Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Bahagia Untuk Anak Rantau

Bagaimana cara bahagia dan menghilangkan galau untuk anak kos yang tinggal di perantauan? Selamat datang di blog kosngosan, kita akan membahas beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan kost mu, supaya kamu terhindar dari stres dan depresi yang berlebih akibat tekanan kuliah.

tips anak rantau

Bagi kebanyakan anak kost yang berstatus mahasiswa atau pelajar yang hidup ngekos alias jauh dari jangkauan kedua orang tua, tempat kos menjadi rumah bersarang yang rentan dilanda kebosanan. Ketika kalian pulang kuliah, atau selesai belajar di sekolah, kemudian kalian anak rantau mencoba bersantai, mengisi waktu luang dengan hanya melakukan hal hal yang mainstream saja.

Tidakkah kalian sedikit bosan dengan kehidupan statis seperti itu? Bila ingin jujur, keseharian mahasiswa dan pelajar yang hidup sebagai anak rantau mungkin hanya berfokus pada kehidupan akademik dana sedikit meluangkan hobi dengan olahraga atau organisasi.

Baca juga : 5 Masalah Anak Kos yang Harus Kamu Ketahui

Hidup di perantauan memang tidaklah mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hidupmu disini. Ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk tetap bahagia dan bisa menjalani hari dengan semangat

Nah, kali ini mimin akan membahas bagaimana menjadikan kehidupan rantau-mu itu lebih bergairah, atraktif seperti pertunjukan sirkus pada malam hari, dan berkesan sehingga selalu dikenang ketika kamu lulus dan meninggalkan dunia kos-mu yang berkesan itu!

Tips Bahagia Anak Rantau


1. Buat acara rutin bersama penghuni kos


Malam minggu bisa menjadi momen yang pas untuk begadang bersama antara penghuni kos yang masih jomblo. Eits, bagi yang nge-date bersama pacarnya, kamu bisa mengatur jam bersama penghuni kos untuk menggelar acara tertentu.

Misalnya selepas pulang nge-date malam minggu, kalian bisa memanggang ayam atau jagung dihalaman kos-kosan. Atau hanya acara begadang main UNO atau domino. Yang penting kalian bisa membuat permainan sederhana yang seru dan mengundang tawa.

2. Buat acara perkenalan dengan anggota baru


Setelah kamu menjadi senior, pastinya banyak dong junior-mu yang menjadi penghuni baru di kosan tempat kamu tinggal. Kamu dan teman-teman kos lama bisa membuat acara perkenalan buat anak kos baru itu. Seperti bakar-bakar ayam, masak bareng di kamar kos anak baru

Atau lebih eksrim, kalian bisa menyuruh anak baru membersihkan halaman kos yang mulai kotor. Tapi jangan seperti OSPEK di perkuliahan yang bisa membuat anak baru mengadu kepada pemilik kos. Tentunya hal ini akan membuat kalian merugi sendiri bila ternyata mereka tidak betah dan memilih pindah ke kosan lain.

3. Bergaul dengan senior atau junior


Jika kamu mahasiswa baru di kos-kosan itu, maka kamu perlu memberi hormat kepada senior yang terlebih dahulu tinggal ditempat-mu. Setidaknya bila berpapasan ucapkan salam atau panggil sapaan yang sopan. Jangan lupa, senyuman bisa menjadikan kalian lebih dekat.

Bila kamu ada masalah dan membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk meminta bantuannya. Hal ini bisa menjadi momen kedekatan mu bersama seniormu. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat ketika sudah akrab dengan senior, seperti memperluas pertemanan, berbagi permasalahan kampus, atau bisa jadi kamu terbebas dari azab OSPEK jia ternyata kalian satu jurusan!

Begitu juga bila kamu seorang senior, jangan sombong dan semena-mena dengan juniormu. Rangkul mereka, ajak bicara. Siapa tau kalian justru seperti adik kakak yang akrabnya bisa mengalahkan Elsa dan Anna dalam Animasi Frozen!

Baca juga : 7 Tips Mendekati Junior dan Senior Kos Bagi Mahasiswa Baru

4. Sedikit cari muka dengan pemilik kos, kenapa tidak?


Ibu atau bapak kos yang tinggalnya dekat dengan kos-kosan, bagaikan pisau bermata dua. Sisi menjengkelkannya, kamu dan penghuni kos lainnya tidak bisa leluasa melakukan kegiatan diluar normalnya, seperti bermain domino sepanjang malam, main gitar keras-keras, dan memasang musik keras-keras.

Tapi alangkah baiknya kalau kamu mencoba mendekati pemilik kosmu. Atau sedikit mencari muka dengan membersihkan kos didepannya. Jika butuh bantuan, jangan sungkan-sungkan untuk menawarkan bantuan. Ada banyak keuntungan dekat dengan pemilik kos, salah satunya kamu bisa mendapatkan kompensasi bila telat membayar uang kos bulanan. Menarik bukan?

5. Jalan-jalan ke kampung teman kos


Jika tanggal merah tiba atau libur panjang menanti, opsi diatas bisa menjadi hal menarik yang perlu dicoba. Selain berlibur menenangkan pikiran, hubunganmu menjadi lebih dekat dengan temanmu. Kamu bisa mengajak penghuni kos lainnya. Lebih rame lebih seru. Tentunya kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari temanmu sebelum hari H tiba.

Traveling ala anak rantau ini harus kamu rencanakan jauh hari, agar uang bulananmu tidak terganggu nantinya. Ini akan menambah pengetahuan kamu tentang dunia lluar. Selain itu, kamu bisa mendapat penginapan dan makan gratis, bukan? Kapan lagi kamu dapat travelling gratis seperti ini?

6. Buat GIFT menarik ketika wisuda kelak


Tentunya kamu tidak ingin menyandang predikat mahasiswa atau pelajar selamanya, bukan? Kamu juga ingin melewati fase ini dan berlanjut ke fase dunia kerja. Dan ketika kamu sudah tamat atau wisuda, tidak ada salahnya kamu memberikan sedikit kenangan buat teman-teman kos dan pemilik kos-mu. Kenangan itu bisa dalam bentuk video slide dari kumpulan foto-foto penghuni kos selama “bersarang” di kosan.

Kemudian kamu aplot di youtube dan bagikan link-nya ke akun sosial media masing-masing. Selain itu, sebuah bingkisan untuk pemilik kos wajib kamu berikan. Sobat kosngosan bisa memberikannya sepasang piyama atau gaun pesta bagi Ibu kos, dan arloji atau sarung buat pemilik kos laki-laki. Sangat ramah dikantong, tapi ini akan berkesan bagi mereka ketika melepasmu keluar dari dunia perantauan.

Penutup


Ketika mendengar kehidupan anak kos mungkin kebanyakan dari orang akan beranggapan bahwa hidup sebagai anak kos tidaklah mudah dan selalu diliputi dengan kesusahan dan penderitaan

Namun setelah membaca tips bahagia diatas, mimin harap kamu bisa tetap menikmati hari-harimu sebagai anak kos dengan bahagia dan terus melalui Setiap proses perkuliahan dengan baik demi untuk membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses di masa depan, Aminn

Baca juga : Inilah Penyebab Gagal Skripsi dan Sidang yang Harus Kamu Ketahui

Sekian 6 tips yang Membuat Kehidupan Kos Kosan-mu Jauh Lebih Berkesan. 6 tips ini perlu kamu coba bila ingin kehidupan mu di negerii orang bisa lebih berwarna dan selalu kamu kenang bila kamu sudah mendapatkan pekerjaan atau berumah tangga kelak!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya