Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah Google

Bagaimana cara mematikan atau mengaktifkan keamanan verifikasi 2 langkah (2 step way verification) yang ada di akun google? Pengguna layanan google seperti gmail, blogger, youtube, adsense, dan lainnya memang bisa meningkatkan keamanan akunnya dengan mengaktifkan fitur ini, dimana kamu bisa mengirimkan kode otentifikasi ke nomor hp mu setiap melakukan login ke akun google. Namun terkadang ini sering merepotkan.

Akun google yang saat ini bisa mengakses berbagai produk milik google seperti youtube, gmail, blogger, drive dan lainnya memang sangat penting untuk dijaga keamanannya.

Oleh karena itu lah banyak pengguna yang memilih untuk mengaktifkan keamanan 2 langkah google ini. Namun bila kamu merasa sedikit repot dengan mengaktifkan fitur keamanan ini, maka ada cara untuk mematikan fitur keamanan 2 langkah ini. Berikut akan kita panduannya.

Baca dulu : Channel YouTube Review GadGet Terbaik di Indonesia


Cara Verifikasi 2 Langkah


akun google

Sebelum kita membahas mengenai cara menonaktifkan verifikasi 2 langkah ini, kita bahas terlebih dahulu mengenai fitur yang satu ini. Verifikasi 2 langkah maksudnya meningkatkan lapisan keamanan dengan meminta pengguna untuk memberikan dua bentuk identifikasi sebelum dapat mengakses akun google milikmu.

Selain alamat email dan password, kamu juga butuh kode unik yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau perangkat fisik lainnya, yang kemudian masuk pada tahap kedua dari proses login. Karena identifikasi kedua dikirim ke perangkat yang secara fisik ada pada mu, maka ini bisa mempersulit hacker untuk menjebol akun google milikmu.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, dibalik kelebihan nya itu, kamu yang menyukai kesimpelan tentunya kurang menyukai bila harus login dan menginput kode unik yang dikirim ke perangkat selulermu.

Setelah membahas singkat mengenai verifikasi 2 langkah milik google, maka bagi kalian yang ingin segera mematikan fitur ini karena dinilai merepotkan, bisa segera melakukan beberapa langkah seperti yang dijabarkan dibawah ini :


Langkah pertama :

Buka browser milikmu dan ketikkan alamat myaccount.google.com dan seperti biasa, masukkan email dan password google milikmu.


Langkah kedua :

Setelah masuk, untuk lebih cepatnya, masuk ke bagian "login dan keamanan" kemudian pilih opsi verifikasi 2 langkah. Bila google meminta untuk login kembali, maka login menggunakan email dan password seperti biasa.


Langkah ketiga :

Setelah selesai, pilih nonaktifkan atau aktifkan (sesuai kebutuhanmu) Jendela pop-up akan muncul untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah. Pilih Nonaktifkan.

Selesai, pada tahap ini kamu sudah mematikan verifikasi 2 langkah. Seperti biasa kembali, bila login ke akun google maka kamu tidak perlu menginput kode khusus lagi yang dikirimkan melalui perangkat HP mu.


Lewat perangkat Android


Selain dari dekstop, kamu juga bisa menonaktifkan fitur ini lewat perangkat smartphone berbasis android milikmu. Adapun langkah langkahnya antara lain sebagai berikut :

Pertama

Dari smatphone Android milikmu, buka aplikasi Setelan perangkat Settings app lalu Google lalu Akun Google. Kemudian pada bagian atas, tab Keamanan.


Kedua

Pada bagian "Login ke Google", pilih Verifikasi 2 Langkah kemudian pilih lagi "Nonaktifkan" atau "Aktifkan" sesuai kebutuhanmu, kemudian konfirmasi dengan memilih kembali "Nonaktifkan" atau "Aktifkan"

Selesai, mudah bukan? Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menonaktfikan atau mematikan fitur ini tentunya bisa saja dan sangat sederhana caranya.

Hanya saja sebelum mematikan fitur ini, ada baiknya kamu memastikan kembali mengenai keamanan akun google mu. Kamu bisa mengganti password lama dengan pasword baru yang lebih kuat tentunya.

Baca juga : Cara Membuat Link Google Drive untuk Tugas


Kata Penutup


Pada tahap ini juga kamu sudah mematikan verifikasi 2 langkah melalui smartphone. Seperti biasanya, bila kamu login ke akun google maka kamu tidak perlu menginput kode khusus lagi yang dikirimkan melalui perangkat Android mu.

Demikian artikel mengenai Cara menonaktifkan keamanan 2 langkah google kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Silahkan share postingan ini bila kalian merasa bermanfaat. Berikan feedback melalui kotak komentar dibawah ini juga ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya