Contoh pembuatan undangan sunatan atau khitanan doc

Contoh pembuatan undangan sunatan atau khitanan doc

contoh undangan khitanan

Bagi sebagian kalangan, anak lelaki yang menginjak remaja dan baru saja di khitan atau disunat biasanya akan digelar acara syukuran dengan mengundang kerabat dan tetangga untuk makan dan berpesta. Hal ini bertujuan supaya si anak bisa terhibur setelah mengalami fase khitan dalam hidupnya. Kali ini kosngosan memberikan contoh dan cara pembuatan surat undangan untuk acara syukuran sunatan atau khitanan lengkap dalam format word yang bisa kamu edit sesuka hati.

Khitan erat kaitannya dengan ibadah agama. Dalam hal ini agama Islam telah mengajarkan sunat untuk membersihkan organ reproduksi anak dari potensi penyakit yang bisa saja muncul dikemudian hari. Kata khitan berasal dari bahasa arab yaitu khatana yang berarti memotong atau mengerat. Kemudian di terjemahkan dan diserap dalam bahasa indonesia, sering kita sebut sebagai sunat.

Ada banyak manfaat kesehatan apabila anak dikhitan. Seperti misalnya adalah mencegah terjadinya penyakit menular yang mematikan, mencegah infeksi, mencegah inflamasi, kanker dan penyakit membayahakan lainnya.

Mengadakan acara pesta khitanan memang sering sekali menghabiskan dana yang tidak sedikit. Seperti misalnya di adat sunda, anak sebelum dikhitan akan diiring diatas tandu berbentuk singa yang disebut dengan sisingaan. Anak tersebut kemudian di arak keliling desa laksana raja, keluarga dari si anak mengiringi sembari ditemani dengan keseninan sunda.

Baca juga : Contoh surat undangan aqiqah syukuran lahiran bayi

Acara khitanan memang berbeda beda. Mungkin kamu harus menceritakan tradisi ini di daerah mu masing masing. Siapa tahu mimin bisa membagikan ceritamu di postingan kosngosan selanjutnya. Karena memang selain untuk menghibur anak, pesta ini juga bisa mempererat silaturahim antar warga juga.

Cara membuat surat undangan acara khitanan


Membuat undangan acara sunatan bisa dikatakan sangat mudah karena hampir sama dengan surat undangan pada umumnya. Yang membedakannya adalah tujuan dan perihal pembuatan undangan yang disebutkan nantinya di dalam undangan.

Membuat desain cover undangan


Bagian ini merupakan bagian depan undangan yang menjadi sampul atau cover untuk mempercantik undangan. Kamu bisa membuat undangan dengan model lipat 3 dan jadikan bagian ini didepan, tidak perlu pakai amplop, cukup berikan saja dengan kertas lipatan 3.

Cover ini juga berisi informasi perihal undangan, nama dan alamat tujuan. Berikan bingkai atau border yang menarik. Kamu bisa menggunakan gambar PNG atau pun langsung mengeditnya dari microsoft word.

Menulis isi surat undangan


Bagian isi adalah bagian inti dari undangan yang mengandung awalan ucapan salam, paragraf pembuka, detail alamat dan waktu acara syukuran khitanan yang kemudian diakhiri dengan paragraf penutup seperti mengharapkan kedatangan pihak terundang dan lainnya.

Membuat bagian penutup undangan


Bagian penutup undangan berisi ucapan salam yang diakhiri dengan hormat keluarga pihak pengundang yang diselipkan catatan yang perlu untuk ditambahkan.

Untuk mempercantik tampilan surat undangan, kamu bisa memberikan garis bingkai sesuai selera. Jarak margin disesuaikan (karena tidak ada aturan baku) begitu juga dengan jenis dan ukuran font sesuai selera dan kreatifitas mu


Contoh undangan acara khitanan


contoh undangan sunat


Adapun contoh surat undangan untuk acara khitanan bisa kamu lihat di bawah ini. Untuk melihat secara lengkap, kamu tinggal scrool saja ke bawah. Dan bila kamu tertarik hendak mendownloadnya, kamu bisa klik tautan unduh dibawahnya.




Format yang diberikan adalah dalam bentuk doc, kamu bisa mengedit dan mencetak ulang undagan diatas dan menambahkan nya sesuai keperluan. usahakan microsoft word yang kamu pakai adalah versi 2010 keatas supaya support dengan format dokumennya.


Download contoh surat undangan acara sunatan format doc disini

Petunjunk unduh :

Kamu akan dialihkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik, pilih download file, kamu akan diarahkan ke tampilan docs online. Untuk mendownload file undangan ini, pilih "File" kemudian pilih "Download as" lalu pilih jenis format dokumen yang akan kamu download.

Baca juga : Contoh undangan tahlilan lengkap dengan format doc

Demikianlah pembahasan mengenai contoh pembuatan undangan acara sunatan atau khitanan kali ini, semoga saja anak yang dikhitan bisa terhibur dengan acara tersebut. Bagaimana pengalaman khitan mu dulu? apakah dirayakan atau hanya di iming imingi hadiah ?
Buka Komentar