20 Contoh Pertanyaan Sidang Skripsi untuk Mahasiswa dan Jawabannya

Kalau kamu seorang mahasiswa akhir yang sedang menghadapi sidang skripsi, maka ini kosngosan akan memberikan beberapa tips kepada kalian untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering terlontar dari dosen penguji. Mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

Ada begitu banyak pertanyaan sidang skripsi dan jawabannya yang bisa kamu antisipasi. Baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Berbeda jurusan berbeda juga pertanyaan yang sering diberikan.

Sidang skripsi yang menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi mahasiswa akhir. Karena ini akan menentukan lulus tidaknya dia, serta untuk mendapatkan gelar sarjana. Hanya saja banyak dari kalian meremehkan sidang skripsi ini.

Kalau bisa dibandingkan tentunya tidak sama antara jurusan yang satu maupun jurusan yang lain. Seperti misalnya Pertanyaan pada sidang skripsi untuk sobat kosngosan yang jurusan Manajemen Pemasaran dengan anak teknik informatika, Begitu juga dengan kalian yang jurusan bahasa Inggris tentunya menggunakan bahasa Inggris sebagai salah satu ujian dari sidang skripsi tersebut.

Baca juga : Kata Motivasi Sidang Skripsi Mahasiswa Akhir sebagai Penyemangat

Tidak hanya untuk mahasiswa strata satu saja, namun juga bagi mahasiswa strata 2 dan strata 3 ataupun program magister dan Doktoral. Hanya saja penyebutannya berbeda itu sidang tesis maupun sidang disertasi.

Daftar Pertanyaaan dan Jawaban Sidang Skripsi Lengkap


tips sidang skripsi

Baiklah langsung saja kita bahas satu persatu daftar pertanyaan yang sering muncul pada sidang skripsi. Bagi kalian mahasiswa semester awal, tetap bisa membaca artikel ini untuk menjaga jaga supaya nantinya kalian bisa mempersiapkan segala sesuatunya dari awal.

1. Mengapa kamu memilih judul skripsi ini? Apa alasan kamu memilih topik penelitian ini?


Walaupun sudah melewati sidang proposal, dosen penguji sangat suka bertanya kembali mengenai nal ini. Karena dia ingin menekankan kembali, atau memantabkan kembali alasan sobat kosngosan kenapa memilih topik penelitian tersebut.

Maka utarakan jawaban yang sebenarnya, yang melatarbelakangi kamu memilih ini. Jelaskan permasalahan yang mungkin Terjadi di lapangan dan penelitian mu merupakan solusi dari permasalahan tersebut.

2. Apa masalah utama dalam penelitian mu? Bagaimana kamu menyeesaikannya?


Ini adalah pertanyaan yang mungkin bisa jadi dilontarkan pada saat seminar proposal maupun seminar skripsi. Ketika ditanyakan pada seminar skripsi maka dosen penguji biasanya lebih ingin mengetahui mengenai masalah utama yang kamu hadapi dalam penelitian.

Tentunya kamu harus menjelaskan secara rinci mengenai teknis permasalahan yang terjadi pada penelitian mu seperti, ketidak sesuaian antara teori dan fakta di lapangan, atau alasan lain yang membuat penelitian ini begitu lama untuk diselesaikan.

3. Sebutkan teori atau referensi yang kamu pakai dalam penelitian


Ini adalah pertanyaan teknis yang harus kamu jawab dengan teknik juga. Oleh karena itu perlu untuk mencatat teori dan sumber referensi yang sudah kamu kutip dalam belakang atau pembahasan penelitianmu.

4. Bagaimana variabelnya, mengapa memilih variabel ini?


Sering sekali dosen penguji menanyakan mengenai variabel dalam penelitian. Dalam pembagiannya variabel dibagi menjadi variabel tetap dan variabel tidak tetap. Variabel merupakan atribut dan juga objek yang menjadi perhatian suatu penelitian. Tentunya kamu harus menjelaskan mengenai variabel dalam penelitian dan alasan mengapa kamu mengambil variabel tersebut.

5. Bagaimana proses pengumpulan dan analisis data kamu?


Jelaskan mengenai teknik pengumpulan data yang kamu lakukan terhadap sampel Apakah menggunakan metode interview, pengambilan angket, dan beberapa teknik pengumpulan data lainnya. Jelaskan lagi mengenai metode analisis data yang kamu pakai.

6. Apa sumber data yang dianalisis?


Sumber data sangat penting untuk diketahui dan oleh karena itu biasanya dosen penguji akan bertanya kepadamu mengenai pemilihan Sumber data yang kamu gunakan untuk penelitian kali ini. Sumber data bisa saja berasal dari sumber data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari sampel, sementara ada juga Sumber data sekunder yang berasal dari referensi atau data yang valid.

7. Mengapa memilih tempat atau lokasi penelitian ini?


Sebenarnya pertanyaan ini juga lebih umum tanyakan pada saat seminar proposal namun tidak menutup kemungkinan ditanyakan juga pada saat seminar skripsi. Hari ini karena dosen penguji ingin menekankan kembali alasan kamu untuk memilih lokasi penelitian tersebut.

8. Mengapa memilih sampel ini? mengapa jumlah sampelnya segini? bagaimana menentukannya?


Pertanyaan ini juga sama seperti pertanyaan sebelumnya, umumnya ditanyakan pada saat seminar proposal namun tidak menutup kemungkinan juga Untuk ditanyakan pada saat seminar skripsi. Berikan alasan yang logis mengenai Mengapa kamu memilih sampel tersebut, dan bagaimana metode penentuan jumlah sampel.

9. Jelaskan hasil dan kesimpulan dalam penelitian kamu!


Sebenarnya ini adalah pertanyaan inti dan pertanyaan puncak dari dosen pembimbing ketika sidang skripsi berlangsung. Jadi kamu harus menjelaskan secara singkat dan padat mungkin mengenai kesimpulan yang kamu dapatkan dari penelitian yang telah kamu lakukan. Dan ini tentunya sangat teknis dan berbeda masing-masing dari judul penelitianmu.

10. Apakah kamu mengumpulkan data dan mengejakan (menganalisis) data sesuai prosedur?


Tentunya ini untuk menguji sobat kosngosan tentang seberapa jujurnya kamu dalam mengerjakan skripsimu. Dosen penguji akan bertanya apakah kamu benar-benar melakukan apa yang sesuai dengan pedoman penelitian. Tentunya kamu harus menjawab sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi. Apabila memang ada suatu prosedur yang tidak dilakukan maka Jelaskan alasannya secara logis.

11. Coba jelaskan manfaat penelitianmu bagi pembaca atau masyarakat!


Disini dosen penguji akan menilai apakah pengertianmu tersebut memang layak dan betul-betul bermanfaat untuk masyarakat. Coba berikan penjelasan secara sederhana, poin per poin mengenai kegunaan apa yang akan didapatkan dari hasil penelitian yang sudah kamu simpulkan

12. Apakah kamu menguji data mu dengan uji validitas? Bagaimana hasilnya?


Uji validitas merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya. Apabila kamu sudah melakukan uji validitas dan reabilitas yang baik, maka tentunya kami tidak akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan ini

13. Berapa lama kamu mengerjakan skripsi ini?


Biasanya dosen penguji akan kepo mengenai durasi kamu mengerjakan skripsi mulai dari sidang proposal hingga sidang skripsi saat ini. Dan pertanyaan ini lebih kepada kematangan mu dalam mengelola skripsi, jadi tidak ada sesuatu hal teknis yang harus dipersiapkan untuk menjawab pertanyaan ini

14. Apakah kamu sudah mengerjakan skripsi sesuai arahan dosen pembimbing?


Ini akan menguji seberapa besar kejujuranmu mengakui peran serta dosen pembimbing dalam menyelesaikan skripsi mu. Apabila kamu sudah yakin dengan arahan dan petunjuk dari setiap hal teknis yang diminta oleh dosen pembimbing, maka kamu sudah pasti menjawabnya dengan lancar.

Baca juga : Cara Menghindari Penipuan Joki dan Jasa Pembuatan Skripsi Murah

Namun bila kamu merasa masih ada sedikit konflik atau pertentangan dengan dosen pembimbing, Terangkanlah hal yang bisa kamu jelaskan secara logis, jangan justru menawarkan permasalahan baru yang akan memperlama proses sidang skripsi mu

15. Kesulitan apa saja yang kamu alami ketika mengerjakan skripsi ?


Dosen ingin mengetahui mengenai hambatan atau kesulitan apa saja yang udah kamu alami untuk menyelesaikan skripsi ini. Dosen penguji ini adalah tipe yang care, namun tidak benar-benar peduli karena hanya ingin bertanya saja dan ingin membandingkan tingkat kesulitan penelitian tiap lokasi.

16. Coba jelaskan bagaimana kondisi di lokasi penelitian ?


Apabila sobat kosngosan  melakukan penelitian sosial di tengah masyarakat atau pada suatu entitas yang luas, kau maunya kamu akan menghadapi beberapa kondisi lokasi penelitian yang bermacam-macam. Jelaskan pointer point mengenai kondisi tersebut dan ini akan ada hubungannya dengan hambatan apa saja yang kamu hadapi ketika melakukan penelitian di lapangan

17. Bagaimana peran pemerintah/swasta/masyarakat dalam menangani permasalahan tersebut?


Apabila kamu melakukan penelitian sosial, dan meneliti suatu kebijakan misalnya terhadap petani, kelompok masyarakat tertentu, maka dosen akan bertanya mengenai hal ini. Kamu harus menjawab sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, bagaimana peran serta berbagai pihak, apakah cukup baik atau tidak dan berikan juga solusinya

18. Kapan rencana mau menikah? Apakah kamu sudah punya tujuan hendak bekerja dimana?


Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diucapkan oleh dosen penguji ketika akan mengakhiri suatu sidang skripsi. Hari ini amat cukup penting untuk mengetahui seberapa matang rencanamu dalam jangka panjang. Bila memang kamu belum mengetahui tujuan dan arah hidupmu setelah lulus nanti, nama kamu harus mempersiapkan untuk menjawab pertanyaan ini

19. Jelaskan materi yang kamu pahami dari semester 1 hingga sekarang!


Wah, ini sangat memberatkan bukan? Tapi jangan khawatir beberapa dosen penguji akan meminta Garis besarnya saja mulai dari materi yang dianggap penting sejak awal perkuliahan hingga terakhir kamu mengambil mata kuliah teori atau praktikum.

20. Menurut saya, kamu sebaiknya merubah metode penelitiannya ke metode yang lain, karena yang kamu pakai terlalu kabur dari masalah penelitian.


Pertanyaan ini memiliki dua kemungkinan, yang pertama adalah dosen penguji bercanda dan ingin menguji mentalitas mu apakah siap dengan resiko tersebut atau tidak. Dan ini mimin rasakan aendiri ketika mengalami sidang skripsi.

Namun apabila hal terburuk terjadi, dimana dosen penguji benar-benar kecewa dan ingin kamu mengulang penelitian mu, kamu harus bisa mempertahankan setiap hal dalam penelitian mu sampai titik darah penghabisan, dan bila memang dosen penguji bersikukuh, itu semua tergantung keputusan dari dosen pembimbing. Tapi Semoga saja kamu tidak mengalami hal ini

Baca juga : Contoh Pembuatan Surat Permohonan Penelitian Skripsi

Baiklah demikian yang bisa mimin sampaikan kepada kalian mengenai beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh dosen penguji pada saat sidang skripsi. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan jangan lupa share di Facebook ataupun Twitter kalian untuk dibaca dan bermanfaat bagi orang lain Terima kasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel