Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Mencari Kost Murah Bagi Mahasiswa Baru

Bagaimana cara mencari kost -an yang nyaman namun tetap terjangkau bagi anak kuliah yang baru hidup di perantauan? Tempat kost adalah kebutuhan papan yang harus dipenuhi terlebih dahulu apabila ingin tinggal jauh dari keluarga. Untunya kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips sederhana untuk mendapatkan kost terdekat dari tempat kampusmu sesuai dengan kebutuhan masing masing. Penasaran? let's check these out!

Sebenarnya apabila sobat kosngosan mau membuang sedikit prestise atau gengsimu, kamu bisa menyewa rumah di komplek perumahan sederhana di pinggiran kota, kemudian kalian bisa mengontrak rumah tipe RSS bersama teman-temanmu yang lain.

Mengapa? Karena ternyata biaya kos di dekat kota maupun pusat kota justru lebih mahal ketimbang di pinggiran. Ini jelas sekali. Harga dan nilai lahan di perkotaan sangat potensial dan mahal.

Makanya untuk daerah kota, lahan banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, bukan untuk tempat tinggal. Sementara untuk perumahan dan tempat tinggal lebih diperuntukkan pada daearh pinggiran kota.

Kamu bisa mengajak teman-temanmu lainnya untuk tinggal serumah. Kalian bisa menghemat biaya kontrak rumah, listrik, air, sampah, keamanan dll. Tapi yang perlu diperhatikan, pilihlah teman satu kos mu yang benar-benar sudah kamu ketahui sifat dan karakternya yang sudah lama kamu kenal. Agar nantinya jangan sampai menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Alasan lain mengapa biaya kos di perkotaan lebih mahal adalah karena kebijakan dari pemerintah daerah juga berpengaruh sekali. Contohnya, bila kamu tinggal di kota A yang menerapkan pajak PBB dan retribusi lainya bagi pemilik kos atau kontrakan, kemungkinan besar sang pemilik kos juga akan menaikkan biaya kosnya.

Baca dulu : Kiat Mendapatkan Nilai A+ dan Lulus CumLaude bagi Mahasiswa


Tips Hunting Kost Murah


Tips Mencari Kos Murah

Kamu anak kost yang sedang kuliah dan sekolah, kebanyakan tinggal di kos. Dan banyak diantara anak kost sering mengeluh mengenai tarif dan sewa kos yang relatif mahal dan membebani bulanan masing-masing. Anak kos yang sedari dulu sudah menderita dengan ketergantungannya yang tinggi terhadap biaya bulanan, kini mesti berpikir dua kali untuk menempati kos kosan yang lebih murah.

Kalau biaya kos mimin dulu, sewaktu menjadi anak kost memang nggak terlalu mahal, karena memang letak kampus bisa dibilang agak jauh dari pusat kota. Tapi apa jadinya bila kamu-kamu yang notabene anak kos justru berada di pusat kota? Tentu hal ini menjadikan biaya kos muu membengkak.

Sebelum tinggal ada baiknya kamu teliti dulu kebijakan pemerintah daerah setempat. Muncul pertanyaan, bagaimana tips mencari kos yang murah meriah? Penasaran? Ikuti tips dibaawah ini :

Tentukan Lokasi


Seperti yang dibicarakan pertama, lokasi menjadi peranan penting untuk mendapatkan sewa kos yang murah. Kamu harus berlapang dada bila memang kos di daerah pinggiran kota Karena biasanya, daerah pinggiran lah yang menyediakan tempat kos yang relatif lebih murah dan bersahabat dengan kantongmu.

Fasilitas Pendukung


Periksa apakah banyak penjual nasi padang disana? Biasanya bila banyak, maka kamu bisa mencari referensi tempat makan termurah tanpa harus mengesampingkan soal rasa. Biaya hidup juga penting seperti biaya fotocopy, servis laptop, motor, laundry, dan lain-lain. Jadi selain biaya kos, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup lainnya.

Kemudahan Akses


Apakah akses menuju tempat kos sulit? Pantas saja sewa kosnya menjadi murah. Hanya saja, kamu harus mengesampingkan soal harga bila ternyata akses menuju kosan tidak mudah dicapai, misalnya hanya punya jalan setapak dan tidak memiliki jalan untuk kendaraaan. Bagaimanapun, akses tetap menjadi hal yang prioritas.

Cari Info di Grup Media Sosial


Biasanya informasi seputar kos murah cukup banyak diberikan oleh anggota grup seperti facebook atau whatsapp. Kamu harus jeli menentukan mana informasi yang benar valid atau yang hoax. Jangan sampai informasi itu merugikan kamu sebagai pencari kos.

Usia Properti


Biasanya, kos yang lama dan sudah banyak yang menempati akan lebih murah sewa kosnya dibanding kos yang baru dibangun. Karena memang pada bangunan terdapat nilai depresiasi yang dihitung berdasarkan umur ekonomisnya. Jadi, jangan gengsi untuk menempati kos yang sudah lama dibangun. Baca juga : Cara Membeli Apartemen bagi Mahasiswa

Skill Negosiasi


Nah terakhir, sobat kosngosan bisa mendapatkan kos murah yang kamu mau bila kamu adalah seorang negosiator ulung. Kamu mesti tahu pasaran kos di daerah lain dan bandingkan dengan kos incaranmu. Setelah mendapati hati pemilik kos, kamu bisa melancarkan upaya represif untuk menego sewa kos yang relatif lebih murah

Update

Manfaatkan Koneksi


Koneksi di sini maksudnya adalah pertemanan. Untuk mencari kost yang murah kamu membutuhkan informasi dari banyak orang. Oleh karena itu semakin banyak temanmu yang sudah tahu seluk beluk di daerah tempat kamu akan tinggal, semakin tinggi kemungkinan sobat kosngosan untuk mendapatkan kos yang lebih murah

Berdua Lebih Terjangkau


Pilihan ini bisa kamu ambil, apabila sobat kosngosan ingin tinggal di kos-kosan, yang memiliki cukup ruangan untuk berdua. Pastikan bahwa pemilik kos memang memperbolehkan untuk berdua, sehingga pembayaran sewa juga bisa lebih murah karena dibagi dua. Namun yang tidak enaknya dari berdua adalah kamu harus berbagi privasi dan juga pandai-pandai dalam menghindari konflik internal yang biasanya terjadi dengan teman satu kamar kos

Lokasi yang Cocok untuk Usaha


Selain pertimbangan lokasi yang agak jauh dari kota kamu juga harus mempertimbangkan lokasi tempat kost yang cocok untuk berusaha, apabila kamu memang ingin membuka usaha sampingan ketika kuliah nanti. Misalnya kamu bisa mencari kos yang memiliki pekarangan luas sehingga kamu bisa bercocok tanam atau beternak ikan

Rumah Kontrakan Lebih Murah


Terakhir, mimin bisa rekomendasikan untuk melupakan kamar kost dan Carilah rumah kontrakan yang agak jauh dari lokasi kampus. Kamu bisa mencari rumah tipe RSS dengan satu kamar, kemudian bisa kalian isi dengan tiga atau empat orang.

Dua orang tidur di kamar, dua lagi tidur di luar. Akan tetapi pastikan kamu memiliki kendaraan sehingga tidak akan menghambat mobilitas muncul ke kampus. Ikan juga untuk mencari rumah kontrakan dengan lingkungan yang aman


Pilih Lingkungan yang Positif


Memilih kost juga tidak bisa berdasarkan pertimbangan harga saja. Akan tetapi kamu juga harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk pergaulan dan lingkungan yang baik. Sehingga dengan memilih kost yang punya pergaulan positif, akan menjauhkan kamu dari yang namanya perbuatan yang melanggar norma dan penyakit sosial lainnya.

Baca juga : 101 Kata Ucapan Selamat WISUDA Keren


Kata Penutup


Memilih kost memang membutuhkan effort yang lebih. Tidak boleh sembarangan, karena tempat tinggal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kesuksesan kamu kuliah pada semester selanjutnya. Hendaknya kamu memilih kost yang tidak hanya murah, tetapi juga memiliki lingkungan yang baik serta mendukung mu dalam berprestasi di kampus.

Oke sekian postigan mengenai Tips Mencari Kos Murah Meriah. Semoga sobat kosngosan bisa menjadi anak kos yang efisien dan tidak boros terhadap uang bulanan yang diberikan oleh orang tua di kampung. Have a nice day, jangan lupa share artikelnya ya
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru