Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alat Alat Angkringan Modren untuk Jualan

Buat kalian yang tertarik memulai usaha jualan makanan khas angkringan, pastinya memikirkan modal berupa alat alat angkringan moderen untuk operasional usaha. Model usaha seperti ini memang selalu menarik, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. Karena selain harga makanan yang ditawarkan lebih terjangkau, angkringan menawarkan suasana berbeda ketimbang makan di restoran atau mall mewah

Apa yang dimaksud dengan angkringan? Angkringan adalah model warung (bisa dikatakan dengan kedai kaki lima) banyak yang mengatakan model kuliner ini berasal dari daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Angkringan punya kelebihan si pembeli bebas memilih menu yang akan dimakannya, dan tentunya hal ini membuatnya menarik bagi banyak orang.

Seperti yang sudah dijelaskan kosngosan diawal, kamu butuh peralatan untuk membuka warung makan seperti angkringan ini. Kalau kamu memulai usaha ini sendirian, maka harus mengerti detail dan teknis nya. Termasuk peralatan angkringan modern yang dipakai kebanyakan pelaku usaha saat ini

Atau kalau kamu tidak ingin repot, biasanya ada juga yang menyediakan paket usaha angkringan. Tapi kamu harus siapkan modal yang cukup gede untuk memulainya, tapi kelebihannya kamu tidak perlu repot lagi, karena semua kebutuhan peralatan angkringan mu sudah disediakan oleh vendor.

Berbicara mengenai resiko usaha angkringan tentu saja ada. Modal usaha angkringan itu relatif, tergantung dari berbagai faktor. Tapi jelasnya, kita akan bahas apa saja modal peralatan yang harus kamu persiapkan dibawah ini.


Peralatan Angkringan Moderen

Alat Alat Angkringan Modren

Sebenarnya angkringan merupakan bagian dari budaya masyarakat di daerah Yogyakarta. Tapi sekarang, model usaha ini sudah menyebar ke seluruh daerah di Indonesia

Dan menjadi salah satu peluang usaha yang bisa kamu mulai. Berikut beberapa daftar peralatan angkringan yang mungkin kamu butuhkan :

Baca juga : Contoh Desain Spanduk Angkringan Keren


Meja dan Kursi

Peralatan pertama untuk membuka angkringan modern adalah kebutuhan untuk konsumen, yaitu meja dan kursi. Walaupun kebanyakan angkringan tidak menggunakan kursi hanya pakai meja saja, akan tetapi kebutuhan bangku juga bisa jadi pilihan.

Kamu harus mempersiapkan meja dan beberapa kursi untuk tempat makan konsumen mu. Sebelum memulai usaha angkringan, kamu harus bisa mengkalkulasi seberapa banyak pelanggan mu nantinya. 

Dengan demikian kamu bisa menyediakan tempat duduk yang nyaman bagi pelanggan tanpa harus berdempet-dempetan karena tempat duduk dan kursi yang terbatas


Gerobak

Yang namanya usaha angkringan, sudah tentu harus punya gerobak. Walaupun kamu mungkin punya tempat jualan permanen, tapi ciri khas dari angkringan adalah gerobak nya. 

Jadi alat ini dibutuhkan sebagai identitas, selain itu juga untuk menampilkan menu makanan angrkringan yang cukup banyak dan ditata dengan rapi. Selain itu, fungsi gerobak ini adalah sebagai promosi untuk menampilkan brand angkringan, daftar menu dan harga.


Tenda Angkringan

Kalau kamu jualan angkringan di pinggir jalan, maka kamu butuh tenda untuk melindungi konsumen dari hujan atau angin. Sobat kosngosan bisa pakai tenda jualan dengan model bongkar pasang. 

Ini merupakan salah satu tenda yang cukup banyak diminati, apalagi bagi para pedagang. Untuk ukuran tinggi tenda, luas, lebar dan panjang juga dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan area angkringan masing masing.


Perlengkapan Kasir

Kalau kamu ingin membuat sistem pembukuan yang modren untuk usaha angkringan mu, kamu butuh yang namanya alat kasir yang terdiri dari satu unit komputer dan printer kasir untuk mengeluarkan nota pembelian menu angkringan. 

Perangkat ini berfungsi untuk mengelola transaksi dan pembayaran pelanggan supaya lebih otomatis, sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkan laporan keuangan setiap bulannya.


Kompor Gas

Alat angkringan selanjutnya yang berhubungan dengan bahan bakar untuk memasak adalah tabung gas LPG. Saat ini seluruh kegiatan masak memasak

Termasuk membakar sate satean angkringan butuh gas LPG untuk memasak berbagai menu angkringan. Kamu bisa pakai tabung gas LPG untuk ukuran 3 Kg, 12 kg dan jenis lain sesuai dengan kebutuhan mu. 


Alat Pemanggang

Setelah tabung gas LPG sudah didapatkan, peralatan angkringan lainnya yang wajib kamu punya adalah kompor pemanggangan yang menggunakan bahan bakar gas. Kamu bisa beli di online shop untuk jenis kompor barbeque ini. 

Ada banyak brand yang menjual alat pemanggang ini dengan harga bervariasi. Jika kamu ingin menawarkan makanan panggang seperti sate satean dari usus, frozen food dan daging, maka alat ini wajib kamu beli.


Box Penyimpanan

Kotak penyimpanan makanan dibutuhkan sebagai alat angkringan yang fungsinya untuk menyimpan sate satean dan bahan menu angkringan lain. 

Kalau konsep nya kamu siapkan dulu sate-sate annya dari rumah, kemudian dihidangkan di tempat jualan, maka sobat kosngosan butuh kotak penyimpanan yang menjaga kesegaran bahan makanan ini sebelum nantinya dibakar. 


Kuas Silikon

Kuas termasuk ke dalam salah satu peralatan memasak angkringan yang banyak digunakan. Terutama untuk makanan yang harus dibakar seperti sate satean. 

Untuk membaluri sate satean angkringan dengan bumbu dan saos yang sudah dipersiapkan. Tapi hati hati, kamu harus bisa membedakan mana kuas yang terbuat dari bulu babi atau sintetis dari plastik dan silikon.


Lampu Penerangan

Peralatan ini sebenarnya tidak terkait dengan perlengkapan memasak, tapi kalau tidak ada lampu, kamu tentu tidak bisa jualan angkringan, bukan? 

Karena memang berjualan angkringan pasti dilakukan di malam hari. Sehingga kebutuhan akan lampu juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah lampu LED yang punya lux tinggi sehingga penerangannya maksimal.


Dispenser dan Galon Air Isi Ulang

Untuk menyediakan air minum bagi pelanggan, kamu butuh dispenser dan air galon isi ulang.  Tentunya kalau kamu tidak ingin repot, lupakan dispenser dan kamu bisa pakai teko air dan gelas letakkan pada masing masing meja. Jadi kamu tidak repot lagi.

Kalau kamu ingin punya nilai lebih, bisa menyediakan air minum yang dipanaskan, dan sajikan selagi hangat untuk konsumen mu. Kebanyakan orang pasti suka dengan air minum hangat untuk menemani suasana makan angkringan di malam hari yang dingin.


Pisau, Sendok, Piring

Peralatan angkringan lainnya yang umum dibutuhkan oleh usaha kuliner adalah pisau untuk memotong motong bahan makanan seperti frozen food, bakso, usus, hati, ampela dan lainnya. 

Sendok dan piring untuk mencampur saos barbeque dan untuk tempat makan konsumen juga. Kamu bisa letakkan sendok dan piring pada bagian gerobak, konsumen yang ingin memilih menu angkringan bisa mengambil-nya kemudian digunakan untuk wadah tempat makan mereka.


Panci dan Wajan

Peralatan angkringan lain yang tidak kalah pentingnya adalah panci dan wajan untuk memasak. Selain menu sate satean yang memang sudah dipersiapkan untuk dibakar

Kamu bisa jual menu lain seperti nasi goreng, mie goreng, dan aneka masakan lain yang tentu saja membutuhkan peralatan panci dan wajan untuk penggorengan. Selain itu kamu juga butuh sendok masak.


Blender

Peralatan elektronik lain yang sobat kosngosan butuhkan untuk memulai usaha angkringan adalah blender. Alat ini digunakan untuk membuat minuman seperti jus buah, minuman pop ice, boba dan lainnya. 

Minuman yang dibuat dari peralatan blender berarti kamu juga butuh stok es kristal yang disimpan di ice box atau freezer mini. Jadi tergantung kamu, apakah menyediakan minuman es seperti ini atau tidak?


Lemari Es 

Lemari es disini digunakan untuk berbagai tujuan. Misal kamu tadi jual minuman es, maka butuh freezer untuk menjaga es kristal supaya tidak cair. Atau untuk menyimpan bahan makanan yang memerlukan pendinginan seperti frozen food. 

Selain freezer, jenis lemari es lain seperti Lemari Pendingin Showcase yang digunakan untuk menampilkan berbagai jenis minuman siap saji dengan lebih menarik, seperti fanta, coca cola, teh botol, aqua dan sebagainya.


Informasi Menu

Informasi menu ini dibuat untuk menampilkan daftar menu dan harga kepada pembeli angkringan mu. Kamu bisa membuat sejenis buku atau brosur yang sudah dilaminating. 

Bisa juga buat papan menu yang didirikan di dekat gerobak, atau scan barcode yang akan diarahkan ke situs berisi informasi menu. Kamu bisa desain kebutuhan informasi menu angkringan ini sesuai kebutuhan.


Peralatan Penyajian

Ada berbagai alat angkringan lain yang diperlukan untuk kebutuhan pengajian, seperti piring, mangkuk, gelas, dan sendok-garpu, bungkus plastik, plastik mika

Ada juga styrofoam dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk membungkus jika ada pembeli yang tidak makan di tempat, tapi dibawa kerumah. Kamu harus persiapkan peralatan ini dengan lengkap agar tidak ada yang kurang nantinya.


Kesimpulan

Ketika berbicara mengenai peralatan usaha angkringan, penting untuk diingat bahwa alat alat ini mungkin dapat bervariasi berdasarkan kebutuhan mu masing masing, kondisi usaha, dan preferensi target konsumen mu. 

Semoga beberapa referensi dari kosngosan.com diatas bisa bermanfaat buat kalian ya. Terakhir, jangan lupa untuk share atau bagikan url ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. Bookmart juga halaman ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya