Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Formulir Umpan Balik Aksi Nyata Guru

Umpan balik (feedback) dalam pembelajaran adalah indikator penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu sistem pendidikan. Saat ini, para guru SD, SMP dan SMA/SMK di Indonesia diharuskan membuat aksi nyata di sekolah. Hal ini senada dengan program dari merdeka belajar yang telah digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau sering kita singkat sebagai Kemendikbud.

Menurut laman merdeka belajar, Aksi Nyata Aksi Nyata adalah kegiatan terakhir untuk menerapkan satu topik Pelatihan Mandiri oleh seorang guru. Aksi Nyata ini juga menjadi salah satu bentuk praktik pemahaman sobat kosngosan terhadap topik yang sudah dipelajari dalam Pelatihan dari platrom Merdeka Belajar. 

Kalian bisa mengimplementasikan atau menerapkan berbagai teori yang sudah dipelajari serta mendemonstrasikan penguasaan materi tersebut bersama peserta didik di sekolah. Memilih kegiatan Aksi Nyata tidak boleh sembarangan. 

Kalian bisa pilih yang mana yang diyakini bisa menunjukkan pemahaman terhadap topik tersebut. Praktikkan lah dengan mengikuti instruksi yang sudah ada. Kalian dapat memodifikasi instruksi sesuai dengan kebutuhan masing masing. Salah satunya dengan menggunakan google formulir atau secara online. 

Kalau dulu banyak guru yang masih gaptek, sekarang sudah mulai banyak yang menggunakan fitur google form untuk menyebarkan umpan balik aksi nyata mereka. Kelebihan dari google form ini selain gratis dan bisa diakses kapan pun dan dimana pun, juga punya segudang fitur untuk formulir pengambilan data. 


Cara Membuat Google Formulir Umpan Balik Aksi Nyata

Cara membuat umpan balik

Membuat google form itu gampang kok, tidak susah. Karena google juga menyediakan fitur ini untuk kalangan awam. User interface nya juga mudah dipahami bagi guru-guru yang relatif masih baru dalam menggunakan fitur internet. Berikut panduan umum membuat google formulir yang bisa sobat kosngosan.com pelajari :

Akses Google Form dari broser, setiap Google Formulir yang dibuat akan tetap berada di Google Drive. Kamu bisa mengaksesnya melalui Google Chrome, Internet Explorer atau Mozilla Firefox.

Masuk ke akun Gmail mu. Untuk hasil terbaik, lakukan langkah ini di komputer atau laptop (hindari pakai smartphone)

Kamu perlu membuka formulir baru dari laman homepage Google Formulir, klik tombol + atau icon plus pada sisi kiri template formulir.

Kamu bisa menentukan title formulir. Opsi ini ada di bagian atas layar. Selain itu bisa menambahkan deskripsi pada formulir

Pada langkah selanjutnya, kamu bisa menambahkan pertanyaan pada formulir. Ini adalah dasar pengumpulan data terhadap umpan balik aksi nyata. Kamu perlu tahu ada beberapa jenis pertanyaan dan jawabannya. Ada jenis pertanyaan pilihan ganda, isian, numerik dan sebagainya (bisa kamu coba2 dan pelajari dulu)

Kalau ingin menggandakan pertanyaan, bisa klik tombol "Duplikat"

Jika sudah selesai dan cek kembali apakah ada kesalahan ketik. Klik opsi “Pratinjau” untuk melihat pratinjau Formulir yang sudah kamu buat

Klik tombol "Kirim". Tombol ini berada di kanan atas layar; klik "Kirim" akan memunculkan link atau URL yang siap untuk di copy dan bagikan ke WA rekan guru atau peserta didik untuk diisi sebagai umpan balik.

Baca juga : Contoh Prakarsa Perubahan untuk Guru


Contoh Google Form Umpan Balik Aksi Nyata

Memanfaatkan fitur yang ada di dalam google form untuk kepentingan umpan balik aksi nyata sangat bisa sekali lho, sobat kosngosan! 

Kalau kalian tidak ingin repot mem print kertas dan membagi bagikan kertas ke rekan guru atau peserta didik, maka bisa menggunakan google form ini. Berikut beberapa contohnya :


contoh Google Formulir Umpan Balik Aksi Nyata Guru

Google Formulir Umpan Balik Aksi Nyata Guru


Tips Membuat Umpan Balik Aksi Nyata

Sobat kosngosan bisa melakukan kegiatan Aksi Nyata sesuai panduan yang ada. Tulislah step by step kegiatan Aksi Nyata kalian pada dokumen tertulis. Kalian bisa menggunakan aplikasi word seperti Microsoft Word, WPS Office, Power point dan lain sebagainya. Tapi setelah itu, kalian wajib mengubah dokumen ke format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB.

Pastikan isi dokumen Aksi Nyata sesuai panduan, yaitu:

  • Kegiatan sesuai dengan topik Aksi Nyata 
  • Memuat dokumentasi saat melakukan Aksi Nyata 
  • Menuangkan buah pikiran personal hasil karya sendiri (jangan plagiarisme)
cara Membuat Umpan Balik Aksi Nyata


Kesimpulan

Pada akhirnya, sobat kosngosan.com bisa meminta umpan balik pada rekan sejawat (sesama guru) dengan membagikan Aksi Nyata kalian yang sudah diunggah menggunakan google formulir dari google secara gratis. Klik ikon bagikan yang ada di kanan atas bisa juga klik Bagikan Aksi Nyata yang ada di bagian bawah halaman. 

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Oh ya, jangan lupa jika kalian berkenan, bisa klik tombol share (bagikan) dibawah ini, dan bookmart juga di browser kalian biar bisa mengunjungi kembali halaman ini jika perlu dikemudian hari.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya