Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Bisnis untuk Anak SMA yang Menghasilkan Terbaru

Apa saja bisnis pelajar yang menguntungkan saat ini? Menjadi pengusaha sukses memang menjadi impian banyak orang. Ketika kaum milenial saat ini lebih memilih untuk bekerja secara fleksibel, maka memulai usaha kecil kecilan menjadi salah satu alternatif yang patut untuk dicoba. Apalagi kamu yang saat ini masih duduk dibangku sekolah menengah atas, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis sampingan sambil belajar mandiri secara finansial.

Memulai untuk membuka usaha memang selalu membutuhkan perhitungan, bahkan jika kamu pelajar dengan modal 10k sekalipun! Tips bisnis sma ala kosngosan kali ini dimulai dari mencari usaha yang mudah untuk dikelola. Memulai bisnis bagi kalian, anak muda adalah pilihan bijak apabila tidak ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi karena faktor biaya.

Sebenarnya bila kamu benar-benar berorientasi untuk bekerja, dengan predikat lulusan SMA atau sederajat, bukan tidak mungkin kamu bisa sukses dikemudian hari bila kamu mengikuti tips usaha anak sma berikut ini.

Akan tetapi hal yang perlu kamu ketahui antara lulusan SMA dan MA jelas berbeda dengan lulusan SMK. Karena memang lulusan SMK sudah diberikan keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan jurusan mereka masing-masing, sehingga nantinya kamu bisa membuka usaha dan langsung bekerja setelah tamat sekolah nanti.

Pada kesempatan kali ini, tips bisnis khusus pelajar berikut mungkin hanya berlaku bagi kalian, yang yang berniat hendak mencari pendapatan sampingan, setelah lulus ujian akhir. Ingat ini bukan bisnis yang bisa merusak waktu belajar mu ya, kamu tetap fokus belajar


bisnis anak sma menghasilkan


Bisnis Pelajar yang Menguntungkan Modal Kecil


Kembali ke pembahasan peluang bisnis, banyak peluang bisnis yang bisa dicoba oleh lulusan muda dari sekolah tinggi. Tentunya Kamu menelepon keluar jenis usaha yang mudah, menjanjikan, modal kecil dan tidak menghabiskan banyak waktu. Berikut adalah contoh dari Sekolah Tinggi Lulusan Peluang Bisnis yang dapat Kamu coba hari ini

Baca juga : Ide Usaha Mahasiswa yang Menghasilkan

Peluang Bisnis Untuk Lulusan sekolah menengah atas bisa kamu coba beberapa jenis usaha berikut ini, yang tentunya lebih mudah dikerjakan dan minim modal :


1. Jualan Parfum Refill

Apakah sobat kosngośan menyukai dunia perhiasan? mungkin ini cocok untuk siswi SMA yang suka tampil harum setiap saat. Apabila kamu belum bisa membeli peralatan atau perlengkapan untuk membuka usaha parfum minyak wangi isi ulang, maka kamu bisa membeli dari distributor nya langsung untuk dijual kembali kepada teman teman mu di sekolah, dan juga dijual secara online


2. Ikut Koperasi Sekolah

Seorang pelajar SMA juga bisa menjadi anggota koperasi sekolah dan aktif berbisnis di dalam kegiatan ekstrakulikuler tersebut. Kamu bisa mengembangkan omset di dalam koperasi sekolah dan berbagai keuntungan diantara anggota lainnya.

Kemajuan, keuntungan dan kerugian koperasi sangat bergantung dengan aktivitas dan kerja keras para anggotanya. Karena lembaga ini didirikan dan dikembangkan oleh anggotanya sendiri maka kualitas dan manajemen dari anggotanya sangat diperlukan


3. Ikut Projek Guru

Apabila kamu akrab dengan guru, bukan tidak mungkin kamu bisa ikut beberapa projek yang dikerjakan nya. Seperti misalnya guru yang mengerjakan projek konveksi seragam sekolah, maka kamu bisa membantu desain seragam tersebut.

Atau kerjaan seperti pengadaan lampu LED untuk sekolah, kamu bisa membantu guru untuk membeli lampu langsung dari grosiran. Intinya dekat dengan guru akan memberikan mu peluang untuk berbisnis lebih besar. jadi jalin lah hubungan yang positif bersama gurumu, apalagi wali kelas.


4. Menjadi Seorang Blogger

Kata siapa menjadi blogger hanya bisa dilakukan oleh orang yang paham tulisan dan dunia jurnalisme? Untuk anak SMA sepertimu yang punya waktu luang pun juga bisa melakukannya. Mulailah dengan membuat akun google dan masuk ke blogger kemudian mulailah menulis apa yang kamu senangi.

Dengan mengupdate konten secara berkala, nantinya pelajar SMA seperti mu akan mendapatkan traffic yang lumayan. dari traffic itu kamu bisa mendaftarkan blog mu ke partnert periklanan google adsense. Selain itu kamu bisa mendapatkan jasa review, endorsement, dan juga penulis tamu


5. Menjadi YouTuber

Keuntungan seorang youtuber adalah karena bisa dimulai tanpa modal hanya memanfaatkan fasilitas dari google saja. Walaupun untuk menghasilkan video yang berkualitas memang teteap butuh modal secara teknis.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun google mu isi dengan video yang bermanfaat dan menarik untuk orang lain.

Pilihlah topik yang mudah dan kalau bisa sesuai dengan minat mu sehingga sobat kosngosan bisa mengeksplorasinya. Ketika penunjung dan penonton video youtube mu mulai banyak maka selanjutnya adalah giliranmu untuk menghasilkan uang


6. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan apa saja yang kamu senang melakukan selaiin untuk hobi dan membunuh waktu luang? pasti banyak. Sekarang cobalah untuk berpikir tentang kerajinan apa yang dapat dengan mudah diproduksi

Produk ini mestilah membutuhkan biaya minim namun punya nilai jual yang tinggi. Ada berbagai jenis kerajinan yang dapat kamu coba sendiri, dan utamakan ini adalah passion atau hobi mu yah, bukan cuman berorientasi bisnis semata.


7. Menjual Token dan Pulsa

Bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan oleh kaum milenial yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas, karena jenis usaha ini sangat mudah dijalankan sehingga sangat cocok untuk pemula Untuk memulai bisnis ini, kamu dapat bekerja dengan orang-orang / counter yang menyediakan pulsa untuk dijual dan berbagi keuntungan, atau kamu dapat memulai sendiri dengan modal cukup tidak menguras kantong.

Selain penjualan pulsa elektrik untuk HP, sobat kośngosan juga bisa menjual Token listrik untuk keperluan sehari hari. Manfaatkan aplikasi agregator untuk pembayaran semua seperti Paytren atau bebas bayar. Supaya kamu tidak lagi repot untuk membawa banyak perangkat di kantongmu.


8. Menjadi Reseller / Dropshiper

Seberapa cerah prospek reseller dan dropshiper sekarang ini? Seorang reseller memang bukanlah hal yang baru lagi, Kamu bisa memanfaatkan orderan dari temanmu seperti kaos, jaket, celana, dan sebagainya. Cari produk yang lagi viral dan tren dan jadilah reseller. Margin dari harga jual yang kamu dapatkan juga cukup menggiurkan.

Menjadi reseller sekarang dapat dilakukan secara online, bahkan baru-baru ini booming. Jadi, mengapa tidak mencoba untuk mencoba lulusa sekolah menengah atas menjanjikan ini? Baca bisnis online dibawah ini juga.


9. Segala Bisnis Online

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah marak belakangan ini. Hampir semua aspek kehidupan sampai belanja pun bahkan melalui internet, dan ini menjadi peluang buat kamu untuk mencoba bisnis online.

Ketika internet hanya bisa menghabiskan uang-mu, kenapa tidak kamu balas dengan menggunakan internet sebagai penghasil pundi rupiahmu? Bahkan bisnis online lebih murah dibanding bisnis konvensional, karena sejatinya tidak membutuhkan barang dan tempat. Kamu hanya bertindak sebagai distributor atau orang ketiga yang memasarkan produk yang lagi tren belakangan ini.

Bagi sobat kosngosan yang berminat, silahkan cari tahu informasi beberapa bisnis online yang paling berpeluang di internet. Tapi jika kamu tidak memiliki komputer atau laptop, kamu bisa mencoba bisnis online dengan smartphone mu yang lebih mudah tetapi tetap menjanjikan.


10. Rental Barang Elektronik

Kamu suka main PS, game PC atau sejenisnya, tentu saja, Kenapa kamu tidak mencoba untuk membuat bisnis sewa atau rental barang elektronik tersebut. Kamu ingat nggak berapa kali seminggu untuk bermain PS saat masih sekolah? dan berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk itu? Ini saatnya unutk membuat hobi mu itu menjadi peluang prospektif.

Kamu lebih baik membuka usaha rental sendiri. Bahkan, modal awal yang dibutuhkan tidak lah terlalu besar, bila kamu bisa mengakalinya. Mulainya rental dari rumah kerumah, atau bila kamu punya jaringan luas, kamu bisa promosikan usaha rentalmu lewat teman teman mu


11. Jasa Desain Grafis

Walaupun kamu masih SMA, tidak menutup kemungkinan kamu bisa memilik kemampuan Desain grafis bukan? Keahlianmu ini bisa dikatakan sebagai aset berharga yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis. Modal untuk membuat bisnis ini diantaranya adalah komputer yang memiliki spek tinggi, printer, scanner dan mungkin meja dan kursi untuk bekerja


12. Jualan Lewat OlShop

Bagi pelajar seperti mu, Toko online memang bisa menjadi alternatif tempat berjualan yang mudah dan murah, dan saat ini masih menjamur di seluruh indonesia.

Dimulai dari menjual barang menggunakan media toko online, menggunakan akun di marketplace besar atau lewat media sosial. Kamu bisa menjual apa saja yang dibutuhkan teman teman mu di sekolah. ini sangat cocok untuk para siswa SMA yang mencari penghasilan sampingan untuk menambah uang jajan


13. Jasa Photografer

Apakah kamu menyukai dunia fotografi? Kalau iya, maka sobat kosngosan bisa membuka jasa ini dengan menggunakan kamera profesional seperti Mirror Less atau DSLR. Kamu juga bisa menggunakan bantuan perangkat action cam, drone, dan sebagianya. Sekalian saja membuka jasa editing gambar, atau bisa memilih untuk menjepret foto (hunting) dan menjual nya ke situs yang membayar foto tersebut di berbagai platform


14. Jual Beli HP Second

Kamu suka gonta ganti smartphone? Suka mengotak ngatik nya juga? Saat ini HP berjenis smartphone sangat banyak penggunanya, dan lebih khusus lagi bagi kalangan milenial seperti kalian.

Apabila kamu menyukai dunia smartphone yang dinamis, kamu bisa mencoba untuk membeli smartphone bekas untuk dijual kembali di forum online, seperti grup Facebook, Instagram, youtube, blog, dan portal jual beli seperti OLX


15. Jualan Kuliner Malam Hari

Apabila kamu benar benar serius ingin terjun langsung ke dunia wirausaha, kamu bisa mencoba untuk berjualan makanan apa pun itu di malam hari, ketika waktu sekolah mu di pagi sampai sore hari. Usaha atau bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh pelajar SMA di malam hari, seperti membuka roti bakar, bandrek, sekoteng dll.

Berjualan makanan di malam hari, modal yang cukup besar adalah membeli gerobak, perlengkapan masak dan bahan membuat makanan tersebut. Serta yang terpenting ketika sobat kosngosan menjalankan bisnis ini harus bisa mencari tempat berjualan yang strategis. Sehingga penjualan dari usaha kuliner bisa cepat laris.


16. Jualan Makaroni Goreng

Salah satu camilan yang cukup mudah untuk dibuat dan banyak digemari oleh warga sekolah adalah makaroni goreng dengan berbagai varian rasa. Cemilan yang enak dan gurih ini sangatlah cocok untuk pelajar SMA seperti mu yang ingin memulai bisnis kuliner.

Terlebih lagi saat ini banyak kaum milenial bisa lebih mudah memasarkan makaroni goreng aneka rasa dan level pedas. Kamu bisa memperkenalkan kuliner mu tersebut secara online melalui media facebook, instagram dan status whatsapp


17. Sablon Kaos Digital

Anak sekolah memang menjadi kaum milenial yang cukup fokus ke fashion. Apalagi cewek cewek yang suka sekali untuk shopping pakaian. Apabila kamu mengikuti dunia fashion, bisa menjalankan bisnis jualan kaos digital ini dari rumah oleh pelajar.

Membuka bisnis sablon kaos digital memang membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi sobat kosngosan bisa bekerja sama dengan beberapa teman atau minta bantuan dana dari orangtua apabila memang mendukung untuk itu

Adapun bisnis sampingan lain yang cocok untuk kalian para pelajar SMA di sekolah, bisa mencoba beberapa ide bisnis dibawah ini :

18. Jadi Driver Ojek Online

Menjadi driver ojek online adalah salah satu pilihan yang bisa kamu ambil sebagai pelajar agar bisa menghasilkan uang setiap harinya. Mengapa menjadi ojek online adalah pilihan? Karena selain jam kerja yang fleksibel, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan selain dari driver yaitu misalnya pengantar paket atau makanan.


19. Bekerja Freelance Sesuai Passion

Pilihan pekerjaan selanjutnya buat kamu anak SMA bisa mencoba untuk freelance atau paruh waktu, dimana definisi Freelance adalah kamu bekerja dimanapun dan kapanpun kamu mau sesuai dengan kontrak yang sudah kamu kerjakan dengan klien. Seperti misalnya kamu ahli di bidang desain, maka bisa bekerja di fiverr, sribulancer atau project dan lainnya.


20. Berinvestasi di REKSADANA

Memilih untuk berinvestasi adalah salah satu pilihan yang tepat buat kamu. Bila memiliki jumlah uang yang menganggur lumayan besar, maka lebih baik menginvestarikannya ke reksadana, baik itu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap atau reksadana saham. Kelebihan dari reksadana ini kamu tidak perlu lagi untuk mengolah uang mu, biarkna manajer investasi yang melakukannya untukmu.


21. Menjadi Penyiar Radio

Apakah kamu suka dunia broadcast? ingin berkomunikasi dengan baik lagi dan menghasilkan uang? Kamu bisa bekerja menjadi seorang penyiar radio di stasiun radio lokal. Mungkin gajinya tidak seberapa, tapi ini bisa menjadi latihan dan pengalaman kerjamu nanti. Apalagi penyiar radio memiliki waktu yang relatif lebih fleksibel dan cocok untuk pelajar sma atau smk.


22. Menjadi Reseller Atau Dropshiper

Kamu ingin berdagang tapi tidak punya barang mu sendiri? mengapa tidak mencoba menjadi reseller atau dropshipper? Kamu bisa menjual barang orang lain dengan margin keuntungan yang lumayan. Bermodalkan akun sosial media, situs atau lapak di e commerce terkenal, kamu sudah bisa menjalani bisnis online ini dengan mudah. Bahkan tanpa modal sekalipun!


23. Menjadi Kuiz Hunter (Pemburu KUIS)

Apabila sobat kosngosan baru pertama mendengar profesi, pasti bertanya-tanya apa yang dikerjakan oleh orang seperti ini. Pekerjaan ini bertugas untuk mengumpulkan informasi event sebanyak banyaknya kemudian dikerjakan dan diikuti secara rutin untuk mengharapkan hadiah yang diberikan oleh penyelenggara. Nah dengan mengikuti berbagai macam lomba, maka diharapkan kamu bisa memenangkan sebanyak mungkin perlombaan tersebut. Jadi cocok buat kamu pelajar, bukan?

Baca juga : Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Kata Penutup


Intinya, Bisnis yang Hebat adalah Bisnis yang dimulai Dari Sekarang Juga! Bagaimana tentang contoh usaha di atas, jika Kamu tertarik dengan salah satunya tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena berbisnis diwaktu muda sama halnya mempercepat kesuksesanmu kelak.

Jadi kita bisa berbagi, mimin kosngosan berharap apa yang mimin bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua, terima kasih karena telah membaca Tips Usaha Pelajar SMA ini. Be a great enterprenur dan jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain ya
Oleh harahap reza