Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Undangan Sunatan Khitanan + Cara Membuatnya

Bagi sebagian kalangan, anak lelaki yang menginjak remaja dan baru saja di khitan atau disunat biasanya akan digelar acara syukuran dengan mengundang kerabat dan tetangga untuk makan dan berpesta. Hal ini bertujuan supaya si anak bisa terhibur setelah mengalami fase khitan dalam hidupnya. Kali ini kosngosan memberikan contoh dan cara pembuatan surat undangan untuk acara syukuran sunatan atau khitanan lengkap dalam format word yang bisa kamu edit sesuka hati.

Khitan erat kaitannya dengan ibadah agama. Dalam hal ini agama Islam telah mengajarkan sunat untuk membersihkan organ reproduksi anak dari potensi penyakit yang bisa saja muncul dikemudian hari. 

Kata khitan berasal dari bahasa arab yaitu khatana yang berarti memotong atau mengerat. Kemudian di terjemahkan dan diserap dalam bahasa indonesia, sering kita sebut sebagai sunat.

Ada banyak manfaat kesehatan apabila anak dikhitan. Seperti misalnya adalah mencegah terjadinya penyakit menular yang mematikan, mencegah infeksi, mencegah inflamasi, kanker dan penyakit membayahakan lainnya.

Mengadakan acara pesta khitanan memang sering sekali menghabiskan dana yang tidak sedikit. Seperti misalnya di adat sunda, anak sebelum dikhitan akan diiring diatas tandu berbentuk singa yang disebut dengan sisingaan. 

Anak tersebut kemudian di arak keliling desa laksana raja, keluarga dari si anak mengiringi sembari ditemani dengan keseninan sunda.

Acara khitanan memang berbeda beda. Mungkin kamu harus menceritakan tradisi ini di daerah mu masing masing. 

Siapa tahu mimin bisa membagikan ceritamu di postingan kosngosan selanjutnya. Karena memang selain untuk menghibur anak, pesta ini juga bisa mempererat silaturahim antar warga juga.

Baca juga : Contoh Undangan Aqiqah Syukuran Lahiran Bayi


Contoh Uundangan Sunatan Khitanan


contoh undangan sunatan khitanan

Adapun contoh surat undangan untuk acara khitanan bisa kamu lihat di bawah ini. Untuk melihat secara lengkap, kamu tinggal scrool saja ke bawah. Dan bila kamu tertarik hendak mendownloadnya, kamu bisa klik tautan unduh dibawahnya.

Contoh undangan syukuran khitanan

Padang, 27 Juni 2021
Sifat : Penting
Lampiran :
Perihal : Undangan Khitanan Massal

Kepada Sdr. Kepala Lingkungan Kedawung Kidul
Kelurahan Gebang Kecamatan Sawahlunto
Di Padang


Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 5 Rumah Sakit Kosngosan, maka akan diselenggarakan acara khitanan massal bagi masyarakat daerah Sawahlunto. Sehubungan dengan itu, dengan ini kami memohon kepada Ibu/Bapak untuk hadir pada :

Hari/Tanggal : Senin, 28 Juni 2021
Jam : 08.00 Wib S/d selesai
Tempat : Rumah Sakit Kosngosan

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih banyak.


Contoh Undangan Khitanan Anak Simple Sederhana

 "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kami dengan bangga mengundang saudara/i untuk merayakan khitanan anak kami yang akan diadakan pada:

  • Hari/tanggal: (tanggal khitanan)
  • Pukul: (jam khitanan)
  • Tempat: (alamat tempat khitanan)

Khitanan merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Kami sangat berterima kasih atas doa dan dukungan saudara/i selama ini. Kami berharap saudara/i dapat hadir dan ikut meramaikan acara ini.

Salam hormat,

Keluarga (nama anak yang di khitan)



Contoh undangan khitanan anak



Format yang diberikan adalah dalam bentuk doc, kamu bisa mengedit dan mencetak ulang undagan diatas dan menambahkan nya sesuai keperluan. usahakan microsoft word yang kamu pakai adalah versi 2010 keatas supaya support dengan format dokumennya.

Download contoh surat undangan acara sunatan format doc disini

Petunjunk unduh :

Kamu akan dialihkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik, pilih download file, kamu akan diarahkan ke tampilan docs online. Untuk mendownload file undangan ini, pilih "File" kemudian pilih "Download as" lalu pilih jenis format dokumen yang akan kamu download.


Cara membuat undangan sunatan khitanan

cara membuat undangan khitanan sunatan

Membuat undangan acara sunatan bisa dikatakan sangat mudah karena hampir sama dengan surat undangan pada umumnya. Yang membedakannya adalah tujuan dan perihal pembuatan undangan yang disebutkan nantinya di dalam undangan.

Membuat desain cover undangan

Bagian ini merupakan bagian depan undangan yang menjadi sampul atau cover untuk mempercantik undangan. Kamu bisa membuat undangan dengan model lipat 3 dan jadikan bagian ini didepan, tidak perlu pakai amplop, cukup berikan saja dengan kertas lipatan 3.

Cover ini juga berisi informasi perihal undangan, nama dan alamat tujuan. Berikan bingkai atau border yang menarik. Kamu bisa menggunakan gambar PNG atau pun langsung mengeditnya dari microsoft word.

Menulis isi surat undangan

Bagian isi adalah bagian inti dari undangan yang mengandung awalan ucapan salam, paragraf pembuka, detail alamat dan waktu acara syukuran khitanan 

Dan pada tahap akhir, kemudian diakhiri dengan paragraf penutup seperti mengharapkan kedatangan pihak terundang dan lainnya.

Membuat bagian penutup undangan

Bagian penutup undangan berisi ucapan salam yang diakhiri dengan hormat keluarga pihak pengundang yang diselipkan catatan yang perlu untuk ditambahkan.

Untuk mempercantik tampilan surat undangan, kamu bisa memberikan garis bingkai sesuai selera. Jarak margin disesuaikan (karena tidak ada aturan baku) begitu juga dengan jenis dan ukuran font sesuai selera dan kreatifitas mu

Baca juga : Contoh undangan tahlilan lengkap dengan format doc


Kata Penutup

Khitanan merupakan salah satu kewajiban buat anak laki-laki dalam Islam. Oleh karena itu tradisi untuk merayakan nya bisa membuat si anak lebih ceria lagi. Demikianlah pembahasan mengenai contoh pembuatan undangan acara sunatan atau khitanan kali ini

Semoga saja anak yang dikhitan bisa terhibur dengan acara tersebut. Bagaimana pengalaman khitan mu dulu? apakah dirayakan atau hanya di iming imingi hadiah ? Coba share pengalamanmu dengan menekan tombol bagi dibawah ya.
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru