Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Contoh Kerajinan Limbah Bangun Datar

Memanfaatkan sampah dan limbah untuk dijadikan sebagai kerajinan adalah salah satu upaya untuk menyelamatkan lingkungan sekitar. Jika kalian mendapatkan tugas untuk membuat contoh kerajinan tangan dari limbah bangun datar, maka pada postingan kosngosan kali akan dijabarkan selengkapnya.

Kerajinan adalah hasil karya yang berasal dari proses buatan tangan seseorang yang diolah sedemikian dan menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomi dan seni.

Kerajinan yang dibuat dari limbah bisa jadi solusi penanganan sampah yang ada di perkotaan. Karena seperti yang kita tahu, produksi sampah yang tidak dibarengi dengan penanganan mutakhir, akan mengakibatkan penumpukan yang berefek negatif bagi lingkungan sekitar

Berbicara mengenai contoh kerajinan bangun datar yang berasal dari limbah, kalian bisa berkreasi dengan membuat beragam macam barang, seperti frame lukisan, kardus, stik es, cup hidroponik dan sebagainya.

Intinya, selain meningkatkan kreativitas, membuat kerajinan juga memiliki dampak positif seperti mengubah sampah jadi benda bernilai ekonomis, memberdayakan masyarakat sekitar dan mensejahterakan para pengrajin.


Contoh Kerajinan Bangun Datar Limbah

Beberapa contoh kerajinan bangun datar yang terbuat dari limbah dibawah ini bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi, bagaimana kita sebagai manusia dengan kreativitas

Hal ini ternyata bisa merubah sampah yang pada awalnya tidak berguna menjadi barang yang bernilai ekonomis dan memiliki art value yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.


Origami, Gift Card dan Bunga Kertas

contoh kerajinan limbah bangun datar

Membuat kerajinan dari bahan limbah kertas yang tidak terpakai bisa jadi opsi yang sobat kosngosan pertimbangkan.

Jadi kalian dapat mengumpulkan kertas bekas seperti kertas koran, majalah, kertas dari pemakaian kantor serta menggunakannya untuk membuat berbagai karya seni seperti origami (seni lipat dari jepang)

Membuat kartu ucapan (walau sekarang sudah jarang sih yang pakai) atau bunga kertas yang indah dari berbagai desain bunga asli (kalian bisa tambahkan aksesoris lain dan pewarna untuk menciptakan aksen bunga yang nyata)


Boneka Danbo

contoh kerajinan limbah bangun datar

Boneka ini memang cukup populer belakangan. Jenisnya diproduksi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tapi sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kreasi sendiri dan dari kertas bekas yang berasal dari berbagai bahan.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah setiap persendian boneka ini yang bisa bergerak dengan halus dan sempurna. Kamu bisa mengubah jenis ekspresinya yang imut, marah, sedih, penasaran dan sebagianya menggunakan kuas atau spidol.


Frame dan Alas Lampu Hias

Untuk jenis limbah bangun datar lain yang bisa kamu manfaatkan seperti karton, bisa membuat bingkai foto dengan cara meleburkan karton dengan air

Kemudian mencampurnya dengan lem dan dibentuk menjadi frame photo yang tidak kalah aestheticnya. Selain itu, kamu juga bisa cetak menjadi alas lampu belajar di rumah, lukis pakai kreasi kesukaan mu.


Kain Perca

contoh kerajinan limbah bangun datar

Limbah kain yang tidak dipakai biasanya dibuang. Sayangnya limbah ini sangat sulit untuk diurai oleh lingkungan.

Sobat kosngosan bisa membuat kerajinan dari kain bekas atau potongan pakaian dapat dijadikan seperti bantal yang nyaman, tas jinjing yang modis, atau lencana kain sebagai aksesoris.

Aksen beraneka ragam yang berasal dari gabungan berbagai kain perca yang berbeda bisa menciptakan kesan unik dan ceria kepada produk yang kamu jahit sendiri lho. Selain tas, serbet dan topi, kamu juga bisa buat mousepad, penutup galon, selimut, dan sebagainya.


Box Multifungsi dan Miniatur

contoh kerajinan limbah bangun datar

Contoh kerajinan limbah bangun datar lainnya bisa kamu ciptakan adalah kotak penyimpanan multi fungsi dan juga miniatur rumah, bangunan, kendaraan, action figure, dll.

Kardus bekas memang bisa dibentuk jadi kerajinan apa saja, sesuai dengan kreativitas si penciptanya. Bahan limbah yang tidak dipakai ini bisa kamu gunakan untuk membuat kotak penyimpanan praktis untuk ATK mu, kotak tissue, tempat kabel charger, perintilan obeng, miniatur rumah untuk mainan, atau perisai untuk anak-anak dan lainnya


Keping CD/DVD

Limbah selanjutnya yang bisa kalian manfaatkan adalah kepingan cd atau dvd. Walaupun sekarang penggunaan jenis media penyimpanan ini sudah jarang, tapi masih ada juga orang-orang yang menggunakannya untuk media player di mobil atau tempat hiburan.

Sampah kepingan ini bisa dimanfaatkan untuk kerajinan seperti menjadi hiasan dinding, kincir angin yang berputar dengan angin, atau perhiasan seperti kalung atau gelang.


Kerajinan Stik Es Krim

Stik ice cream memang kecil dan tidak mencolok sebagai limbah. Tapi kalau dikumpulkan ratusan hingga ribuan, stik ini bisa jadi limbah yang bermasalah.

Walaupun terbilang cukup mudah diurai karena terbuat dari kayu, namun sangat sayang sekali untuk tidak memanfaatkannya menjadi kerajinan miniatur rumah, membuatnya jadi kotak penyimpanan

Stand smartphone, kotak tissue, vas bunga, kotak pensil, pigura, dan sebagainya. Kamu butuh lem untuk merekatkan antara stick satu dengan yang lainnya.


Box Makanan Organik

contoh kerajinan limbah bangun datar

Box makanan yang ada saat ini bisa dari plastik mika atau styrofoam yang tentu saja berbahaya bagi lingkungan. Sobat kosngosan bisa menciptakan box makanan yang terbuat dari bahan organik, seperti limbah daun pisang, pelepah pisang kering atau daun jati.

Ada teknologi alat press yang berhasil menciptakan bahan tersebut menjadi kotak makanan yang bisa menggantikan penggunaan bahan styrofoam dan plastik.

Contoh kerajinan limbah organik ini adalah salah satu solusi untuk menyelamatkan lingkungan dari penggunaan plastik yang berlebih.


Limbah Keramik

Potongan keramik yang berasal dari aktifitas pembangunan banyak tidak terpakai dan terbuang begitu saja. Keramik ini juga memiliki variasi dan warna yang berbeda beda.

Kalau dikumpulkan dan ditempelkan pada media kerajinan lain, seperti vas bunga, pigura, piring, patung, dinding rumah dan sebagainya bisa menciptakan kesan yang unik, variatif dan ceria.

Untuk menyesuaikan ukuran potongan keramik supaya seragam, kamu juga butuh alat pemotong keramik supaya hasilnya bisa presisi dan bagus. Potongan-potongan keramik bekas yang pecah juga dapat digunakan untuk membuat kerajinan mosaik yang indah.


Mainan Edukatif

Membuat mainan dari limbah yang aman untuk anak adalah sebuah tantangan untuk orangtua. Tidak melulu membeli mainan yang harganya mahal, orang tua juga bisa berkreasi menciptakan mainan yang edukatif dan disukai oleh anak-anak.

Misalnya Kardus bekas yang dapat dijadikan puzzel yang menyenangkan. Potong kardus menjadi beberapa bagian, dan Anda atau anak-anak dapat mencoba menyusunnya kembali. Atau Karton bekas yang dijadikan permainan papan seperti catur, dam, atau monopoli.

Kamu juga bisa membuat kemasan busa yang sering digunakan untuk melindungi barang dapat diubah menjadi puzzle foam dengan memotongnya menjadi bentuk-bentuk tertentu


Contoh Kerajinan Limbah Bangun Datar lainnya

Beberapa kerajinan limbah bangun datar lain yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tas Anyaman Plastik Berdesain Unik, menggunakan plastik bekas, seperti kantong belanja plastik atau bungkus makanan.
  • Lukisan Kolase dari Potongan Kain, dari potongan-potongan kain bekas untuk membuat lukisan kolase yang menarik
  • Topeng Wajah dari Kertas Majalah, dari bekas majalah untuk membuat topeng wajah yang artisti
  • Lampu Gantung dari Botol Plastik Bekas, dari botol plastik bekas.
  • Kerajinan 3D dari Kardus Bekas, miniatur bangunan, patung, atau bahkan peta dunia 3D.


Kata Penutup

Bagaimana, apakah kamu sudah mencoba kerajinan yang sudah jelaskan diatas? Kita semua memiliki peran penting dalam menginspirasi orang lain untuk menyelamatkan lingkungan dan memanfaatkan bahan-bahan yang tidak terpakai disekitar kita.

Contoh kerajinan limbah bangun datar diatas dapat membantu meningkatkan kreativitas, rasa kepedulian lingkungan, dan keterampilan tangan yang berguna di masa depan.

Semoga artikel dari kosngosan.com diatas bisa bermanfaat, jangan lupa bookmart dan share artikel ini ya, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya