Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Hemat Mahasiswa Mencetak dan Fotocopy Tugas Kuliah

Bagaimana caranya menghemat biaya pengeluaran untuk skripsi, makalah dan tugas kuliah lainnya? Bagi seorang mahasiswa yang berstatus sebagai anak kost, berhemat harus dilakukan untuk mengoptimalkan anggaran yang diberikan orang tua selama satu bulan penuh. Akan tetapi terkadang banyaknya tugas membuat pengeluaran membengkak. Namun jangan khawatir, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips untuk kalian supaya bisa tetap hemat walau punya banyak tugas yang dicetak.

tips hemat fotocopy, trik mencetak, cara hemat print

Seluruh mahasiswa dan pelajar pernah berhadapan dengan fotocopy dan mencetak dokumen. Kita banyak menggunakan fotocopy untuk memperbanyak salinan tugas yang diberikan oleh dosen atau guru. Alhasil, biaya dan pengeluaran fotocopy pasti membengkak dan menguras bulanan.

Selain tugas kuliah, kalian yang mahasiswa dan pelajar punya kegiatan diluar kampus, seperti organisasi mendapatkan tugas menyebarkan selebaran suatu acara, dan itu juga berhubungan dengan fotocopy. Jadi, dapat disimpulkan bahwa fotocopy tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa dan pelajar.

Selain juga bisa mempengaruhi uang bulanan, kita sering dibuat frustasi dengan sampah dari fotocopy berupa kertas yang menumpuk dan menjadi sarang kecoa.

Tentunya manajemen fotocopy yang buruk bisa mempengaruhi finansialmu sekaligus mengancam keselamatan bumi, karena kertas yang kamu habiskan akan mempercepat habisnya pohon dan memicu global warming.

Baca juga : Tips Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan

Mungkin yang berhubungan dengan cetak mencetak, baik itu printer atau fotocopy tugas memang tidak bisa dilepaskan dengan kegiatan akademik. Hanya saja, kita harus pintar mengatur cara agar bagaimana biaya fotocopy bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Kalau kamu sedikit tergerak untuk menyelematkan bumi dan isi kantongmu di akhir bulan, maka menghemat fotocopy dan cetak dokumen harus di lakukan. Tidak perlu langkah besar untuk memulainya, cukup dengan beberapa tips kecil dibawah ini guys!


Tips Hemat Tugas Kuliah


Disini mimin ingin memberikan sedikit tips untuk menghemat biaya tersebut, tips sederhana namun sangat jitu untuk menghemat pengeluaran fotocopymu bila diterapkan ke kehidupan sehari hari. Check these out!

Kalau bisa dijepret, mengapa mesti di cetak atau fotocopy?


Untuk sebagian catatan teman yang rapi, kita sering fotocopy tanpa pikir panjang. Kenapa tidak kita capture saja menggunakan kamera smartphone kita yang canggih itu? Hp sekarang memiliki resolusi kamera yang mumpuni dan bisa diandalkan bila zoom diperlukan.

Percuma dong kita punya smartphone dengan kamera nomor wahid bila jarang dimanfaatkan untuk kepentingan lain selain selfie. Toh ini juga untuk menghemat biaya kertas yang kita keluarkan untuk sehari hari.


Fotocopy atau cetak kertas timbal balik


Tips ini bisa menjadikan biaya kertas sobat lebih irit 50 % dari biaya kertas tanpa timbal balik. Bila hanya tugas biasa, coba tanyakan kepada dosen atau guru bersangkutan untuk mencetak atau fotocopy secara timbal balik. Mintalah izinnya apabila memang memungkinkan.

Atau bagi kamu yang sedang menyalin catatan teman, membuat bahan cheating selagi ujian atau memang membuat bahan belajar untuk ujian, bisa menerapkan tips ini.


Mencetak slide power point, atur jumlah slide menjadi enam atau sembilan



Hal ini bila dosen atau guru memberikan materi pembelajran dalam bentuk slide. Tipsnya adalah, jangan mencetak satu slide dalam setiap satu kertas. Hal ini akan membuang kertas banyak. Boros dan tidak efisien. Setting dan atur output print menjadi 6 atau 9 slide, tergantung situasi

Perhatikan karakter teks atau konten dalam slide, apakah masih bisa dibaca apabila dibuat 6 slide atau 9 slide. Kalau memang dosen atau guru memberikan materi slide dengan ukuran font kecil, maka opsi ini mungkin tidak perlu kamu lakukan.


Khusus mencetak, perkecil font huruf dan rapatkan margin seefisien mungkin


Hal ini untuk memaksimalkan kertas yang dipakai. Kertas kita akan berguna dan tidak akan ada lagi space atau lembar kosong yang bisa membuat biaya fotocopy membengkak. Hemat bukan?

Tapi perhatikan juga estetika dari tugas yang kamu buat. Jangan sampai menyalahi kaidah atau aturan baku pembuatan tugas pada umumnya.


Fotocopy / cetak dalam jumlah partai, dapat diskon


Bagi sobat yang terpaksa harus fotocopy atau mencetak tugas, coba diskusikan dengan teman-teman lainnya apakah bisa untuk fotocopy bareng. Biasanya untuk warung fotocopy atau cetak langganan dan ditambah dalam jumlah besar, mereka akan memberikan potongan harga.

Ini akan tergantung dari keahlianmu dalam bernegosiasi. Kamu bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan, dan bisa kamu simpan untuk keperluan lain, misalnya membeli mie instan isi dua atau rokok atau lliquid vape :v


Cari langganan tempat fotocopy dan cetak


Kamu pasti setuju apabila memiliki salah satu tempat langganan Untuk cetak dan fotokopi tugas kuliah maka kamu akan diberikan potongan harga tertentu karena sudah mengenal pemilik usahanya. Jadi kamu bisa konsisten memilih satu tempat di mana kamu mengenal orang yang membuka bisnis fotocopy atau cetak kemudian kamu bisa memintanya untuk diskon berapa persen.

Baca juga : Persiapan Untuk Mendapatkan Beasiswa Bagi Mahasiswa


Kesimpulan


Pada dasarnya memang tugas kuliah Tidak Bisa dihindarkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu ada baiknya kamu menganggarkan tersendiri biaya untuk tugas kuliah ini dan bedakan dari biaya hidup lainnya supaya kamu bisa mudah untuk mengaturnya.

Oke sekian tips berhemat biaya dan pengeluaran fotocopy kali ini. Tetap kunjungi blog kosngosan dan jangan lupa untuk berkomentar serta membagikan postingan ini apabila dirasa bermanfaat bagi kalian. Have a nice day
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya