Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Angel Investor Perusahaan di Indonesia

Bagi founder atau perintis perusahaan, mencari angel investor sangat penting untuk kemajuan usaha nya. Tidak banyak orang yang mau menggelontorkan uangnnya untuk sesuatu yang belum pasti, termasuk memberikan bantuan dana kepada perusahaan rintisan atau yang baru berkembang. Biasanya, orang-orang ini lah yang disebut sebagai angel investor

Dalam terminologi yang sederhana bisa diartikan investor malaikat (investor berhati malaikat) yang rela meminjamkan uangnya untuk dipakai demi mengembangkan suatu perusahaan yang baru didirikan, atau perusahaan lama yang mengalami kebangkrutan.

Ada beberapa proses atau tahapan bagaimana angel investor bisa menyuntikkan modal nya ke suatu perusahaan, yaitu :

  • Tahap Awal, dimana Angel investor memberikan modal awal kepada perusahaan
  • Kepemilikan Saham, tidak ada yang gratis didunia ini, sebagai imbalan maka angel investor akan memperoleh porsi saham sesuai kesepakatan
  • Sharing pengalaman dan kemampuan, angel investor akan memberikan pengalaman dan pengetahuan mereka kepada perusahaan yang mereka suntik dananya
  • Resiko dan Hasil, sebagaimana berinvestasi pada umumnya, Angel investor akan mendapatkan 2 kemungkinan, kerugian atau keuntungan.
  • Proses Investasi, dalam perkembangannya, angel investor akan melibatkan evaluasi bisnis, syarat investasi, dan kesepakatan investasi untuk jangka panjang


Contoh Angel Investor di Indonesia

Contoh Angel Investor di Indonesia

Kosngosan akan memberikan studi kasus perusahaan di Indonesia yang bisa menarik investor eksternal untuk berkolaborasi dan mengembangkan usaha yang sedang mereka rintis. Berikut diantaranya :

1. Reggy Sulistio adalah salah seorang pengusaha ternama di Indonesia yang telah menginvestasikan uangnya ke perusahaan startup yang bernama KoinWorks. 

Ini adalah sebuah platform peer-to-peer lending yang berpotensi besar pada perekonomian karea bisa membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendanaan yang lebih mudah.


2. Arief Yahya adalah mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang menginvestasikan uangnya ke perusahaan startup bernama Traveloka. 

Kita semua tahu bahwa perusahaan ini adalahh platform penyedia layanan tiket online, seperti booking tiket hotel, pesawat, kereta api, kapal laut dan lainnya. Arief melihat potensi yang besar pada Traveloka yang bisa membantu pariwisata Indonesia


3. Agus Salim adalah pengusaha ternama di bidang teknologi yang menginvestasikan uangnya ke perusahaan startup bernama Bukalapak yang kita kenal sebagai platform e-commerce. 

Potensi besar Bukalapak dinilai Agus patut untuk diinvestasikan karena membantu perkembangan industri e-commerce di Indonesia.


4. Dhani Widjaja adalah pengusaha besar di bidang properti yang telah menginvestasikan dana miliknya ke perusahaan Tokopedia yang kita kenal sebagai platform e-commerce terbesar di Indonesia. Sekarang kita bisa lihat tokopedia telah melakukan merger dengan gojek menjadi GoTo.


5. Chairul Tanjung atau biasa kita sebut si anak singkong, pemilik transcorp company, pengusaha di bidang media dan hiburan, menginvestasikan uangnya ke startup Gojek. Sekarang kita mengenal ada banyak layanan gojek yang bisa kita nikmati hingga saat ini


6. Ricky Wijaya adalah angel investor di perusahaan startup Akulaku, yaitu platform pembiayaan konsumen yang membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pembiayaan kredit dan cicilan yang lebih mudah.


7. Rangga Wijaya adalah contoh angel investor sukses di perusahaan startup Carousell, yaitu platform jual beli online. Walaupun jarang kita dengar, tapi ini cukup banyak penggunanya lho


8. Nadine Chandrawinata adalah seorang aktris dan juga bisa disebut sebagai angel investor di perusahaan Suka Duka, marketplace yang fokus menjual barang-barang bekas atau secondhand.


9. Ricky Soeprapto adalah pengusaha bidang teknologi yang merupakan angel investor bagi platform KitaBisa, yang kenal sebagai media crowdfunding yang berkontribusi dalam sistem sumbangan yang lebih modern.


10. Anindya Bakrie adalah anak dari aburizal bakrie, seorang pengusaha yang bisa dikategorikan sebagai angel investor bagi perusahaan Kredivo, platform yang membantu penggunanya mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah.


11. Pia Alisjahbana adalah angel investor yang menginvestasikan dana miliknya ke perusahaan startup Asuransi Jiwa Ikhlas Bhakti (AJIB) yaitu perusahaan asuransi jiwa yang sesuai dengan kaidah hukum Islam.

12. Rifan Kalbuadi, menginvestasikan uangnya ke perusahaan startup Shopee.

13. Adi Wardhana, seorang angel investor yang menginvestasikan dana nya ke perusahaan startup GoTo, yaitu perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia


Contoh Grup Investor Startup lainnya

Selain itu, ada juga beberapa investor global yang sudah terlibat dalam pendanaan startup di Indonesia dan terbukti berhasil, berikut diantaranya :

  1. EMTEK Groups (Investor dari Bobobobo, Rumah, Karir, Artoncode, dan Bukalapak)
  2. East Ventures (Investor dari Tokopedia, AppsFoundry, PriceArea, Nightspade, Talenta, BerryKitchen, Berrybenka, Bilna, Traveloka, Livaza, Kudo, Otten Coffee)
  3. Gree Ventures (Investor dari PriceArea, Urbanindo, Luxola, Bukalapak, Berrybenka, Kudo)
  4. Transcosmos (Investor dari Luxola dan BerryBenka)
  5. Rebright Partners (Investor dari Qraved, Indotrading dan MalesBanget (MBDC Media)
  6. Ideosource (Investor dari eEvent, Female Daily Network, Orori, TouchTen, Saqina, Kark)
  7. Cyber Agent Ventures (Investor dari Touchten, Tokopedia, Kurio, HarukaEdu, Bilna, VIP Plaza)
  8. Golden Gate Ventures (Investor dari Bilna, Alodokter dan IndoTrading)
  9. ANGIN (Investor dari Berrry Kitchen, Margarite Nougat serta Kakoa Chocolate)
  10. Aucfan (Investor dari Bukalapak dan Indotrading.)
  11. Convergence Ventures (Investor dari Indotrading, Qraved, MalesBanget, dan Female Daily Network)


Kesimpulan

Beberapa studi kasus mengenai angel investor yang sudah kosngosan berikan diatas, memang sering kali adalah mereka yang telah sukses dalam dunia bisnis atau industri tertentu

Dan mereka ingin menggunakan pengetahuan dan sumber daya (termasuk modal dan kemempuan manajemen) mereka untuk mendukung pertumbuhan bisnis di bidang baru yang menjanjikan dan memiliki prospek cerah menurut mereka. 

Semoga beberapa referensi diatas bisa bermanfaat untuk kalian ya, silahkan share dan bookmart halaman ini!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya