Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkecil Ukuran PDF tanpa Software

Bagaimana cara memperkecil ukuran PDF tanpa aplikasi? Kamu pasti sering menggunakan file dokumen pdf di perangkat mu sehari hari. PDF atau yang biasa disebut Portable Document Format merupakan salah satu format file yang paling banyak dibagikan di dunia internet, seperti ebook atau epaper. Dan kali ini kosngosan akan membahas seputar cara memperkecil ukuran file pdf baik secara online maupun secara offline. Karena pdf juga bisa diubah menjadi kecil dan ringan untuk dibuka.

Dokumen PDF ini merupakan format file yang dimanfaatkan untuk menyajikan dan bertukar dokumen secara lebih efektif, terlepas dari segala jenis perangkat lunak, perangkat keras atau pun sistem operasi.

Format ini dibuat oleh Adobe. PDF kini adalah standar format yang dikelola oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO). PDF bisa mengandung tautan dan tombol, formulir, audio, video, dan informasi lainnya. PDF juga juga bisa ditandatangani secara elektronik dan mudah dibuka menggunakan perangkat lunak gratisan.

Cara Memperkecil ukuran PDF Online

pdf compressor online

Salah satu kelebihan pdf ini adalah ketika kamu mengandalkan dokumen ini kamu bisa membuat perlindungan data dengan memberikan kata sandi pada PDF tersebut untuk mencegah orang lain menyalin dan mengedit data didalamnya.

Sobat kosngosan juga dapat menghindari mereka untuk menghapus informasi sensitif secara permanen. Juga kamu bisa menemukan dan menghapus data yang tersembunyi.

Seperti misalnya kamu memiliki file pdf dengan ukuran 500 kb ingin mengubah menjadi ukuran 200kb, maka ada tool yang digunakan untuk men-compress file tersebut menjadi lebih ringan. Compress file pdf tersebut bisa berupa online maupun offline.

Cara ini hampir sama dengan cara membuat file RAR tanpa aplikasi. Tool online dibawah ini bisa kamu gunakan untuk menghemat media penyimpanan mu, langkah menggunakannya adalah sebagai berikut :


Langkah 1 :

Buka situs compress pdf secara online seperti ilovepdf.com, pdfcompressor.com, smallpdf.com dan situs lain yang bisa kamu cari dengan mengetik keyword "pdf compress" di google.


Langkah 2 :

Setelah masuk kedalam salah satu situs, pilih tombol unggah atau select file yang nantinya akan mengarahkan kamu untuk memilih salah satu file yang tersimpan di laptop atau smartphone mu


Langkah 3 :

Pilih file, setelah proses unggahan selesai, kamu bisa segera mencompress file pdf tersebut dan kemudian mengunduhnya kembali dengan kapasitas kini yang lebih rendah tentunya.

Selesai. Pada tahap ini kamu sudah mengurangi ukuran file pdf. Salah satu kelemahan menggunakan tool online ini adalah kamu harus menggunakan paket data atau internet untuk bisa melakukan compress file.

Bila kamu tidak ada data, kamu bisa menggunakan solusi yang kedua dibawah ini.


Cara Memperkecil ukuran PDF Offline

software pdf compressor offline


Selain tool online diatas, kamu juga bisa memanfaatkan cara offline dan tidak perlu install aplikasi apa pun di perangkat komputer atau smartphone mu, adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah 1:

Pertama, kamu harus convert file PDF nya dalam bentuk Word atau ubah ke JPEG. Hal ini tergantung dari jenis dokumen pdf nya

Apakah file nya dalam bentuk dokumen teks yang bisa di highlight (bisa di blok menggunakan kursor) atau dalam bentuk gambar yang tidak bisa di copy sama sekali

Langkah 2 :

Kalau file pdf nya dalam bentuk dokumen yang bisa di copy, maka ubah terlebih dahulu ke dalam bentuk word (kamu bisa pakai ms word 2013 keatas, ada fitur convert otomatisnya).

Kalau file pdf nya dalam bentuk gambar, cukup capture dan simpan lembar per lembar dokumen nya dalam bentuk jpeg

Langkah 3 :

Untuk file word, kamu bisa compress dengan cara, menghilangkan segala style dan format tulisan teks nya, sehingga jadi lebih sederhana. Selain itu, gambar yang ada juga harus di compress seminimal mungkin

Langkah 4 :

Untuk file gambar per gambar, silahkan compress gambar nya pakai aplikasi tool online (kamu tinggal googling saja compress jpeg)

Langkah 5 :

Barulah kemudian kamu gabungkan kembali filenya, dan save as ke pdf kembali, Jadinya ukuran file pdf nya akan lebih kecil dari sebelumnya

Cara Memperkecil PDF pakai Aplikasi

Nah kalau cara diatas belum juga bisa memperkecil ukuran pdf mu dengan maksimal, cara terakhir memang harus menggunakan aplikasi , adapun caranya antara lain :

Langkah 1 :

Download terlebih dahulu software compress pdf, ada banyak jenis dan versinya seperti PDF Compressor, NXPowerlite dan aplikasi lainnya. Kamu bisa mengunduh apliksi PDF Compressor Windows disini. atau PDF Compressor Android disini


Langkah 2 :

Install aplikasi tersebut pada perangkat windows atau android milikmu. Buka aplikasi tersebut dan akan muncul tampilan layar utama yang hampir sama dengan tool online, yaitu mengharuskan kamu untuk memilih file. Hanya saja proses nya tidak membutuhkan koneksi internet.


Langkah 3 :

Pilih file, setelah itu  kamu bisa langsung melakukan compress file pdf tersebut dan kemudian mengunduhnya kembali dengan kapasitas kini yang lebih rendah tentunya. Pada tahap ini kamu sudah berhasil memperkecil ukuran pdf.

Baca lainnya : Cara Membuat Lamaran Kerja PDF


Kata Penutup

Memperkecil ukuran PDF memang dinilai penting untuk efisiensi media penyimpanan. Kamu tentunya tidak mau kalau hardisk di laptop, komputer atau smartphone mu menjadi penuh hanya karena file pdf yang kebanyakan dan over size, bukan?

Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengurangi ukuran file pdf secara online dan offline kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mengefisiensi kapasitas dalam media penyimpanan milikmu. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya