Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Banjir Orderan di TikTok Shop untuk Pemula

Bagaimana cara jualan di tiktok shop supaya laris dan banyak pembeli? Jualan di tiktok dengan menggunakan fitur tiktok shop saat ini menjadi peluang bisnis online yang bisa kamu garap. Ada banyak sekali orang orang yang live di tiktok dan menjadi seller untuk konten bisnis mereka. Buat kamu yang tertarik mencobanya, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips supaya produk mu cepat laku dan akun tiktok mu punya banyak follower loyal yang sekaligus menjadi konsumen produk mu.

TikTok merupakan platform media sosial yang fokus pada sharing konten video ditambah dengan musik latar yang menampilkan konten unik, menarik, kreatif. Setiap video berdurasi 15 detik dan dapat digabung menjadi 60 detik. 

Platform ini akan menjadi sarana yang massiff untuk promosi bisnis. Kalau dimanfaatkan dengan maksimal, kamu akan dapatkan uang dari penjualan produk. Tapi tidak semua produk tepat dijual di tiktok. 

Produk "keinginan" bukan kebutuhan menjadi yang paling laris. Seperti pakaian, aksesoris, gadget dan sebagainya. Umumnya target pasar nya adalah kaum muda yang memang mendominasi tiktok.


Cara Jualan di Tiktok Shop

Cara Banjir Orderan di TikTok Shop

Nah sebelum terjun langsung dan menjual barang mu di tiktok, berikut beberapa strategi marketing ala TikTok yang perlu sobat kosngosan lakukan supaya bisnis makin laris manis dan cuan makin banyak :


Menambah Jumlah Follower

Apakah Pengikut Penting Di TikTok? Tentu saja, karena pengikut dapat membantu konten Kamu menjadi viral, termasuk berjualan produk juga. Jadi mendapatkan omset yang cukup besar adalah prioritas utama yang menjadikan faktor jumalah pengikut TikTok akan  menjadi lebih berharga dari sebelumnya.

Kebanyakan dari pengguna TikTok akan pergi ke Feed "Pengikut" mereka untuk melihat konten dari akun yang mereka ikuti. Sekarang, video dari akun yang diikuti orang mulai muncul di FYP mereka juga. 

Menurut pakar TikTok, Video akan bisa muncul dari feed Pengikut ke feed FYP berdasarkan kegiatan dari follower itu sendiri. Pengguna yang secara aktif mengikuti dan menyukai konten video tiktok Kamu, maka mereka akan cenderung melihatnya muncul di FYP mereka.

Membangun banyak followers dapat menjadi aset yang bagus untuk merek Kamu di TikTok selama Kamu mencari pengikut asli yang benar-benar menikmati merek Kamu dan kontennya.

Baca juga : Contoh Kata Promosi ala TikTok


Jangan Menggunakan Jasa Penambah Follower

Walaupun faktor pertama merupakan berita bagus untuk merek yang menarik follower asli, tapi jangan sekali kali untuk memalsukannya. 

Akun yang menggunakan jasa layanan atau bot otomatis untuk membangun pengikut di TikTok yang lebih besar akan menghasilkan lebih banyak haters daripada atensi yang bermanfaat.


Ciptakan Konten Yang Kreatif dan Out of the Box

Sebagai salah satu platform paling trending di internet, TikTok mencerminkan nilai dan kepribadian modern, yang telah menciptakan niche bagi kalangan muda mudi yang ingin menghindari konten-konten gaya old seperti yang ada di Instagram, apalagi Facebook.

Pengguna TikTok biasanya banyak tertarik pada konten real, sedikit flexing dan harus autentik dibuat oleh orang yang asli. 

Jadi kamu harus bisa membuat Kreativitas mengalir di video singkat yang kalian buat, baik dalam versi single atau tim bersama sama. 


Fokus pada Perkembangan Organik

Walaupun saat ini ada tiktok ads (bisa membuat konten mu dikenal banyak orang dengan singkat menggunakan dana), tapi cara itu tidak disarankan bagi kamu yang baru terjun ke dunia tiktok. 

Kamu harus memprioritaskan pertumbuhan organik dan menargetkan pelanggan yang potensial, pengikut TikTok dapat memberikan nilai signifikan bagi brand produk Kamu. 

Para follower organik yang dengan sukarela mengikuti akun mu, mereka akan membantu meningkatkan upaya Kamu dengan terlibat dengan konten Kamu, membagikan videomu kepada teman-teman mereka, dan membeli produk yang kamu jual di tiktok shop Kamu


Buatlah Konten Berkualitas bukan Berkuantitas 

Sasaran pemasaran utama untuk bisnis di tiktok adalah keterlibatan dan juga konversi audiens, bukan hanya pengikut. 

Dalam kasus berjualan di TikTok, lebih baik FYP sekali dengan konten yang berkualitas dibanding tidak pernah FYP dan membuat video 5 kali sehari misalnya, namun tanpa konsep sama sekali. 

Begitu juga ketika berjualan produk dan menjalankan kampanye TikTok, ingatlah bahwa kualitas jauh lebih penting daripada kuantitas.


Memperluas Jangkauan Di TikTok

Untuk menambah followers baru, Kamu harus membuat konten baru yang bisa menarik perhatian di depan calon pengikut barumu. 

Pada bagian ini, kosngosan menunjukkan kepada Kamu beberapa cara untuk menjangkau pengikut baru. Selain itu, untuk memperluas jangkauan kamu tidak hanya fokus mengenalkan akun mu di tiktok saja. 

Tetapi bisa juga perkenalkan video tiktok mu (yang pakai watermark) itu, ke story Whatsapp, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya. Jadi orang orang akan penasaran dan melihat username tiktok mu lewat video tersebut.


Menggunakan Hashtag Viral

Ini adalah cara paling klasik, tapi tetap worth it untuk dilakukan, apalagi buat penggiat bisnis di tiktok. Tambahkan tagar (tanda pagar) strategis ke deskripsi video tiktok mu, dan juga profil Kamu. 

Tagar menempatkan konten Kamu di feed "Temukan" dan dalam pencarian Hashtag, sehingga dengan tagar ini, video kamu dapat menjangkau orang-orang yang mencari apa yang ditawarkan produk yang akan kamu jual. 

Tentukan tagar khusus, relevan, sedang tren, dan bermerek untuk membantu memperluas jangkauan produk mu di Tiktok.


Buat Video yang Mengajak untuk Share

Dorong berbagi dengan membuat konten yang menyuruh pengguna untuk menekan tombol share Di TikTok. Selain share pakai URL, kamu juga bisa mengajak audiens mudah untuk membagikan konten

Salah satunya dengan mengunduh video mu pakai tombol download default dari tiktok, dan memposting ulang ke platform lain (watermark berupa nama username tiktokmu akan disertakan secara otomatis).


Buat Give Away

Kegiatan give away bisa kamu lakukan, dan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ini. Pertama, kamu akan dapat follower lebih banyak. 

Kedua, akun mu akan dikenal banyak orang karena peserta give away pasti akan berperan sebagai promotor. Peserta give away, akan membagikan konten Kamu kepada teman teman mereka dengan mengikuti setiap ketentuan yang kamu berikan. 

Misalnya untuk mengikuti give away, wajib tag 3 akun teman, wajib follow akun ini, wajib download video dan share ke teman teman. Semua ini akan mereka lakukan kalau kamu menawarkan hadiah yang lumayan untuk memulai kampanye produk Kamu.


Mintalah support dari circle mu

Kalau kamu punya keluarga besar, teman sekolah, teman kuliah atau teman kerja, kamu bisa meminta mereka untuk mengikuti, terlibat, dan membagikan konten Kamu di TikTok mereka sendiri. 

Walaupun kamu punya cirle yang tidak seluas orang orang ekstrovert, tapi cara ini juga tetap akan efektif dan cepat memperluas jangkauan video Kamu dan membantu Kamu mendapatkan pengikut baru.


Bekerjasama dengan Influencer

Salah satu studi baru-baru ini menemukan bahwa influencer di Tiktok menerima hampir dua kali lipat jumlah suka dan atensi di TikTok dibandingkan dengan Instagram. 

80% pemilik bisnis mengatakan pemasaran influencer adalah taktik yang efektif atau sangat efektif. Bekerja sama dengan influencer tiktok adalah salah satu cara tercepat untuk menambah jumlah pengikut yang signifikan. Kalau punya dana marketing yang terbatas, kamu bisa pilih mikro-influencer dengan tingkat keterlibatan yang tinggi.

Kamu bisa mencoba berbagai format kerjasama dengan influencer, seperti kolaborasi konten, pengambil-alihan, dan konten bersponsor. Sebagai pemilik produk dengan niche dan target pasar yang fokus, kamu tidak boleh sembarang memilih seleb tiktok. 

Lihat juga audiens nya, konten konten nya. Misalnya kamu ingin jualan sambel teri, maka kamu bisa cari seleb tiktok dengan konten mukbang atau kuliner, seperti tanboy kun, next carlos, dll.


Ikut Komen di Video Viral

Jangan malas untuk memberikan komentar. Berpartisipasilah! Jelajahi, sukai, dan komentari konten yang lagi viral di Tiktok, terutama yang berkaitan dengan merek Kamu. 

Kamu pasti sering melihat akun centang biru memberikan komentar nyeleneh di video yang lgi viral. Dan banyak dari komentar mereka yang di pin oleh pemilik video. 

Cara ini cukup efektif untuk memberikan atensi ke akun mu, terutama kalau akun mu punya nama yang unik. Jadi jangan hanya fokus memproduksi video, tapi ikut lah berpartisipasi untuk menonton dan berkomentar.

Apalagi kamu harus Terlibat dengan konten apa pun yang memuji atau membahas brand Kamu. Pastikan interaksi Kamu relevan dan tidak bersifat promosi. 

Kamu juga bisa menentukan sebuah tagar dan sebutan bermerek Kamu untuk menemukan konten yang dibuat pengguna, lalu kemudian kamu bagikan kembali akun tiktok Kamu. 

Misalnya, brand mu namanya kosngosan, jadi kalau ada orang lain yng posting video dengan tagar #kosngosan kamu bisa reupload video mereka atau stitch.


Ciptakan Video Humor

Tidak selamanya video untuk produk bisnis itu bersifat formal dan serius. Sesekali kamu juga harus ciptakan konten humor khas warga tiktok. Ingatlah kegembiraan saat memproduksi konten untuk merek Kamu. 

Jangan membuat humor seperti warga facebook yang monoton dan cenderung taste of bapak bapak. Tampil menonjol dengan kreativitas dan keunikan. 

Selalu berusaha untuk sesuatu yang berbeda, dan bertujuan untuk konten yang memberikan kejutan yang menyenangkan.

Ciptakan Tim yang Solid dan Kreatif, tentunya kaalau kamu punya tim marketing, kamu bisa menyuruh mereka bersama sama melakukan brainstorming ide-ide unik dan mudah diingat yang melibatkan brand produk Kamu.


Pakai soundtrack populer

Salah satu tips klasik untuk FYP lainnya adalah dengan membuat video dengan menambahkan musik yang lagi trending saat video tersebut dibuat. 

Membuat video dengan lagu yang viral, akan membantu menjaga konten Kamu tetap relevan dan akan memberi Kamu lebih banyak pengikut dengan menempatkan video Kamu di feed pencarian soundtrack populer. Inilah makanya banyak video yang muncul di FYP menggunakan lagu yang sejenis saja, yaitu lagu yang lagi viral.


Manfaatkan Momen Hari Spesial

Bergabunglah pada hari special untuk jualan produk di tiktok. Seperti misalnya Hari Belanja Nasional, yang menghadirkan peluang unik untuk konten kreatif yang menarik pengikut baru. 

Atau ketika momen lebaran, natal, tahun baru, hari imlek, dan hari hari special lainnya berikan diskon untuk penjualan di Tiktok Shop mu. Bersiaplah untuk berjualan TikTok shop dan Tambahkan lebih banyak pengikut dengan membuat umpan belanja menarik di TikTok!


Awasi Akun TikTok Kompetitor

Untuk mengikuti dan mengetahui vibes, dan gaya kompetitor, kamu harus mengikuti akun TikTok sainganmu menggunakan akun bayangan. 

Pelajari apa yang mereka lakukan dan bagaimana strategi mereka untuk bisa berpengaruh dalam setahun terakhir. Kamu dapat mempelajari konten konten mereka dengan melihat setiap video atau mengunjungi ruang berita TikTok


Targetkan Audiens yang Tepat

Berjualan di tiktok itu tidak boleh sembarangan. Tiktok shop yang kamu bangun, harus dapat menargetkan niche atau target pasar yang mana. Dapatkan langsung ke audiens yang terlibat dengan konten Kamu, berbagi video Kamu, dan membeli produk yang ditawarkan di video dari Kamu lagi dan lagi.

Mulailah dengan membuat persona pembeli untuk konten TikTok Kamu. Misalnya, daripada menargetkan satu kelompok usia, pertimbangkan untuk melakukan niche lebih jauh dengan menargetkan usia dalam rentang tertentu dan juga hobi. 

Targetkan secara lokal jika memungkinkan. Bisnis lokal masih menjadi bisnis yang cukup prospektif saat ini. Dengan menyertakan tagar lokasi dan kode pos bisa membantu Kamu menambahkan lebih banyak calon pembeli di tiktok


Tips Berkonten Ala TikTok

Selain beberapa tips diatas, kamu juga wajib menerapkan beberapa tips berjualan produk di tiktok seperti yang sudah kosngosan rangkum dibawah ini :

  • Fokus pada satu tujuan - apabila Kamu serius ingin menambahkan pengikut baru ke akun TikTok Kamu, tetap fokus untuk memperluas jangkauan Kamu dan mendapatkan pengikut baru
  • Posting pada waktu yang tepat - dengan memublikasikan konten Kamu selama waktu posting terbaik (prime time antara jam 5 sore sampai 9 malam) sangat penting untuk memperluas jangkauan merek Kamu di TikTok
  • Posting secara konsisten - Posting pada waktu yang teratur dan pada hari-hari biasa untuk membangun kepercayaan dengan audiens baru, yang lebih bersedia mengikuti brand produkmu yang mereka rasa dapat diandalkan
  • Mempercantik tampilan profilmu - Saat kontenmu menarik perhatian orang baru, mereka biasanya membuka profil TikTok Kamu untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang kamu tawarkan. Poles profil Kamu dan arahkan ke pendatang baru, sehingga mereka memahami siapa Kamu, apa yang produk mu jual (disarankan pakai link tree) jika link mu banyak. Atau bisa pakai link whatsapp atau telegram.
  • Gunakan CTA dan teks copywriting untuk mendorong pengikut - Mendapatkan jumlah penayangan yang besar tidak selalu berarti lebih banyak pengikut. Yang penting kamu harus bisa buat konten yang kreatif, punya deskripsi video dengan teknik copywriting dan teknik lainnya.
  • Buat konten dengan part per part di TikTok yang membuat orang lebih penasaran dengan konten berikutnya dan akan mengikuti tautan ke akun TikTok untuk melihatnya.
  • Promosikan video TikTok terbaik Kamu lewat email dan sebutkan konten TikTok Kamu selama podcast Kamu untuk mendorong pendengar untuk memeriksa Kamu dan mengikuti Kamu.
  • Gunakan iklan sosial berbayar di platform lain untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman TikTok Kamu.
  • Buat koleksi video TikTok “terbaik” dan ubah menjadi konten untuk selanjutnya di upload ke kanal YouTube mu
  • Hindari memposting ulang konten yang sama persis dari satu platform ke platform lainnya misanya video yang sama di upload di instagram dan halaman facebook mu (kecuali itu adalah konten perkenalan)

infografis tiktok

Baca juga : Tips Membuat Rencana Bisnis di Tiktok


Kata Penutup

Demikian beberapa tips seputar marketing ala tiktok. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang "palsu" sangat dibenci oleh warga tiktok. 

Jadi untuk membangun audiens berkualitas tinggi di TikTok dan menambahkan follower secara alami dan berharga, bekerjalah untuk memperluas jangkauan mu secara organik, membuat konten yang unik, lucu, kreatif, berbeda dan menyenangkan, menargetkan audiens khusus, dan meningkatkan upaya pemasaran Kamu lebih massif lagi bersama tim. 

Semoga beberapa tips diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah untuk membagikannya ke teman teman mu juga. Bookmart juga halaman ini ya!

Oleh rezaharahap