Penyebab Gagal Skripsi dan Sidang Akhir

Apa saja penyebab kamu gagal menyelesaikan skripsi dan sidang seminar? Anak kuliah atau mahasiswa terkenal dengan kemalasannya. Banyak waktu luang ketimbang uang bulanannya. Jadwal anak kuliah juga tidak menentu. Selalu berjanji untuk lebih baik dari hari kemarin. Padahal mahasiswa tipe ini mainstream dan mudah ditebak ujung-ujungnya bakalan sama saja.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba membahas mengenai fenomena Kemalasan Anak Kos atau Mahasiswa yang Malas Gagal dan gak lulus dalam Menghadapi Tugas Akhir Skripsi. Artikel ini khusus untuk mahasiswa akhir yang gagal sidang skripsi, komprehensif atau prosal dan sekarang sudah mulai down dan membutuhkan motivasi agar skripsinya cepat di acc. Kalau kamu belum juga mendapatkan ide untuk bahan skripsimu, kamu bisa melihat beberapa panduan dari kosngosan di artikel kosngosan.com/search/label/skripsi

Apakah sidang skripsi itu sulit


Gagal Skripsi dan Sidang


Cerita gagal skripsi bukanlah mengada-ada. Banyak yang pintar dalam mata kuliah namun tersendat dalam tugas akhir ini. Pengalaman gagal sidang skripsi membuat mahasiswa menjadi malas. Mereka tidak tahu penyebab tidak lulus sidang skripsi ada pada diri mereka sendiri. Mengapa mengerjakan tugas akhir skripsi lebih sulit dari kenyataan? bahkan bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk meng-acc-kan dari dosen pembimbing.

Baca juga : Contoh Pertanyaan Sidang Skripsi dan Jawabannya

Terlebih tugas akhir skripsi juga membaut uang bulanan menipis. Karena biaya print, kertas atau tinta yang tidak bisa dianggap remeh. Baca tips manajemen keuangan disini.

Kamu harus mengetahui teknis pembuatan skripsi (mengenai margin, font, atau paragraf skripsi), merangkum contoh judul skripsi yang bersifat kualitatif kuantitafi, mencari repository, cara penulisan daftar pustaka, daftar halaman, latar belakang dan cover.

Hal lain diluar skripsi adalah persiapan diri untuk menghadapi sidang. Biasanya pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen sudah harus kamu antisipasi. Siapkan juga ppt power point sidang skripsi yang lebih sederhana dan mudah dipahami supaya agar kamu tidak mengalami sidang ulang skripsi.

Manfaatkan fasilitas internet seperti google cendikia, google scholar, forum, ebook, reporsitory universitas, dll. Sehingga akan memudahkanmu dalam mengolah data skrpsi.


Konsultasikan Masalahmu ke Dosen Pembimbing


cara mengatasi gagal skripsi sidang akhir

Ini perlu, bila kamu tidak ingin mengemban tanggung jawab ini terlalu lama. Utarakan semua uneg uneg mu kepada dosen yang bersangkutan. jangan takut dan malu untuk sesuatu yang membawa nilai positif. sejatinya Dosen juga bisa menjadi orang tua yang bisa memberikan nasehat kepada mu.

Terkadang kurangnya komunikasi kepada dosen pembimbing bisa jadi adalah masalah utama lambat nya progress skripsi dan sidangmu. Jika memang dosenmu dosen yang cuek atau sibuk tingkat dewa, kamu bisa konsultasikan masalah tugas akhirmu lewat media sosial atau cari dosen alternatif lain.

Anak kost dan mahasiwa semester akhir sejatinya mengerjakan skripsi dengan mengingat perjuangan ortu di kampung. Kalian bisa saja semena-mena dengan tugas akhir itu, tapi ortu yang menjadi tujuan akhir dari skripsi akan kecewa bila melihat anak mereka bermalas-malasan dan uring-uringan dengan yang namanya skripsi.


Manejemen Waktu


Manajemen sangat dibutuhkan untuk menertibkan anak kos. Tentunya ini membutuhkan pembelajaran yang tidak mudah untuk mendapatkannya. Pengalaman dalam organisasi akan berguna dalam mengatur kehidupan anak kos.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Seaktif apa pun anak kos, setinggi apa pun pencapaian anak kos, tentunya juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menormalkan fungsi tubuh. Jika anak kos sukses dalam pencapaian karier, tapi tidak bisa merasakan nikmat kesehatan, tentunya juga menjadi sebuah malapetaka.


Menghilangkan kebiasaan menunda


Salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki anak kos adalah menunda. Menunda menghilangkan kesempatan, menumpuk pekerjaan. Dalam dunia bisnis, segala sesuatu yang namanya kesempatan tidaklah datang dua kali.

Lakukan saat ini juga, sekarang, selagi masih muda dan diberi kesempatan. Menunda pekerjaan berarti mengundang kerugian. Memberi efek nyaman sesaat bagi pribadi tetapi menyusahkanmu kelak lebih buruk ketimbang menyegerakan hal terasa berat tetapi menyukseskanmu dikemudian hari.

Baca juga : Tips Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan


Kata Penutup


Pada akhirnya, titel mahasiswa abadi akan melekat bagi anak kos yang terlanjur lalai dalam kesenangannya. Malas berarti menunda segala kemauan untuk menyelesaikan skripsi. Malas ke kampus, malas menjumpai dosen pembimbing, malas revisi skripsi, malas mengetik, malas berpikir, malas menganalisis, malas ngeprint, malas menjadi penghambat untuk meraih gelar sarjanamu.

Ingat, ortu juga pengen berfoto di acara wisuda mu kelak. Jangan sia-siakan pengorbanan mereka dalam mengkuliahkan kamu. Dengan cucuran peluh mereka, ada harapan kamu, sebagia anak kos bisa cepat mengakhiri tugas akhirmu yang bernama skirpsi (skripshit) itu! Sidang skripsi pasti lulus!
By