Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Desain Kartu Kilat Materi Penyuluhan Pertanian

Apa yang dimaksud dengan kartu kilat? Kartu kilat atau flash card adalah media pembelajaran yang bentuknya berupa kartu bergambar. Memiliki ukuran beraneka ragam (tidak ada ketentuan pasti). Tapi biasanya dicetak dengan ukuran postcard (18 x 24 cm, 20 x 25 cm, 25 x 30 cm) dan dibuat sesuai kebutuhan pembelajaran. Media kartu kilat harus menampilkan informasi visual yang mudah dimengerti. 

Khususnya buat materi penyuluhan yang tujuannya adalah supaya dipahami oleh petani dan kelompok tani. Media ini bisa digunakan dalam pertemuan dengan kelompok tani secara luas maupun temu lapang kecil-kecilan secara individual atau perseorangan.

Kartu kilat dalam materi penyuluhan pertanian berupa gambaran atau foto yang didesain menggunakan aplikasi edit photo. Seperti canva, photoshop, coreldraw dan aplikasi lainnya. Kemudian dicetak pada lembaran-lembaran kartu dan berupa tulisan informasi. 

Untuk topik yang dimuat dalam media Flash Card pastinya berhubungan dengan kebutuhan penyuluhan di wilayah kerja masing masing milik sobat kosngosan.

Atau menyesuaikan dengan materi yang dipilih dan dibutuhkan oleh petani setempat. media Flashcard jika dilihat dari bentuknya termasuk media grafis atau media dua dimensi yaitu media yang mempunyai ukuran panjang dan lebar. 

Flashcard digunakan dengan cara menunjukkan kartu tersebut kepada petani. Hal ini bisa memicu otak petani supaya dapat menerima informasi yang terdapat pada kartu tersebut, dan sangat efektif untuk membantu proses belajar mengembangkan teknik pertanian atau menyampaikan informasi seputar pertanian. 


Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat) Penyuluhan

Flashcard atau kartu kilat selain dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada pada proses pembelajaran dilapangan. 

Harapannya dapat membantu petani meningkatkan minat belajarnya, media dapat membantu para penyuluh untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari materi yang akan disampaikan. 

Berikut beberapa contoh desain flashcard yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi :

Contoh Desain Flashcard Kartu Kilat

Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat)

Desain Flashcard (Kartu Kilat)

Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat)

Contoh Flashcard (Kartu Kilat)

Sumber : kosngosan.com


 Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat)

Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat)

 Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat)

Contoh Desain Flashcard (Kartu Kilat)


Tips Membuat Flashcard/Kartu Kilat

Kalau sobat kosngosan ingin membuat kartu kilat untuk materi pembelajaran (tidak hanya di bidang penyuluhan pertanian), kamu bisa menerapkan beberapa langkah dan proses pembuatan dibawah ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kamu bisa menggunakan canva untuk mendesain kartu kilat, mencari materi di internet dan mencetak kartu kilat mu pada bahan kertas kemudian potong menjadi bagian seperti kartu.
  2. Kemudian kamu memperlihatkan kepada audiens mengenai isi dari kartu flashcard yang berupa gambar dan tulisan (teks) yang akan dikenalkan.
  3. Kamu akan mengucapkan beberapa kata yang diperlihatkannya dan audiens akan menirukannya secara berulang-ulang sesuai prosedur
  4. Kamu bisa membentuk kelompok dengan cara "Hompimpah" untuk mencari pasangan kartunya sesuai perintah
  5. Kamu harus mengumpulkan 2 set kartu yang terdiri dari gambar beserta tulisan penjelasan yang benar dan tepat
  6. Audiens yang lebih dahulu mengumpulkan 2 set kartu menjadi pemenangnya
  7. Apabila audiens tidak menemukan kartu yang sesuai untuk dipasangkan, maka dilanjutkan oleh audiens selanjutnya
  8. Audiens yang sudah menemukan pasangan kartunya mengucapkan secara lantang dan menjelaskan isi kartu tersebut.


Kesimpulan

Setiap media penyuluhan dipastikan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, flash card merupakan salah satu media penyuluhan pertanian yang bisa digunakan oleh penyuluh di lapangan. 

Disamping tidak membutuhkan biaya banyak, media ini dirasa cukup efektif jika digunakan dalam mengajarkan teknik atau informasi tertentu. 

Demikian pembahasan dari kosngosan.com semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi buat kalian para penyuluh di lapangan. Jangan lupa bookmart dan share artikel ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya