Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Undangan Tahlilan Word + Cara Membuatnya

Tahlilan merupakan salah satu acara keagamaan yang khusus memperingati kematian seorang muslim di masyarakat Indonesia. Acara tahlilan biasa diadakan berkala dan memiliki rentang waktu dari hari pertama hingga hari ketujuh kematian, kemudian dilanjutkan pada hari ke-40, hari ke-100, hingga menginjak waktu selama setahun hingga tiga tahun. Dan kali ini kosngosan akan membagikan Contoh pembuatan undangan tahlilan lengkap format word. Simak pembahasannya dibawah.

Ada banyak kumpulan undangan tahlilan baik itu tahlilan 7 hari meninggal, 40 hari, 100 hari hingga 1000 hari yang tersedia di internet. Namun pada umumnya, form undangan tersebut hampir sama karena hanya berbeda pada bagian hal dan tujuan nya saja.

Terlepas dari kontroversi kebolehan atau tidaknya di dalam ulama islam sendiri, akan tetapi tahlilan sudah menjadi semacam tradisi bagi masyarakat muslim indonesia. Adanya perbedaan pendapat antara beberapa ulama mengenai tahlilan ini tidak lantas membuat umat muslim menjadi terpecah.

Tahlilan memang menjadi salah satu tradisi umat islam di Indonesia. Hal ini memiliki tujuan mulia, untuk mempererat kembali silaturahim antar keluarga yang terkena musibah, juga menghibur keluarga dengan kehadiran banyak orang yang memberikan doa dan kebaikan bagi almarhum atau almarhumah.

Umat muslim yang mengadakan tahlilan memiliki tujuan mulia yaitu untuk menjaga silaturahim juga memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan dengan banyaknya orang yang berkunjung ke rumah pihak yang ditinggalkan.

Baca lainnya : Contoh Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial


Contoh Undangan 7 Hari Meninggal


contoh undangan tahlilan 7 hari meninggal

Apabila kamu tidak ingin repot membuat dari awal, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas, kamu bisa mengunduh format contoh surat undangan tahlilan dalam bentuk word dibawha ini.

Untuk lebih jelasnya yang lebih mudah nya, kamu cukup mengambil atau mendownload file doc di bawah ini dan mengeditnya sesuai dengan keperluan masing-masing.


Contoh undangan tahlilan 7 hari meninggal

UNDANGAN TAHLILAN KELUARGA KOSNGOSAN

Kepada yth. Bapak/Ibu : ...........
Di tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.
Dengan Memohon Ridho dan Rahmat Allah SWT, kami Mengharap Denganhormat atas kehadiran Bapak / Saudara pada :


Hari : Sabtu
Tanggal : 19 Maret 202x
Jam : Ba’da Magrib
Acara : Kirim doa 7 hari Ibu Zaenab
Tempat : Rumah Alm. Ibu Zaenab

Merupakan Suatu Kehormatan dan Kebahagiaan bagi kami,Apabila Bapak / Saudara berkenan hadir dalam acara tersebut. Atas kehadiran serta bantuan Do’anya kami sampaikan terima kasih.

Teriring do’a jazaakumullah Ahsanal jaza’

Wasslamualaikum Wr.Wb

Hormat kami

Kel. Alm Ibu Zaenab

Nb. Dimohon hadir sampai 7 hari


Contoh Undangan Tahlilan lainnya

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kami mengundang saudara/i untuk mengikuti Tahlilan yang akan diadakan pada:

  • Hari/tanggal: (tanggal tahlilan)
  • Pukul: (jam tahlilan)
  • Tempat: (alamat tempat tahlilan)

Tahlilan adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam untuk memperingati hari kematian seseorang. Kami berharap saudara/i dapat hadir dan ikut serta dalam Tahlilan ini.

Salam hormat,

Panitia Tahlilan" 


Contoh undangan meninggal 40 hari

Assalamualaikum Wr. Wb

"Dengan rasa duka yang mendalam, kami mengundang saudara/i untuk mengikuti upacara 40 hari kematian kami yang akan diadakan pada:

  • Hari/tanggal: (tanggal upacara)
  • Pukul: (jam upacara)
  • Tempat: (alamat tempat upacara)

Upacara 40 hari kematian merupakan salah satu bentuk dari tradisi turun temurun dalam agama Islam, yang diadakan untuk mengenang jasa dan memohon restu dari orang yang telah meninggal. Kami berharap saudara/i dapat hadir dan ikut serta dalam upacara ini.

Salam hormat,

Keluarga yang duka" 



Contoh Undangan Tahlilan Meninggal



Download contoh undangan tahlilan word disini

Petunjunk download :

Kamu akan dialihkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik, pilih download file, kamu akan diarahkan ke tampilan docs online. Untuk mendownload file undangan ini, pilih "File" kemudian pilih "Download as" lalu pilih jenis format dokumen yang akan kamu download.


Cara membuat undangan tahlilan yang baik dan benar

cara membuat undangan tahlilan

Baiklah, selanjutnya kosngosan akan memberikan contoh surat undangan dalam bentuk word yang bisa kamu edit sesuka hati sesuai dengan tujuan penggunaan tahlilannya.

Adapun cara dan panduan membuat surat undangan tahlilan adalah sebagai berikut :


Langkah 1

Buka aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, dan mulailah mengetik dengan memperhatikan bagian-bagian surat tahlilan yang bisa dilihat pada contoh dibawah ini.


Langkah 2

Buatlah bagian kop surat, yang nantinya akan menjadi cover surat undangan. bagian ini berisi perihal tujuan pembuatan surat, misalnya undangan tahlilan 40 hari.


Langkah 3

pada bagian isi yang mulai dengan kata salam, paragraf pembuka dan juga paragraf tujuan pembuatan undangan, kemudian diikuti dengan nama orang yang meninggal, tempat dan waktu pelaksanaan acara tahlilan, terakhir dengan paragraf penutup dan ditutup dengan salam kembali.


Langkah 4

Berikan border atau garis pinggir pada undangan agar terlihat lebih menarik dan lebih rapi. untuk ukuran dan jenis font, tidak ada ketentuan. kamu bebas menggunakannya asal jelas dan mudah untuk dibaca.

Selesai, kamu tinggal mengecek kembali penulisan yang sudah diketik, apakah terdapat kesalahan penulisan atau tidak. 

Setelah yakin baru cetak menggunakan kertas undangan, atau bisa juga kertas HVS biasa, untuk memimalisir biaya

Baca lainnya : Contoh Undangan Sunatan dan Khitanan


Kesimpulan

Terlepas dari kontroversi tahlilan, ada baiknya kita berpikir sejenak mengenai tradisi ini. Menurut mimin pribadi sebenarnya bukan keluarga mayit yang seharus-nya menghidangkan makanan, tetapi para tamu atau pengunjunglah yang semestinya mengirim makanan kepada mereka

Karena dengan demikian berarti kita telah menolong sauda-ra kita yang sedang tertimpa musibah. Semoga pemikiran ini juga tidak bertentangan dengan pendapat para ulama

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh pembuatan undangan tahlilan lengkap format word kali ini, semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari contoh tersebut. Silahkan membagikan tulisan ini kepada yang lain bila merasa bermanfaat.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya