Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Mengirim Lamaran Lewat Laptop dan Komputer

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memudahkan kita untuk bisa bekerja hanya dari depan laptop atau komputer. Begitu juga dengan metode pengiriman lamaran kerja yang semakin mudah, bisa memanfaatkan perangkat elektronik ini untuk membantu para pencari kerja dalam menemukan dan melamar kerja sesuai dengan keinginan mereka

Lalu bagaimana cara mengirimkan surat lamaran lewat laptop atau komputer? Pada dasarnya ketika kamu telah memiliki perangkat ini, maka kamu bisa menghubungkannya ke internet, dan mengirimkan berbagai berkas lamaran kerja yang telah kamu persiapkan melalui email ataupun mengunjungi website perusahaan secara langsung

Karena saat ini sulit mendapatkan kerja, maka penting sekali untuk dipahami bahwa metode melamar kerja yang lebih efektif dan efisien harus kamu pilih. Dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan laptop atau komputer

Bayangkan untuk mengirim surat lamaran secara cara konvensional saja, seperti mencetak atau menulis surat lamaran, print cv, pas photo, membeli materai, amplop dan biaya kirim, sobat kosngosan sudah menghabiskan uang cukup banyak. Hal ini belum tentu kamu diterima di perusahaan incaranmu.

Baca juga : Cara mengirim lamaran lewat gmail di HP


Cara Melamar Lewat Komputer/Laptop


Sehingga memilih untuk mengirimkan lamaran kerja secara daring adalah pilihan yang tepat apalagi di saat ini kita tengah mengalami pandemi

Lalu bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja lewat email di komputer atau laptop? Pada dasarnya sama saja dengan cara mengirimkan email pada umumnya, seperti menggunakan smartphone. Perhatikan beberapa panduan detailnya dibawah ini :


1. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Ada beberapa dokumen wajib yang harus kamu persiapkan dalam bentuk soft file, seperti misalnya Daftar Riwayat Hidup (format pdf), surat lamaran (format doc atau txt), scan ijazah (format pdf atau jpeg), transkrip nilai (format pdf), pas photo (format jpeg), skck (format pdf), surat kesehatan dan dokumen pendukung lainnya juga dalam format pdf

dokumen berkas lamaran kerja

Untuk mengubah word ke pdf, atau jpeg ke pdf, kamu bisa cari tool nya di internet (ketik saja di google : convert doc to pdf atau convert jpeg to pdf). Atau kamu bisa pakai aplikasi windows yang bertebaran di internet.


2. Buka akun emailmu melalui aplikasi atau browser

Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah dengan membuka akun email melalui aplikasi ataupun browser milik mu yang ada di laptop atau komputer. Disini kita akan anggap kamu sudah memiliki akun GMAIL ya.

Buka browser (mimin sarankan pakai chrome) dan buka penyedia email kalian masing masing. Disini mimin menggunakan gmail, masuk menggunakan akun google kalian. Sekarang mimin kosngosan sudah menganggap kalian masuk ke halaman utama Gmail ya.

lamaran kerja email laptop komputer


3. Mulai tulis email baru

Klik compose atau tulis, untuk membuka form baru berupa bagian email yang siap untuk kita isi lagi. Pada bagian alamat email, ketik alamat perusahaan, untuk subjek email, isi dengan format "Lamaran Kerja - Posisi yang kalian Lamar"

contoh emaill lamaran kerja


4. Tulis/copy surat lamaran ke body email

Pada bagian badan email, tulis dengan surat lamaran. Sobat kosngosan cukup copy dan pastekan saja surat lamaran yang sudah dibuat di ms word sebelumnya. Sehingga seperti dibawah ini :

lamaran email laptop komputer



5. Upload berkas/dokumen persyaratan lamaran kerja di bagian lampiran

Setelah itu klik icon lampirkan file seperti yang kamu lihat diatas. Upload atau unggah berkas lamaran yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.


6. Pastikan aturan lampiran berkas yang diminta perusahaan

Terkadang, ada sebagian perusahaan meminta lampiran persyaratan dilampirkan secara terpisah, dan ada juga harus digabungkan dalam satu folder dan membuatnya dalam format zip, rar, atau compressi lainnya.

Penting untuk membaca pemberitahuan ini ya. Apabila memang tidak diberitahu secara spesifik, maka bisa dianggap kamu bebas memilih.


7. Tekan tombol SENT

Pada tahap ini, kamu sudah selesai mengirim email, setelah kamu menekan tombol "Send" atau "Kirim" dan kini kamu tinggal menunggu pengumuman selanjutnya, apakah kamu lolos ke tahap seleksi berikutnya atau gagal dalam tahap administrasi ini


8. Cara melamar lewat website di komputer/laptop


Selain metode pengiriman surat lamaran melalui electronic mail atau email, kamu juga bisa mengirimkan lamaran mu dengan mengunjungi beberapa situs resmi milik perusahaan.

Karena beberapa perusahaan besar, mereka menyediakan portal karier khusus yang bisa kamu kunjungi, pilih loker yang tersedia, upload berkas dan kirim lamaran. Berikut caranya :


9. Buka situs resmi perusahaan incaranmu

Buka situs resminya. Carilah menu karir atau carier yang biasanya terpampang jelas pada halaman depannya. Disini akan berbeda beda, tergantung dari perusahaannya. Jadi kamu harus mencari sendiri menu karir, pekerjaan, lowongan, job vacancy atau lainnya yang memiliki makna sama


10. Pilih lowongan pekerjaan yang tersedia

Kamu akan diarahkan ke halaman khusus yang menyajikan daftar pekerjaan yang sedang dibuka oleh perusahaan tersebut. Pada halaman karir traveloka contohnya, sobat kosngosan bisa melakukan filter pencarian pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

lamaran kerja lewat website


11. Upload dan isi berkas lamaran yang diminta

Setelah menemukan jenis pekerjaan yang kamu incar,  bisa pilih dan langsung mengapload dan mengisi resume atau form yang sudah disediakan.

Tergantung dari perusahaannya, untuk niagahoster seperti dibawah ini, sangat lengkap menurut mimin, karena menyediakan banyak pilihan yaitu apload file resume langsung, melalui linkedIn, Indeed dan mengisi form manual.

lamaran website laptop komputer



Setiap perusahaan pasti beda. Akan tetapi umumnya perusahaan tersebut akan menyediakan tombol upload untuk file seperti surat lamaran, cv atau resume. Bagi kamu yang penasaran apa itu resume, kamu bisa mengunjungi pembahasan "Contoh resume lamaran kerja yang baik dan benar".

lamaran kerja karir website

Atau biasanya juga ada perusahaan yang hanya menyediakan form manual. Tinggal kamu isi informasi yang diminta sebenar mungkin tanpa adanya rekayasa. karena nantinya setelah dinilai layak administrasi, kamu juga akan dipanggil untuk menjalani test selanjutnya.


Kesimpulan


Komputer dan laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan saat ini. Selain digunakan untuk hiburan, ternyata bisa juga digunakan untuk produktivitas dan menjadi alat untuk melamar pekerjaan secara online.

Apabila kamu merasa artikel diatas bermanfaat, jangan segan untuk tekan tombol share yang ada di bawah dan bagikan ke teman-temanmu. misalnya kamu bisa membagikannya lewat Facebook, WhatsApp ataupun Twittermu
Oleh rezaharahap