Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Link Google Drive untuk Pengumpulan Tugas

Google Drive merupakan salah satu layanan yang menyediakan penyimpanan awan yang terkenal saat ini. Di Indonesia ada banyak kegunaan dan keunggulan yang telah ditawarkan dari Google Drive, salah satunya yakni dapat membuat file dan share link tugas ke teman, sahabat, keluarga, dan rekan kerja atau bisnis. Bagi pengguna yang pertama kali memakainya, memang agak membingungkan cara membuat link-nya. Begitu juga di smarphone. Walaupun tampilannya clean dan nyaman, namun ada fitur yang memang bisa membingungkan bagi pengguna awam

Salah satu fiitur yang saat ini dibutuhkan oleh kebanyakan orang terutama pada dunia pendidikan adalah dapat membuat link Google Drive dan membagikannya ke orang lain. Fitru ini dinilai sangat penting tapi jarang dipakai bagi pengguna pemula. Google Drive memungkinkan kamu berbagi file apapun dengan mudah dan praktis, mulai dari dokumen, foto, video dan lainnya.

Ada beberapa kelebihan yang dapat sobat kosngosan dapatkan sebagai pengguna, sehingga penggunaan lebih seringdimanfaatkan ketimbang menggunakan media sharing lainnya seperti Share It, Bluetooth, kirim lewat WhatsApp atau lainnya.

Beberapa kelebihan dari GDrive ini adalah dapat berbagi file hingga 15 GB secara gratis, penyimpanan yang aman, bisa diakses semua orang, atau dibagikan ke orang tertentu, kalau mau penyimpan lebi bisa upgrade premium dan lain-lain


Cara membuat link Google Drive Untuk pengumpulan tugas

cara membuat link google drive

Saat ini sekolah dan perguruan tinggi lebih banyak melakukan kegiatan belajar online, sehingga pengumpulan tugas pun biasanya menggunakan platform online, seperti google drive ini misalnya. Kamu bisa membuat link google drive dengan mudah dan gratis dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini :


1. Siapkan file tugas dalam satu folder

Langkah pertama sebaiknya kamu mengumpulkan semua file tugas yang ingin di-upload dalam satu folder . Hal ini ditujukan agar nanti lebih mudah saat mencarinya untuk pengunggahan.


2. Buka browser Google Chrome

Langkah selanjutnya yakni kamu dapat membuka aplikasi Google Chrome di laptop, komputer atau perangkat lainnya yang kamu miliki (disarankan menggunakan chrome karena bisa terintegrasi dengan akun google mu)


3. Login ke Google Drive

Halaman Google Drive Disini yang sudah terpasang di handphone atau komputer kamu, Pertama kamu harus membuka Google Drive dulu HP atau PC karena ini produk dari Google, maka kamu harus memiliki akun terlebih dahulu.

Kalau belum punya, silakan sobat kosngosan membuat akun google di perangkatmu (kamu bisa gooling cara daftar akun google). Kemudian kamu dapat login menggunakan account Email kamu masing-masing. Penting untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun google supaya keamanan akun mu lebih terlindungi

4. Buat melihat baru di Google Drive

Setelah login maka kamu akan masuk ke halaman utama, disana terdapat file file dan folder yang sebelumnya sudah di-upload. Selanjutnya kamu dapat membuat folder dengan cara klik Icon > pilih folder

Cara membuat folder baru khusus untuk pengumpulan tugas dengan cara Klik tombol New (+)> pilih folder > beri nama folder. Folder ini nantinya kita isi file-file yang akan kita bagikan ke orang lain. Kode tersebut kamu bisa membuat folder lagi dengan berbagai kategori semisal foto, video, dokumen atau lainnya .


5. Upload tugas ke Google Drive

Masuk ke folder tugas di Google Drive dengan cara klik dua kali kemudian tekan lagi tombol new > pilih file upload > pilih semua file tugas yang ingin kamu upload. Klik Icon + dan upload file yang akan dibagikan pada orang lain. Sambil menunggu koneksi wi-fi maka dapat mengetuk filenya dan izinkan kalau kamu menggunakan data seluler .


6. Buat link tugas agar bisa dilihat oleh guru

cara membuat link google drive


Langkah selanjutnya adalah membuat link. caranya Klik Kanan pada file yang sudah di-upload > ganti restricted menjadi Anyone the link, selalu dibuka agar bisa dilihat selanjutnya kamu bisa copy link kemudian memberikannya ke guru titik dengan cara ini maka pengumpulan tugas secara online telah selesai.

Selain itu di menu bagikan rumah bisa juga mengatur orang lain untuk menambahkan file bersama seperti mengumpulkan tugas dan lainnya. caranya adalah :

Klik menu bagikan > ini ikan tautan ( warna hijau) > ganti status siapa saja dst... menjadi "mengatur, menambah, dan mengedit.


Membuat link pengumpulan tugas Google Drive di HP

Pada cara yang pertama tadi, kita membagikan link pengumpulan tugas di Google Drive menggunakan laptop. Bagi sobat kosngósan yang menggunakan HP atau smartphone tidak bisa melakukan dengan mudahnya saja jalannya agak sedikit berbeda


1. Instal aplikasi Google Drive

Selain menggunakan Laptop atau Komputer, kamu bisa membuat link google drive lewat HP Android atau iPhone dan mengikuti langkah-langkah seperti penjelasan sebelumnya :

Akan tetapi akan lebih mudah apabila menggunakan aplikasi, silakan download dulu aplikasinya di Google playstore untuk Android atau Apple Store untuk iPhone.


2. Tugas yang akan di-upload

Setelah selesai diinstal kemudian langsung kamu buka aplikasinya dan login menggunakan akun Gmail. setelah berhasil langkah selanjutnya adalah mengumpulkan semua file tugas yang ingin dikumpul dalam satu sekolah agar lebih mudah.

Kamu bisa meng upload berbagai jenis format file untuk keperluan tugas, misalnya JPG, PNG (untuk file jenis gambar), PPT, DOCX, XLS (untuk file jenis office), PDF untuk format lebih standar, dan lainnya.


3. Pilih semua file

Buka folder file tugas kemudian pilih semua dengan cara Tab lalu pilih file mana saja yang ingin di upload ke Google Drive


4. Tombol share

Setelah itu, tekan tombol share untuk memunculkan Menu Google Drive. Selain menyimpan berkas secara personal, sobat kosngosàn sebagai pengguna Google Drive juga bisa share link tautan yang mengarah kepada suatu folder yang berisi banyak file.

Semoga beberapa panduan mengenai cara membuat link google drive diatas bisa menambah referensi kalian, terakhir jangan lupa untuk tekan tombol share dibawah dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing ya, terimakasih sudah berkunjungilih Google Drive

Melihat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk share file, karena kita akan menguploadnya ke Google Drive maka pilih menu save to drive yang muncul. tunggu hingga proses upload selesai


6. Membuat link yang bisa dibagikan

Setelah proses upload selesai selanjutnya kamu buka aplikasi Google Drive, dan akan terlihat file tugas yang tadi sudah di-upload. Menu pada bagian kanan atas file (tanda titik tiga)> pilihan add people and links pada pilihan resticted > tekan tombol change> ganti menjadi Anyone with the link.

Berikutnya masih dalam folder kita pilih menu ( pojok kanan atas)> aktifkan berbagi link seperti gambar di atas . Terakhir copy link dan berikan link ke guru kamu untuk mengumpulkan tugas tersebut titik berikutnya kamu salin tautan dan bagikan di tempat manapun titik-titik salin Link yang ada di menu tadi. Nah, sekarang kamu sudah membuat tautan Google Drive.

Selanjutnya kamu bisa membagikan ke WhatsApp, Facebook, Twitter atau lainnya. Kamu juga bisa bagikan di situ sehat seperti link download.

Di folder tersebut kamu bisa mengatur Apakah file bisa didownload orang tahu hanya untuk email-email tertentu. Itulah bagaimana cara membuat link Google Drive dan share link ke teman-teman baik itu di HP Android maupun di laptop dengan begini maka dapat membuat link download sendiri di Google Drive untuk bisa dinikmati bersama dengan orang lain.

Baca juga : Cara Dapat Uang dari Google Adsense


Bagian Penutup

Selain menyimpan berkas secara personal, sobat kosngosan sebagai pengguna Google Drive juga bisa share link tautan yang mengarah kepada suatu folder yang berisi banyak file.

Semoga beberapa panduan mengenai cara membuat link google drive diatas bisa menambah referensi kalian, terakhir jangan lupa untuk tekan tombol share dibawah dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing ya, terimakasih sudah berkunjung

Oleh rezaharahap