Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Makanan teknik Au Bain Marie

Teknik memasak au bain marie, atau bain-marie memang sedikit asing di telinga kita sebagai orang Indonesia. Metode ini berasal dari Perancis, negara yang punya kuliner terkenal di dunia. Kalau diterjemahkan secara harfiah, artinya adalah boiling water bath atau teknik mandi air mendidih.

Secara teknis, cara memasaknya adalah dengan menggunakan 2 wadah. Wadah pertama adalah berisi air yang mendidih, dan wadah kedua adalah berisi bahan yang ingin dicairkan atau dihangatkan

Air yang digunakan biasanya sudah mendidih, dan sebagai media penghantar panas tanpa langsung terkena api yang bisa mengakibatkan gosong. Cara ini sangat cocok digunakan untuk bahan seperti cokelat, mentega, atau telur tanpa merusak tekstur dan cita rasanya.

Jadinya wadahnya tidak langsung bersentuhan dengan api, tetapi pakai media air mendidih yang masih ada lapis wadah kedua lagi, yang fungsinya menjaga suhu tetap stabil. 

Teknik Au Bain Marie adalah kebalikan dari teknik Grilling yang menggunakan api secara langsung. Keduanya memang punya kelebihan dan kekurangan, tergantung jenis bahan baku masak yang akan digunakan.

Teknik ini mirip dengan mengukus, dengan memanfaatkan panas dari uap air. Teknik yang digunakan untuk memasak dan menghangatkan makanan secara perlahan. 


Contoh Masakan Au bain marie

Contoh Makanan Au bain marie

Ada banyak contoh makanan yang dibuat menggunakan teknik Au Bain Marie. contohnya adalah pembuatan hidangan kue, seperti saus cokelat, ganache, krim karamel, custard

Selain itu ada teknik ini juga bisa digunakan dalam pembuatan cokelat, tempelan kue, sejumlah hidangan penutup lainnya. Berikut diantaranya :


Custard

Jarang mendengar makanan yang satu ini? Ini adalah salah satu jenis saus manis yang dimasak menggunakan prinsip emulsi, terbuat dari susu atau krim dipanaskan bersama kuning telur sampai mengental. 

Kadang ada juga yang menambahkannya dengan gula, vanilla, cokelat, atau lemon sebagai penambah cita rasa. Custard biasanya dimasak pakai teknik au bain marie diatas air yang mendidih

Baca juga : Contoh Masakan Teknik Frying


Creme brulee

Creme brulee

Apa yang dimaksud dengan krim brulee? Crème brulee adalah salah satu masakan dari prancis, merupakan sebuah hidangan penutup yang punya cita rasa yang manis dan teksturnya lembut. 

Bahannya terbuat dari susu cair, kuning telur, gula pasir dan krim kental. Sebelum dimasak, hidangan ini biasanya dimasak khusus pakai teknik Au Bain Marie untuk memberikan tekstur yang halus dan lembut.


Cheesecake

Dari namanya, pastinya sobat kosngosan sudah tahu bahwa kue ini berasal dari keju. Ini adalah jenis kue yang biasanya dimakan untuk hidangan penutup.

Cheesecake dibuat dengan mencampurkan keju bertekstur lembut, telur, susu serta gula. Untuk jenis keju yang biasa digunakan adalah keju krim, dengan menggunakan teknik Au bain marie


Cokelat Leleh

Biji cokelat yang sudah diolah sebelumnya, kemudian diubah menjadi pasta coket dengan melelehkannya menggunakan teknik au ban marie.

Seperti misalnya adalah Ganache. Biasanya dibuat dengan memanaskan bagian krim dan coklat cincang, dengan menghangatkan krim terlebih dahulu, lalu menuangkannya di atas cokelat


Cup krim

Ini adalah makanan yang berbentuk krim dan disajikan ke dalam cup dengan ukuran yang bervariasi. Cup krim biasa dibuat dari berbagai jenis bahan, sesuai dengan selera dan kebutuhan si pembuat. Dan tentu saja ini menggunakan teknik au ban marie.


Mashed potato

Mashed potato dalam bahasa indonesinya, adalah kentang tumbuk yang biasanya disajikan oleh restoran sebagai teman dari steak. Masakan ini memang menggugah selera, memiliki teksturnya lembut dan padat dengan rasa gurih creamy.


Saus Hollandaise

Apakah sobat kosngosan jarang mendengar jenis saos ini? Saus ini termasuk kedalam lima saus utama dalam kuliner klasik Prancis.

Terbuat dari mentega cair dan kuning telur yang ditambahi dengan jus jeruk serta cuka. Tentu saja kamu juga harus mempersiapkan bahan2 nya terlebih dahulu


Saos Jelly

Sebenarnya ada beberapa jenis saos yang didapat dari buah buahan, seperti selai (potongan buah dan pure buah yang dihancurkan bersama)

Jelly (terbuat dari jus buah murni), Marmalade (mengandung kulit buah, dan biasanya terbuat dari jenis buah jeruk). Beberapa jenis itu bisa diolah lagi dengan teknik au ban marie.


Krim Puding

Fla puding adalah bagian pelengkap dari puding yang menambah kelezatan puding. Puding adalah salah satu makanan yang kerap disajikan sebagai dessert atau makanan penutup.

Puding umumnya memiliki rasa yang manis, bertekstur lembut dan ada tambahan fla yang creamy membuat puding banyak digemari.


Cream Matcha

Krim yang terbuat dari matcha, menjadi pilihan banyak orang. Matcha adalah bubuk teh hijau yang berasal dari Jepang yang dibuat dari teh khusus dan diolah dengan metoda khusus. 

Creamnya hasil campuran dengan bahan seperti susu, krim, gula, atau bahan pengental, sehingga menciptakan campuran yang punya rasa dan aroma matcha yang kuat

Untuk menciptakan tekstur yang lembut dan creamy, biasanya dimasak dan dicampur dengan menggunakan wadah au bain marie diatas air mendidih.


Hollandaise Sauce

Saus Hollandaise adalah contoh masakan yang terbuat dari saus klasik dalam hidangan seperti Eggs Benedict, dibuat dengan mencampurkan kuning telur, mentega cair, dan air lemon di atas air mendidih dengan metode au bain-marie.


Cokelat Ganache

Hidangan yang bernama Ganache adalah campuran krim dan cokelat yang digunakan dalam kue dan pencelup cokelat. Ini dibuat dengan mencampurkan cokelat dengan krim panas di dalam wadah au bain-marie.


Fondue Cokelat 

Fondue cokelat berasal dari negara Swiss. Seperti namanya, hidangan ini terbuat dari cokelat yang dilelehkan dalam wadah di atas panci air mendidih, seperti pada teknik Au Bain Marie. 

Kemudian ditambahkan dengan potongan buah, marshmallow, bisa juga roti yang dicelupkan ke dalam cokelat leleh tersebut.


Sabayon 

Sabayon adalah hidangan penutup yang berasal dari negara Italia. Makanan ini terbuat dari kuning telur, gula, dan anggur. 

Campurannya kemudian dimasak di atas air mendidih (teknik au bain marie) dengan whisking konstan demi memberikan tekstur krim yang lembut.


Pot-au-Feu 

Seperti namanya, Pot-au-Feu adalah hidangan klasik yang berasal dari negara Prancis. Terbuat dari potongan daging sapi atau babi, sayuran, dan kaldu. 

Daging dimasak dalam air mendidih dan disajikan dengan saus yang dibuat pakai teknik Au Bain Marie demi menjaga suhu sauce tetap hangat, kental dan lezat.


Lapis Legit Kukus

Ini adalah jenis Kue tradisional Indonesia yang berbahan dasar kuning telur, mentega, gula, dan rempah seperti kayu manis. 

Walaupun pada umumnya cara pembuatan kue ini dipanggang dalam oven, tapi kamu bisa berkreasi dengan memasak lapisan kue dalam wajah Au Bain Marie untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan seragam.


Pudding Karamel

Pudding karamel adalah hidangan penutup yang mungkin sering sobat kosngosan jumpai di cafe-cafe Indonesia. 

Dessert ini berasal dari campuran susu, telur, gula, dan bahan-bahan lainnya. Kamu bisa berkreasi dengan memasaknya menggunakan wadah dalam Au Bain Marie supaya tekstur krim nya lembut dan saus karamel tidak rusak.


Soufflé

Soufflé adalah hidangan penutup dari negara Prancis. Tapi versi soufflé ini bisa ditemukan beberapa kafe di kota besar di Indonesia dan dibuat dengan mempertimbangkan bahan dan cita rasa lokal. 

Soufflé dibuat dari bahan telur, gula, dan bahan rasa yang dimasak pakai wadah menggunakan teknik Au Bain Marie supaya adonan bisa mengembang dengan baik dan teksturnya tetap ringan dimakan.


Yogurt Homemade

Untuk membuat yogurt, kamu butuh susu sapi steril yang dimasak dan dicampur dengan bibit atau starter yogurt. Biasanya susu dimasak diatas wadah dengan kompor langsung

Tapi yogurt homemade yang dibuat sendiri, bisa juga menggunakan teknik au bain marie. Susu dimasak diatas wadah au bain marie, kelebihannya nutrisi dalam susu tidak berkurang drastis, karena suhu bisa dijaga.


Kesimpulan

Mungkin bagi sobat kosngosan, mendengar teknik ini sedikit asing, bukan? Tapi Teknik Au Bain Marie ini cukup banyak digunakan di seluruh dunia

Hal ini untuk menciptakan hidangan yang mencapai tekstur dan kualitas rasa yang diinginkan tanpa risiko pemanasan berlebih atau pembekuan yang bisa merusak cita rasa dan teksturnya. Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat buat kalian, jangan lupa share dan bookmart ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya