Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Aplikasi Statistik SPSS untuk Penelitian Mahasiswa

Kamu sedang mencari software pengolahan data untuk keperluan skripsi atau penelitian ilmiah mu? Salah satu tool untuk membantu olah data dibidang statistik adalah SPSS. Perangkat lunak ini bisa kamu install di laptop atau komputer milikmu pada sistem operasi windows. Berikut kosngosan berikan.

download aplikasi spss

Statistika adalah suatu cabang ilmu yang digunakan untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, meringkus, menyajikan ataupun menganalisis suatu data. Statistik diaplikasikan untuk menggambarkan hal terperinci mengenai karakteristik data itu sendiri. Data tersebut digunakan untuk mengambil keputusan dalam penanganan masalah.

Ilmu Statistik dibagi menjadi dua, pertama statistik yang mempelajari gambaran atau rincian data yang sudah disajikan dalam bentuk angka, bilangan, grafik, tabel dan gambar-gambar sebagai hasil dari proses statistika.

Baca juga : Download Aplikasi Statistik MiniTab

Statistik yang digunakan sebagai representasi ukuran wakil dari kumpulan data mengenai sebuah objek. Ukuran ini berupa perhitungan mengenai kumpulan data yang telah diambil dari sampel atau seluruh data yakni populasi.

Nah, untuk mempermudah perhitungan dalam operasi statiska, maka diciptakanlah sebuah aplikasi yang bernama SPSS. Pada awalnya, sebelum diberi nama Statistical Service Product Solutions

Aplikasi ini bernama Statistical Package for the Social Sciences yang dibuat pada tahun 1968 oleh Norman Nie, seorang mahasiswa lulusan fakultas ilmu politik dari Stanford University. SPSS sangat berguna bagi ilmu social di era tersebut, dan digunakan untuk analisis pasar, penelitian kesehatan, survey kesehatan, dan masih banyak lagi.

download spss

Adapun beberapa kelebihan SPSS versi terbaru dibandingkan aplikasi pengolah statistik lain sebagai berikut :
SPSS terbaru mampu merangkum data dalam format tabel multidimensi, yaitu beberapa field ditabulasikan secara bersamaan. Contohnya tabel persentase jumlah responden dari beberapa kelompok umur terhadap beberapa kategori produk perawatan rambut, tabel persentase jumlah responden dari beberapa tingkat pendidikan terhadap beberapa partai politik pilihan menurut beberapa wilayah pemilihan umum.

SPSS terbaru memberi tampilan data yang lebih informatif, yaitu menampilkan data sesuai nilainya (menampilkan label data dalam kata-kata) meskipun sebetulnya kita sedang bekerja menggunakan angka-angka (kode data).

SPSS terbaru melakukan analisis yang sama untuk kelompok pengamatan yang berbeda sekaligus hanya dalam beberapa klik saja.

Misalnya mengetahui nilai minimum, maksimum dan rata-rata penjualan per kuartal wilayah penjualan secara bersamaan pada masing-masing kelompok produk, mengetahui hal-halyang signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan (apakah kelompok umur konsumen, tingkat pendidikan, jenis kelamin, besar pengeluran per bulan,dll) pada masing-masing wilayah penjualan

SPSS terbaru memberikan informasi lebih akurat dengan menggunakan missing data secara tepat, yaitu dengan memberi kode alasan mengapa terjadi missing data. Misalnya karena pernyataan tidak relevan dengan kondisi responden, pertanyaan tidak dijawab, atau karena memang pertanyaannyayang harus dilompati.

SPSS terbaru bisa mengakses data dari berbagai ekstensi data yang tersedia seperti dBase, Lotus, Access, text file, spreadsheet, bahkan dapat mengakses database melalui ODBC (Open Data Base Connectivity) sehingga file yang sudah ada, dalam berbagai format, bisa langsung dibaca SPSS terbaru untuk digunakan dan diolah.

Demikian postingan mengenai Download Aplikasi Statistik Ekonometrik Penelitian Kuantitatif Kualitatif SPSS Gratis Terbaru semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang melakukan penelitian tugas akhir, kuliah ataupun sekolah.

Baca juga : Download Aplikasi Statistik SAS The Power to Know

Dapatkan Unggah dan Download Aplikasi Statistik Ekonometrik Penelitian Kuantitatif Kualitatif SPSS Terbaru Gratis dengan mengunjungi situs resminya spss yang beralamatkan ibm.com/analytics/spss-statistics-software Disitu kalian akan mendapatkan berbagai versi terbaru asplikasi SPSS secara gratis dan lengkap.

Atau kamu juga bisa download aplikasi SPSS versi yang bawah seperti SPSS beserta serial number dan panduan instalasinya DISINI

Demikian pembahasan kosngosan mengenai aplikasi SPSS semoga bermanfaat dan bisa membantu proses penyelesaian tugas akhir mu ya. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini di media sosial kalian Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya