Contoh Pembuatan Surat Permohonan Penelitian Skripsi

Contoh Pembuatan Surat Permohonan Penelitian Skripsi

Baca juga :

Setiap mahasiswa di perguruan tinggi diwajibkan untuk melakukan penelitian akhir untuk menghasilkan karya tulis ilmiah berupa skripsi, tesis atau disertasi, dimana KTI tersebut berasal dari kegiatan penelitian yang dilakukan baik di dalam laboratorium, di lapangan atau pun melalui studi kasus data sekunder.

Namun untuk melakukan penelitian, tidak boleh sembarangan. Diperlukan yang namanya surat izin penelitian, supaya kamu bisa menggelar kegiatan penelitian, seperti misalnya pengambilan sampel, wawancara atau pemberian kuisioner kepada sampel penelitian.

Harus ada lembaga yang bertanggung jawab dalam pengadaan penelitian tersebut, supaya dinilai legal dan formal. Dan lembaga itu adalah perguruan tinggi dimana kamu berada. Kali ini kosngosan akan memberikan panduan membuat surat permohonan izin penelitian yang ditujuan kepada berbagai lembaga terkait, seperti kesbangpol, dinas daerah, koperasi, bank, perusahaan dan lembaga lain.

Untuk melakukan survey, atau turun lapangan dalam mengumpulkan data penelitian, kamu sudah harus mengantongi surat izin tersebut. Jadi sebelum melakukan pengambilan data, perlihatkan terlebih dahulu surat izin yang sudah dikeluarkan oleh kampus mu.

Baca juga : Hati hati! Penipuan Joki Jasa Pembuatan Skripsi Murah ini

Hanya saja sebagian perguruan tinggi, mewajibkan mahasiswa-nya untuk membuat surat permohonan izin penelitian sendiri, kemudian nantinya di tanda tangani dan disahkan oleh pihak kampus. Bagi yang belu tahu cara pembuatannya, maka kehadiranmu di postingan kosngosan ini tidak sia-sia.

Karena selain mimin akan memberikan cara pembuatan surat izin penelitian, kamu juga bisa mengunduh contoh-nya dalam format doc yang bisa kamu edit sepuasnya menggunakan microsof word sesuai kebutuhan.

Cara membuat surat izin penelitian skripsi


surat izin penelitian

Mengurus surat penelitian skripsi memang sama saja dengan surat permohonan lainnya, hanya saja dalam hal ini surat menyatakan bahwa kamu sudah diperbolehkan untuk melakukan penelitian dan turun lapangan, mengambil data terhadap pihak yang bersangkutan. Adapun beberapa langkah yang bisa kamu lakukan antara lain :

Langkah pertama


Membuat kop surat atau kepala surat beserta nama institusi perguruan tinggi, logo PTN, alamat dan kontak pihak PTN, layaknya kop surat pada surat formal lainnya.

Langkah kedua


Tempat dan tanggal penulisan surat, setelah itu nomor surat, lampiran surat bila ada, dan perihal surat yang menyatakan bahwa permohonan pengambilan data penelitian dari PTN bersangkutan

Langkah ketiga


Menulis tujuan surat permohonan, apabila kamu meneliti pada perusahaan, maka tulislah bagian ini setelah bagian kedua tadi. Tulis nama perusahaan/instansi, alamat dan kontak nya.

Langkah keempat


Mulailah menulis bagian surat, seperti pendahuluan dengan kata pengantar, biodata dirimu (nama, nim dan program studi), penjelasan isi surat mengenai tujuan pengambilan data atau kegiatan penelitian, dan ditutup dengan paragraf penutup dan ucapan terimakasih

Langkah kelimat


Bagian ini adalah nama dosen pembimbing beserta tanda tangannya, dibuat dibawahnya nomor induk pegawai, Setelah itu surat dicetak pada margin 4-3-3-3 dengan jenis font Times New Roman, ukuran 12 dan rata kiri kanan.

Contoh surat izin penelitian skripsi doc


Apabila kamu tidak ingin membuat surat permohonan sejak awal, maka kamu bisa mengunduh file contoh surat permohonan penelitian skripsi dibawah ini, dalam format doc yang bisa kamu edit sesuai dengan kebutuhan kamu.



Kamu bisa mengunduh filenya disini. Klik tautan tersebut dan bacalah petunjuk download file-nya dibawah ini.

Petunjuk pengunduhan


Tunggu sebelum mengunduh file proposal diatas, kamu harus tahu ketika mengklik link-nya, kamu akan dibawa ke halaman baru safelink. Tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Klik tombolnya dan kamu akan diarahkan ke halaman download google drive.

Baca juga : Contoh Jurnal Penelitian Skripsi, Cara Penulisan yang Baik dan Benar

Semoga saja dengan disetujuinya surat permohonan izin penelitian tersebut, kamu bisa segera menyelesaikan skripsimu dan wisuda tepat waktu.

Setelah wisuda tentu saja kamu akan mencari kerja bukan? Berikut kiat-kiat mencari kerja bagi fresh graduate yang baik dan benar. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa membagikan tulisan ini di media sosial milik mu ya.
Buka Komentar