Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Daftar Trading di Binance dengan Mudah

Bagaimana cara mendaftar dan trading crypto currency di aplikasi Binance? Pada saat masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang beralih ke investasi sebagai jalan memutarkan keuangan untuk bertahan hidup. Namun, Jangan sampai salah berinvestasi ke perusahaan atau ke wadah yang tidak jelas. Akan ada baiknya berinvestasilah pada perusahaan yang sudah terjamin kredibilitasnya, kejelasannya dan sudah diakui oleh pemerintah. Salah satu diantaranya adalah “Binance”. Sebenarnya ada juga platform lain seperti Indodax, Rekeningku, dan lainnya. Tapi seperti judul artikel ini, kosngosan.com akan fokus membahas mengenai Binance.

Binance merupakan sebuah aplikasi investasi yang mengkamulkan pertukaran mata uang kripto yang menyediakan platform/ wadah utama untuk perdagangan berbagai mata uang kripto. Mata uang kripto sendiri adalah aset digital dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi (ilmu tentang membuat pesan tersembunyi) yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan hingga menverifikasi transfer aset. Selain itu, mata uang kripto yang paling terkenal adalah bitcoin, ehtereum, litekoin, ripple dan masih banyak mata uang lainnya.

Nah, jenis mata uang uang digunakan pada binance sendiri adalah “binance coin”. Selain mengkamulkan pertukaran mata uang, kita bisa mengubah mata uang binance coin tersebut menjadi rupiah atau lebih tepatnya di uangkan. Dengan begitu, Kita bisa mencairkan berapa pendapatan dari hasil investasi kita di Binance.


daftar trading binance

Cara Daftar Binance Secara Lengkap

Namun, untuk berinvestasi melalui Binance, tentu kamu harus mendaftar pada aplikasi binance tersebut melalui smartphone android. Bagaimanakah cara mendaftar binance pada smartphone android? Simak berikut langkah-langkahnya:

Baca juga : Cara Investasi Saham di Ajaib Sekuritas


1.Mempersiapkan Email, Nomor HP Aktif dan KTP/SIM/Paspor

Sebelum menggunakan binance, hal yang pertama kali kita lakukan adalah menyiapkan akun email dan juga nomor hp yang aktif. Seperti Gmail/Ymail yang aktif sebagai syarat untuk mendaftar ke akun binance. Hal ini dilakukan agar mempermudah kamu untuk mendaftar ke akun binance nantinya. Lalu untuk keperluan identitas supaya akun mu verified, kamu juga harus sudah punya KTP, SIM atau Passpor yang nantinya harus di Foto untuk kemudian di upload.


2.Download Aplikasi Binance

Nah, yang kedua. Jika kamu belum punya aplikasi binance, maka kamu harus mendownload nya di App Store atau Playstore. Kamu hanya tinggal mencarinya saja melalui Playstore dengan kata kunci “Binance”. Perlu di ketahui, Aplikasi resmi binance berlogo “kotak persegi warna putih dengan ciri khas warna kuning disekelilingnya”.

Bagaimana cara mendowloadnya? Klik aplkasi binance dan klik “Download”, Kemudian tunggu beberapa waktu, saat proses penginstallan memuat/ loading dimulai hinga berakhir. Binance berhasil di download pada playstore ketika kata “download berubah menjadi “Open/Buka”.


3.Registrasi

Langkah selanjutnya untuk memiliki akun binance adalah mendaftar pada akun binance tersebut. Caranya dengan klik “Register”. Setelah itu, akan ada muncul tampilan baru berupa “Email and Password”. Untuk tahap ini, masukkan akun gmail/ymail kamu yang masih aktif untuk mendaftar ke akun binance. Setelah semua terisi klik “Register” pada kolom dibawah data email dan password tersebut. Nah, Tapi bagi sobat kosngósan yang sudah punya akun binance, kamu hanya perlu masuk melaui “Login” yang muncul pada saat kamu membuka aplikasi binance pertama kali.


4.Konfirmasi Email

Setelah berhasil mendaftar, Kamu akan diberikan tampilan baru yaitu berupa “Konfirmasi email”. Pada langkah ini, Buka akun email kamu dan periksa pesan terbaru yang masuk dari binance. Buka pesan dari binance, akan ada tulisan berupa “Confirm your registration” dan kamu hanya perlu mengikuti perintah dari pesan tersebut. Akun yang sudah di konfirmasi akan muncul kata “akun berhasil di konfirmasi/ Confirm Succes, maka akun binance kamu telah berhasil dibuat dan akan muncul halaman depan aplikasi binance berupa bbeberapa pilihan menu yang tersedia.


5.Men-setting beberapa pengaturan lain

Untuk mencegah terjadi nya beberapa hal yang tidak diinginkan seperti pembobolan akun, akan lebih baik mensetting beberapa hal, Seperti mengatur keamanan akun binance kamu. Nah, cara mengaktifkan keamanan akun binance kamu adalah klik “Settings”, lalu pilih “Security”.

Keamanan pada data kamu atau data security adalah sebuah prosedur yang didukung regulasi dan teknologi untuk melindungi data kamu dari perusakan data, modifikasi/ perubahan data, serta penyebaran data baik yang disengaja ataupun tidak. data security juga merupakan perlindungan terhadap data digital yang bersifat “Privasi” atau “Rahasia” untuk mencegah akses yang tidak diinginkan terjadi terhadap komputer, database, maupun website.

Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan, kamu cukup memilih salah satu diantaranya. Misalkan menggunakan “Google Aunthenticator”.


6.Mendownload Google Authenticator

Untuk mengaktifkan keamanan akun binance. kamu harus mendowload “Google Authenticator” yang tersedia pada App Store atau Playstore. Perlu kamu ketahui, Google Authenticator adalah sala satu aplikasi otentikasi dua faktor termudah dan terbaik untuk menjaga akun online-mu dengan mengeluarkan kode otentikasi ke smartphone pengguna ketika kamu mencoba mengakses akun pribadi kamu.

Bagaimana cara mendowloadnya? Klik aplkasi binance dan klik “Download”. Google Authenticator berhasil di download pada playstore ketika kata “download berubah menjadi “Open/Buka”.


7.Set Up Key

Setelah Google Authenticator berhasil di download, Lalu kembali ke akun binance dan klik “Next”. Setelah itu akan ada tampilan baru “Key Set Up”. Pada tampilan ini, sobat kosngosan klik copy.

Selanjutnya, Buka Google Authenticator dan klik “Get Started” Selanjutnya akan ada tampilan baru, dan masukkan/ Paste Key Set Up pada kolom yang sudah tersedia beserta password.

Jangan lupa masukkan Account Name sesuai dengan yang kamu inginkan, Misalnya “Binance”. lalu selanjutnya, Klik “Next” dan add Account. Lalu akan muncul Tulisan berupa Account Name beserta dibawahnya Kode Unik, Misalnya ( 324 704).

Kegunaan dari Set Up key ini adalah kamu bisa masuk ke akun binance melalui email password ataupun melalui kode unik dibawah Name Account tersebut dan Key Set up 6 Digit ini akan berubah sesusai waktu timernya habis.

Langkah selanjutnya, masuk ke Google Aunthenticator, Masukkan 16 Digit Key Set Up yang telah di copykan sebelumnya dari akun Binance klik next dan selajutnya login Menggunakan password dan key set up 6 digit yang tertera pada akun binance. Kemudian klik “Submit”. Maka, Akun Binance kamu siap untuk digunakan.


8.Sms Authenticator

Jika Kamu tidak ingin menggunakan Google Authenticator, kamu bisa memilih sms authenticator. Pada penggunaan keamanan ini, Kamu tidak perlu menginstall apapun selain aplikasi binance. Sms authenticator akan menghubungkan kamu dengan cara memasukkan nomor telepon kamu yang aktif. Pada Saat Login, Sms authenticator akan mengirimkan kode unik untuk masuk/ Login ke Akun Binance kamu.


9. Verifikasi Identitasmu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya, kamu perlu untuk melakukan verifikasi data dimulai dari verifikasi nomor telepon aktif, email dan juga scan foto NIK, SIM atau Paspor. Untuk verifikasi email dan nomor hp sudah dilakukan sebelumnya. Kali ini kamu harus verfikasi identitas supaya kamu bisa menambah jumlah deposit untuk mata uang rupiah, serta bisa menambah kapasitas withdraw Bitcoin.

Masuk ke Aplikasi Binance, Tab Pusat Pengguna - Identifikasi. Pada bagian "Verifikasi Identitas" lalu tab Verifikasi. Setelah memilih kewarganegaraan (pilih Indonesia), selanjutnya masukkan informasi pribadi yang tertera pada form.

Tab lanjutkan. Klik verifikasi lanjutan, dan masukkan foto KTP/SIM/Passport mu. Pilih jenis ID yang sesuai dengan 2 cara, yaitu dengan mengambil foto langsung dari aplikasi (perlu izin dari HP mu) atau mengunggah file (fotonya sudah kamu simpan di galeri, tinggal di upload saja).

Lalu setelah upload foto Dokumen ID, selanjutnya kamu harus mengambil foto selfie mu yang terbaru untuk perifikasi. Tab area gambar untuk mengambil wajahmu. Tab kirim dan lanjutkan. Tab "Mulai verifikasi" untuk memverifikasi wajah mu.

Nah setelah itu, kamu bisa menunggu beberapa jam atau hari, sampai pihak binance selesai untuk memproses dan memverifikasi data. Pengalaman mimin kosngosan pribadi, tidak sampai 1 hari, akun binance mimin sudah di verifikasi dan mendapat centang hijau di halaman profil.


10. Cara Deposit Binance pakai Rupiah

Bagaimana cara top up rupiah ke binance? Seperti yang kita tahu bahwa platform binance berasal dari luar negeri, dan setiap transaksinya secara default menggunakan mata uang dollar. Jadi kita perlu untuk mengetahui cara deposit atau top up saldo ke rekening Binance milik kita. Ada 2 cara favorit mimin (sebenarnya ada banyak cara), berikut akan mimin jelaskan caranya :


a. Pakai Fitur P2P

Peer to Peer adalah fitur yang disediakan oleh Binance sebagai pihak ketiga yang bisa mentrasfer uang yang kita kirim ke pihak P2P. Pihak ini akan mengubah Rupiah ke USDT (dengan nilai tukar rupiah dollar yang berlaku saat itu juga). Berikut langkahnya :

Pergi ke tab "Wallet" kemudian pilih tab "P2P" yang ada di atas. Kemudian tab kembali tombol "P2P" yang berwarna Orange. Pilih yang USDT, nantinya akan banyak pihak ketiga yang menyediakan jasa top up dari Rupiah ke USD. Pilih saja salah satunya, masing masing punya limit maks dan minimal top up

deposit binance

deposit binance p2p

Setelah memilih salah satu, masukkan jumlah nominal rupiah yang akan kamu deposit. Lalu klik tombol "BUY USDT" nantinya tab "Konfirmasi Pembayaran" dan kamu harus melakukan transfer ke nomor rekening yang tertera pada deskripsi penyedia layanan. Tunggu sampai beberapa menit, hingga saldo USDT mu bertambah.

cara deposit binance

Setelah itu kamu belum bisa langsung trading dan membeli crypto. Langkah terakhir adalah kamu harus melakukan transfer dari USDT ke Spot. Caranya pergi ke "Wallets" pilih tab "Transfer". Untuk From pilih P2P Wallet, dan untuk To nya pilih Spot Wallet. Baru klik BTC, pilih USDT dan masukkan jumlah maksimal saldo yang kamu miliki. Klik tombol "Transfer" dan kini kamu sudah bisa Jajan Crypto.


b. Via TokoCrypto

Salah satu platfrom lokal yang dibina oleh Binance adalah TokoCrypto. Jadi kamu bisa deposit dari tokocrypto dulu, baru nanti kamu transfer saldonya ke Binance. Pertama, downlod, install dan buat akun terlebih dahulu di Aplikasi TokoCrypto.

Setelah kamu daftar dan sudah terverifikasi (kamu bisa googling untuk detail lengkap cara registrasi tokocrypto), maka kamu bisa mengisi saldonya. Pergi ke "Wallet", lalu pilih ke Balance. Pada bagian BIDR, kamu harus isi terlebih dahulu. Dengan cara pilih "Deposit". Nah setelah itu kamu bisa mentransfer uangnya ke nomor akun rekening virtual yang sudah tertera.

deposit tokocrypto

Setelah kamu memiliki saldo BIDR di tokocrypto, langkah selanjutnya adalah mentransfer saldo BIDR itu ke Binance. Caranya pergi ke "Wallet" lagi, di BIDR yang sudah terisi itu, kamu klik "Withdraw". Kemudian pilih tab "Crypto", pada bagian BTC, ganti dan cari BIDR.

cara deposit tokocrypto

Kemudian kamu harus mengisi "BIDR Recipient's Address" dan "BIDR Recipient's Memo" yang kamu dapat dari Binance. Nah untuk mendapatkan kode keduanya, kamu ke Binance dulu. Pergi ke Wallet, pilih Fiat and Spot. Di bagian Search Coin, pilih BIDR. Nah di bagian BIDR itu, kamu pilih action "Deposit", karena kamu mau menerima uang dari TokoCrypto.

deposit tokocrypto binance

Nanti kode "BIDR Recipient's Address" dan "BIDR Recipient's Memo" akan muncul di halaman Binance. Itu lah yang kamu pakai untuk dimasukkan pada "BIDR Recipient's Address" dan "BIDR Recipient's Memo" yang ada di TokoCrypto.

cara top up binance

INGAT, JANGAN SAMPAI SOBAT KOSNGOSAN MEMASUKKAN KODE NYA SALAH, KARENA SALAH SATU KARAKTER SAJA, MAKA UANG MU BISA HANGUS!!!


11. Cara Trading Crypto Currency Binance

Nah setelah kamu melakukan deposit atau top up ke saldo Binance, kamu bisa langsung melakukan trading atau jual beli crypto disana. Caranya adalah kamu cukup pergi ke tab "Markets" kemudian cari coin incaranmu. Untuk coin crypto menggunakan kode nama tertentu, misa DOGE untuk Doge Coin, BTC untuk BitCoin, HOT untuk Halochain, BNB untuk Binance Coin dan crypto lainnya.

Saran mimin jangan sembarangan beli crypto. Kamu harus banyak belajar dan melakukan riset mendalam mengenai coin yang telah kamu beli, supaya nantinya kamu tidak mengalami kerugian yang berarti akibat salah beli coin yang tidak jelas. Intinya, trading dan investasi crypto itu HIGH RISK HIGH RETURN. Bahkan lebih beresiko dari Saham dan Forex. Camkan itu!


12. Cara Withdraw Binance

Nah setelah mendapatkan keuntungan, kebanyakan para investor atau trader crypto pasti akan melakukan penarikan dana baik sebagian atau seluruhnya. Nah cara withdraw Binance ada beberapa cara. Kamu bisa memilih, bisa withdraw langsung ke rekening mu atau withdraw dengan mentransfer ke TokCrypto, baru kemudian dari tokocrypto kamu bisa cairkan ke rekening.

Buka Wallet binance mu. klik tulisan overview, kemudian pilih tombol Withdraw. Kamu dapat melanjutkan proses penarikan dana dengan memilih jenis mata uang yang ingin kamu tarik. Untuk saat ini ketika tulisan ini dibuat, mimin mencoba memilih IDRT masih mengalami perbaikan oleh sistem binance. jadi kamu bisa mencoba USDT. Jika belum memiliki saldo IDRT, sobat dapat bertransaksi di pasar spot dengan membeli koin IDRT melalui koin yang dimiliki. Caranya googling saja.

cara withdraw binance

Kemudian kamu harus menuliskan alamat untuk rekening platform lokal. Hal tersebut karena Binance sendiri merupakan platform internasional yang umumnya tidak terhubung dengan rekening bank lokal seperti BNI, Mandiri, BRI dan lainnya. Untuk mempermudah penarikan ke rekening bank lokal, kamu bisa mengirim dana withdraw ke platform lokal. Jadi, lamat yang ditulis adalah alamat dompet dari platform lokal.

Atau untuk lebih mudahnya, seperti Cara Kedua, kamu bisa withdraw kemudian pilih USDT (setelah kamu transfer saldo mu ke USDT seperti instruksi sebelumnya). Pilih address yang kamu dapat dari TokoCrypto (dengan cara deposit dan dapatkan alamatnya), kemudian pilih network, masukkan jumlah dana yang ingin kamu withdraw, kemudian klik tombol "Withdrawal".

Nantinya setelah saldo masuk ke TokoCrypto, baru kamu withdraw pakai rekening lokal (mimin tidak akan bahas cara withdraw tokocrypto, kamu bisa googling, karena menurut mimin caranya cukup mudah, karena tokocypto merupakan plaftrom lokal, jadinya lebih mudah untuk penarikan dana pakai rekening bank lokal)


13. Kode Promo Binance

Nah buat kalian yang ingin mendapatkan bonus lebih gede lagi, bisa pakai kode referal dari kami "S627MNT8" atau klik link ini https://accounts.binance.cc/en/register?ref=S627MNT8 sebelum mendaftar binance, masukkan kode tersebut pada kode refereral yang dibutuhkan. Nah kamu bisaa mendapatkan hadiah saat ada yang menyelesaikan perdagangan setiap saat. Setiap kali teman yang melakukan perdagangan, kamu akan berbagi hingga 40% komisi secara real time.

Nantinya keuntungan yang mimin dapatkan adalah sampai dengan 20% bonus referral dari biaya trading, sementara teman yang memasukkan kode tersebut akan mendapatkan 10% diskon dalam biaya trading. Lumayan kan? Jadi sistemnya saling menguntungkan, mimin dibayar, dan kamu juga bisa berhemat dari memasukkan kode referal tersebut!


14. Tonton Video Panduannya

Jika teman teman kosngosan ingin menonton panduan investasi crytocurrency lebih lengkap dalam bentuk video, mimin sudah menyematkan video panduan dari binance langsung dari channel nya untuk memudahkan kalian dalam memahami bagaimana cara kerja dari aplikasi ini, silahkan tinggal kalian klik tombol play dibawah ini :

Baca juga : Investasi yang Cocok untuk Anak Kuliah


Kesimpulan Akhir

Trading crytocurrency di aplikasi binance memang tergolong cepat dan mudah. Tidak ada syarat yang susah untuk dilengkapi. Buat kamu yang ingin segera mendaftar dan terjun langsung merasakan bagaimana sensasi trading yang sebenarnya, bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah dijelaskan oleh mimin kosngosan.com secara terperinci.

Semoga saja dengan adanya informasi diatas, bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat teman teman yang ingin berinvestasi dibidang mata uang digital block chain ini. Ayo bagikan kepada teman teman mu juga, supaya mereka juga bisa mendapatkan cuan dari investasi bitcoin dan teman teman nya ini. Terimakasih sudah berkunjung ya!

Oleh rezaharahap