Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi DANA

Bagaimana cara menghasilkan uang dari aplikasi Dana? DANA adalah digital payment terbesar di Indonesia saat ini. Platform ini telah membantu jutaan pengguna smartphone android dan iphone di tanah air untuk melakukan pembayaran digital atau non tunai di berbagai merchant yang banyak tersedia.

Dompet digital DANA memiliki konsep open platform, dimana sobat kosngosan sebagai pengguna, bisa menghubungkan pembayaran ini ke berbagai platform lain, seperti ke aplikasi BukaLapak, Tix Id, Lazada dan sebagainya.

Walaupun sebagai dompet digital, bukan berarti kita tidak bisa memanfaatkanya sebagai ladang bisnis. Karena DANA memang diciptakan untuk berbagai transaksi, maka kita bisa menggunakannya untuk beerbagai keperluan usaha yang sebenarnya terlihat cukup simple.


Cara Menghasilkan Uang dari DANA

Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi DANA

Kalian juga bisa baca tips jualan di tiktok ini. Karena ternyata kalian juga bisa memanfaatkan berbagai platform untunk menggeruk cuan

Buat sobat yang penasaran bagaimana cara menghasilkan uang dari dana yang kamu install di hp android atau iphone kalian masing masing

Berikut beberapa ide yang bisa kalian coba demi dapat passive income yang menggiurkan :


Jual Beli Pulsa dan Data

Saat ini, sobat kosngosan bisa membeli pulsa dan paket data internet secara mudah hanya dengan melalui beragam aplikasi, contohnya aplikasi dompet digital seperti DANA.

Kalau kamu tinggal di daerah pedesaaan, dimana pengguna smartphone masih terbatas, maka bisnis jual beli pulsa dan paket data ini bisa kamu gunakan menggunakan aplikasi DANA.

Karena sebagai pengguna, saya juga merasakan bahwa harga yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga lebih murah lho

Misal kamu ingin membeli pulsa 50 ribu, harganya ada yang cuma 50.500 saja. Jadi kamu bisa ambil untung dari pembelian pulsa di aplikasi ini


Jual Beli Token Listrik

Kamu sebagai pengguna juga bisa membeli token listrik di aplikasi dompet digital DANA. Dengan menggunakan aplikasi DANA

Kamu bisa membeli token listrik sesuai kebutuhan dan budget kamu, mulai dari harga 20k hingga 200k yang lebih besar dengan harga yang relatif lebih murah dari pada harga di platform lainnya

Misal kamu bisa buka jasa pembayaran token di daerah tempat tinggal mu. Kamu bisa beli token 50.000 dengan harga 51.000, ambil untung 2000 per transaksi

Dengan meminta konsumen membayar 53.000. Kamu bisa untung, bukan? Hanya sedia saldo yang cukup saja di Dana mu untuk bisa memulai usaha ini.


Jasa Transfer ke Berbagai Bank

Kamu juga bisa buka jasa pembayaran ke berbagai rekening bank dengan biaya dibawah 6500 menggunakan akun DANA mu.

Karena dana sendiri memberikan kuota gratis transfer sebanyak 10 kali setiap hari ke semua akun rekening lokal yang ada di Indonesia

Cara transfer DANA ke bank memang bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. jadi sobat kosngósan hanya perlu klik tombol transfer, supaya transaksi perpindahan saldo DANA ke rekening bank berhasil.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya nanti proses transfer DANA ke bank bisa berhasil dilakukan. Salah satunya, kamu sudah harus meng-upgrade akun DANA dari Basic ke DANA Premium (melakukan pendaftaran pakai identitas KTP dan selfie)


Jasa Bayar Tagihan

DANA juga menyediakan layanan untuk pembayaran tagihan setiap bulannya. Kamu bisa buka jasa pembayaran tagihan untuk klien mu.

Ada beberapa jenis tagihan yang didukung oleh platform ini, seperti tagihan air, listrik, asuransi, BPJS kesehatan, internet, dan lainnya.

Dan sekarang kamu bisa membantu klien mu untuk membayar semua tagihan itu secara online pakai aplikasi DANA ini


Jasa Top Up E Wallet

Top up atau mengisi saldo memang jadi kebutuhan tiap orang. Hanya saja terkadang beberapa platform dikenai biaya tertentu ketika hendak melakukan top up.

Oleh karena itu, kamu bisa menawarkan jasa top up gratis dengan menggunakan akun DANA mu

Misalnya klien mu minta top up ke akun DAna nya sebesar 500k, kamu bisa memindahkan saldo dana mu ke dana nya sebesar 500k secara gratis

(karena akun dana premium memang gratis tranfer ke sesama dana). Kemudian kamu bisa meminta biaya admin nya sebesar 2k sampai 5k setiap transaksi. Kan lumayan?


Jasa Upgrade DANA

Kalau ada pengguna DANA yang mengalami kesulitan untuk upgrade akunnya ke akun premium, kamu bisa menawarkan jasa mu untuk membantu nya dalam memproses setiap langkah demi langkah.

Seperti mempersiapkan KTP atau passport, melakukan selfie dan menginput data yang diperlukan.

Tentu saja untuk orangtua, proses ini cukup melelahkan dan menyita waktu. Kalau kamu membantu dan dibayar, ini bisa jadi simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak.

Memang usaha jasa ini tidak bisa dilakukan setiap hari, oleh karena itu hanya bisa jadi side job saja di tempat kamu tinggal


Pembayaran STNK

DANA juga saat ini sudah mengintegrasikan layanan pembayaran mereka dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan sobat kosngosan dalam membayar STNK.

Kamu bisa memberikan jasa pembayaran ini. Caranya adalah memilih menu Biller pada halaman utama di aplikasi DANA

Kamu cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan, kemudian melakukan pembayaran pakai saldo DANA atau kartu debit yang sudah terhubung di ewallet DANA.

Untuk sekarang pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup beberapa provinsi ada di jawa, sumatera dan sulawesi (bisa cek di situs resmi DANA)


Belanja di Merchant Offline

Kalau klien mu tidak punya uang cash di dompetnya, kamu bisa memberikan jasa pembayaran lewat DANA melalui transaksi online atau offline.

Sekarang platform ini sudah banyak bekerjasama dengan berbagai merchant yang ada di Indonesia. Jadi sobat kósngosan sebagai penyedia jasa, bisa membantu klien untuk melakukan pembayaran secara offline.

Kamu bisa pakai akun mu sendiri dengan nomor handphone kamu untuk melakukan transaksi atas nama klien mu. Nantinya, mereka akan bayar pakai metode yang sudah disepakati.

Selanjutnya akan muncul notifikasi kalau transaksi berhasil dilakukan. Aplikasi ini juga cukup sering memberikan promo atau cashback menarik untuk transaksi yang lebih murah


Jual Beli Akun DANA

Bisnis ini memang tidak familiar di kalangan orang banyak. Tapi bisa menjadi peluang usaha yang cukup prospektif buat kamu lho. Misalnya ada orang yang lagi butuh akun DANA untuk keperluan tertentu, dia tidak ingin mendaftarkan nomor hp pribadinya, karena ingin tetap private

Kamu bisa menawarkan menjual akun DANA mu ke orang tersebut. Tentu saja ini adalah jenis akun DANA Basic, karena kalau DANA premium akan ada verifikasi identitas.

Kamu cukup sediakan nomor HP baru yang akan didaftarkan di DANA. Kalau nanti klien mu ingin upgrade ke DANA Premium, kamu juga bisa menyediakan jasanya asalkan minta fee untuk itu juga. (tentu kamu disini hanya membantu proses pendaftaran, menggunakan KTP klien mu tersebut)


Freelance pakai DANA

Buat kamu yang profesinya sebagai seorang freelance atau pekerja lepas, menggunakan DANA sebagai metode pembayaran antara kamu dengan klien bisa menjadi pilihan

Karana kamu bisa menerima pembayaran dari berbagai platform, seperti bank lokal dan ewallet lainnya. Bahkan kamu juga bisa menghubungkan paypal mu ke DANA lho'

Jadi gaji yang kamu dapatkan dari berjualan jasa sebagai pekerja lepas, bisa kamu masukkan saja ke akun DANA mu. Pastikan kamu sudah upgrade ke dana premium ya


UMKM untuk DANA Bisnis

Sebagai pemain UMKM, kamu juga bisa memanfaatkan DANA untuk para pelaku Bisnis Makro dan Waralaba. Dengan menggunakan DANA Bisnis dan DANA Enterprise.

DANA Bisnis adalah fitur dari DANA untuk membantu kebutuhan pembayaran Bisnis yang kamu tekuni. Dengan mengaktifkan fitur ini, nantinya kamu bisa menerima pembayaran non-tunai (cashless), dan meningkatkan skala pembayaran Bisnis kamu.

DANA Enterprise adalah layanan dari DANA untuk mengupgrade sistem pembayaran bisnismu. Selengkapnya kamu bisa baca penjelasan dari situs resmi mereka

Baca juga : Nomor Telepon Bank Keliling


Kesimpulan

Terakhir, jika dibandingkan dengan penyedia layanan dompet digital saingannya, DANA memang punya keunggulan konsep open platform-nya.

Hal ini menjadikan DANA menjadi pilihan pembayaran dengan sistem daring ataupun luring tanpa mengurangi fitur utama didalamnya.

Semoga pembahasan kosngosan mengenai cara dapat uang dari dana diatas, bisa bermanfaat untuk kalian. Semoga terinspirasi dan bisa menjadi entreprenur yang sukses kedepannya. Share dan bookmart halaman ini ya!

Oleh rezaharahap