Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Undangan Aqiqah Anak yang Bisa Diedit

Apakah kamu sedang mencari contoh surat undangan untuk tasmiyah atau syukuran kelahiran bayi? Kali ini kosngosan akan memberikan panduan penulisan undangan aqiqah atau lahiran yang baik dan benar. Selain instruksinya, tidak ada salahnya kamu diberikan contohnya dalam format doc dan CDR (CorelDraw) yang bisa kamu edit sepuasnya.

Kelahiran buah hati adalah momen yang paling dinantikan dalam sebuah keluarga. Ketika bayi sudah berada di alam dunia, maka agama islam mengajarkan pengadaan acara yang dinamakan aqiqah atau dalam istilah indonesianya adalah acara syukuran lahiran dengan mengundang kerabat dan anak yatim untuk makan makan. Selain mengadakan syukuran kelahiran bayi, aqiqah juga sebagai bentuk amalan dalam ajaran islam

Bagaimana acara lahiran ini begitu akrab dengan masyarakat kita? Syukuran akan kelahiran anak merupakan salah satu ajaran dalam islam yang disebut sebagai aqiqah. Namun aqiqah pada mulanya juga berasal dari arab jahiliyah.

Berbeda dengan tradisi arab jahiliyah pada waktu itu, aqiqah versi islam disempurnakan dan dicontohkan oleh nabi ketika pelaksanaan aqiqah untuk kedua cucunya, yakni Hasan dan Husain. Selanjutnya aqiqah diikuti oleh umat muslim hingga masa sekarang.

Baca lainnya : Contoh undangan halal bi halal format word


Undangan Aqiqah Anak


contoh undangan aqiqah anak

Hukum pelaksanaan aqiqah itu sendiri dalam islam masih diperdebatkan oleh ulama. Sebagian ada yang berpendapat wajib dan yang lain berkeyakinan bahwa aqiqah adalah sunah sebagaimana pendapat Imam Syafi dan Hanafi. Namun yang pasti, aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi mereka yang mampu, seperti halnya dalam ber haji dan ber sedekah. Berikut contoh undangan nya lebih lengkap :


Pekanbaru, September 2020
Perihal : Undangan Aqiqah

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Dengan memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT, Perkenankanlah kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i, Untuk sekiranya dapat hadir dan memberikan do’a dalam acara tasmiyah Putera pertama kami yang Alhamdulillah telah diberi nama :

Ucok Pardolian Harahap

Dan Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tgl : Ahad, 18 September 2021
Jam : 11.00 WIB s/d Selesai
Tempat : Rumah Keluarga Bpk. Reza Harahap
Jl. Garuda Sakti, Kel.Tampan, Pekanbaru

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, Apabila Bapak/Ibu/Saudara/I berkenan hadir memenuhi undangan kami. Atas kehadiran dan do’anya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalaamu'alakum Warohmatullahi Wabarokatuh

Hormat Kami,

Bapak Reza Harahap dan Ibu Suci Bella Lestari


Undangan Aqiqah Via Whatsapp


*_Assalamu'alaikum Warohmatullahi. Wabarokatuh*_

Bersama degan chat ini, kami keluarga Harahap mohon dengan rasa hormat kepada bapak/ibu sekalian agar bisa hadir dalam acara syukuran aqiqahan ananda kami, yang bernama :

*_UCOK PARDOMUAN HARAHAP*_

yang inshaa allah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Jumat, 03 Juni 2021
Pukul : 10.00 WIB s/d selesai
Tempat : Kediaman Bpk Harahap, Jalan Nusa Indah No. 10, Kota Padangsidimpuan

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami apabila bapak/ibu/ sekalian bisa menghadiri acara kami, dan semoga kita mendapatkan rezeki dari Allah SWT. Aamiin...

*_Wassalamu'alaikum Warohmatullahi. Wabarokatuh*_

Hormat kami,

Bpk. Harahap dan Keluarga


Contoh Aqiqah Lainnya

contoh-aqiqah


Undangan Aqiqah Word


Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa segera melihat contoh form undangan aqiqah an seperti yang ada di bawah ini. Scroll kebawah untuk melihat contohnya, bila kamu merasa tertarik, silahkan download dengan mengklik tautan dibawah nya.



Download contoh form surat undangan aqiqah format DOC (Ms Word) DISINI


Undangan Aqiqah CDR


Selain format doc dan mengirim lewat WA, kamu juga bisa mencetak undangan menggunakan aplikasi corel draw dengan menggunakan format undangan aqiqahan format CDR yang sudah mimin kosngosan siapkan dibawah ini. Silahkan comot dan gratis!

contoh undangan aqiqah cdr

Download contoh surat undangan aqiqah format CDR (CorelDraw) DISINI

Petunjuk sebelum mendownload :

Setelah mengklik tautan diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik hingga muncul tombol download file. Klik dan kamu akan diarahkan ke halaman doc online. Kamu bisa download filenya dengan memilih "File" kemudian "Download file as" dan pilih format yang akan kamu download.


Cara Membuat undangan aqiqah


Untuk membuat undangan aqiqah ini terbilang tidak sulit, sama seperti penulisan pada surat undangan lainnya yang bersifat informal. Karena undangan dikirim kepada sanak saudara dan tetangga, maka format yang dipergunakan juga bebas.


Tulis bagian cover surat


Bagian ini merupakan bagian depan undangan yang menjadi penjelasan awal dari undangan yang berisi informasi perihal undangan, nama dan alamat undangan. Bagi surat undangan yang biasanya di lipat 3, bagian ini ditampilkan paling depan berupa sampul.


Isi surat undangan


Bagian isi terdiri dari ucapan salam, paragraf pembuka, detail alamat dan waktu acara aqiqah atau syukuran kelahiran dan diakhiri dengan paragraf penutup seperti mengharapkan kedatangan saudara dan lainnya.


Penutup surat


Bagian penutup berisi ucapan salam kembali diakhiri dengan hormat kami dan catatan yang perlu di beritahukan.

Untuk mempercantik tampilan surat undangan, sobat kosngosan bisa memberikan garis bingkai sesuai selera. Jarak margin disesuaikan (karena tidak ada aturan baku) begitu juga dengan jenis dan ukuran font sesuai selera dan kreatifitas mu.

Baca juga : Contoh undangan Aqiqah Lewat WA dan SMS


Kata Penutup


Aqiqahan merupakan salah satu bentuk ajaran agama Islam terhadap bayi yang baru lahir sebagai bentuk wujud syukur orangtua atas lahirnya buah hati. Walaupun demikian, acara ini memang hukumnya sunnah. Apabila kalian sanggup, maka lakukan dan jika belum sanggup, maka jangan terlalu dipaksakan, apalagi sampai berhutang.

Sekian artikel dan pembahasan kita seputar Contoh pembuatan undangan aqiqah atau lahiran format word kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mempersiapkan cara lahiran buah hati tercinta. Mohon membagikan post ini di beranda media sosial milikmu, agar bisa bermanfaat juga bagi orang lainnya.
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru