Cara Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi dan Manfaatnya

Ada begitu banyak milenial yang tidak bisa mengatur dan me-manajemen keuangan pribadinya sendiri. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan mereka dalam membuat pembukuan atau pencatatan keuangan secara pribadi. Kali ini kosngosan akan mencoba mengajari pembuatan catatan keuangan pribadi untuk kalian.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara membuat pembukuan keuangan pribadi secara harian yang baik dan benar? Maka dari itu kamu yang mengunjungi kosngosan kali ini, bisa mendapatkan pembahasan yang relevan. simak artikelnya, scrool lebih lanjut kebawah ya.

Ada begitu banyak contoh pembukuan mengenai pemasukan dan pengeluaran keuangan yang bisa kamu lihat di Internet. Hanya saja tidak secara spesifik menjelaskan bagaimana cara membuatnya, sehingga kamu bisa mengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari.

Selain membuat pembukuan tersebut secara manual, kamu juga bisa membuatnya menggunakan aplikasi catatan keuangan harian dalam berbagai platform seperti windows, android dan juga iOS. Intinya ada berbagai cara dalam membuat rencana keuangan pribadi.

Baca juga : Cara Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan

Kosngosan akan membahas financial yang akan kita bahas mengenai pentingnya mencatat keuangan harian. Mengapa ini sangat penting untuk mencatat keuangan harian? Mimin mempunyai tiga alasan yang mungkin bisa menjadikan mu supaya mau untuk mencatat keuangan harian.

Karena jika kamu tidak mecatat keuangan mu, maka kamu akan cenderung boros dalam menghabiskan uang dan jauh dari kata menabung. Apa saja alasan yang mengharuskan kamu untuk membukukan setiap pengeluaran mu ?

Kamu bisa melihat perkembangan uang bulanan


Sebagai contohnya kamu memiliki penghasilan sebesar 3 juta rupiah setiap bulannya, misalnya bulan ini kamu bisa menabung sebesar 100 ribu, ketika bulan kedua kalo bisa menyimpan uang 200 ribu. Itu artinya uang mu akan terus berkembang.

Contoh lain di dunia bisnis, adalah sangat penting untuk mengetahui berapa keuntungan dan kerugian berapa, apakah bulan depan untung dan ruginya ada kenaikan atau bagaimana grafiknya. Hal ini sangat penting bagi pengusaha kalau ingin bisnisnya maju dan meningkat.

Jadi kamu setelah membaca postingan kosngosna ini, harus mencatat keuangan setiap harinya, misalnya masuk barang keluar barang dapat laba sekian, bayar ini itu semua harus dicatatkan. Karena kalau tidak dituliskan, yang bahaya uang belanja terpakai untuk kebutuhan rumah tangga. Ini sangat fatal akibatnya.

Begitu juga dengan rumah tangga misalnya uang untuk sekolah terpakai untuk handphone. Sesuatu yang menjadi kebutuhan, kemudian dialihkan kepada sesuatu yang menjadi keinginan. Kebutuhan primer tergantikan dengan kebutuhan tersier yang kurang penting

Sebagai patokan untuk mengambil sebuah keputusan


pembukuan keuangan

Contohnya kalau keuangan tidak diputuskan segera, kamu ingin membeli handphone baru
otomatis harus mengambil keputusan, uangnya ada atau tidak. Terkadang di ATM uangnya ada. Contohnya harga smartphone nya sebesar 5 juta dan uang kamu di ATM ada sebesar 7 juta.

Apabila tidak dicatatkan uang itu apa saja, akan bahayanya nantinya uang tersebut kalau misalnya pengunjung kosngosan tidak mengambil keputusan seperti itu, misalnya kalian membelanjakan uang itu sampai habis.

Seandainya sobat kosngosan menuliskannya seperti anggaran 1 juta untuk beli ini, 1 juta untuk beli itu, ternyata masih ada sisa sebesar 2 juta sebagai anggaran untuk membeli smartphone. Berarti kamu harus lebih sabar dulu untuk membeli handphone baru yang seharga 5 juta.

Kebanyakan orang, ketika punya uang banyak mereka langsung membelikan smartphone, akan tetapi mereka tidak mengetahui mengenai cicilan motornya, atau cicilan mobilnya. Karena mereka tidak menuliskannya, akhirnya belanja sembarangan.

Tentunya sangat bermanfaat kalau kamu mencatat keuangan seperti, sehingga kamu mengetahui kalau sudah saatnya membeli hp baru atau motor baru. Kalau belum saatnya jangan kamu harus bersabar dulu, bukan?

Sebagai perencanaan uang untuk masa depan


Kalau kamu mencatat keuangan setiap hari dan keuangan tersebut meningkat, contoh dari segi tabungan bulan ini nabung 100 ribu lalu kemudian bulan depan 200 ribu, begitupun bulan kedepannya itu akan semakin mudah.

Sebagai contoho limat tahun kedepan kamu ingin membeli rumah baru, itu harus di breakdown setiap hari kamu harus menabung berapa. Setiap hari menyisihkan uang berapa, kalau tidak mencatatkan bagaimana kamu bisa konsisten.

Contohnya kamu bisa menghitung penghasilan 50 ribu per hari sehingga per bulannya adalah sebesar  1.5 juta. Kalau kamu tidak mencatatkan keuangan, mimin menjamin 50 rb itu akan habis. 50 ribu mungkin sekarang sekali makan juga habis

Bagaimana kalau kamu mencoba menabung 50 ribu tersebut,  kamu sisihkan untuk menabung
selama 1 tahun, maka kamu akan mendapat berapa? jika kamu kurang konsisten menabung, kamu bisa membaca postingan kosngosan seputar cara menabung yang baik dan benar disini.

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi yang Baik dan Benar


Memahami prinsip pembukuan atau pencatatan akuntansi merupakan langkah dasar yang harus kamu pelajari. Mencatat setiap detail pengeluaran dan pendapatan memang terdengar cukup ribet, namun percayalah bila kamu sudah terbiasa melakukannya, maka hal tersebut akan sangat membantumu,

Membuat arus kas masuk


Catatan mengenai dana yang masuk, baik itu yang berasal dari pendapatan primer seperti gaji, income dari bisnis sampingan, kiriman dari orangtua, dan sebagainya. Juga pendapatan sekunder misalnya pendapatan istri, return investasi dan sebaagainya

Membuat arus kas keluar


Catatan mengenai biaya dan pengeluarna yang keluar pada satu periode tertentu, mulai dari pengeluaran tetap seperti biaya listrik, ongkos transport, biaya sewa kos atau kontrakan dan sebagainya, dan juga pengeluaran tidak tetap yaitu termasuk kebutuhan rumah tangga, biaya liburan, bali pulsa, paket data dan sebagainnya.

Membuat arus kas bersih


Arus kas bersih merupakan pengurangan antara pendapatan dengan pengeluaran dalam periode tertentu. Dari sinilah kita akan tahu apakah sebenarnya kondisi keuangan kita pada satu bulan misalnya, mengalamai surplus atau defisit.

Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi dari Aplikasi Mobile


Zaman sekarang, aplikasi akuntansi sudah sangat menguntungkan kita. Tidak seperti zaman dahulu yang suka berlama-lama menulis mencatatan setiap pengeluaran, kali ini kita hanya cukup mendonwload dan mengintall nya di perangkat smartphone, tinggal input angka-angkanya dan jadilah pencatatan yang rapi


  • Aplikasi Uang Ku, bisa membantu menampilkan detail pengeluaran lewat grafik
  • Aplikasi Atur Duit bisa memperlihatkan grafik pengeluaran harian, bulanan, hingga tahunan
  • Aplikasi Expense IQ bisa mengkombinasikan pengelola pengeluaran, pengingat tagihan, hingga perencana keuangan
  • Aplikasi Atur Uang bisa dimanfaatkan perusahaan, keluarga, atau pribadi, sangat cocok untuk penggunaan kombinasi seperti suami dan istri.


Baca juga : Cara Menghadapi Gig Economy untuk Anak Muda Milenial di Indonesia

Demikian artikel mengenai Manfaat dan Cara Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya, yang saat ini mulai melek akan pentingnya manajemen finansial. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosial kalian, berikan juga komentar kalian dibawah ya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel