Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara scan dan menggabungkan beberapa halaman menjadi satu file PDF/JPEG

Bagaimana cara scan banyak lembar halaman dokumen jadi satu (1) file saja? Terkait beberapa persyaratan memang terbilang cukup merepotkan apabila berkas yang di scan cukup banyak dan diharuskan untuk digabung menjadi satu file saja.

Bagi yang belum mengetahui, ada beberapa cara untuk menggabungkan file dokumen hasil scan menjadi satu halaman dengan format pdf atau jpeg. Penasaran? kosngosan akan membahas penjelasannya dibawah ini.

Scan merupakan kegiatan pindai dokumen yang mengubah bentuk fisik dokumen menjadi soft file seperti pdf, doc maupun jpeg atau format lainnya. Kamu bisa melakukan scan secara online maupun offline menggunakan perangkat printer atau pun smartphone mu.

Secara sederhana, proses scan dokumen adalah suatu proses penyalinan atau mempebanyak dokumen untuk kemudian dapat disimpan ke dalam komputer dengan tujuan tertentu. Alat yang digunakan untuk melakukan proses scanning disebut scanner.

Beberapa kelebihan scan dokumen dibandingkan fotocopy secara fisik adalah untuk memenuhi keperluan pengiriman file dalam waktu yang cepat secara online

Untuk keperluan sarana dokumentasi sehingga lebih awet dan tidak mudah hilang dan rusak serta untuk melengkapi kebutuhan file digital dalam memenuhi sebuah keperluan tertentu.


Cara Scan Banyak Halaman Dokumen jadi File pdf atau jpeg

cara scan gabung dokumen halaman

Scan dokumen memang menjadi kebutuhan dalam era teknologi informasi seperti sekarang ini. Dokumen penting yang dimiliki bisa didokumentasi dalam bentuk digital (di-scan dan disimpan dalam bentuk file) sehingga ketika suatu saat membutuhkannya akan lebih cepat didapatkan.

Untuk menggabungkan file online, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi web gratis yang tersedia seperti:
  • SmallPDF - menyediakan berbagai alat untuk mengedit dan menggabungkan file PDF.
  • Altomerge - menggabungkan file Word, PowerPoint, dan Excel dengan mudah.
  • PDF Joiner - menyediakan fitur drag-and-drop untuk menambahkan dan menyusun file PDF.
  • iLovePDF - menyediakan alat untuk menggabungkan, memisahkan, mengompres, dan mengedit file PDF.
  • Online2PDF - menyediakan fitur untuk menggabungkan file PDF, Word, Excel, PowerPoint, dan gambar.
Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi aplikasi sebelum menggunakannya.

Untuk melakuan scan dokumen, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti dibawah ini :

Scan berkas menggunakan HP

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi scan photo to pdf di google play atau apple store. Ada banyak aplikasi gratis yang tersedia. Kamu cukup ketik saja di pencarian dengan keyword "scan".

Kedua, setelah aplikasi tersebut terinstall, buka kemudian izinkan aplikasi tersebut untuk mengakses camera hp. Setelah itu ambillah berkas yang dibutuhkan untuk segera di foto menggunakan kamera hp mu.

Ketiga, setelah itu convert file gambar tersebut menjadi jpeg. selesai. Pada tahap ini kamu sudah bisa mengirimkan dokumen tersebut, atau langsung menggabungkannya menjadi 1 file pdf. (lihat panduannya dibawah ini)

Selain itu kamu bisa juga menggunakan aplikasi google drive atau aplikasi lain untuk scan dokumen menggunakan hp. Baca postingan cara scan berkas lamaran melalui hp disini.

Scan berkas menggunakan printer

Pertama, persiapkan driver printer yang sesuai dan install driver tersebut di komputer atau laptop milikmu. Cari driver yang support untuk perangkat mu.

Kedua, setelah terinstal buka aplikasi printer tersebut dan pilih menu scan dokumen. Persiapkan dokumen seperti ijazah, ktp, sim atau dokumen lain untuk di scan.

Ketiga, buka scanner printer dan masukkan dokumen yang akan discan menghadap mesin scanner dari printer. Klik scan dan tunggu sampai selesai di convert

Keeempat, piliah fomat jpeg atau png untuk hasil akhir scanner. Simpan dan saatnya untuk menggabungkan beberapa file tersebut menjadi 1 file pdf.

Cara Menggabungkan Dokumen Scan Jadi 1 File

cara menggabungkan beberapa dokumen scan

Setelah hasil scan disimpan baik dalam bentuk jpeg (usahakan disimpan dalam bentuk jpeg terlebih dahulu) kemudian kita akan ubah ke dalam 1 bentuk file pdf, yaitu caranya :


Langkah 1 :

Buka microsoft word versi terbaru 2010 atau 2013. Kamu bisa juga menggunakan microsoft dengan versi yang lebih rendah, namun harus menginstal add on tambahan berupa "Save as PDF".

Untuk word versi terbaru kamu tidak perlu menambahkannya karena sudah ada secara default


Langkah 2 :

Insert gambar yang sudah discan pada langkah sebelumnya. Pastikan ukuran dan resolusi gambar sudah sesuai dengan persyaratan seperti yang diminta (bila kamu hendak melamar kerja, pastikan bahwa gambar yang diminta tidak melebihi ukuran yang diminta)

Bila ternya gambar scan yang kamu punya terlalu besar, lakukan compress gambar. Kamu bisa menggunakan tool compress gambar secara online maupun offline.


Langkah 3 :

Insert gambar, susun gambar pada area kerja word dan rapikan gambar yang sudah di masukkan. Atur lebar dan tinggi gambar sesuai kebutuhan agar tampak lebih rapih


Langkah 4 :

Jika selesai, untuk mengubahnya menjadi file pdf maka pilih Menu - File - Save As

Kemudian pada opsi Save as type pilih PDF lalu beri nama file tersebut dan pilih tombol Save untuk menyimpan. Selesai.

Kamu juga bisa mencompress atau memperkecil ukuran file pdf menjadi lebih hemat dengan membaca postingan sebelumnya mengenai Cara compress ukuran file pdf secara online dan offline disini.

Cara scan beberapa halaman jadi satu file pdf lewat google docs

Selain menggabungkan beberapa file scan ke dalam 1 dokumen lewat microsoft word, kamu jga bisa memanfaatkan fitur online yang diberikan oleh google drive, khususnya google docs. Adapun caranya seperti dibawah ini :

Pertama, buka halaman google drive dengan cara login menggunakan akun Gmail kamu. Kemudian pilih pilih google docs.

Kedua, pilih tombol + merah yang ada dipojok kanan bawah untuk membuat dokumen baru.

Ketiga, pilih Menu Sisipkan atau Insert – Gambar atau Image lalu pilih menu Insert - Image

Keemapt, pilih tab Upload atau Unggah lalu masukkan semua file gambar hasil scan tersebut sampai selesai.

Kelima, apabila gambar sudah tampil pada dokumen, silahkan rapikan ukuran gambar dan pilih menu File – Unduh Sebagai atau Download as – Document PDF kemudian simpan hasilnya ke komputer.

Cara ini membutuhkan koneksi internet yang cukup stabil, karena dilakukan secara online. Ini merupakan salah satu kelemahan cara kedua ini.

Kata Penutup

Sekian pembahasan mengenai Cara scan dan menggabungkan banyak halaman jadi satu file PDF/JPEG kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam melengkapi berkas yang ada untuk melamar pekerjaan dan keperluan lainnya.
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru