Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Makanan Roasting (Sangrai)

Apa yang dimaksud dengan teknik sangrai? Roasting (dalam bahasa indonesianya Sangrai) adalah cara memasak dengan menggoreng tanpa menggunakan minyak, tetapi menggunakan media lain sebagai penggantinya, misalnya pasir, tanah, kerikil atau bahan lain dan bahkan ada yang hanya menggunakan wajan penggorengan saja.

Biasanya pemanasan dengan cara ini sering digunakan pada bahan biji bijian yang punya kulit, seperti kopi, kacang-kacangan, biji kakao, dan lainnya dalam wajan suhu tinggi dan tanpa tambahan lemak atau cairan lainnya. 

Beberapa kelebihan menyangrai makanan antara lain :

  • Meningkatkan aroma dan rasa bahan makanan lebih strong, gurih atau beraroma
  • Menghilangkan kandungan air, sehingga bisa meningkatkan daya simpan makanan
  • Menciptakan variasi rasa dan tekstur yang berbeda dari rasa awalnya
  • Lebih sehat karena tanpa minyak dan lemak

Contoh Makanan Sangrai / Roasting

Contoh Makanan Sangrai

Seperti misalnya menyangrai menggunakan pasir (tentu saja pasirnya sudah dibersihkan) yang bisa mengantarkan panas ke makanan, berikut adalah beberapa contoh makanan yang mungkin sering kita temui pakai teknik ini :


Biji Kopi Siap Giling

Biji kopi yang telah siap digiling untuk dikonsumsi, adalah salah satu produk dari teknik menyangrai yang perlu sobat kosngosan ketahui.

Karena biji kopi yang sudah dilepaskan kulit luarnya, kemudian di sangrai atau di gongseng menggunakan panas tinggi pada suatu wadah sambil diaduk dan diputar, supaya panasnya merata.

Baca juga : Contoh Makanan yang di Grilling


Biji Cokelat Giling

Selain kopi, ada juga cokelat yang bisa dijadikan sebagai bahan baku makanan cokelat. Cokelat asalnya dari biji kakao yang ada di pohon kakao.

Pohon kakao ini ditemukan di Amerika, dan saat ini sudah dibudidayakan di daerah Asia yang cocok terhadap iklim tropis. Biji ini bisa disangrai untuk menghilangkan kandungan air didalamnya.


Kerupuk Tayamum

Keripik sangrai

Sering juga disebut kerupuk usek. Ada pun cara menggorengnya menggunakan pasir halus sebagai pengganti minyak goreng.

Jenis kerupuk ini disebut kerupuk tayamum karena dari caranya, yaitu cara bersuci umat Islam saat air tidak ada, yang menggunakan debu atau pasir sebagai pengganti air. Kerupuk ini sehat karena tidak mengandung minyak


Roast Potatoes

Kentang yang dipotong-potong, kemudian disangrai sampai menjadi kering dan renyah di luar dan lembut di dalam. Bisa juga ditambah dengan bumbu rempah untuk menambah cita rasa kentang nya.


Pop Corn

Biji jagung yang disangrai atau di roasted pakai wadah tertutup, dicampur caramel, bumbu atau bahan lain sesuai selera. Popcorn merupakan camilan yang populer di seluruh dunia dan disajikan dengan aneka rasa dan bumbu, rasa manis, asin, dan gurih. Sering dikonsumsi di bioskop, taman hiburan, dan pasar malam


Roasted Corn

Bahan Jagung yang dipanggang tapi pakai cara sangrai atau roasted. Ini adalah contoh jalanan yang populer di berbagai negara. Biji Jagung manis yang sudah diolesi dengan mentega dan bumbu tambahan, kemudian dimasak pakai alat khusus sangrai hingga biji jagung masak tapi tidak sampai mengembang seperti pop corn


Kacang Tanah Sangrai

Semua orang pastinya sering atau pernah mengkonsumsi dari kacang tanah. Kacang adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan dan sering diolah menjadi hidangan yang menggugah selera

Dimulai dari saus kacang, selai, hingga disajikan sebagai camilan saat hari besar. Jadi salah satu teknik memasak kacang adalah sangrai dengan menggunakan media pasir.


Kelapa Gongseng

Kelapa yang sudah di parut kemudian di sangrai langsung ke atas wajan panas, lalu di aduk aduk hingga tercipta warna kecokelatan.

Biasanya bumbu ini kemudian ditumbuk dan dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menggulai atau dijadikan bahan untuk merendang. Ada yang menjual dalam keadaan sudah ditumbuk basah.


Biji Bunga Matahari Sangrai

Kamu kenal dengan biji bunga matahari? Biji bunga matahari atau sering kita sebut sebagai kuaci, atau kwaci, banyak dijadikan sebagai snack atau camilan saat menonton atau mengisi waktu kosong. 

Biji bunga matahari yang di roasting memiliki rasa gurih dan renyah. Dan biasanya biji kuaci ini diolah dengan teknik sangrai kering tanpa minyak. Kamu sering menemui kuaci ini dijual di pasar-pasar.


Almond Sangrai

Kacang almond memang sangat enak dan juga menyehatkan. Biasa dijadikan sebagai camilan sehat dan memiliki rasa hambar namun crunchy.

Kacang almond punya rasa yang dan kandungan yang kaya dengan nutrisi. Kacang ini juga memiliki bulir yang besar dan mengenyangkan bila sobat kosngosan makan. Dan salah satu cara mengolahnya adalah dengan disangrai.


Kacang Mete Sangrai

Kamu kenal dengan kacang yang satu ini? Sebenarnya ini bukanlah berasal dari tanaman kacang, tetapi bagian dari jambu monyet.

Kacang yang diambil dari buah jambu mete alias jambu monyet ini punya kalori yang cukup tinggi. Dan biasa juga diolah dengan menggunakan teknik sangrai.


Wijen Sangrai

Kamu pastinya pernah memakan biji yang satu ini, bukan? Biji wijen asalnya ternyata dari tanaman famili Pedaliaceae yang asalnya dari Afrika.

Tanaman ini awalnya telah dibudidayakan untuk pemakaian minyak nabati yaitu minyak wijen. Walaupun biji wijen sering dibuat penghias suatu hidangan saja, tapi biji ini juga banyak manfaat lho.


Cabai Sangrai

Cabe memiliki banyak manfaat, karena mengandung capcaisin. Selain digoreng dan dicampur dengan bawang serta bumbu lainnya, cabe juga bisa di sangrai untuk kemudian di olah lagi ke dalam masakan lainnya. 

Kelebihan sangrai cabai yaitu tidak mengandung minyak dan tentu saja lebih sehat. Kalau disimpan, cabe sangrai lebih lama tahan karena tidak mengandung air lagi.


Candlenut Roasted

Biji kemiri atau bahasa inggrisnya candlenut sering disangrai untuk mengeluarkan aromanya dan diolah kembali untuk bahan rempah masakan. Campuran biji kemiri ini bisa menciptakan hidangan menjadi lebih gurih dan manis. 


Linseeds Roasted

Biji linseed atau biji rami, sering disangrai sebelum digiling menjadi bubuk flaxseed. Olahan biji ini biasa digunakan dalam makanan sehat seperti smoothie dan roti rendah gluten


Cengkeh

Biji cengkeh atau dalam bahasa inggris disebut Cloves, sering disangrai sebelum digunakan sebagai bumbu dalam hidangan atau dalam campuran rempah-rempah.


Kayu Manis

Cinnamon atau kayu manis adalah salah satu rempah yang kaya akan rasa dan aroma. Sebelum diolah untuk bubuk campuran hidangan lain, bisa di sangrai demi mengeluarkan cita rasa dan aroma cinnamonnya supaya lebih strong.


Biji Jintan 

Disebut juga dengan Cumin Seeds juga sering disangrai sebelum digunakan dalam berbagai hidangan di asia timur, seperti India, Timur Tengah, dan negara Asia lainnya 


Daun Salam dan Daun Kari

Menyangrai rempah seperti daun salam dan daun kari cukup pakai api kecil menggunakan wajan, sambil diaduk terus menerus hingga warnanya berubah kecoklatan. 

Setelah itu kamu bisa menyimpan daun-daunan tersebut di wadah yang kering dan tertutup rapat. Bisa tahan berbulan bulan pada suhu kamar.


Kesimpulan

Perlu sobat kosngosan ingat bahwa proses menyangrai ini dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang ada dalam makanan dan menghasilkan senyawa karsinogenik apabila digunakan pada suhu yang sangat tinggi. 

Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis makanan yang punya kulit tebal, sehingga roasting tidak langsung mencapai daging atau bahan makanan secara langsung. 

Semoga beberapa referensi diatas bisa bermanfaat buat teman teman sekalian, jangan lupa share dan bookmart ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya