Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat File RAR di Android tanpa Aplikasi

Bagaimana cara membuat file rar, zip, 7zip dan format kompresi lainnya di hp tanpa aplikasi? File RAR memang mempunyai banyak keuntungan dibandingkan format file lainnya. Seperti misalnya dari faktor size atau ukuran, kamu bisa menyimpan dokumen rar yang dikompres lebih hemat sampai 50 persen untuk mendapat ukuran yang lebih kecil.

Sobat kosngosan pasti sering menemukan format ini dari internet, bukan? Ketika mengunduh film, aplikasi, subtitle atau dokumen, ada saja format rar yang kalian dapatkan (bahkan ada yang memberikan password di dalam filenya, supaya tidak sembarangan orang menggunakannya).

Buat pemula sekalipun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat file RAR lebih mudah dan cepat tanpa aplikasi winrar yang harus diinstall di hp android kalian. Tapi sebelumnya, kita bahas dulu mengenai apa itu Zip dan RAR secara singkat

Format file yang bernama Zip dan RAR tentu saja punya perbedaan. Zip adalah format file yg bisa dibuat dari sistem operasi apapun, sementara untuk RAR harus membutuhkan tool ekstra yang bernama WINRAR atau aplikasi sejenis. Membuat file atau folder menjadi RAR pakai aplikasi memang cukup mudah, tapi jika tanpa aplikasi, maka kamu butuh layanan online yang banyak tersedia di internet.


Cara Membuat File RAR Online

Kamu bisa menggunakan perangkat seperti PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows 10, 11 atau 7 misalnya, mac os, atau bahkan iphone (karena dibuat secara online), jadi tidak perduli perangkatmu apa, asalkan bisa terhubung ke internet. Dengan menerapkan cara ini, maka Kamu bisa dipermudah mengarsipkan beberapa file menjadi satu dan proses kompresi dokumen juga bisa jadi lebih cepat

Ingin tahu cara membuat file RAR dengan mudah dan cepat? Ayo simak Langkah sederhananya dibawah ini seperti yang sudah kosngosan.com rangkum :


Langkah 1 :

Pastikan kalian sudah terhubung ke internet menggunakan perangkat android masing masing. Kemudian buka browser yang kalian punya (disarankan untuk menggunakan google chrome)


Langkah 2 :

Setelah itu, masuk ke halaman pencarian google, ketik saja keyword atau kata kunci "RAR MAKER" atau "CREATE RAR". Nanti ada banyak web yang menyediakan layanan pembuatan file RAR secara online. Kamu tinggal pilih salah satu, misalnya situs "cloudconvert.com/create-rar-archive"

cara buat rar tanpa aplikasi


Langkah 3 :

Klik tombol "Select File" dan pilih asam file yang ingin kamu upload atau unggah. Disini saya misalnya memilih "From My Computer" atau "Dari Komputer Saya" dan pilihlah file yang ingin kamu kompressi ke RAR

membuat file rar android online


Langkah 4 :

Setelah itu akan muncul file nya, silahkan tekan tombol "Create Archieve" dan tunggulah sampai proses unduh dan pembuatan File RAR nya hingga selesai. Setelah tombol download muncul, silahkan sobat kosngósan tekan tombolnya dan file RAR sudah bisa disimpan di perangkat HP masing masing. Mudah bukan?


Tonton Video Panduannya

Nah buat kalian yang masih bingung cara membuatnya, silahkan bisa menonton video panduan yang sudah mimin buat di channel youtube kosngosan dibawah ini. Kalian cukup klik tombol Play dan tonton tutorialnya (jangan lupa like, subscribe dan komentar juga ya, hehehe)


Cara Membuat File RAR pakai Winrar

Metode lain yg kamu bisa lakukan adalah menggunakan aplikasi Winrar. Tenang saja, aplikasi ini ringan kok, jadi aman untuk HP mu yang spek kentang. Hanya membutuhkan beberapa langkah saja, kelebihan dari aplikasi ini, sobat kosngosan bisa membuat file rar dengan ukuran besar (beda dengan cara online yang dibatasi beberapa MB saja)


Langkah 1 :

Pertama, pastikan kamu sudah instaal aplikasi winrar di perangkat android mu. Kemudian kamu bisa membuka file manager dan pilih file yg Kamu ingin untuk kompres menggunakan Winrar. 

Setelah menemukan filenya, kamu bisa pilih titik tiga atau opsi (cara lain tahan lama file hingga muncul opsi share, kemudian pilih "share" atau bagikan.

cara buat rar file android


Langkah 2 :

Pilih Winrar, setelah itu otomatis akan muncul halaman winrar baru. Kamu bisa memilih jenis file kompresi yang akan kamu buat, seperti RAR, ZIP dan lainnya. Tinggal mengklik “OK” saja di bagian kanan bawah

Sampai dengan tahap ini, Kamu tinggal tunggu selama beberapa waktu sampai dengan proses pengompresan selesai


Cara Buat banyak File RAR menjadi satu

Jika sobat kosngosan ingin membuat banyak file kedalam RAR sekaligus, untuk keperluan pengarsipan atau untuk kirim ke pengguna lainnya misalnya lewat whatsapp, Kamu dapat menggunakan metode dibawah ini :


Langkah 1 :

Pertama yg perlu Kamu lakukan, membuat folder terlebih dahulu. Kemudian setelah itu masukkan beberapa file yg ingin Kamu arsipkan ke dalam folder yg Kamu buat tersebut


Langkah 2 :

Kamu cukup klik kanan pada foldernya, lalu pada opsi yg terbuka silahkan pilih “Add to Archive”. Atau untuk android, tahan lama foldernya, hingga muncul opsi "Share" dan pilih Winrar


Langkah 3 :

Kamu bisa untuk mengatur setting untuk kompresi pada Winrar. Apabila semua pengaturan sudah selesai, jangan lupa klik “OK” untuk memulai proses pengkompresian file dalam folder tersebut selesai


Langkah 4 :

Tunggulah beberapa saat, sehingga proses kompres selesai. Biasanya lama waktu kompres akan tergantung berdasarkan besar kecilnya ukuran file atau file dan juga spesifikasi perangkat yg Kamu gunakan.


Cara Membuat File RAR menjadi beberapa Part

Beberapa dari sobat kosngosan juga memiliki kebutuhan membuat file RAR menjadi beberapa part (bisanya cara ini untuk memecah file besar seperti aplikasi instalan) yang kemudian bisa digabungkan lagi ketika dikirim ke si penerima.

Khususnya buat kalian yang merasa khawatir saat akan mengupload file tertentu, namun takut mengalami kegagalan karena ukuran yg mungkin terlalu besar.


Langkah 1 :

Pada file ukuran besar yang akan di kompress menjadi RAR, klik kanan pada file atau tahan lama hingga muncul opsi bagikan (di android). Kemudian saat jendela baru dimunculkan, otomatis silahkan untuk memilih "Add to Archive"


Langkah 2 :

Sobat kosngosàn perlu mengatur beberapa pengaturan seperti Archive nama atau Kompresion method dan lain sebagainya sama seperti langkah sebelumnya. 

Penting untuk memperhatikan bagian Split to Volume dan Ukuran, kamu harus memasukkan nilai yg dibutuhkan dan masukkan satuannya, seperti 100 MB untuk tiap file dan lainnya, baru klik “OK”


Langkah 3 :

Sampai pada tahap ini, kamu tinggal tunggu sampai proses Kompresnya selesai. Aplikasi WinRar akan otomatis memecah file hasil kompres tersebut menjadi beberapa bagian sesuai dengan besaran yang kamu masukkan. Misalnya file awal ukurannya 1 GB, kamu pecah tiap file 100 mb, maka akan ada 5 file RAR dengan ukuran sama

Baca juga : Cara Kirim Folder dari HP ke Laptop


Bagian Penutup

Panduan dari kosngosan diatas mengenai cara membuat file RAR dengan mudah dan cepat di HP android secara online, tanpa aplikasi, mudah mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan mu sebagai pemula ya. 

Tentu saja kalian tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membuat file RAR, karena bisa dibantu dengan banyaknya layanan online seperti di jelaskan sebelumnya.

Ayo gunakan teknologi RAR demi mempermudah dalam berbagai tujuan pengarsipan dan proteksi file yang lebih aman. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media mu ya. Bookmart juga halaman ini untuk kamu kunjungi di waktu mendatang.

Oleh rezaharahap