Cara menonaktifkan keamanan 2 langkah google

Cara menonaktifkan keamanan 2 langkah google

menonaktifkan verifikasi 2 langkah

Akun google yang saat ini bisa mengakses berbagai produk milik google seperti youtube, gmail, blogger, drive dan lainnya memang sangat penting untuk dijaga keamanannya. Oleh karena itu lah banyak pengguna yang memilih untuk mengaktifkan keamanan 2 langkah google ini. Namun bila kamu merasa sedikit repot dengan mengaktifkan fitur keamanan ini, maka ada cara untuk mematikan fitur keamanan 2 langkah ini. Berikut akan kita panduannya.

Sebelum kita membahas mengenai cara menonaktifkan verifikasi 2 langkah ini, kita bahas terlebih dahulu mengenai fitur yang satu ini. Verifikasi 2 langkah maksudnya meningkatkan lapisan keamanan dengan meminta pengguna untuk memberikan dua bentuk identifikasi sebelum dapat mengakses akun google milikmu.

Selain alamat email dan password, kamu juga butuh kode unik yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau perangkat fisik lainnya, yang kemudian masuk pada tahap kedua dari proses login. Karena identifikasi kedua dikirim ke perangkat yang secara fisik ada pada mu, maka ini bisa mempersulit hacker untuk menjebol akun google milikmu.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, dibalik kelebihan nya itu, kamu yang menyukai kesimpelan tentunya kurang menyukai bila harus login dan menginput kode unik yang dikirim ke perangkat selulermu.

Baca juga : Cara Membuat YouTube Stories Keren dan Kreatif

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menonaktfikan atau mematikan fitur ini tentunya bisa saja dan sangat sederhana caranya. Hanya saja sebelum mematikan fitur ini, ada baiknya kamu memastikan kembali mengenai keamanan akun google mu. Kamu bisa mengganti password lama dengan pasword baru yang lebih kuat tentunya.


Cara menonaktifkan keamanan 2 langkah google



akun google


Setelah membahas singkat mengenai verifikasi 2 langkah milik google, maka bagi kalian yang ingin segera mematikan fitur ini karena dinilai merepotkan, bisa segera melakukan beberapa langkah seperti yang dijabarkan dibawah ini :

Langkah pertama  :

Buka browser milikmu dan ketikkan alamat myaccount.google.com dan seperti biasa, masukkan email dan password google milikmu.

Langkah kedua :

Setelah masuk, untuk lebih cepatnya, masuk ke bagian "login dan keamanan" kemudian pilih opsi verifikasi 2 langkah. Bila google meminta untuk login kembali, maka login menggunakan email dan password seperti biasa.

Langkah ketiga :

Setelah selesai, pilih nonaktifkan. Jendela pop-up akan muncul untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah. Pilih Nonaktifkan.

Selesai, pada tahap ini kamu sudah mematikan verifikasi 2 langkah. Seperti biasa kembali, bila login ke akun google maka kamu tidak perlu menginput kode khusus lagi yang dikirimkan melalui perangkat HP mu.


Menonaktifkan verifikasi 2 langkah lewat perangkat Android



Selain dari dekstop, kamu juga bisa menonaktifkan fitur ini lewat perangkat smartphone berbasis android milikmu. Adapun langkah langkahnya antara lain sebagai berikut :

Pertama, dari smatphone Android milikmu, buka aplikasi Setelan perangkat Settings app lalu Google lalu Akun Google. Kemudian pada bagian atas, tab Keamanan.

Pada bagian "Login ke Google", pilih Verifikasi 2 Langkah kemudian pilih lagi "Nonaktifkan" kemudian konfirmasi dengan memilih kembali "Nonaktifkan"

Baca juga : Menampilkan Page Website menjadi penuh

Selesai, pada tahap ini juga kamu sudah mematikan verifikasi 2 langkah melalui smartphone. Seperti biasanya, bila kamu login ke akun google maka kamu tidak perlu menginput kode khusus lagi yang dikirimkan melalui perangkat Android mu.

Demikian artikel mengenai Cara menonaktifkan keamanan 2 langkah google kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Silahkan share postingan ini bila kalian merasa bermanfaat. Berikan feedback melalui kotak komentar dibawah ini juga ya!

Buka Komentar