Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Nomor Halaman di Word Romawi dan Angka

Bagaimana cara membuat nomor halaman otomatis untuk makalah, laporan, skripsi, novel, proposal, tugas akhir atau karya tulis lainnya? Seperti yang kita ketahui, penomoran pada halaman akan membantu pembaca dalam mengidentifikasi jumlah halaman keseluruhan dan membantu mencarikan materi mana saja yang sedang dicari. Pada kali ini kita akan membahas juga mengenai cara membuat nomor halaman yang berbeda pada satu dokumen di word 2007, 2010, 2013, 2016 dan office 365

Nomor halaman merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi posisi materi yang akan dijabarkan pada seluruh lembaran karya tulis. Kamu pasti sering melihat buku yang memiliki nomor pada salah satu di ujung kiri atau kanan atas. Nomor ini dinamakan nomor halaman.

Tidak hanya di buku pelajaran saja, bahkan hampir seluruh karya tulis yang diterbitkan baik dalam bentuk buku, koran, majalah, novel dan lainnya sudah pasti menggunakan penomoran pada masing-masing halamannya. Hanya saja yang berbeda adalah letak atau posisi nomor halaman. Selain itu bagi kalian yang melamar kerja, membuat curriculum vitae, surat lamaran kerja, lampiran dan berkas lain juga bisa diberikan nomor untuk mempermudah hrd


Membuat Nomor Halaman Otomatis


membuat nomor halaman word

Bila kamu sering mengerjakan yang namanya makalah, atau menulis buku, mungkin cara pembuatan nomor halaman ini sudah menjadi makanan sehari-hari mu.

Hanya saja kali ini mmin kosngosan tetap ingin membagikan panduan penulisan nomor halaman secara otomatis menggunakan MS Word terbaru. Dan bagi kamu yang masih penasaran Bagaimana caranya, silahkan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :


Langkah 1 :

Buka aplikasi ms word kalian, melalui klik icon word yang ada di desktop atau pilih windows, search "word" dan klik icon yang muncul.


Langkah 2 :

Pada lembaran baru, atau lembar word yang sudah selesai diketik, pilih tab "Insert" kemudian akan muncul beberapa pilihan. Kemudian pilih icon dengan nama "Page Number"


Langkah 3 :

Akan ada pilihan seperti dibawah ini :

"Top of page" untuk penomoran diatas lembar kerja word
"Bottom of page" untuk penomoran dibawah lembar kerja word
"Page Margin" untuk penomoran mengikuti posisi margin lembar kerja word
"Current Position" untuk penomoran mengikuti letak posisi mouse pada lembar kerja word
"Format Page Number" untuk melakukan pengaturan format jenis nomor (bisa pakai nomor latin atau romawi) dan memulai pada halaman berapa halaman word dimulai
"Remove Page Number"untuk menghapus penomoran seluruh halaman word

cara membuat homor halaman

Langkah 4 :

Setelah itu, sobat kosngosan bisa memilih salah satu dari pengaturan nomor diatas. Apakah nomor diletakkan di atas (Top), atau dibawah (Bottom). Kalau kamu punya halaman banyak, maka secara otomatis halaman tersebut akan dinomori oleh word

nomor otomatis word

Untuk mengganti jenis dan ukuran font  nomor, kamu bisa memblok salah satu nomornya, dan menuju tab "Home" dan memilih jenis font dan ukuran font seperti biasanya, maka secar otomatis jenis font hurufnya akan berganti secara keseluruhan

Kalau kamu masih bingung, mimin akan berikan contohnya dalam panduan tutorial video dibawah ini :




Membuat Nomor Halaman Berbeda Satu File


Ada kalanya kamu harus membuat nomor halaman yang berbeda pada satu file dokumen yang sama. Sebenarnya jika kamu tidak tahu cara ini, kamu akan cenderung memisahkan antara bagian lembar kerja yang diberi nomor menggunakan angka romawi dan lembar menggunakan angka latin. Akan tetapi sobat kosngosan bisa membuat dua jenis nomor (romawi dan latin) pada satu lembar kerja. Berikut adalah caranya :

Langkah 1 :

Buka lembar kerja word seperti langkah pertama diatas. Atau buka file yang sudah selesai kamu kerjakan.

Langkah 2 :

Tentukan bagian halaman yang akan diberi nomor romawi, misalnya pada lembar pertama hingga ke lima. Pada bagian akhir lembar kelima tersebut,

pilih tab "Page Layout" kemdian pilih "Next Page" maka antara lembar pertama dan kelima sudah menjadi bagian terpisah dari lembar kerja keseluruhan.

membuat nomor halaman berbeda

Langkah 3 :

Pada lembar yang berbeda tersebut, lakukan langkah 2 seperti diatas untuk membuat nomor halaman seperti biasanya. "Insert" dan Pilih "Page Numeber" kemudian pilih posisi nomor yang dikehendaki.

Langkah 4 :

Masih pada lembar kerja tersebut, pilih kembali tab "Insert" "Page number" kemudian pilih "Format Page Number".

Disana akan ada beberapa pilihan format penomoran seperti angka latin, angka romawi, huruf besar, huruf kecil dan penomoran minus.

Langkah 5 :

Maka mulai dari halaman 1 hingga halaman 5 akan berubah menjadi format nomor yang sudah kamu ubah.

Langkah 6 :

Selanjutnya, kamu perlu memformat halaman 6 sampai akhir dengan cara arahkan kursor ke halaman tersebut dan kembali pilih "Insert" "Page Number" dan "Format Page Number". Pilih format nomor halaman latin dan untuk bagian "Page Numbering" pilih "Start at" masukkan angka 1.

Pada tahap ini kamu sudah berhasil membuat penomoran halaman yang berbeda (latin dan romawi) untuk satu file lembar kerja word, tanpa repot repot untuk memisahkan file nya menjadi dua.

Hal ini umumnya berlaku untuk karya tulis seperti makalah dan skripsi yang memang mengharuskan penomoran romawi untuk bagian pengantar, dan menggunakan penomoran latin untuk bagian isinya.

Terakhir, untuk cara membuat halaman skripsi, makalah dan jenis karya tulis lainnya memang hampir sama. Hanya saja kamu harus menyesuaikan format penulisan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pendidikan dimana kamu berada. Karena masing masing memiliki format penulisan nomor yang berbeda.


Membuat Nomor Teks dan Tabel Otomatis


Membuat penomoran atau numbering pada Teks dan Tabel pada word sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah dibawah ini :


  1. Blok teks daftar atau cell pada tabel yang akan kamu buat nomornya secara otomatis. Biasanya teks atau cell pada baris kedua, ketiga dan seterusnya.
  2. Lalu klik menu ribbon Home
  3. Pada bagian grup Paragraph, klik tombol numbering
  4. Pada popup menu yang muncul, dibagian numbering library klik penomoran dengan bentuk 1, 2, 3, dst
  5. Sekarang tabel mu sudah punya nomor urut otomatis
  6. Untuk menambahkan nomor selanjutnya, kamu tinggal ketik tombol Enter pada bagian akhir daftar, sehingga nomor selanjutnya akan muncul secara otomatis


nomor tabel otomatis

Baca juga : Menyimpan Gambar PDF Pakai MS Word


Kata Penutup


Demikian pembagian kosngosan mengenai cara untuk membuat penomoran halaman untuk karya tulis. Semoga dapat membantumu dalam menyelesaikan proses penulisan karya tulis mu secepat mungkin tanpa mengalami kendala yang berarti, ya! Karena nomor halaman juga sangat penting untuk membantu pembaca dalam menemukan konten dalam karya tulismu

Penomoran akan penting untuk mempermudah orang lain dalam membaca suatu berkas atau lampiran yang terlamapau banyak. Terakhir jangan lupa untuk memberikan saran atau kritik dan juga klik tombol share untuk membagikan tulisan ini di media sosial dengan klik tombol share dibawah ini. Terima kasih telah berkunjung. Salam sukses!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya