Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Contoh Marketing Mix 7P Usaha Makanan

Buat sobat kosngosan yang ingin memulai usaha di bidang makanan atau kuliner, memiliki data marketing mix 7P adalah suatu keniscayaan. Mengapa? Karena analisis bauran pemasaran ini penting sebagai landasan untuk memulai bisnis makanan mu. Kamu butuh data di lapangan supaya bisa menentukan bagaimana usaha makanan mu bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu, melakukan analisis mengenai marketing mix adalah solusinya. Dan kali ini, kita akan memberikan beberapa referensi marketing mix dengan menyertakan 7 elemen penting dalam bauran pemasaran, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Process (proses), dan Physical Evidence (bukti fisik).

Versi 7P dinilai lebih lengkap dan cocok untuk usaha makanan. Karena industri kuliner juga butuh analisis terhadap bagaimana pelanggan (people) mu, bagaimana prosess dalam menghasilkan makanan tersebut dan apa bukti fisik yang dihasilkan dari kegiatan usaha mu. Untuk itu kita akan bahas selengkapnya dibawah ini.


Marketing Mix 7P Produk Makanan

Marketing Mix 7P Produk Makanan

Kita akan coba bahas beberapa bauran pemasaran 7p yang ada di bidang makanan atau kuliner yang mungkin bisa menjadi referensi buat kalian calon pengusaha yang ingin buka bisnis makanan :


Marketing Mix Angkringan

Angkringan adalah model warung (bisa dikatakan dengan kedai kaki lima) banyak yang mengatakan model kuliner ini berasal dari daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Berikut beberapa contoh marketing mix-nya :

Product

Menyediakan aneka makanan dan minuman khas angrkingan, seperti nasi kucing, sate-satean, gorengan, teh, kopi, dan wedang jahe. 

Varietas menu yang beraneka ragam bisa memenuhi permintaan pelanggan. Kami juga fokus pada kualitas bahan baku dan menu khas yang autentik

Price

Setiap menu angkringan yang kami jual kami tawarkan dengan harga yang terjangkau dan kompetitif, sesuai dengan segmentasi pasar untuk kalangan menengah ke bawah. Kami juga enawarkan paket hemat dan diskon pada momen tertentu.

Place

Lokasi atau tempat angkringan terletak pada area strategis, yaitu dekat kampus yang bernama Universitas Kosngosan yang ramai pengunjung. 

Kami juga memastikan ketersediaan tempat duduk yang nyaman, seperti meja kecil dan tikar dan atap jika terjadi hujan

Promotion

Angkringan kosngosan memiliki media sosial, seperti Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan menu dan menampilkan suasana unik angkringan. Kami juga rutin mengadakan acara pop-up yang berkolaborasi dengan komunitas lokal.

People

Angkringan kosngosan menawarkan keramahan dan pelayanan yang maksimal dari 2 orang karyawan kami yang memang sudah terlatih dalam manajemen menu dan menghadapi customer.

Process 

Setiap proses masak dan penyediaan menu angkringan kami menjunjung prinsip efisiensi dan efektifitas dalam proses seperti pemesanan, persiapan makanan, dan pengantaran orderan kepada pelanggan.

Physical Evidence 

Angkringan kami menggunakan gerobak yang didekorasi secara tradisional dan hiasan lampu yang membuat suasana lebih khas. Kami juga menyediakan tempat duduk yang nyaman terdiri dari bangku dan lesehan (sesuai pilihan pembeli)


Marketing Mix Warteg

Warteg adalah akronim dari warung tegal yang banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Berikut contoh dari bauran pemasaran usaha warung tegal yang baik dan benar :

Produk

Warteg "Bu Nini" menawarkan berbagai menu khas tegal seperti nasi, lauk-pauk, sayuran, aneka tumisan dan oseng, kangkung, tempe orek, aneka balado, hidangan khas warung tegal lainnya. Kami memastikan kualitas dan cita rasa makanan yang tetap konsisten dan sesuai dengan selera masyarakat.

Harga

Harga warteg Bu Nini menyajikan varian yang relatif terjangkau. Kami memperhitungkan biaya bahan baku, tenaga kerja, dan operasional. Harga bersaing dengan warteg sejenis di daerah sekitar.

Tempat

Lokasi warteg "Bu Nini" berada di pinggir jalan sudirman, dekat perempatan jalan dan SMP N 1 Kosngosan. Aksesibilitas yang tinggi, tetapi tantangannya adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat setelah pembeli selesai makan.

Promosi

Promosi dilakukan melalui berbagai cara, seperti pemasangan spanduk di tempat strategis, aktif di media sosial, dan pemberian diskon pada hari hari tertentu. Pemberian makanan gratis setelah beberapa kali pembelian dan sebagainya.

Orang

Karyawan warung tegal "Bu Nini" terdiri dari 5 orang. Kelima karyawan sudah dilatih harus ramah, profesional, dan paham tentang menu yang ditawarkan. Pelayanan yang baik dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun loyalitas. 

Proses

Proses pemesanan dan penyajian makanan hingga sampai ke pembeli harus berlangsung cepat dan memuaskan. Pembayaran terdiri dari 2 jenis, yaitu bayar cash pakai uang fisik, atau scan pakai qris menggunakan aplikasi.

Bukti Fisik

Bukti fisik termasuk tampilan warteg, tata letak, kebersihan, dan juga kemasan makanan jika ada yang dibungkus, dibuat dengan cantik untuk menarik perhatian pembeli warteg bu nini


Bauran Pemasaran Rumah Makan Padang

Rumah makan Padang merupakan jenis tempat makan khas dari daerah Sumatera Barat yang menyajikan hidangan nasi dengan berbagai macam lauk-pauk khas Minangkabau. Makanannya memiliki cita rasa yang kaya, pedas, dan beragam. Berikut contoh MM nya :


Product

"RM Padang RM Padang Sitinjaulauik" menawarkan hidangan khas rumah makan Padang yang autentik dan lezat. Kami menyediakan menu seperti rendang, gulai ayam, sambalado, dendeng balado, dan berbagai sayuran serta hidangan khas Minangkabau.


Price

Harga yang ditawarkan mempertimbangkan biaya bahan baku dan segi operasional. Untuk sebungkus nasi dengan lauk standar, kami banderol dengan harga 15k per porsi, dan untuk menu lain menyesuaikan dengan bahan baku.


Place

Lokasi yang strategis, di daerah simpang empat Kosngosan, lalu lintas yang tinggi atau dekat dengan kantor dan pabrik, serta pusat perbelanjaan Grand Central. Kamu juga mendesain interior dan eksterior "RM Padang Sitinjaulauik" yang khas dengan Minangkabau.


Promotion

Kami menggunakan media sosial Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan menu menu di "RM Padang Sitinjaulauik" kepada calon pembeli. Selain itu, penggunaan banner dan spanduk di depan Rumah Makan juga bisa membantu promosi.


People

"RM Padang Sitinjaulauik" memiliki 10 orang karyawan yang terdiri dari 3 orang koki, 5 orang pelayan, 1 orang kasir dan 1 orang pengawas. Tim karyawan harus ramah, profesional, dan memiliki pengetahuan mengenai cara melayani pelanggan.


Process

Proses pemesanan dan penyajian makanan harus sesuai dengan SOP yang telah dibahas. Pelayan menyediakan nasi dan air minum serta cuci tangan. Kemudian menyediakan berbagai menu yang ada. Untuk pembayaran melalui cash atau uang fisik lewat kasir.


Physical Evidence

Rumah makan Padang Sitinjaulauik memiliki desain ruangan dan eksterior yang sesuai dengan citra minangkabau, kami membuat dekorasi, furniture, perlengkapan makan dan berbagai photo yang dipasang dan menggambarkan budaya Minangkabau setempat


Bauran Pemasaran 7P Fast Food

Usaha makanan bidang fast food seperti burger dan hotdog memang menjadi salah satu pilihan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Berikut beberapa contoh mix marketing untuk usaha fast food :


Contoh 1

Product

"Burger Vegan" menawarkan jenis burger yang terbuat dari bahan vegetarian, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, sayuran, dan bahan nabati lainnya. Adapun rasa dan tekstur burger sesuai dengan burger daging biasanya.

Price

Harga yang kami tawarkan untuk burger vegetarian berkualitas memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan burger daging pada umumnya. Karena selain bahan baku yang berbeda, teknik pembuatan nya juga berbeda.

Place

Lokasi yang strategis tidak cukup untuk menjual burger vegan. Kami memilih untuk berjualan di kawasan perkantor yang memang dikhususkan untuk pelanggan dengan target menengah ke atas. Kami memilih konsumen yang concern terhadap menu vegetarian dan gaya hidup sehat.

Promotion

Kami menggunakan media sosial seperti tiktok dan instagram untuk promosi massif. Kemudian menggunakan website untuk landing page pengenalan produk baru. 

Kami juga menggunakan banner unik dan penyebaran brosur untuk calon pembeli kami. Terakhir kami bekerja sama dengan komunitas vegetarian untuk meningkatkan kesadaran tentang brand

People 

Pelatihan staf di "Burger Vegan" penting supaya karyawan kami bisa memberikan informasi yang akurat tentang manfaat dan kelebihan bahan-bahan yang kami gunakan. Jadi kami berfokus pada upaya untuk mengedukasi calon pembeli akan kelebihan produk kami sebelum membeli

Process 

Proses pembuatan dan penyajian burger vegan memang berbeda dengan burger daging pada umumnya. Untuk proses pembayaran bisa menggunakan pembayaran manual dan lewat platform QRIS.

Physical Evidence

Kamu memberikan kemasan burger dan desain toko yang merepresentasikan vegetarian. Semua elemen visual harus mencerminkan konsep "Burger Vegan" yang sehat, segar, dan organik.


Contoh 2

Product

Kami punya produk "Kebab Vegetarian" yang menawarkan kebab yang terbuat dari bahan-bahan vegetarian, seperti falafel, hummus, sayuran segar, saus khusus, dan roti pita yang tentunya punya rasa dan tekstur yang sama dengan kebab daging biasa.


Price

Harga yang kami tawarkan memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kebab daging biasa, karena kami pilih biaya bahan baku, persiapan, dan operasional yang berbeda pula dibanding usaha kebab biasanya.


Place

Lokasi yang kami pilih adalah rumah. Kami hanya menyediakan pembelian lewat online melalui konsep pre-order atau order sebelum beli. Target kami adalah orang orang kantor dan kaum menengah ke atas yang memang memilih gaya hidup vegetarian.


Promotion

Kami memakai media sosial dan situs web untuk promosi sekaligus pengenalan produk. Selain itu kami juga berikan brosur mengenai pengenalan nilai gizi dan cita rasa unik yang ditawarkan oleh produk kebab vegetarian.


People

Karyawan yang bekerja di "Kebab Vegetarian" terdiri dari 2 orang, yaitu owner dan juru masak. Kedua orang ini memiliki pengetahuan tentang menu, bahan-bahan, dan kelebihan akan kebab vegetarian.


Process

Untuk proses pemesanan, calon pembeli harus order terlebih dahulu lewat aplikasi chatting, kemudian melakukan pembayaran lewat e-wallet atau transfer bank yang sudah disediakan. Setelah pembayaran selesai, kebab akan dibuat dan dikirim melalui jasa kurir lokal. 


Physical Evidence

Kami membuat kemasan kebab vegan yang menarik dan juga desain banner di rumah yang memberikan informasi menu lengkap terkait jenis produk kebab yang kami jual beserta informasi kontak dan alamat.


Marketing Mix Frozen Food

Frozen food (makanan beku) adalah konsep bisnis makanan yang menjual aneka olahan makanan yang sudah diproses dan kemudian dibekukan pada suhu rendah. 

Biasanya makanan beku ini terdiri dari nugget, sosis, dan olahan lain yang dijual kembali pakai kulkas pendingin. Berikut contoh analisis bauran pemasarannya :


Product (Produk)

"Frozen Food Kosngosan" menawarkan berbagai macam makanan beku, termasuk Nugget, Bakso, Suki Mix, Daging Sapi, Ayam, Ikan, dan Seafood Beku, Sosis, Kentang Stik, Dimsum, Siomay, Pempek dan Tempura.


Price (Harga)

Harga produk Frozen Food Kosngosan beraneka ragam tergantug jenis frozen food-nya. Tapi harganya mewakili kualitas, jenis produk, dan segmentasi pasar. 

Berbagai produk dalam lini "Frozen Food Kosngosan" memiliki harga yang berbeda-beda tergantung biaya produksi dan permintaan konsumen.


Place (Tempat)

Produk Frozen Food Kosngosan didistribusikan melalui supermarket, minimarket, toko bahan makanan, dan toko online.


Promotion (Promosi)

Promosi Frozen Food Kosngosan melibatkan iklan di koran lokal, iklan di media sosial seperti facebook, instagram dan google ads. Selain itu kami juga membuat landing page untuk pengenalan produk dari "Frozen Food Aneka". 


People (Orang)

Orang yang terlibat dalam pelayanan Frozen Food Kosngosan adalah member franchise yang saat ini terdiri dari 5 cabang di kota X. Dan akan bertambah dalam jangka waktu kedepannya.


Process (Proses)

Proses pembuatan dan pembekuan Frozen Food Kosngosan dilakukan dengan standar keamanan dan kualitas yang tinggi. 

Untuk proses pemesanan dan pengiriman juga melibatkan kerjasama dengan perusahaan ekspedisi untuk bisa sampai ke tangan konsumen.


Physical Evidence (Bukti Fisik)

Kemasan produk Frozen Food Kosngosan memiliki desain yang menarik dan informatif. Di dalam bungkus produk harus terkandung informasi isi dan cara penyimpanan yang baik dan benar. 

Tambahan informasi nutrisi dan petunjuk penggunaan yang jelas pada kemasan juga berperan penting.


Kesimpulan

Bagaimana, apakah sobat kosngosan.com sudah menemukan hasil analisis marketing mix 7P mu sendiri? Setelah ini baru kamu bisa memulai usaha makanan mu dengan lebih proper. 

Hasil analisis Marketing Mix 7P ini, akan membuat usaha kuliner mu memiliki strategi pemasaran yang lebih komprehensif dan terintegrasi untuk mencapai tujuan usaha serta memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen mu. 

Silahkan klik tombol share dan bagikan artikel ini jika merasa bermanfaat buat teman teman di sosial media mu. salam sukses buat kita semua!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya