Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Investasi Jangka Panjang dan Pendek

Apakah kamu ingin berinvestasi secara long term atau short term? Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi yang perlu diketahui adalah setiap instrumen investasi memiliki resikonya masing masing. contoh investasi jangka panjang dan pendek akan kami jelaskan beberapa dibawah ini. Tugas kamu selanjutnya adalah menentukan instrumen investasi apa saja yang cocok dengan mu.

Seperti yang sudah dibahas, investasi bisa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan lama waktunya. Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang mana seluruh sumber daya yang digunakan akan dijalankan terus menerus dan baru bisa dirasakan manfaatnya apabila jangka waktu nya sudah jatuh tempo (minimal satu tahun atau lebih).

Sedangkan investasi jangka pendek adalah investasi yang mana diharapkan memberikan return atau keuntungan dalam waktu yang relatif lebih singkat (minimal 3 bulan sampai 1 tahun). Tetapi sebagian ahli finansial juga membagi jenis investasi ke dalam bentuk ketiga, yaitu investasi jangka menengah, yaitu waktu yang berkisar antara jangka panjang dan jangka pendek.


Contoh Investasi Jangka Panjang

Kebanyakan orang berpikir bahwa jenis investasi jangka panjang adalah dalam bentuk saham atau deposito. Padahal ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa mendatangkan berbagai keuntungan buat teman teman sekalian. Penasaran apa saja itu? mari kita bahas satu persatu dibawah ini :

contoh investasi

1. Akun Sosial Media

Nah selain investasi dalam bentuk aset terlihat (tangible),  mimin kosngosan juga membagikan jenis investasi jangka panjang lainnya dalam bentuk akun media sosial. Misalya kamu punya akun Instagram dengan follower banyak, punya akun fanpage facebook yang punya like banyak, dan akun tiktok follower banyak. Maka kamu bisa jadikan itu aset, dimana nilainya semakin lama semakin berharga.


2. Emas batangan

Emas batangan menjadi salah satu barang berharga yang sudah terkenal sejak lama dan emas batangan menjadi instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Jenis emas batangan yang bisa dijadikan sebagai investasi sangatlah beragam. Emas batangan yang disimpan dalam waktu yang lama, tentu akan menghasilkan return yang lumayan besar dan bisa menunjang perekonomian secara keseluruhan.

Emas batangan menjadi instrumen investasi yang sangat mudah ditemukan, apalagi dengan emas batangan perhiasan yang banyak dijual di pasar atau mall. Tak hanya itu, kamu juga bisa memperolah emas batangan resmi melalui pegadaian. Investasi emas batangan menjadi salah satu jenis investasi yang cocok dijalankan anak muda, karena bisa dimulai dengan modal yang kecil.


3. Tempat hunian

Properti bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan dan jenis properti yang bisa dipilih sangatlah beragam. Tempat hunian menjadi kebutuhan banyak orang, sehingga yang mencari tempat hunian pasti selalu ada. Harga tempat hunian akan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, apalagi tempat huniannya berada di lokasi yang strategis.

Tempat hunian sangat tergantung dari lokasi dan bentuk tempat huniannya. Apabila tempat huniannya berada di kawasan strategis dan ukuran tempat huniannya besar, maka harga tempat hunian akan meningkat sangat tinggi. Tempat hunian menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat cocok untuk anak muda, karena menjadi investasi masa depan yang menguntungkan.

Baca juga : Tips Membeli Apartemen buat Pemula


4. Reksadana

Reksadana adalah sebuah media yang bisa menampung kumpulan dana dari para investor dan uang yang sudah dikumpulkan akan diatur oleh seorang manajer investasi (MI) profesional. Dengan reksadana, maka kamu tidak perlu memiliki skill khusus di bidang investasi, karena kerja kamu akan dibantu oleh kinerja manajer investasi.

Dengan konsep reksadana, maka uang kamu setorkan akan memiliki peluang hasilkan return yang besar. Banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi di portofolio reksadana, tentu investasi ini sangatlah rekomended untuk dijalankan. Reksadana juga cocok buat kalian para pemula atau orang yang sedang belajar dalam investasi awal.


5. Investasi Pasar modal

Pasar modal memang menjadi sebuah hal yang sangat asing untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, karena untuk bermain pasar modal memerlukan kemampuan dan modal yang besar. Kini investasi pasar modal menjadi lebih mudah dan bisa dijalankan dengan modal yang minim. Untuk menjalankan investasi pasar modal, tentu sobat kosngosan.com harus memperhatikan berbagai hal.

Apabila kamu sudah mempelajari cara kerja pasar modal dan persaingan bermain pasar modal, maka kamu bisa menjalankan investasi pasar modal dengan benar. Pasar modal memang memiliki resiko yang terbilang tinggi, namun juga bisa menguntungkan dengan jumlah yang besar. Investasi pasar modal menjadi salah satu jenis investasi yang bisa dijalankan anak muda.


Nah buat teman-teman kosngosan yang saat ini berniat untuk membuka akun RDN di Ajaib Sekuritas, ada pilihan untuk memasukkan kode referral yang kalian dapatkan sebelum pendaftaran selesai. Kalian bisa memasukkan kode referal milik saya untuk mendapatkan berbagai promo menarik, yaitu   muha937640396

Copy dan Paste-kan ke kolom referal di aplikasi Ajaib kalian, setelah itu kalian bisa mendapatkan keuntungan untuk mendapatkan berbagai penawaran khusus dari Ajaib. Jadi, ayo buruan menabung saham sedari dini!


6. Deposito berjangka

Deposito berjangka menjadi salah satu instrumen investasi yang disediakan oleh pihak perbankan dan deposito berjangka menjadi pola investasi yang aman. Deposito berjangka menjadi investasi berjangka yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan masyarakat juga bisa memilih pihak perbankan sesuai dengan keinginan. Jenis bank yang menyediakan deposito berjangka sangatlah banyak, namun setiap bank memiliki penawaran yang variatif.

Apabila kamu menjalankan deposito berjangka, maka pengambilan uang harus sesuai dengan waktu yang disepakati. Kamu tidak bisa mengambil uang sembarangan, apabila kamu tidak mau kena denda atau pinalti. Deposito berjangka juga menjadi salah satu jenis investasi yang cocok dijalankan oleh anak muda, karena modal investasi ini tidaklah terlalu mahal.


7. Asuransi

Asuransi menjadi salah satu jenis investasi yang bisa melindungi diri sendiri, keluarga dan berbagai asett yang kamu punya. Dengan menjalankan asuransi, maka kehidupan kamu akan lebih tenang. Asuransi dalam bentuk investasi bisa berupa aset seperti tempat hunian, kendaraan dan berbagai jenis aset lainnya.

Asuransi adalah investasi yang menggabungkan dua konsep sekaligus, asuransi dengan dana kelola. Dengan menjalankan asuransi, maka resiko yang mungkin dihadapi di masa depan akan lebih terjamin dan lebih aman.


8. Motor Lama

Motor bisa menjadi salah satu alat kendaraan yang banyak diminati di Indonesia. Ini adalah salah satu alat transportasi yang menguntungkan untuk dibeli kalau memang dijadikan sebagai mesin pencetak uang. Apabila kamu memiliki motor jadul, tentu kamu memiliki instrumen investasi yang menguntungkan. Harga motor lawas akan sangat mahal, karena penghobi barang antik dan kendaraan jadul akan memburunya dan memberikan harga yang mahal.

Motor lama bisa diperjual-belikan beragam. Setiap motor punya kelebihan dan kekurangannya. Investasi motor lama menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok untuk anak muda penyuka gaya klasik, karena kalian biasanya menyukai dunia otomotif. atau hobi modifikasi akan banyak memburu motor lama.


9. Mobil Lama

Mobil jadul juga bisa dijual dengan harga mahal lho. Jenis mobil yang beredar di Indonesia memang beragam, dan memiliki mobil bisa menjadi investasi yang menguntungkan apabila kamu tahu triknya. penghobi mobil lama di Indonesia sangat banyak. Setiap kalian menjual ke komunitas misalnya, pasti mereka rela mengeluarkan uang yang besar demi mendapatkan mobil yang mereka telah incar.

Semakin langka mobil tersebut, maka harganya akan semakin mahal. Apabila mobil lama sobat kosngósan dirawat dengan baik dan masih mempertahankan nilai asalnya, maka kamu bisa menjual mobil dengan harga tinggi di masa depan. Investasi mobil lama menjadi investasi yang cocok untuk para anak muda atau kaum milenial.


10. Crypto Currency

Saat ini crypto currency sedang hype lho. Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan crypto ini? Cryptocurrency merupakan jenis mata uang digital yang diciptakan untuk dijadikan sebagai alat transaksi virtual dalam jaringan internet. Pasword rahasia yang rumit dimasukkan untuk melindungi keamanan mata uang digital dari pihak lain. Ada dua cara untuk mendapatkan crypto ini, melakukan mining atau investasi membeli coin di platfrom seperti Binance, Indodax, TokoCrypto dan lainnya.


11. Obligasi atau Sukuk

Obligasi atau Surat Utang Negara (SUN) dibagi menjadi dua bagian yaitu obligasi konvensional dan obligasi syariah (Sukuk). Obligasi konvensional bisa dibagi menjadi ORI (Obligasi Ritel Indonesia) dan SBR (Saving Bond Ritel), dan yang termasuk obligasi syariah yaitu SR (Sukuk Ritel). Obligasi ini konsep nya adalah pemerintah menghimpun dana dari masyarakat umum, untuk melakukan pembangunan. Dan membagi keuntungan dari pembangunan tersebut kepada pemilik obligasi dalam kurun waktu tertentu (bisanya 1-3 tahun)


12. Domain Unik

Investasi bukan hanya dalam bentuk saham, rumah, tanah atau lainnya.Tetapi juga domain atau kepemilikan nama suatu website. Misalnya kamu beli domain unik yang masih tersedia, lalu pemilik bisnis ingin memiliki domain tersebut untuk usahanya, maka dia rela membeli domain tersebut di harga atas. Contoh realnya saja seperti domain calon presiden pada pemilu 2019 lalu beberapa domain yang menggunakan nama Prabowo dan Sandi, dan Jokowi Maaruf dijual dengan harga tinggi.


13. Website Monetise

Dahulu untuk mempromosikan produk kebanyakan orang hanya memasang spanduk atau banner di pinggir jalan. Sekarang, pelaku usaha seperti sobat kosngosan yang lebih sering menghabiskan waktu untuk online di depan smartphone, banyak mendapatkan orderan produk setelah berkunjung ke website. Jadi punya website yang ramai pengunjung adalah salah satu investasi jangka panjang yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha.


14. Channel Youtube

Hampir sama dengan website atau situs, channel atau kepemilikan kanal di sosial media youtube bisa menjadi investasi jangka panjang yang memberikan keuntungan. Karena kalau kamu rajin berinvestasi di channel youtube mu (dengan cara mengisi konten konten video yang banyak dicar), semakin ramai penonton, semakin banyak subscriber, maka adsense semakin banyak, pihak brand juga semakin banyak ingin bekerjasama dengan mu dalam bentuk endorsement


Contoh Investasi Jangka Pendek

Nah setelah membahas mengani jenis investasi jangka panjang, kita akan bahas beberapa jenis investasi jangka pendek yang bisa kalian ikuti, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Tabungan Bank

Tabungan Bank memang mengharuskan kamu untuk berurusan dengan pihak perbankan yang menjadi salah satu investasi yang sangat familir di masyarakat. Menabung konvensional di bank menjadi salah satu jenis tabungan yang disukai oleh berbagai lapisan masyarakat, karena ini menawarkan bunga yang cukup besar setiap bulannya

Menabung di Bank tidak mengharuskan kamu untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu (tidak seperti deposito) dan penarikan uang hanya bisa dilakukan kapan saja kamu mau. Sehingga kamu bisa mengambil uang semaunya jika diperlukan suatu waktu. Tapi kekurangannya adalah bunga yang diberikan cenderung kecil dan kalah oleh bunga dari hasil deposito.


2. Trading Forex

Singkatnya, trading forex adalah memperdagangkan antara satu mata uang negara A dengan mata uang negara B. Nilai tukar antara mata uang masing masing, misalnya Rupiah terhadap USD akan berubah setiap saat. Nilai tukar inilah yang menjadi objek dari Trading Forex. Jadi sobat kósngosan dapat membeli USD misalnya saat tren nilai tukar menguat dan menjual USD jika tren menunjukan kebalikannya.


3. Trading Crypto Currency

Nah kalau pertama tadi crypto bisa kamu simpan dalam jangka waktu lama dengan harapan nilainya semakin tinggi, maka kali ini kamu bisa menjadikan crypto untuk trading atau memperjual belikannya dalam waktu singkat. Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang diciptakan untuk dijadikan sebagai alat transaksi virtual dalam jaringan internet, jadi bisa fleksibel ya.


4. Trading Saham

Hampir sama dengan crypto, untuk mendapatkan keuntungan dari saham, kamu bisa berinvestasi dalam jangka waktu panjang (mengharapkan nilainnya semakin naik dari tahun ke tahun, dan mendapatkan piden tiap tahun), atau memilih menjadi trader saham, yaitu menjual belikan saham dalam waktu singkat untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga (take profit).


5. Peer to Peer Lending

Peer-to-peer lending atau sering disingkat dengan istilah "P2P lending" merupakan salah satu jenis kegiatan pinjam meminjam antar perseorangan yang seringkali dalam bentuk perjanjian informal. Tapi saat ini, p2p lending sudah berkembang dan dikelola dalam suatu platfrom yang terdaftar dalam OJK. Berkembangnya teknologi dan e-commerce, kegiatan peminjaman ini bisa dilakukan dalam bentuk online dalam bentuk platform serupa dengan e-commerce, jadi pihak peminjam bisa mendapatkan pendanaan dari banyak inpidu yang dihimpun dalam satu platfrom terpercaya.


6. Jual Beli Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki hype nya tersendiri. Misalnya pernah kita dengar tanaman janda bolong, anthurium atau tanaman hias lain yang punya harga fantastis. Ada juga beberapa tanaman hias yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai instrumen investasi. seperti Anggrek atau Bonsai. Bibit tidak mahal, di bawah 100 ribu. Tapi dalam beberapa tahun ke depan, itu bisa menghasilkan, diperbanyak dan dijual kembali

Baca juga : Contoh Investasi yang cocok untuk Mahasiswa


Kata Penutup

Sobat sebagai investor memang bertanggung jawab pada keputusan kalian sendiri dalam membeli instrumen saham. Walaupun kamu sudah berkonsultasi dengan para ahli mengenai pilihan yang tepat. Jadi semoga kita mengharapkan tidak terjadi yang buruk. 

Kalau ada hal yang tidak diinginkan terjadi, tentu saja semua menjadi tanggung jawab kamu sendiri dalam menanam uangmu sebagai investor. Belajar lagi lebih banyak untuk bagaimana manajemen keuangan lebih baik, and keep moving. Semoga artikel dari kosngosan.com ini bermanfaat buat siapa saja yang pengin mulai investasi dengan modal minim, utamanya para mahasiswa dan pelajar. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ya!

Oleh rezaharahap