lomba blog traveloka

Tips Mencari Kos Murah Meriah


tips kos murah,Tips Mencari Kos Murah Meriah

Kamu anak kost yang sedang kuliah dan sekolah, kebanyakan tinggal di kos. Dan banyak diantara anak kost sering mengeluh mengenai tarif dan sewa kos yang relatif mahal dan membebani bulanan masing-masing. 

Kali ini kita akan membahas mengenai tips mendapatkan kos lebih murah tetapi juga lebih nyaman untuk ditinggali. Anak kos yang sedari dulu sudah menderita dengan ketergantungannya yang tinggi terhadap biaya bulanan, kini mesti berpikir dua kali untuk menempati kos kosan yang lebih murah.

Kalau biaya kos mimin dulu, sewaktu menjadi anak kost memang nggak terlalu mahal, karena memang letak kampus bisa dibilang agak jauh dari pusat kota. Tapi apa jadinya bila kamu-kamu yang notabene anak kos justru berada di pusat kota? Tentu hal ini menjadikan biaya kos muu membengkak. 

Sebenarnya bila kamu mau membuang sedikit prestise atau gengsimu, kamu bisa menyewa rumah di komplek perumahan sederhana di pinggiran kota bersama teman-temanmu yang lain. 

Mengapa? Karena ternyata biaya kos di dekat kota maupun pusat kota justru lebih mahal ketimbang di pinggiran. Ini jelas sekali. Harga dan nilai lahan di perkotaan sangat potensial dan mahal. 

Makanya untuk daerah kota, lahan banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, bukan untuk tempat tinggal. Sementara untuk perumahan dan tempat tinggal lebih diperuntukkan pada daearh pinggiran kota. 

Kamu bisa mengajak teman-temanmu lainnya untuk tinggal serumah. Kalian bisa menghemat biaya kontrak rumah, listrik, air, sampah, keamanan dll. Tapi yang perlu diperhatikan, pilihlah teman satu kos mu yang benar-benar sudah kamu ketahui sifat dan karakternya yang sudah lama kamu kenal. Agar nantinya jangan sampai menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Alasan lain mengapa biaya kos di perkotaan lebih mahal adalah karena kebijakan dari pemerintah daerah juga berpengaruh sekali. Contohnya, bila kamu tinggal di kota A yang menerapkan pajak PBB dan retribusi lainya bagi pemilik kos atau kontrakan, kemungkinan besar sang pemilik kos juga akan menaikkan biaya kosnya. Nah, sebelum tinggal ada baiknya kamu teliti dulu kebijakan pemerintah daerah setempat.

Muncul pertanyaan, bagaimana tips mencari kos yang murah meriah? Penasaran? Ikuti tips dibaawah ini :


Tentukan Lokasi



Seperti yang dibicarakan pertama, lokasi menjadi peranan penting untuk mendapatkan sewa kos yang murah. Kamu harus berlapang dada bila memang kos di daerah pinggiran kota Karena biasanya, daerah pinggiran lah yang menyediakan tempat kos yang relatif lebih murah dan bersahabat dengan kantongmu.



Keberadaan Fasilitas Pendukung



Periksa apakah banyak penjual nasi padang disana? Biasanya bila banyak, maka kamu bisa mencari referensi tempat makan termurah tanpa harus mengesampingkan soal rasa. Biaya hidup juga penting seperti biaya fotocopy, servis laptop, motor, laundry, dan lain-lain. Jadi selain biaya kos, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup lainnya.



Kemudahan Akses



Apakah akses menuju tempat kos sulit? Pantas saja sewa kosnya menjadi murah. Hanya saja, kamu harus mengesampingkan soal harga bila ternyata akses menuju kosan tidak mudah dicapai, misalnya hanya punya jalan setapak dan tidak memiliki jalan untuk kendaraaan. Bagaimanapun, akses tetap menjadi hal yang prioritas.



Cari Info di Grup Media Sosial



Biasanya informasi seputar kos murah cukup banyak diberikan oleh anggota grup seperti facebook atau whatsapp. Kamu harus jeli menentukan mana informasi yang benar valid atau yang hoax. Jangan sampai informasi itu merugikan kamu sebagai pencari kos.



Usia Properti 



Biasanya, kos yang lama dan sudah banyak yang menempati akan lebih murah sewa kosnya dibanding kos yang baru dibangun. Karena memang pada bangunan terdapat nilai depresiasi yang dihitung berdasarkan umur ekonomisnya. Jadi, jangan gengsi untuk menempati kos yang sudah lama dibangun.



Negosiasi



Nah, terakhir, kamu bisa mendapatkan kos murah yang kamu mau bila kamu adalah seorang negosiator ulung. Kamu mesti tahu pasaran kos di daerah lain dan bandingkan dengan kos incaranmu. Setelah mendapati hati pemilik kos, kamu bisa melancarkan upaya represif untuk menego sewa kos yang relatif lebih murah.


Oke sekian postigan mengenai Tips Mencari Kos Murah Meriah. Semoga sobat kosngosan bisa menjadi anak kos yang efisien dan tidak boros terhadap uang bulanan yang diberikan oleh orang tua di kampung. Have a nice day

G+

0 Response to "Tips Mencari Kos Murah Meriah"

Post a Comment