Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal Wajib Dilakukan sebelum Investasi Crypto Jangka Panjang

Hal apa yang perlu diperhatikan sebelum memulai investasi cryptocurrency bagi pemula? Ada banyak coin murah tapi tidak terlalu bagus, karena memiliki fundamental yang jelek. Untuk itu, perlu kamu ingat bahwa investasi bitcoin dkk tidak bisa sembarangan seperti membeli kucing dalam karung. Kamu butuh ilmu analisa dan platform yang tepat sebelum terjun langsung ke dunia kripto ini.

Investasi cryptocurrency bukanlah hal baru. Selama ini, kita banyak disuguhkan dengan konten di tiktok, instagram dan media sosial lain tentang trader yang hobinya flexing dengan keuntungan yang mereka dapatkan dari "bermain crypto". Dan celakanya, para pemula seperti kita mudah tergiur dan FOMO.

Setelah mereka mencoba untuk top  up dan memilih sembarang coin (kebanyakan coin micin), ternyata apa yang mereka harapkan tidaklah semulus kenyataannya. Banyak yang merugi dan mengalami floating loss dan pada akhirnya mengalami loss beneran karena sudah terlanjur membeli coin yang tak kunjung naik harganya. 

Lalu setelah itu apa? Mereka mengatakan kalau crypto adalah penipuan. Padahal jika dirunut lebih dalam lagi, ternyata kurang nya ilmu dan kemampuan analisa adalah penyebabnya. 

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kosngosan.com akan mencoba memberikan ulasan kepada kalian hal apa yang harus dilakukan sebelum memilih untuk menginvestasikan uang mu ke dalam coin crypto secara jangka panjang. 


Hal Wajib Dilakukan Sebelum Investasi Crypto

Hal Wajib Dilakukan Sebelum Investasi Crypto

Investasi pada instrumen apa pun harus lah memiliki ilmunya. Jangan mudah percaya pada jenis investasi yang mendatangkan keuntungan besar hanya dari omongan para influencer atau motivator. Untuk itu, kamu wajib melakukan beberapa hal dibawah ini seperti yang sudah kosngosan rangkum buat kalian :


Belajar Teori

Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Tak belajar maka kosong. Maka dari itu, memilih mengalokasikan uang mu ke coin crypto haruslah diawali dengan belajar apa itu crypto, bagaimana mekanisme berinvestasi pada instrumen ini. 

Belajar juga tentang teknologi blockchain di baliknya, siapa tim pengembang coin-nya, apa tujuan project mereka jangka pendek, menengah dan jangka panjang, adopsi pasar, dan potensi pertumbuhan coin ini di masa depannya menggunakan analisis fundamental dan teknikal. 

Dengan demikian, kamu tidak seperti membeli kucing dalam karung. Kamu akan lebih tenang menyimpan uang mu dalam coin crypto yang memang kamu ketahui seluk beluknya. Oke lanjut pada hal wajib investasi crypto lainnya di bawah ini.


Jangan FOMO

Sobat kosngosan pastinya pernah dengar istilah FOMO bukan? Fear of Missing Out adalah istilah buat mereka yang ketakutan akan ketinggalan trend yang sedang berlaku. 

Termasuk salah satunya adalah ketakutan kalau ketinggalan terhadap orang orang yang sudah berinvestasi di cypto dan mendapatkan return yang menggiurkan. 

Kalau kamu FOMO, maka sudah pasti kamu tidak mempertimbangkan plus minus nya lagi terhadap investasi di bidang ini. Kamu bisa saja all in dan menaruh seluruh uang mu (bahkan mungkin uang kebutuhan dapur) untuk membeli koin micin yang jelas jelas tidak memiliki fundamental yang bagus. Dan pada akhirnya, kamu akan tersangkut dan merugi maksimal.

Jadi intinya jangan FOMO. Jangan ikut ikutan sesuatu yang hype kalau memang kamu masih dangkal ilmu nya di bidang ini. Pelajari dulu, berguru dulu dari sepuh yang sudah lama malang melintang di trading dan investasi crypto. Sehingga kamu bisa mengambil keputusan yang dewasa untuk menginvestasikan uang mu di koin cypto.


Diversifikasi Coin

Pernah mendengar peribahasa dari Investor terkenal dunia ini (Waren Buffet), "Jangan menaruh seluruh telur mu dalam 1 keranjang". 

Artinya jangan all in kepada satu jenis investasi saja, termasuk membeli hanya satu jenis coin crypto saja. Syukur-syukur kamu fokus pada bitcoin atau etherium, tapi malah fokus pada coin micin yang tidak jelas proyek dan tim pengembangnya.

Diversifikasi investasi cypto ini adalah dengan membeli beberapa crypto yang berbeda untuk mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi harga satu beberapa aset. Tapi jangan pula beli banyak coin sehingga fokus investasi mu menjadi tidak jelas. Dua sampai lima koin saya rasa sudah cukup untuk menginvestasikan uang mu di crypto


Pakai Uang Dingin

Uang dingin bukan uang yang kamu ambil dari kulkas atau uang yang terkena es batu atau disimpan di ruangan yang ber-AC.

Tapi uang dingin disini adalah uang yang benar benar tidak kamu butuhkan dalam jangka waktu pendek. Alokasi uang yang apabila kehilangan pun, kamu tetap bisa makan, bayar sewa rumah, bbm, listrik dan pendidikan. 

Mengapa kami sarankan harus berinvestasi uang dingin di bidang ini? Ini karena Cryptocurrency adalah aset yang sangat volatil. Nilai investasi yang kamu sisihkan dapat berfluktuasi secara drastis dalam waktu singkat, bahkan dalam hitungan detik! 

Pastikan kamu hanya menginvestasikan uang yang tidak akan mengganggu kehidupan mu jika mengalami kerugian nantinya


Manajemen Emosi

Jangan menjadikan emosi sebagai guru pengambil keputusan mu. Kamu harus bisa mengendalikan emosi-mu dan mengambil keputusan dalam membeli atau menjual coin sesuai dengan hasil analisis yang kamu dapatkan. 

Jangan sampai kamu terbawa oleh amarah dan nafsu, misal ketika harga mengalami kenaikan kamu buru buru menambah aset mu, padahal itu sudah harga pucuk. 

Atau kamu panik menjual semua aset mu saat harga turun, padahal kondisi pasar memang sedang tidak stabil. Intinya tetap fokus pada analisis yang obyektif dan tujuan jangka panjang mu dalam berinvestasi.


Update Berita Terbaru

Sebagai investor crypto jangka panjang, kamu wajib mengikuti berbagai berita yang mempengaruhi harga crypto global. Berita crypto ini adalah informasi yang harus kamu kumpulkan sebagai modal utama dalam keputusan investasi crypto mu selanjutnya. 

Peristiwa politik, peperangan, keputusan ekonomi dari negara-negara tentunya akan mempengaruhi nilai crypto baik secara langsung atau tidak.

Saat ini tidak ada alasan kamu tidak mendapatkan berita dan perkembangan terkini. Karena semua orang sudah punya gadget di genggamannya, ada banyak sekali berita yang terkait dengan cryptocurrency. Hal ini akan membantu kamu membuat keputusan berdasarkan fakta dan tren pasar yang lebih update.


Pakai Platform Wallet yang Recommended

investasi crypto pintu

Berinvestasi di bidang crypto butuh platform wallet. Seperti ketika kamu berinvestasi di bidang saham, butuh akun RDN. Nah kalau di crypto, wallet yang kamu punya ini adalah semacam rekening yang memfasilitasi investor dengan pasar crypto. 

Untuk mengamankan aset crypto mu, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi PINTU. Aplikasi ini hadir dengan user interface yang bersih dan mudah dipahami oleh newbie seperti kita, sehingga kamu akan mendapatkan user experience yang puas, walau belum terlalu akrab dengan istilah-istilah trading di crypto. 

Oh iya, jangan khawatir karena aplikasi ini juga sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI) yaitu lembaga yang berwenang mengawasi perdagangan mata uang crypto di Indonesia.


Saatnya Praktik

Kalau tadi di awal mimin kosngosan ajarkan kalian untuk belajar teori nya dulu, maka kali ini kalian harus praktek. Silahkan buka akun di Pintu dan mulai lah top up semampu mu (ingat poin pakai uang dingin). 

Setelah itu mulai lah cari coin crypto yang sudah kamu analisis sebelumnya bakal memiliki prospek cerah. Kalau kamu bingung, kamu bisa pilih coin top yang fundamentalnya bagus, seperti bitcoin, ethereum, bnb, dan sebagainya (ini bukan ajakan ya). 


Kesimpulan

Pada akhirnya keputusan untuk berinvestasi di bidang crypto adalah sesuatu yang bisa sobat kosngosan coba. Jika mempunyai uang dingin dan kemampuan analisa yang tepat, kalian bisa menjadikan investasi cryptocurrency sebagai salah satu opsi untuk alat instrumen investasi yang cukup menguntungkan, karena bisa memberikan return yang tinggi (tentunya risk nya juga tinggi)

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang coin crypto, pertimbangkan untuk mencari saran dari ahli keuangan atau konsultan sebelum membuat keputusan investasi besar. Semoga artikel kali ini bermanfaat, jangan lupa share dan bookmart ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya