Cara Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan

Bagaimana cara mengatur uang bulanan untuk mahasiswa atau anak kost? Banyak sekali yang menanyakan hal tersebut kepada mimin kosngosan. Sebenarnya kamu bisa menerapkan prinsip berhemat untuk mahasiswa disini, seperti yang sudah mimin berikan pada artikel sebelumnya. Namun kita akan membahas lebih terperinci lagi mengenai tips tips nya dibawah ini.

Sebelum kamu membaca artikel ini silahkan klik bookmart terlebih dahulu pada browser mu ya, karena mimin akan memberikan artikel mimin terbaru yang berisikan mengenai bisnis dan pendidikan kepada kalian, judul lainnya adalah cara membuat hidup kamu lebih hemat, karena sebenarnya mimin sudah melakukan ini sejak SD SMP dan SMA, bahkan Kuliah, jadi tidak ada salahnya mimin beberkan caranya dibawah ini.

Baca juga : 7+ Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa yang Baik dan Benar

Tips hemat dengan pola finansial yang ketat, baik kamu lakukan apabila kamu sudah merasa kehidupan finansial mu mulai mengarah ke gaya hidup hedon. Artinya kamu suka sekali menghambur-hamburkan uang, tanpa untuk keperluan yang jelas.

Kamu perlu menghitung pengeluaran mu sebagai mahasiswa per bulannya, baik dengan menggunakan aplikasi di smartphone atau menggunakan tabel pengeluaran anak kost secara manual.

Tips dan cara mahasiswa bertahan hingga akhir bulan


Membuat pembukuan / catatan keuangan pribadi


keuangan mahasiswa

Selain membuat pembukuan tersebut secara manual, kamu juga bisa membuatnya menggunakan aplikasi catatan keuangan harian dalam berbagai platform seperti windows, android dan juga iOS. Karena jika kamu tidak mecatat keuangan mu, maka kamu akan cenderung boros dalam menghabiskan uang dan jauh dari kata menabung. Apa saja alasan yang mengharuskan kamu untuk membukukan setiap pengeluaran mu ?

Intinya ada berbagai cara dalam membuat rencana keuangan pribadi. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat arus kas masuk, arus kas keluar dan membuat arus kas bersih. Kamu bisa membaca postingan kosngosan mengenai Cara Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi disini.

Sarapan pagi


Mengapa penting sarapan pagi? kalau kamu bangun langsung berangkat kuliah atau sekolah, nanti kamu akan lapar dan jajan sembarangan di kantin yang menurut mimin tidak murah bagi kantong kalian. Oleh karena itu kalian jangan lupa sarapan pagi karena ini penting. selain sehat bagus juga untuk dompet. Jadi jangan sepelekan tips pertama ini ya.

Membawa bekal dari rumah


Kebanyakan itu gengsi membawa bekal dari rumah, karena sering disebut seperti anak kecil. Faktanya ada lho orang yang membawa bekal saat masih SMA atau bahkan kuliah dengan konsisten, karena mungkin dia ingin berhemat dan kebetulan tinggal bersama keluarga. Dari pada gengsi lebih baik dompet tebel, bukan?

Meminimalkan biaya transportasi


Walaupun saat ini sudah sangat banyak ojek online yang bisa memudahkan mobilitas mu, mimin kosngosan tidak menyarankan hal tersebut untuk kamu lakukan. contoh jika rumah dekat bisa jalan kaki, selain sehat hemat juga jalan kaki.

Kalau memungkinkan apabila rumah kalian jauh bisa naik sepeda dan usahakan tidak naik motor atau angkutan umum, yang nantinya akan mengeluarkan biaya tambahan. Tips ini cukup efektif, nah bagaimana kalau rumahnya jauh? Ya sudah, berangkatnya lebih pagi saja. Kalian bisa mengestimasinya bukan?

Memanfaatkan fasilitas gratis


Contohnya seperti disekolah dan kampus biasanya ada wifii, jadi kalian tidak perlu membeli paket data yang bisa sangat menguras kantong.

Ada perpustakaan gratis, jadi kalian tidak perlu membeli buku, cukup pinjam saja. Atau ada layanan rumah sakit gratis bagi kalian mahasiswa yang sakit, dan banyak lagi fasilitas gratis yang bisa kalian manfaatkan, jangan malu untuk berhemat !

Melakukan investasi


Kalian seorang pelajar atau mahasiswa harus mengerti bahwa sekarang bukan zaman dulu yang bisa dengan mudah menabung menggunakan celengan, kemudian nilai uangnya berkurang makin lama karena termakan oleh inflasi. Intinya kalau kalian menabung hanya dengan cara lama, maka lama lama uang kalian akan menyusut.

Contoh sekarang 1 juta bisa beli hp android, bisa mimin kosngosan pastikan bahwa 10 tahun kemudian apakah masih bisa membeli 1 buah android? mungkin hanya bisa membeli hp dengan spek rendah saja. Jadi ada banyak instrumen investasi, seperti sekarang ada investasi emas, reksa dana, saham, trading forex dan investasi lainnya.

Kurangi hang-out


Kebanyakan dari kalian pengunjung kosngosan, sehabis pulang sekolah atau dari kampus, maka sukanya nongkrong dulu, jajan dulu. Hal ini selain memboroskan uang tidak ada manfaatnya juga, karena akan melalaikan waktu produktifmu. Mimin masih bisa toleransi bila kalian mengobrolkan masa depan dna hal positif. Kalau tidak ada manfaatnya, lebih baik pulang, simpan uang dan belajar

Mencoba bisnis atau usaha baru


Ketika kamu memutuskan untuk berbisnis, jangan sampai mengganggu teman atau justru pendidikan mu ya. Seperti contohnya ada teman kamu yang berjualan disekolah atau kampus, kamu harus izin terlebih dahulu kepada pihak sekolah dan kampus. Dan pastikan aktifitas berjualanmu tidak mengganggu. Mimin ketika kuliah sering membuka bisnis install ulang, yang hasilnya juga lumayan.

Jangan pikirkan bully atau tertawaan dari orang-orang yang mungkin terlontar. Tidak usah malu mimin lebih baik memikirkan masa depan dari pada rasa malu yang hanya sesaat. Karena gengsi tidak akan membawa mu kepada kesuksesan, tapi yang membawa mu sukses adalah semangat dan kemauan untuk mencoba, menjalani dengan ikhlas.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Saat Sibuk Belajar di Sekolah dan Kampus

Bagaimana, sudah selesai membaca tips diatas? semoga kamu bisa benar-benar menerapkan tips diatas supaya kamu bisa mengatur keuanganmu, sehingga bertahan di akhir bulan. Jadilah mahasiswa yang bijak dalam memanagemen keuangan. Salam sukses dari mimin kosngosan.
By

0 Response to "Cara Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel