Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense untuk Pelajar

Bagaimana cara menghasilkan uang dari google adsense? Mendapatkan uang jajan dari ber-bisnis internet dengan Google Adsense memang bisa kalian tekuni, terutama kalian yang berstatus sebagai pelajar di sekolah. Dunia bisnis online dan internet marketing begitu menawan untuk mencari cuan lho!

Sebelum membahas peluang bisnis google adsense ini, ada baiknya kita membahas apa sih google adsense itu? Bagi seorang blogger profesional, mungkin GA tidaklah asing lagi. Ibarat seorang koki yang mengenal alat alat dapur-nya.

Mimin melansir dari laman wikipedia, Google AdSense adalah suatu produk dari Google, berupa program kerjasama periklanan melalui media situs. Pemilik website atau blog yang mendaftar dan disetujui keanggotaannya kemudian memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google.

Sang owner website dan blog kemudian mendapatkan income pendapatan berupa hasil bagi profit dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung. Sistem ini dalam dunia internet marketing biasa disebut sebagai pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Sudah jelas dong mengenai GA? Sekarang kita menelusuri lebih jauh tentang bagaimana cara memanfaatkan GA untuk usaha yang menghasilkan uang setiap hari. Seperti yang dikemukakan diatas, tentunya untuk berkutat dalam dunia google adsense, kamu harus memiliki media pengiklannya, yaitu blog atau website.


Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet untuk Pelajar

Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet untuk Pelajar

Mimin tidak akan membahas mengenai apa itu blog dan website, serta apa perbedaannya, karena itu sudah banyak tercantum di mbah google sendiri. Kita kan fokus membahas mengenai cara dan tips berbisnis Google Adsense.


Buatlah Web atau Blog, Fokus, dan Monetize

Ada banyak tutorial membuat dan mengembangkan website dan blog di google. Kamu tinggal cari dan belajar untuk tahap awal ini. 

Intinya adalah jangan malu bertanya dan belajar. Ikut juga grup-grup di facebook dan forum online seperti di juragancipir untuk berkenalan dan berdiskusi langsung dengan master dan mastah website dan blog.

Mungkin diawal-awal memulai blogging, kalian juga akan pusing. Tapi kalau terus belajar, sedikit demi sedikit pengetahuan tentang blog dan SEO terus bertambah sampai akhirnya bisa menghasilkan uang dari blog dan website itu sendiri.

Mulailah dengan hal hal teknis seperti memilih Platform Blog (Blogger, Wordpress, Joomla dan lainya) Fokuslah pada konten yang Kamu sukai dengan memilih Topik blog dan web

Kamu Harus Bekerja Keras Memasarkan Konten dengan memperkenalkan nya lewat media sosial, optimasi SEO, Sering membaca dan Melakukan Riset

Dan ini yang terpenting, untuk memastikan Halaman Blog dan Web Kamu Terindeks Mesin Pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.

Masih bingung dengan istilah diatas? Tinggal Googling aja. Ada banyak ribuan konten bejibun di mesin pencari yang menyediakan hal hal teknis tentang blog dan website. 

Tapi kalau kamu masih juga bingung, bisa menghubungi mimin atau berkomentar di kolom dibawah ini. Mimin akan dengan senang hari membalas pertanyaan kalian sebisa mungkin.


Belajar Tips Adsense di Internet dan Forum Online

Seperti yang mimin katakan sebelumnya, belajar dan bertanya adalah kunci untuk menguasai dunia bisnis online ini. Salah satu produk CPC yang terkenal dan disukai oleh para publisher (pemilik blog dan web) adalah buatan nya Om Google, yaitu Google Adsense (GA).

Kamu perlu memonetize blog dan web mu yang mulai memiliki traffic atau pengunjung banyak (mimin menganggap blog dan web mu sudah siap dan memiliki pengunjung tetap dari google).

Daftarkan blog dan web mu ke google adsense. Untuk saat ini, pendaftaran dan konfirmasi penerimaan google adsense lebih ketat bila dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Pastikan web dan blog mu sudah berumur 3 bulan, memiliki traffic, konten asli orisinal dan memiliki struktur template yang baik.

Setelah yakin blog dan web mu memang benar benar berkualitas, kamu bisa mendaftarkannya ke google adsense. Namun bila traffic sudah tinggi namun Google Adsense tidak kunjung di approve, tidak ada salahnya kamu membeli akun Google adsense yang banyak dijual oleh orang di forum dan internet.

Carilah akun Google Adsense yang Non Hosted. Sedikit lebih mahal namun bisa dipasang pada berbagai web dan blog. 

Cari juga seller yang terpercaya dan lakukan rekber dengan jasa yang bisa dipercaya pula. Membeli akun adsense adalah opsi terakhir bagi kamu yang sudah menyerah dengan penolakan Google tersebut.

Ada banyak istilah dalam Google Adsense yang perlu kamu ketahui, seperti Hosted dan Non-Hosted. Hosted berarti terikat, akun GA Hosted hanya bisa dipakai untuk platform blog kepunyaan google yakni blogspot, sementara GA Non-hosted bisa dipakai untuk situs platform apa saja.

Istilah teknis lainnya seperti :

  • Organic Visitor merupakan pengunjung yang berasal dari mesin pencari
  • Page View (PV) yakni jumlah halaman website atau blog yang dibuka oleh pengunjung
  • CTR (Click through rate) yakni perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan laman suatu website
  • CPC (Cost per click) merupakan perhitungan pendapatan dari setiap klik yang dilakukan oleh pengujung suatu situs
  • RPM (Revenue Per Thoushand Impression) yakni pendapatan per seribu tayang (RPM) yang menunjukan pemasukan atau penghasilan tertaksir
  • Estimated Earning merupakan taksiran jumlah penghasilan atau pendapatan yang akan diterima oleh publisher adsense dari iklan yang dipasang di blog atau iklan yang tampil di youtube dalam jangka waktu tertentu
  • PO (Pay Out) artinya gajian, positif cair dari google adsense. Batas minimal PO adalah $100. kalau kurs nilai rupiah sekarang Rp. 13.000,- maka minimal PO dari adsense sebesar Rp. 1.300.000,-
  • Boom Click adalah aktifitas klik yang tidak bernilai (tidak valid ) atau tidak syah menurut ketentuan google adsense pada sebuah iklan yang tampil di suatu website atau blog

Kamu bisa mencari informasi mengenai hal hal teknis terkait Google Adsense di google. ada banyak pembahasan terkait hal tersebut. Intinya adalah belajar dan mencoba.


Jadi Content Creator di Platform Online

Jadi content creator memang sudah banyak orang yang tahu. Tapi belum ada yang banyak sukses dari kalangan pelajar sekolah. Karena memang membagi waktu antara ngonten dan belajar cukup sulit

Kamu bisa jadi youtuber di youtube.com dengan membuat video mu sendiri. Atau menjadi creator di TikTok, berjualan lewat live streaming nya tiktok. (Baca Rahasia Banjir Orderan di TikTok)

Atau kamu bisa jadi selebgram di Instagram, menjadi streamer gamer di Facebook atau Youtube, dan banyak lagi jenis content creator ini kalau dijabarkan


Ketekunan adalah Keniscayaan

Tekun adalah kunci keberhasilan segala jenis bisnis. Tanpa konsisten dalam satu bidang bisnis, kamu akan terseok seok. 

Begitu juga dengan berbisnis menggunakan Google Adsense. Kamu harus menekuni bisnis ini. Mengembangkan blog dan web mu dengan cara meningkatkan pengunjung. Menulis dan menghasilkan konten terbaik secara konsisten secara berkala, setiap hari, sekali dua hari atau sekali tiga hari.


Membagi Waktu Belajar dan Berbisnis

Jangan melupakan tujuan awalmu untuk sekolah dan menyelesaikan studimu. Jangan lupakan pendidikan karena sibuk berbisnis. 

Intinya, kamu harus benar benar dapat membagi waktu antara belajar dan berbisnis. Ada banyak contoh sukses kok pelajar atau mahasiswa yang menekuni bisnis mereka diwaktu muda, dan kemudian tamat dengan nilai yang memuaskan. 

Jadi, tidak ada alasan kamu melupakan nilai nilai akademik. Karena belajar adalah wajib, berbisnis adalah sunnah.


Jangan Lupa Berbagi

Berbagi itu penting. Setelah kalian sukses dari bisnis Google Adsense ini, dan mulai menghasilkan duit, jangan sombong. 

Karena kita semua berawal dari orang awam. Sedekah menjadikan harta kita menjadi lebih berkah dan membantu sesama.


Kata Penutup

Terakhir, semoga dengan membaca artikel ini, kita jadi sadar bahwa ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakoni di internet, salah satunya google adsense. 

Semoga kalian bisa sukses mendulang duit dari bisnis ini ya. 😁 Jangan lupa share artikel ini ke teman teman mu yang ada di media sosial, seperti facebook, twitter, whatsapp, instagram atau line dan sejenisnya ya.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya