambahan bahan fermentasi dalam pengolahan kimchi dan sebagainya


Hasil Samping Brokoli

Brokoli adalah sayuran favorit yang banyak dikonsumsi berbagai masyarakat. Sayuran ini memiliki berbagai pemanfaatan lainnya dalam berbagai hasil samping, diantaranya :

  1. Batang brokoli = Bagian batang yang lebih keras dan kulit bagian luar adalah contoh hasil samping yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak buat kambing, kelinci atau sapi. Bisa juga dibuat untuk pupuk organik dicampur EM4.
  2. Daun brokoli = Memang bisa dimakan, tapi seringkali dibuang oleh sebagian orang. Hasil samping brokoli ini bisa dimanfaatkan misalnya untuk pelengkap Sup atau smoothies, Suplemen makanan, Bahan dalam makanan fermentasi dan juga Pangan alternatif untuk ternak


Hasil Samping Labu Siam

Labu siam sebagai sayur dapat memberikan manfaat yang variatif di luar kegunaannya sebagai makanan. Berikut beberapa contoh hasil samping labu siam yang bisa dimanfaatkan :


Kulit luar labu siam

Bagian ini bisa dimanfaatkan untuk kerajinan. Mengandung serat dan diolah jadi kerajinan seperti tas, anyaman dan kerajinan lain yang ramah lingkungan. 

Kulit labu siam biasanya dibuang dan tidak dipakai. Tapi bagian ini bisa diolah juga jadi pakan ternak karena masih mengandung manfaat untuk hewan dan bisa mengurangi biaya pakan


Daun dan Batang Labu Siam

Daun dan batang labu siam adalah hasil samping yang sering kali dibuang dan tidak dimanfaatkan. Padahal bagian ini juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

Bisa dijadikan sebagai Sayuran dan tambahan untuk sup dan Bumbu dalam masakan dan acar

Batang labu siam bisa dijadikan sebagai Bahan dalam makanan fermentasi dan tambahan buat pakan ternak untuk sapi, kambing dan kelinci


Hasil samping sayuran dan tanaman pangan lainnya

Beberapa contoh hasil samping produk sayuran dan tanaman pangan lainnya sebagai berikut :

  • Batang eceng gondok, digunakan untuk bahan baku serat membuat kerajinan tas, dompet dan anyaman lainnya
  • Daun kunyit, sirsak, cabai, dll untuk penggunaan pestisida nabati yang ramah lingkungan
  • Pelepah pisang untuk pengganti bungkus makanan yang ramah lingkungan
  • Batang pisang sebagai bahan serat untuk membuat kerajinan tangan
  • Limbah serat padi atau jerami untuk membuat kertas daur ulang
  • Sisa produk pertanian dan peternakan untuk pembuatan biogas
  • Biji dan tandan kosong kelapa sawit untuk membuat briket arang
  • Kulit jagung untuk pembungkus makanan tradisional
  • Kulit jeruk untuk bahan pengusir nyamuk
  • Daun kelapa untuk bahan pembuatan ketupat
  • Bioetanol dari sisa ampas tebu yang berguna untuk BBM terbarukan


Kata Penutup

Pengelolaan dan pemanfaatan hasil samping sayuran dan pangan dari komoditas pertanian bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi masalah sampah dan limbah di daerah sentra pertanian. 

Dengan memanfaatkan lebih banyak potensi dari setiap tanaman yang ditanam, membuat produk sampingan dapat memiliki nilai tambah ekonomi bagi petani dan produsen pertanian di Indonesia.

Semoga artikel dari kosngosan.com kali ini bermanfaat buat kalian. Jangan lupa untuk klik tombol share atau bagikan ke link sosial media masing masing, bookmart juga di browser kalian supaya bisa berkunjung kembali jika ada perlu. Terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya