Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV Online Gratis di HP dengan Mudah

Buat kalian para pencaker (pencari kerja) yang saat ini tengah berjuang mencari loker kesana kemari, pastinya tahu persis betapa pentingnya peran CV dalam setiap proses rekrutmen job yang kalian pernah ikuti. Curriculum Vitae atau istilah dalam bahasa Indonesianya disebut juga dengan Daftar Riwayat Hidup, adalah bagian penting dari persyaratan formal dalam melamar kerja di sebuah perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan CV? Curriculum Vitae adalah "perjalanan hidup saya" yang ditujukan untuk melamar pekerjaan, berisi informasi yang harus mendeskripsikan pengalaman profesional dan akademis seseorang dalam meniti jenjang pendidikan dan karier-nya selama ini.

Ini merupakan salah satu dokumen yang menginformasikan mengenai kualifikasi seseorang. Informasi dalam sebuah CV bisa mencakup data pribadi, background pendidikan, prestasi, keterampilan, keahlian serta pengalaman profesional

Sering sekali kalian merasa kesulitan mendesain sebuah CV yang menarik hanya lewat HP. Padahal, kalau tahu caranya, kamu bisa kok membuat DRH ini dengan lebih mudah menggunakan perangkat smartphone kalian. Bagaimana caranya? oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa panduannya. Simak terus artikel ini ya


Membuat CV Online Bahasa Indonesia

membuat cv online

Sobat kosngosan memang bisa membuat CV yang menarik di Word atau aplikasi pengolah kata lainnya di komputer. Tapi kalau merasa ribet, saat ini sudah ada situs online atau aplikasi yang menawarkan jasa pembuatan CV secara gratis. Penasaran bagaimana caranya? mari kita ikuti step by step nya dibawah ini :


Langkah 1 :

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah perangkat smartphone yang sudah terkoneksi ke internet. Ya, karena kita akan membahas cara membuat CV online tanpa menggunakan Aplikasi, hanya menggunakan fitur yang diberikan situs yang bernama cvmenarik.com (kunjungi situs tersebut di browser hp mu)


Langkah 2 :

Nantinya kamu akan membuka laman depan situs tersebut dengan interface yang sederhana dan userfriendly. Setelah itu klik tombol "Buat CV Saya" atau bagi kalian yang ingin mmebuat resume, bisa klik tombol "Buat Resume Saya" nanti kamu akan diarahkan ke laman baru kemudian klik kembali "Buat CV Saya"


Langkah 3 :

Kemudian pilih template atau theme yang sesuai dengan selera mu. Ada banyak pilihan template yang bisa kamu coba. Pilih saja salah satu nya. Kemudian isikan berbagai informasi data pribadi kamu, seperti nama, alamat hingga nomor telepon dan email, kemudian klik tombol "berikut pengalaman"

membuat pengalaman


Langkah 4 :

Pilih tombol "tambahkan pekerjaan" dan masukkan informasi pekerjaan yang pernah kamu miliki. Kamu bisa menambahkan beberapa jenis pekerjaan pada opsi ini (tambahkan informasi seperti jabatan, perusahaan dan tanggal masuk kerja) serta deskripsi. Klik tombol "berikut pendidikan"


Langkah 5 :

Setelah itu kamu diharuskan untuk menambah informasi riwayat pendidikan sobat kosngosan, mulai dari Sekolah Dasar hingga ke pendidikan terakhir seperti Perguruan tinggi atau Sekolah menengah atas. Klik tombol "Berikut keterampilan"

keterampilan cv


Langkah 6 :

Pada bagian ini, kamu wajib mengisi keterampilan yang kamu miliki. Pilih juga level keahlian yang kamu miliki. Setelah menyelesaikan bagian ini, kamu bisa klik tombol "Berikut tentang"


Langkah 7 :

Dan pada langkah terakhir ini, kamu harus memasukkan informasi singkat mengenai dirimu secara ringkas. Kamu bisa menyertakan 3 kalimat atau lebih yang mengangambarkan pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat kamu melamar. Lalu klik tombol "Berikut selesaikan"


Langkah 8 :

Pada tahap ini, kamu bisa mendesain kembali tampilan CV mu secara umum, seperti mengganti Font, ukuran teks, warna teks dan juga menambahkan informasi yang dirasa kurang sebelumnya.

Kamu juga bisa menambah blok untuk bagian tertentu yang dianggap penting, seperti bahasa, pelatihan, referensi penting, informasi magang, kegiatan ekstrakulikuler dan lainnya. Kemudian untuk langkah terakhir, kamu bisa klik tombol "Lanjut untuk mengunduh"

download cv online


Tips Membuat CV yang Menarik

1. Kamu disarankan untuk membuat personal statement yang mendeskripsikan diri kamu secara singkat mengenai apa potensi terbesar yang kamu miliki. Hal ini sangat penting sebagai "nilai jual" dari CV kamu

2. Kamu juga disarankan untuk mencantumkan informasi yang mendukung posisi dan pekerjaan yang kamu ingin lamar, sehingga membuat perusahaan terrtarik untuk mempekerjakan kamu.

Misalnya sobat kosngosan punya keahlian desain, ingin melamar di perusahaan web developer, maka sertakan keahlian desain pada DRH mu tersebut dan menjadikan perusahaan tersebut menjadi butuh akan keahlian mu

3. Jangan lupa untuk mengukur sendiri kemampuan dan pencapaianmu selama ini secara konkret disertai bukti sertifikat yang bisa kamu lampirkan pada dokumen lamaran kerja mu nanti.

4. Jangan membuat CV yang terlalu panjang hingga berlembar-lembar dan menggunakan kata yang bertele tele. 

Ingat, perusahaan atau HRD menerima banyak sekali surat lamaran setiap harinya. Jadi mereka tidak punya waktu untuk membaca CV mu secara lengkap. Pastikan kamu menggunakan prinsip "singkat, jelas dan padat"

5. Kamu juga harus memberikan informasi yang apa adanya, sesuai fakta alias Jujur, tidak mengada-ada. Kalau suatu waktu kamu menyertakan keahlian "desain grafis" pada CV mu, dan perusahaan meminta kamu untuk mendesain, maka kamu akan dinilai tidak kompeten dan tidak layak untuk dipekerjakan

6. Buatlah desain CV yang clean dan terlihat profesional. Jangan membuat riwayat hidup yang alay, norak dengan menggunakan kombinasi warna yang mencolok serta terlihat mencolok. Pilih saja kombinasi warna smooth dan pilihan font standar

7. Jangan lupa untuk menyesuaikan CV kamu dengan tipe industri dan perusahaan yang ingin lamar. Jangan pula kamu membuat CV yang terkesan unik, informal dan pakai template yang aneh untuk perusahaan sekelas BUMN.

8. Menggunakan bahasa yang menggunakan kaidah EYD dan tentu saja mudah dimengerti. Jangan menggunkan istilah atau singkatan yang tidak banyak orang tahu, karena HRD perusahaan akan menganggap DRH mu tidak profesional

9. Menggunakan Foto yang Profesional dengan latar biru atau merah. Tentu saja untuk membuat DRH yang menarik, kamu harus menyertakan foto profil mu, yang mengenakan pakaian formal kemeja atau jas dengan latar belakang merah atau biru.


Bagian Penutup

Pada zaman digital seperti sekarang ini, membuat CV memang jauh lebih mudah berkat hadirnya teknologi digital. Setelah sobat kosngosan membuat CV dengan baik menggunakan panduan yang sudah dijelaskan diatas, kalian bisa langsung mencoba melamar pekerjaan baik secara online atau langsung mendatangi perusahaan target mu. 

Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan URL artikel ini ke sosial media kalian masing masing, jangan lupa untuk tetap semangat mencari kerja! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya