Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Gagal Skripsi dan Sidang Akhir

Apa saja penyebab kamu gagal dan tidak lulus skripsi dan sidang seminar? Anak kuliah atau mahasiswa terkenal dengan kemalasannya. Banyak waktu luang ketimbang uang bulanannya. Jadwal anak kuliah juga tidak menentu. Selalu berjanji untuk lebih baik dari hari kemarin. Padahal mahasiswa tipe ini mainstream dan mudah ditebak ujung-ujungnya bakalan sama saja.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba membahas mengenai fenomena Kemalasan Anak Kos atau Mahasiswa yang Malas Gagal dan gak lulus dalam Menghadapi Tugas Akhir Skripsi. Artikel ini khusus untuk mahasiswa akhir yang gagal sidang skripsi, komprehensif atau prosal 

Buat kalian yang sekarang sudah mulai down dan membutuhkan motivasi agar skripsinya cepat di acc. Kalau kamu belum juga mendapatkan ide untuk bahan skripsimu, kamu bisa melihat beberapa panduan dari kosngosan di artikel kosngosan.com/search/label/skripsi


Penyebab Tidak Lulus Sidang Skripsi

penyebab tidak lulus sidang skripsi

Cerita gagal skripsi bukanlah mengada-ada. Banyak yang pintar dalam mata kuliah namun tersendat dalam tugas akhir ini. Pengalaman gagal sidang skripsi membuat mahasiswa menjadi malas. 

Mereka tidak tahu penyebab tidak lulus sidang skripsi ada pada diri mereka sendiri. Mengapa mengerjakan tugas akhir skripsi lebih sulit dari kenyataan? bahkan bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk meng-acc-kan dari dosen pembimbing.

Terlebih tugas akhir skripsi juga membaut uang bulanan menipis. Karena biaya print, kertas atau tinta yang tidak bisa dianggap remeh. Baca tips manajemen keuangan disini.

Kamu harus mengetahui teknis pembuatan skripsi (mengenai margin, font, atau paragraf skripsi), merangkum contoh judul skripsi yang bersifat kualitatif kuantitafi, mencari repository, cara penulisan daftar pustaka, daftar halaman, latar belakang dan cover.

Hal lain diluar skripsi adalah persiapan diri untuk menghadapi sidang. Biasanya pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen sudah harus kamu antisipasi. Siapkan juga ppt power point sidang skripsi yang lebih sederhana dan mudah dipahami supaya agar kamu tidak mengalami sidang ulang skripsi.

Manfaatkan fasilitas internet seperti google cendikia, google scholar, forum, ebook, reporsitory universitas, dll. Sehingga akan memudahkanmu dalam mengolah data skrpsi.



Adanya MisKomunikasi Antara Dospem, Dospeng dan Kamu

Mungkin sewaktu seminar proposal, kamu tidak mencatat dan bahkan tidak merealisasikan apa yang sudah disampaikan oleh dosen penguji mu. 

Untuk itu sangat penting kamu berkomunikasi antara dosen pembimbing dengan dosen penguji, supaya apa yang diinginkan oleh keduanya bisa sejalan dan beriringan.

Kalau sudah sampai gagal dalam sidang akhir, maka kamu tanyakan kembali kepada dosen penguji sebenarnya poin apa yang menjadi kesalahan pada skripsi mu, sehingga bisa diperbaiki dan di seminarkan kembali para seminar skripsi susulan


Hentikan Kebiasaan Main Game

Walaupun tidak semua suka main game sampai larut malam, biasanya kalian para mahasiswa akhir sedikit banyaknya merasakan bahwa pengaruh game bisa saja negatif terhadap perkembangan penyelesaian skripsi kalian

Oleh karena itu, pada fase bimbingan dan akan seminar akhir, jangan dulu bermain game mobile legend, pubg, apex atau apa pun itu yang bisa menyita waktu dan fokus mu. Kalau perlu uninstal dulu, nanti kalau sudah selesai sidang dan revisi, baru kamu install kembali


Tidak Ada waktu buat Cinta Cintaan

Kehidupan asmara kamu selama di kampus memang bisa jadi mempengaruhi mood dan semangat kamu dalam menyelesaikan skripsi mu

Kalian yang jomblo bersyukurlah, karena masalah ini tuntas. Tapi kalian yang baru diputusin, atau gagal move on dengan mantan kalian, well, segeralah beralih ke hal yang positif. 

Tinggalkan dulu kehidupan asmara melow mu yang menyita waktu itu. Tidak ada waktu untuk itu. Yang lebih penting saat ini adalah kamu selesaikan skripsi mu secepat mungkin.


Konsultasikan Masalahmu ke Dosen Pembimbing

penyebab sidang skripsi tidak lulus

Ini perlu, bila kamu tidak ingin mengemban tanggung jawab ini terlalu lama. Utarakan semua uneg uneg mu kepada dosen yang bersangkutan. jangan takut dan malu untuk sesuatu yang membawa nilai positif. sejatinya Dosen juga bisa menjadi orang tua yang bisa memberikan nasehat kepada mu.

Terkadang kurangnya komunikasi kepada dosen pembimbing bisa jadi adalah masalah utama lambat nya progress skripsi dan sidangmu. 

Jika memang dosenmu dosen yang cuek atau sibuk tingkat dewa, kamu bisa konsultasikan masalah tugas akhirmu lewat media sosial atau cari dosen alternatif lain.

Anak kost dan mahasiwa semester akhir sejatinya mengerjakan skripsi dengan mengingat perjuangan ortu di kampung. 

Kalian bisa saja semena-mena dengan tugas akhir itu, tapi ortu yang menjadi tujuan akhir dari skripsi akan kecewa bila melihat anak mereka bermalas-malasan dan uring-uringan dengan yang namanya skripsi.


Manajemen Waktu yang Tepat

Manajemen sangat dibutuhkan untuk menertibkan anak kos. Tentunya ini membutuhkan pembelajaran yang tidak mudah untuk mendapatkannya. Pengalaman dalam organisasi akan berguna dalam mengatur kehidupan anak kos.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Seaktif apa pun anak kos, setinggi apa pun pencapaian anak kos, tentunya juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menormalkan fungsi tubuh. 

Jika anak kos sukses dalam pencapaian karier, tapi tidak bisa merasakan nikmat kesehatan, tentunya juga menjadi sebuah malapetaka.


Menghilangkan kebiasaan menunda

Salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki anak kos adalah menunda. Menunda menghilangkan kesempatan, menumpuk pekerjaan. Dalam dunia bisnis, segala sesuatu yang namanya kesempatan tidaklah datang dua kali.

Lakukan saat ini juga, sekarang, selagi masih muda dan diberi kesempatan. Menunda pekerjaan berarti mengundang kerugian. 

Memberi efek nyaman sesaat bagi pribadi tetapi menyusahkanmu kelak lebih buruk ketimbang menyegerakan hal terasa berat tetapi menyukseskanmu dikemudian hari.


Metode Penelitian dan Pengumpulan Data yang Tidak Tepat

Pemilihan metode penelitian yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian atau pertanyaan penelitian yang diajukan dapat menghasilkan data yang tidak relevan atau tidak cukup kuat untuk mendukung temuan dan kesimpulan.

Ditambah lagi jika data yang dikumpulkan tidak mencakup sampel yang memadai, atau jika proses pengumpulan data tidak dilakukan secara cermat atau teliti, hasil penelitian mungkin tidak representatif atau tidak bisa digeneralisasi.


Kurangnya Perencanaan yang Baik

Jika penelitian dan penulisan skripsi tidak direncanakan dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kekacauan dan ketidakjelasan dalam struktur dan arah skripsi. Kurangnya perencanaan dapat menyebabkan ketidakefektifan dalam pengumpulan data, analisis, dan penyajian hasil.


Analisis Data yang Tidak Akurat

Jika analisis data tidak dilakukan dengan benar atau jika alat analisis yang digunakan tidak sesuai, maka hasil penelitian bisa menjadi tidak valid atau tidak dapat diandalkan.

Selain itu, kesalahan dalam menginterpretasikan hasil penelitian atau tidak mampu menghubungkan temuan dengan pertanyaan penelitian dapat menghasilkan kesimpulan yang tidak meyakinkan atau tidak konsisten.


Kurangnya Referensi dan Rujukan 

Skripsi yang tidak mencantumkan referensi yang cukup atau tidak mengacu pada sumber-sumber yang relevan dapat menunjukkan kurangnya pemahaman tentang literatur yang ada dan dapat menyebabkan penilaian yang negatif.


Keterbatasan Waktu dan Sumber Daya

Kalau waktu yang tersedia untuk menyelesaikan skripsi terbatas atau jika sumber daya seperti akses ke literatur, data, atau bimbingan yang memadai tidak tersedia, maka hasil skripsi mungkin tidak memenuhi standar yang diharapkan.


Kata Penutup


Pada akhirnya, titel mahasiswa abadi akan melekat bagi anak kos yang terlanjur lalai dalam kesenangannya. Malas berarti menunda segala kemauan untuk menyelesaikan skripsi. 

Malas ke kampus, malas menjumpai dosen pembimbing, malas revisi skripsi, malas mengetik, malas berpikir, malas menganalisis, malas ngeprint, malas menjadi penghambat untuk meraih gelar sarjanamu.

Ingat, ortu juga pengen berfoto di acara wisuda mu kelak. Jangan sia-siakan pengorbanan mereka dalam mengkuliahkan kamu. 

Dengan cucuran peluh mereka, ada harapan kamu, sebagia anak kos bisa cepat mengakhiri tugas akhirmu yang bernama skirpsi (skripshit) itu! Sidang skripsi pasti lulus!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya