Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Investasi Jangka Panjang bagi Pemula

Mencoba berinvestasi dalam jangka panjang bisa jadi pilihan. Investasi jangka panjang adalah klasifikasi jenis investasi yang seluruh sumber daya yang digunakan akan dijalankan terus menerus dan baru bisa dirasakan manfaatnya (return atau bunga hasil) apabila jangka waktu nya sudah jatuh tempo yang dihitung minimal satu tahun lebih.

Investasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungannya kamu bisa dapat return yang tinggi dan lebih stabil nilainya, tapi kelemahannya kamu tidak bisa menggunakannya jika dalam keadaan terdesak. Tetapi yang perlu diketahui adalah setiap instrumen investasi memiliki resiko masing masing.

Investasi jangka panjang contohnya memang cocok untuk di hold dan dijadikan aset sebagai mana bertujuan untuk peningkatan passive income. Seperti yang sudah dibahas, investasi ini adalah dari hasil pembagian berdasarkan waktu penyimpanannya.

Adapun investasi jangka panjang terbaik ada pada pilihan instrumen yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini. Untuk itu kita akan bahas selengkapnya dibawah ini

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Apa yang dimaksud dengan investasi jangka panjang? Investasi jangka panjang adalah pembagian jenis investasi yang waktu penanaman aset nya terhitung dalam kategori jangka panjang, atau membutuhkan waktu lebih lama daripada investasi jangka pendek

Menurut Investopedia, investasi jangka panjang adalah penanaman aset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun yang bertujuan demi menguasai perusahaan lain.

Investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih dari satu tahun demi mencapai return yang tinggi.

Menurut IDX, investasi jangka panjang adalah investasi yang mana sumber daya yang digunakan akan dijalankan terus menerus dan baru bisa dicairkan apabila jangka waktu tersebut telah jatuh tempo (minimal dalam waktu satu tahun).

Tujuan dari investasi jangka panjang adalah demi memenuhi tabungan keuangan yang butuh biaya sangat besar seperti dana pendidikan, biaya membeli rumah dan kebutuhan lainnya.


Contoh Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang

Kebanyakan orang berpikir bahwa Contoh Investasi Jangka Pendek dan Panjang, salah satunya adalah dalam bentuk saham atau deposito.

Padahal ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa mendatangkan berbagai keuntungan buat teman teman sekalian. Penasaran apa saja itu? mari kita bahas satu persatu dibawah ini :


Emas

Emas batangan menjadi salah satu barang berharga yang sudah terkenal sejak lama dan emas batangan menjadi instrumen investasi yang sangat menguntungkan.

Jenis emas batangan yang bisa dijadikan sebagai investasi sangatlah beragam. Emas batangan yang disimpan dalam waktu yang lama, tentu akan menghasilkan return yang lumayan besar dan bisa menunjang perekonomian secara keseluruhan.

Emas batangan menjadi instrumen investasi yang sangat mudah ditemukan, apalagi dengan emas batangan perhiasan yang banyak dijual di pasar atau mall.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memperolah emas batangan resmi melalui pegadaian. Investasi emas batangan menjadi salah satu jenis investasi yang cocok dijalankan anak muda, karena bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Beberapa contoh logam mulia dan perhiasan lainnya (selain emas) yang bisa kamu beli, simpan dan menyimpan nilai uang mu antara lain :

  • Perak
  • Berlian
  • Platinum
  • Permata
  • Kristal
  • Emas Putih (Paladium atau nikel)


Lahan Tanah

Membeli tanah adalah salah satu contoh investasi jangka panjang karena tanah punya beberapa ciri yang membuat nilainya dapat meningkat seiring bertambahnya waktu. 

Alasan pertama adalah karena tanah atau lahan tidak bisa diciptakan, manusia butuh tempat untuk tinggal dan berusaha,  tanah adalah sumber daya yang terbatas

Adanya Pertumbuhan Kota dan Perkembangan Infrastruktur dari tahun ke tahun menjadikan harga tanah semakin mahal. Kamu bisa dapat keuntungan dari Spekulasi dan Pengembangan, serta Kenaikan Nilai Properti dari tahun ke tahun.


Bangunan Properti

Properti bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan dan jenis properti yang bisa dipilih sangatlah beragam.

Tempat hunian menjadi kebutuhan banyak orang, sehingga yang mencari rumah, apartemen atau hotel pasti selalu ada. Ini adalah investasi yang lebih tinggi levelnya daripada beli tanah kosong (tapi modal nya juga besar)

Harga tempat hunian akan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, apalagi tempat huniannya berada di lokasi yang strategis.

Tempat hunian sangat tergantung dari lokasi dan bentuk tempat huniannya. Apabila tempat huniannya berada di kawasan strategis dan ukuran tempat huniannya besar

Maka harga tempat hunian akan meningkat sangat tinggi. Tempat hunian menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat cocok untuk anak muda, karena menjadi investasi masa depan yang menguntungkan.

Baca juga : Tips Membeli Apartemen buat Pemula


ReksaDana

Reksadana adalah sebuah media yang bisa menampung kumpulan dana dari para investor dan uang yang sudah dikumpulkan akan diatur oleh seorang manajer investasi (MI) profesional.

Dengan reksadana, maka kamu tidak perlu memiliki skill khusus di bidang investasi, karena kerja kamu akan dibantu oleh kinerja manajer investasi.

Dengan konsep reksadana, maka uang kamu setorkan akan memiliki peluang hasilkan return yang besar. Banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi di portofolio reksadana

Tentu saja investasi ini sangatlah rekomended untuk dijalankan. Reksadana juga cocok buat kalian para pemula atau orang yang sedang belajar dalam investasi awal.


Pasar modal (Saham)

Pasar modal memang menjadi sebuah hal yang sangat asing untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, karena untuk bermain pasar modal memerlukan kemampuan dan modal yang besar.

Kini investasi pasar modal menjadi lebih mudah dan bisa dijalankan dengan modal yang minim. Untuk menjalankan investasi pasar modal, tentu sobat kosngosan.com harus memperhatikan berbagai hal.

Apabila kamu sudah mempelajari cara kerja pasar modal dan persaingan bermain pasar modal, maka kamu bisa menjalankan investasi pasar modal dengan benar.

Pasar modal memang memiliki resiko yang terbilang tinggi, namun juga bisa menguntungkan dengan jumlah yang besar. Investasi pasar modal menjadi salah satu jenis investasi yang bisa dijalankan anak muda.


Nah buat teman-teman kosngosan yang saat ini berniat untuk membuka akun RDN di Ajaib Sekuritas, ada pilihan untuk memasukkan kode referral yang kalian dapatkan sebelum pendaftaran selesai.

Kalian bisa memasukkan kode referal milik saya untuk mendapatkan berbagai promo menarik, yaitu muha937640396

Copy dan Paste-kan ke kolom referal di aplikasi Ajaib kalian, setelah itu kalian bisa mendapatkan keuntungan untuk mendapatkan berbagai penawaran khusus dari Ajaib. Jadi, ayo buruan menabung saham sedari dini!


Deposito Berjangka

Deposito berjangka menjadi salah satu instrumen investasi yang disediakan oleh pihak perbankan dan deposito berjangka menjadi pola investasi yang aman.

Deposito berjangka menjadi investasi berjangka yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan masyarakat juga bisa memilih pihak perbankan sesuai dengan keinginan.

Jenis bank yang menyediakan deposito berjangka sangatlah banyak, namun setiap bank memiliki penawaran yang variatif.

Apabila kamu menjalankan deposito berjangka, maka pengambilan uang harus sesuai dengan waktu yang disepakati.

Kamu tidak bisa mengambil uang sembarangan, apabila kamu tidak mau kena denda atau pinalti. Deposito berjangka juga menjadi salah satu jenis investasi yang cocok dijalankan oleh anak muda, karena modal investasi ini tidaklah terlalu mahal.


P2P Jangka Panjang

Peer-to-Peer (P2P) lending memang punya variasi pinjaman, dan kamu sebagai lender bisa pilih investasi secara jangka panjang. 

Kamu sebagai investor dan si borrower, umumnya melibatkan pinjaman dengan durasi yang lebih lama dibandingkan dengan pinjaman jangka pendek. Investasi pada bisnis dalam jangka panjang menggunakan platform p2p lending ini bisa jadi pilihan jika kamu memang ingin langsung terlibat pada bisnis tapi tidak mau pusing dengan hal teknis-nya.


Obligasi dan Sukuk

Obligasi dan sukuk umumnya dikategorikan sebagai investasi jangka panjang karena instrumen keuangan ini memiliki jangka waktu atau tenor yang relatif lebih panjang dibandingkan dengan investasi lainnya. 

Obligasi atau Surat Utang Negara (SUN) dibagi menjadi dua bagian yaitu obligasi konvensional dan obligasi syariah (Sukuk). Obligasi konvensional bisa dibagi menjadi ORI (Obligasi Ritel Indonesia) dan SBR (Saving Bond Ritel), dan yang termasuk obligasi syariah yaitu SR (Sukuk Ritel).

Obligasi ini konsep nya adalah pemerintah menghimpun dana dari masyarakat umum, untuk melakukan pembangunan. Dan membagi keuntungan dari pembangunan tersebut kepada pemilik obligasi dalam kurun waktu tertentu (bisanya 1-3 tahun)


Asuransi Unit Link

Asuransi unit link menjadi salah satu jenis investasi yang bisa melindungi diri sendiri, keluarga dan berbagai asett yang kamu punya.

Dengan menjalankan asuransi, maka kehidupan kamu akan lebih tenang. Asuransi dalam bentuk investasi bisa berupa aset seperti tempat hunian, kendaraan dan berbagai jenis aset lainnya.

Asuransi adalah investasi yang menggabungkan dua konsep sekaligus, asuransi dengan dana kelola. Dengan menjalankan asuransi, maka resiko yang mungkin dihadapi di masa depan akan lebih terjamin dan lebih aman.


Joint Venture (JV)

Walaupun sebenarnya Joint Venture atau sering disingkat dengan JV atau disebut juga "venture bersama," bukanlah praktik investasi murni, namun kegiatan ini merujuk pada suatu bentuk kemitraan bisnis yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak yang bekerja sama untuk menciptakan entitas usaha baru.

Mereka berkolaborasi dalam wirausaha tertentu, dan kamu bisa jadi salah satu pihak yang terlibat dalam investasi modal usaha, dan mendapatkan return atau bagi hasil jika usaha nya sudah berjalan atau mendapatkan keuntungan.



Motor Klasik

Motor bisa menjadi salah satu alat kendaraan yang banyak diminati di Indonesia. Ini adalah salah satu alat transportasi yang menguntungkan untuk dibeli kalau memang dijadikan sebagai mesin pencetak uang.

Apabila kamu memiliki motor jadul, tentu kamu memiliki instrumen investasi yang menguntungkan.

Harga motor lawas akan sangat mahal, karena penghobi barang antik dan kendaraan jadul akan memburunya dan memberikan harga yang mahal.

Motor lama bisa diperjual-belikan beragam. Setiap motor punya kelebihan dan kekurangannya.

Investasi motor lama menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok untuk anak muda penyuka gaya klasik, karena kalian biasanya menyukai dunia otomotif. atau hobi modifikasi akan banyak memburu motor lama.


Mobil Klasik

Mobil jadul juga bisa dijual dengan harga mahal lho. Jenis mobil yang beredar di Indonesia memang beragam, dan memiliki mobil bisa menjadi investasi yang menguntungkan apabila kamu tahu triknya. penghobi mobil lama di Indonesia sangat banyak.

Setiap kalian menjual ke komunitas misalnya, pasti mereka rela mengeluarkan uang yang besar demi mendapatkan mobil yang mereka telah incar.

Semakin langka mobil tersebut, maka harganya akan semakin mahal. Apabila mobil lama sobat kosngósan dirawat dengan baik dan masih mempertahankan nilai asalnya

Maka kamu bisa menjual mobil dengan harga tinggi di masa depan. Investasi mobil lama menjadi investasi yang cocok untuk para anak muda atau kaum milenial.


Crypto Currency

Saat ini crypto currency sedang hype lho. Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan crypto ini? Cryptocurrency merupakan jenis mata uang digital yang diciptakan untuk dijadikan sebagai alat transaksi virtual dalam jaringan internet.

Pasword rahasia yang rumit dimasukkan untuk melindungi keamanan mata uang digital dari pihak lain. Ada dua cara untuk mendapatkan crypto ini, melakukan mining atau investasi membeli coin di platfrom seperti Binance, Indodax, TokoCrypto dan lainnya.

Kalau tertarik invest bitcoin, etherium dkk di aplikasi binance, berikut panduan cara mendaftar binance buat kalian yang masih pemula.


Domain Unik

Investasi bukan hanya dalam bentuk saham, rumah, tanah atau lainnya.Tetapi juga domain atau kepemilikan nama suatu website.

Misalnya kamu beli domain unik yang masih tersedia, lalu pemilik bisnis ingin memiliki domain tersebut untuk usahanya, maka dia rela membeli domain tersebut di harga atas.

Contoh realnya saja seperti domain calon presiden pada pemilu 2019 lalu beberapa domain yang menggunakan nama Prabowo dan Sandi, dan Jokowi Maaruf dijual dengan harga tinggi.


Website Monetise

Dahulu untuk mempromosikan produk kebanyakan orang hanya memasang spanduk atau banner di pinggir jalan.

Sekarang, pelaku usaha seperti sobat kosngosan yang lebih sering menghabiskan waktu untuk online di depan smartphone, banyak mendapatkan orderan produk setelah berkunjung ke website.

Jadi punya website yang ramai pengunjung adalah salah satu investasi jangka panjang yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha.


Akun Sosial Media

Nah selain investasi dalam bentuk aset terlihat (tangible), mimin kosngosan juga membagikan jenis investasi jangka panjang lainnya dalam bentuk akun media sosial.

Misalya kamu punya akun Instagram dengan follower banyak, punya akun fanpage facebook yang punya like banyak, dan akun tiktok follower banyak. Maka kamu bisa jadikan itu aset, dimana nilainya semakin lama semakin berharga.


Akun TikTok dan Instagram

Akun Tiktok dan instagram adalah dua jenis akun sosial media yang paling banyak dipergunakan banyak orang saat ini.

Ketika sudah punya akun tiktok dengan follower dan viewer yang banyak, kamu bisa manfaatkan untuk menghasilkan uang, begitu juga dengan instagram

Dengan rutin menghasilkan konten setiap hari, kamu bisa dianggap seperti berinvestasi dalam jangka panjang, karena akan menghasilkan passive income yang konstan


Channel Youtube

Hampir sama dengan website atau situs, channel atau kepemilikan kanal di sosial media youtube bisa menjadi investasi jangka panjang yang memberikan keuntungan.

Karena kalau kamu rajin berinvestasi di channel youtube mu (dengan cara mengisi konten konten video yang banyak dicar), semakin ramai penonton, semakin banyak subscriber

Maka adsense semakin banyak, pihak brand juga semakin banyak ingin bekerjasama dengan mu dalam bentuk endorsement


Jam Tangan Klasik

Jam tangan juga menjadi salah satu benda yang banyak diburu oleh banyak orang. Investasi pada benda koleksi seperti jam tangan (apalagi jenis automatic, atau tanpa baterai).

Bahkan ada yang rela mengeluarkan ratusan juta untuk membeli koleksi jam tangan yang cukup langka karena memang punya nilai historis yang tinggi


Karya Seni Langka

Karya seni adalah produk yang tidak memiliki batasan nilai harga, apalagi diciptakan oleh seseorang yang terkenal dan punya nilai historis yang tinggi

Sebut saja beberapa jenis seperti lukisan, patung, anyaman, keramik dan berbagai karya seni lainnya yang biasanya dikoleksi oleh para kolektor dengan harga yang tinggi


Lagu dan Musik

Kamu pencipta lagu atau musik? dengan menciptakan lagu dan musik, kemudian mendaftarkannya ke lembaga hak cipta, maka kamu sudah berinvestasi dalam produk tersebut

Adapun orang orang yang ingin menggunakan lagu dan musik tersebut akan meminta izin kepada kamu dan kamu akan mendapatkan fee royalti sekian persen


Penutup

Sobat sebagai investor memang bertanggung jawab pada keputusan kalian sendiri dalam membeli instrumen saham. Walaupun kamu sudah berkonsultasi dengan para ahli mengenai pilihan yang tepat. Jadi semoga kita mengharapkan tidak terjadi yang buruk.

Kalau ada hal yang tidak diinginkan terjadi, tentu saja semua menjadi tanggung jawab kamu sendiri dalam menanam uangmu sebagai investor. Belajar lagi lebih banyak untuk bagaimana manajemen keuangan lebih baik, and keep moving.

Semoga artikel dari kosngosan.com ini bermanfaat buat siapa saja yang pengin mulai investasi dengan modal minim, utamanya para mahasiswa dan pelajar. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya