Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Contoh Makanan teknik Broiling

Teknik memasak broil sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Cara memasak yang biasa diterapkan pada olahan daging-dagingan ini bisa mengubah bahan mentah menjadi hidangan yang enak, bertekstrur crunchy, smooky (bau asap) yang khas dan lezat. Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan broiling ? Kita akan bahas singkat disini.

Broiling adalah suatu metode memasak yang memanfaatkan alat panggangan di bawah api (tapi tidak kena api secara langsung) yang sering kita sebut oven atau broiler. Metode memasak yang memanfaatkan panas api tapi tidak secara langsung ini, melainkan menggunakan perantara alat yang ditaruh diatas makanan.

Berbeda dengan teknik grilling. Kalau grill dia menggunakan api secara langsung yang berinteraksi dengan bahan makanan. Tapi persamaan antara keduanya adalh sama sama menggunakan suhu panas yang tinggi dan jarak yang relatif dekat antara sumber panas dengan makanan

Nah dengan teknik ini, maka memungkinkan bahan makanan seperti daging-dagingan untuk cepat masak dan mendapatkan lapisan yang crunchy atau renyah pada permukaannya, smooky dan punya tekstur yang khusus. Mimin kosngosan sendiri sangat suka hidangan yang menggunakan teknik ini.


Contoh Makanan Broiling

Contoh Masakan Broiling

Sepintas teknik memasak grill dan broiling hampir sama. Hanya saja pada teknik memasak brolling menggunakan panas tinggi yang langsung mengarah ke bahan makanan.

Proses broiling digunakan untuk hidangan yang memerlukan pemanasan cepat dari atas, seperti ketika sobat ingin memanggang hidangan yang memiliki permukaan yang harus cepat berwarna cokelat atau renyah.

Sumber panas berasal dari atas dan kita harus membolak-balik makanan supaya tidak kosong. Biasanya menggunakan oven atau alat yang dinamakan broiler. Berikut beberapa contoh hasil masakan nya :

Baca juga : Contoh Makanan Grilling


Pizza

Pizza

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Walaupun berasal dari italia, tapi sudah tersebar di seluruh dunia lho

Komponen utama dalam pizza adalah Roti Pizza yang merupakan dasar hidangan, Saus Tomat, Keju seperti mozzarella, aneka topping seperti pepperoni, jamur, paprika, bawang, daging sapi cincang, daging ayam, olive, sosis, ada juga yang menggunakan sayuran, seperti bayam, brokoli, Bumbu dan Minyak Zaitun, seperti oregano, merica, garam, dan minyak zaitun

Beberapa jenis pizza, seperti pizza dengan pinggiran tipis, biasanya di broil untuk menciptakan kecokelatan di atas keju dan bahan toping lainnya, seperti sosis, daging, cornet, jagung, dll


Roti Mancanegara

roti makanan broiled

Ada banyak olahan roti yang di broiling atau di oven pakai teknik yang sederhana. Di beberapa negara, roti ini menjadi makanan utama pengganti nasi. Berikut beberapa contohnya :

  • Naanadalah roti tradisional India yang dipanggang dalam oven tanah liat yang disebut "tandoor." Terbuat dari adonan tepung terigu, yogurt, garam, dan ragi, dan kemudian dipasang pada dinding panas tandoor.
  • Pitaadalah roti pipih dan bundar yang dipanggang dalam oven tanah liat yang disebut "tannur" sering digunakan untuk membungkus kebab atau hidangan lainnya oleh masyarakat timur tengah, seperti arab saudi, qatar, UEE, dll
  • Baguetteadalah roti khas Prancis yang panjang dan ramping, dipanggang dalam oven tradisional, terbuat dari adonan sederhana yang hanya mengandung tepung, air, ragi, dan garam.
  • Breadstickatau grissini adalah roti pipih dan panjang yang berasal dari italia. Seringkali dipanggang dalam oven tradisional. Roti ini memiliki rasa gurih dan renyah.
  • Borodinskyadalah roti tradisional Rusia yang terbuat dari campuran tepung rye dan gandum, dibuat menggunakan teknik panggang dalam oven tradisional dan dicirikan oleh rasa rempah-rempah, bubuk kakao, dan bahan lainnya


Steak Beef Broiled

Apakah sobat kosngosan tahu bahwa daging memang banyak diolah menggunakan teknik yang berbeda? Salah satunya broiling. Daging sapi, babi, domba, dan meat lainnya bisa diolah pakai teknik ini

Daging dari proses memasak pakai teknik broiling juga memiliki cita rasa yang lebih kaya, yang didapat dari proses pelumuran bumbu sebelum dan selama pemanggangan.


Chicken Broil

Kamu suka ayam? ayam sendiri memiliki rasa enak dan gurih, dengan harga yang relatif terjangkau. Dagingnya bisa diolah menjadi kudapan yang nikmat serta menggugah selera.

Salah satunya ayam broiled dengan berbagai tambahan bumbu rempah. Di indonesia, seringnya pakai ayam yang di olesi dengan rempah-rempah, kemudian di oven dalam suhu tertentu selama beberapa menit.


Duck Broil

Selain ayam, ada juga bebek yang bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan dengan teknik broiled. Daging bebek bisa diolah menjadi berbagai varian masakan untuk sarapan, makan siang, dan juga menu malam hari.

Hampir sama dengan ayam, teknik memasak bebek juga tidak susah dan sering kita temui di beberapa daerah di Indonesia yang memang sentra bebek.


Sosis Broil

Kamu suka sosis? Sosis banyak digemari dengan rasanya yang nikmat. Sosis banyak diolah menjadi berbagai makanan, sering juga dikombinasikan dengan bahan makanan lain.

Selain itu, sosis bakar juga nikmat untuk dikonsumsi menggunakan roti atau tambahan sayuran. Sosis yang di broiled ini sering kita temui di acara BBQ, warung angkringan, dan sebagainya.


Seafood Oven

Indonesia yang memiliki sumber bahan makanan dari laut biasa mengolah menggunakan broiling pakai oven. Menu seafood adalah istilah yang digunakan yang mengacu pada bahan makanan laut kemudian dipanggang dalam oven dengan bumbu rempah rempah yang dikombinasikan.

Metode memasak seafood yang menggunakan oven dipilih untuk menghasilkan tekstur yang gurih dan lezat. Proses ini dimulai dari pembersihan, melumuri makanan laut, seperti ikan, udang, kerang, atau cumi-cumi dengan bumbu dan bahan tambahan sesuai selera, dan seafood ini dipanggang dalam oven hingga matang.


Bandeng Broil

Ikan bandeng adalah ikan dengan gizi yang tinggi. Ikan ini banyak mengandung asam lemak omega-3 menjadi sumber nutrisi dan punya banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Seperti melindungi kesehatan otak, mengontrol berat badan, hingga menghangatkan tubuh. Bandeng juga bisa kita olah dengan cara dibakar dan diolah pakai bumbu tertentu.


Roti Bakar

Olahan roti bakar sebenarnya bukan dibakar, tapi di broiled. Makanan ini juga punya penikmat yang banyak di tanah air. Roti tawar yang berbentuk kotak disukai semua kalangan.

Untuk menikmatinya, orang orang bisa menambahkan berbagai topping. Biasanya untuk sarapan pagi, roti bakar ditambah keju, sayuran dan telor goreng diatasnya.


Egg Broil

Telur selain di rebus dan digoreng, juga bisa di bakar lho. Bicara mengenai masakan telur apabila kamu sedang bosan dengan telur ceplok, dadar, atau rebus

Saatnya sobat kosngosan memasak menu lain dari bahan dasar telur dengan menggunakan teknik membakar. Telur yang mentah, bisa di broiled pakai oven dengan suhu tertentu selama beberapa menit.


Potato Broiled

Kamu pecinta kentang? Umbi ini mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin B6, B1, B3, dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, zat besi dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Biasanya kamu bisa mengolahnya menjadi kentang goreng, tapi kamu juga bisa mengolah kentang bakar dengan tekstur yang khas. Kentang yang diolesi dengan minyak atau margarin, dimasukkan ke oven selama beberapa menit.


Veggie Broiled

Sayuran biasanya hanya disajikan dalam bentuk tumis, sup, atau kukus, namun kamu bisa mencoba variasi yang berbeda dengan menjadikannya sebagai salah satu menu bakaran.

Sayuran yang dibakar dengan teknik khusus akan menghasilkan tekstru crunchy yang enak. Tapi sebenarnya teknik ini bisa merusak nutrisi sayuran kalau tidak diolah dengan baik.

Beberapa bahan lain yang biasa di broiling seperti 

  • Bawang bombay, bawang putih
  • Paprika hijau dan merah
  • Jamur jamuran
  • Cabai besar (tidak pedas)
  • Tomat
  • Terung

Fruits Broiled

Selain sayuran, buah buah juga bisa di panggang pakai teknik broiling lho. Hal ini dilakukan untuk menciptakan tekstru buah yang berbeda ketika mengkonsumi secara mentah. Seperti misalnya pisang bakar, nenas bakar, sukun, ubi-ubian, dan lainnya


Marshmallow Broil

Kamu bisa mencoba menggunakan marshmallow dan coklat leleh. Tusuk-tusuk marshmallow dan kemudian bakar di atas api.

Tak perlu terlalu lama, cukup sebentar saja hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelahnya kamu bisa mencelupkan marshmallow ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan.


Hot dog

Hot dog bukan berarti terbuat dari daging anjing ya. Hanya namanya saja seperti itu. Ini adalah olahan yang terbuat dari sosis daging cincang yang di broiling

Kemudian ditempatkan dalam roti bundar yang dipotong di tengahnya dan diisi dengan jenis saus, seperti saus tomat, mustard, bawang goreng, mayones, sauerkraut, keju, dan tambahan toping lainnya sesuai selera.


Sosis Broiled Mancanegara

  • Chorizo sejenis sosis yang berasal dari Spanyol dan Portugal, tetapi populer juga di negara Amerika Latin
  • Bratwurst adalah sosis jerman, yang dipanggang, dan sering kali disajikan dengan saus mustard Jerman atau sauerkraut (kubis asam)
  • Salchicha (salchicha fresca), yang berarti sosis yang belum diawetkan dan harus dimasak segera setelah pembelian, diolah broiled


Kesimpulan

Memasak bahan makanan menggunakan teknik broiling adalah cara yang cepat dan efisien untuk mengubah lapisan makanan menjadi renyah di atas hidangan.

Pastikan untuk selalu memantau makanan yang sobat kosngosan panggang di bawah alat broiler seperti oven, karena panasnya yang tinggi.

Kalau tidak diawasi, bisa cepat gosong dan justru merusak tekstur makanan. Semoga beberapa informasi mengenai contoh broiling diatas bisa berguna, jangan lupa share dan bookmart juga halaman ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya