Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Terbaru

Apa contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan dan belum ada di Indonesia? Memulai bisnis terbaru memang membutuhkan ide yang anti mainstream, hal ini menjadi tantangan besar, terlebih di tahun ini banyak saingan yang membuat usaha baru. Sehingga membuat bisnis yang kita rintis harus benar-benar dikelola dengan baik, supaya bisa bersaing.

Sebenarnya ada banyak ide bisnis terbaru yang anti mainstream dan bisa kamu kelola. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa ide usaha yang jarang diketahui orang, namun sangat berpeluang untuk dicoba pada tahun ini.

Apakah kamu ingin membuka bisnis terbaru? Dan sedang mencari produk yang belum ada di Indonesia? Saat ini menjadi entrepreneur sudah mulai digandrungi oleh berbagai kalangan, bahkan anak muda. Tren menjadi pengusaha tidak lepas dari banyaknya cerita dari pengusaha sukses yang diliput oleh media

Mereka memiliki omset ratus jutaan bahkan miliaran rupiah setiap bulannya. Namun apabila kamu memulai bisnis yang itu-itu saja atau bisnis yang mainstream, tentunya orang banyak mengetahuinya sehingga saingan juga banyak dan konsumen juga tidak tertarget dengan maksimal.

Untuk tahun ini, penggunaan teknologi internet juga sangat signifikan, bisnis terbaru yang dibantu dengan sistem pemasaran online akan tetap menjadi pilihan utama. Apabila saat ini bisnismu hanya berorientasi offline, maka silahkan mengembangkannya menjadi bisnis ofline go online

Tidak hanya menjual produk baik secara dropship atau reseller, apabila kamu memiliki keterampilan di bidang tertentu kamu juga bisa menjual Jasamu secara online.

Yang namanya usaha yang jarang tapi dibutuhkan, begitu juga yang belum ada di Indonesia, tidak hanya penjual produk nyata, tetapi juga jasa melalui daring menggunakan perangkat komputer atau smartphone.


Peluang Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Bahkan bagi kamu yang Gaptek atau Gagap teknologi, menjalankan bisnis terbaru bisa sangat mudah karena hanya bermodalkan paket internet dan smartphone. Baiklah mungkin dari kamu banyak bertanya-tanya bisnis seperti apa yang akan kosngosan beri.

Beberapa bisnis di bawah ini berdasarkan pengalaman pribadi mimin, serta ada juga yang didapatkan dari sendiri, bisikan teman serta hasil menonton dari video YouTube mengenai peluang bisnis terbaru. 

Berikut beberapa peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan di Indonesia, yang bisa buat kamu coba, check these out!


Bisnis Kuliner Sehat yang Organik

Salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan adalah jualan makanan. Kapanpun zamannya yang namanya bisnis kuliner atau makanan selalu menjanjikan apabila di kelola dengan baik dan benar. 

Bisnis kuliner yang sangat prospektif di tahun ini adalah bisnis kuliner yang benar-benar mengutamakan kesehatan dan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya (biasa kita sebut sebagai bahan organik)

Kamu bisa menjual berbagai jenis makanan ringan olahan seperti kue, snack, minuman, puding, catering, hingga warung makan, yang menyediakan bahan-bahan sehat serta organik. 

Ini dikarenakan banyak masyarakat modern sudah menyadari pentingnya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang memberikan mereka peluang untuk hidup lebih lama.

Tentunya disini kamu harus memiliki target konsumen yang jelas, karena biasanya konsumen dari makanan sehat dan organik adalah mereka yang berada pada kalangan menengah ke atas, yang tidak lagi mengutamakan harga, tetapi lebih mengedepankan bahan makanan serta kandungan gizinya.

Membuka Restoran Khas dari Negara Asing

Selanjutnya usaha yang belum ada di Indonesia bisa mencoba restoran negara asing. Sobat kosngosan ingin makan di restoran negara luar, yang sering kita temui adalah Restoran dari negara Jepang, china, thailand, arab, turki, dan negara negara familiar lainnya. 

Apabila kamu ingin berinovasi dan bereksperimen di bidang kuliner, kamu bisa membuka restoran khas dari negara asing.

Negara asing disini yang benar-benar jarang diketahui oleh orang banyak, misalnya restoran khas negara Afrika, antartika dan negara lain yang mungkin menjadikan restoran mu diliput oleh berbagai media, food traveller, food youtuber dan food selebgram.

Usaha Agribisnis Moderen Tidak Ada Matinya

Yang namanya produk pertanian menjadi salah satu kebutuhan primer manusia untuk hidup, seperti beras sayuran buah-buahan hingga daging dan bahan mentah khas pertanian dan peternakan lainnya. 

Walaupun di sini tidak familiar di kalangan anak muda milenial, kamu bisa mengkolaborasikan antara unsur tradisional pertanian dengan unsur modern yang mengandalkan teknologi informasi.

Salah satunya adalah dengan bisnis hidroponik atau bertanam tanpa media tanah. Itu kamu bisa membuat agro wisata, kebun yang bisa dipetik sendiri oleh pengunjung

Olahan bahan baku pertanian dan di packing cara modern dengan target konsumen anak muda milenial. Dipasarkan melalui online, manfaatkan media sosial dan electronic commerce.

Jasa Pembuatan Konten (Termasuk editing)

Apa yang saat ini kamu pikirkan menjadi profesi yang cukup banyak digandrungi oleh anak muda, yaitu menjadi seorang youtuber. 

Seorang itu harus mampu menghasilkan konten video yang menarik supaya dapat dikenal banyak orang dan memiliki subscriber. Oleh karena itu peluang pembuatan konten video termasuk editing di dalamnya sangat diperlukan saat ini.

Kamu yang memiliki keterampilan di bidang editing, bisa memanfaatkan jasa mu tersebut dan memperkenalkannya di internet. 

Selain konten video, kamu juga bisa menghasilkan konten artikel untuk para blogger yang tidak memiliki waktu menulis di blog mereka. Peluang kerja ini, mimin pikir sangat prospektif di tahun ini karena semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia.

Bisnis Penyediaan Latar Belakang Foto Unik

Usaha yang belum ada di Indonesia selanjutnya, saat ini tren foto selfie dan diunggah di akun Instagram serta media sosial cukup digemari banyak anak muda milenial. 

Mereka tentunya membutuhkan latar belakang foto yang unik dan berbeda dari biasanya, Oleh karena itu kamu bisa membuka studio foto dengan latar belakang unik, sebagai salah satu penarik calon konsumen mu.

Di sini pengunjung bisa berfoto padahal masing-masing ruangan yang sudah diberikan furnitur dan aksesori seperti sofa, tempat tidur, meja, lemari, langit-langit, tambahan lampu, dinding yang dicat sedemikian rupa, dan aksesoris lain yang bisa membuat ruangan tersebut instagramable.

Tentunya disini kamu memerlukan modal yang cukup besar untuk menyewa suatu ruko atau ruangan yang diberi sekat. 

Namun apabila kamu memilih tempat yang strategis, dan target pengunjung yang tepat seperti mahasiswa atau pelajar kamu bisa meraup keuntungan dengan mengenakan tarif sesuai dengan perhitungan biaya awal.

Bisnis Penyewaan Perlengkapan Rekaman Video YouTube

Lagi-lagi industri YouTube cukup memberikan angin segar bagi peluang bisnis di tahun ini. Tidak hanya menjadi youtuber

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan untuk mendukung seorang youtuber juga bisa kamu lirik sebagai salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan, seperti misalnya penyewaan perlengkapan video profesional untuk perekaman konten video di YouTube

Bagi seorang youtuber pemula yang ingin menghasilkan video berkualitas, namun belum memiliki modal yang cukup untuk membeli perlengkapan alat rekam video, bisa memanfaatkan jasa yang kamu buka. 

Kamu juga bisa memadukan jasa ini dengan bisnis sebelumnya yaitu jasa editing atau pembuatan konten video YouTube.

Jualan Clothing Line Online

Bisnis pakaian selalu berevolusi dan berganti tren dari tahun ke tahun. Seperti misalnya menjual pakaian clothing Line yang diperuntukkan untuk kalangan mahasiswa atau anak muda milenial. 

Kamu bisa menjual dan mendesain pakaian seperti kaos, jaket, hoodie, celana, topi, dan sebagainya sesuai dengan selera anak muda saat ini

Kamu bisa mencari inspirasi mengenai trend apa saja yang ada saat ini melalui media sosial seperti Instagram dan youtube. 

Kamu bisa melihat selera anak muda saat ini sesuai dengan latar belakang ekonominya. Kamu bisa fokus satu tema clothing Line yang banyak digandrungi oleh orang-orang seperti jersey sepak bola.

Bisnis Menjadi Makelar Online Apapun

Bisnis makelar online banyak dilakukan oleh professional internet marketer. Makelar disini artinya bisnis yang bertujuan untuk mempertemukan antara penjual produk atau jasa kepada calon pembeli. 

Dan disini apabila kamu memiliki kenalan atau relasi yang luas, maka itu bisa menjadi modal yang sangat penting

Kamu bisa memanfaatkan platform website atau startup yang bisa membantu kamu untuk melakukan closing, seperti situs dibawah ini dengan penjualan berbagai produk :

  • Ciptaloka.com (jual kaos + desain)
  • Rumah123.com (jual beli property)
  • Olx.co.id (jual beli beragam produk)
  • Carmudi.co.id (jual beli mobil)
  • Paytren (pembayaran online)
Baca juga : Contoh Ide Usaha dari PayPal

Bisnis Jasa Print 3 Dimensi

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sehingga tidak hanya melakukan print atau percetakan dua dimensi saja, tetapi kita sudah bisa mencetak benda dalam bentuk 3 dimensi. Peluang bisnis ini masih jarang, dan bisa kamu buka di kotamu.

Gunakan produk dari hasil printer 3 dimensi sangat bervariasi. Kamu bisa menunggu barang yang kamu inginkan, dicetak oleh mesin tiga dimensi secara otomatis tanpa harus membuatnya secara manual.

Kamu bisa membuka jasa layanan pembuatan Prototype arsitektur bangunan, mesin otomotif, dekorasi rumahan, custom detail perhiasan, dan juga berbagai mainan yang bisa di sesuaikan dengan keinginan konsumen. Target konsumen cukup banyak biasanya dari anak-anak remaja dan dewasa

Jasa Kru YouTube Profesional

Lagi-lagi bisnis di bidang YouTube tetap akan prospektif di tahun ini. Yang namanya YouTube sedang menjadi media sosial berbasis video yang memiliki pangsa pasar yang besar, sehingga tidak heran banyak dari anak-anak muda bercita-cita sebagai youtuber dan menghasilkan banyak uang. 

Akan tetapi disini kita bisa memiliki perspektif yang berbeda Untuk memanfaatkan YouTube, ketimbang menjadi youtuber baru yang cukup sulit untuk mendapatkan subscriber.

Kamu bisa menjadi crew atau stuntman dalam video prank atau vlog yang dibuat oleh youtuber terkenal. Jasa yang kami tawarkan tentunya profesional dan memiliki perjanjian bisnis yang mengikat. 

Karena ada banyak konten YouTube yang mengharuskan untuk melakukan settingan, dan kamu bisa membuka jasa kru profesional tersebut.

Jasa Konsultan Keamanan Data

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah jasa cyber security, karena saat ini keamanan data di suatu database sangat penting untuk diterapkan demi menjaga kepercayaan pengguna. 

Hal inilah yang menjadi tantangan dimasa mendatang Bagaimana suatu perusahaan dapat menjaga data yang dimiliki oleh klien mereka, supaya tidak bocor dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kita bisa melihat kasus skandal Facebook yang memanfaatkan data penggunanya untuk pemenangan pemilu di Amerika Serikat pada tahun lalu. Atau berbagai data nomor telepon yang diperjualbelikan untuk kegiatan promosi. Tentunya hal ini sangat merugikan pengguna.

Dan oleh sebab itu apabila kamu memiliki latar belakang di bidang keamanan online, kamu bisa membuka jasa security data baik itu pemberian enkripsi ataupun fitur lain dan dikelola oleh startup mu melindungi data dari pengguna.

Jasa Pembuatan Animasi dengan Berbagai Tujuan

Usaha yang belum ada di Indonesia sepertinya berkutat pada pembuatan animasi. Animasi sangat disukai oleh banyak orang dan menjadi salah satu media promosi yang paling efektif dan efisien saat ini. Kita bisa melihat banyak iklan di televisi menggunakan animasi 3 dimensi. 

Nah apabila kamu memiliki keterampilan di bidang creator animation, kamu bisa membuat atap atau perusahaan kecil-kecilan untuk membuat proyek animasi sesuai pesanan klien dengan berbagai tujuan.

Animasi yang kamu buat bisa ditujukan untuk kegiatan iklan suatu brand bisnis, untuk kegiatan politik kampanye, atau Justru untuk membuat konten berkala di channel YouTube milikmu. Mulailah dengan hal-hal kecil dan perkenalkanlah Jasamu di forum online dan situs freelance

Jual Perabotan Rumah Tangga dari Bahan Unik

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya, perlengkapan rumah tangga seperti meja, kursi, tempat tidur dan sebagainya memang cukup prospektif. Namun akan kurang potensial bila hanya menjual furniture dari bahan yang itu itu saja.

Oleh karena itu kamu bisa mendirikan usaha berbasis perabotan dengan bahan baku yang unik seperti dari anyaman rotan, ban bekas, drum bekas, atau bahan bekas daur ulang lainnya yang bahkan tidak memiliki nilai ekonomi, kemudian disulap menjadi perabotan siap pakai, yang memiliki nilai ekonomi.

Rental Drone, Action Cam atau Kamera Profesional


usaha yang belum ada di Indonesia

Ketiga peralatan ini memang sangat dibutuhkan untuk pembuatan konten video, tidak hanya untuk kebutuhan YouTube namun juga untuk Instagram dan juga periklanan secara umum.

Drone bisa digunakan untuk meliput kondisi secara keseluruhan dari atas, sedangkan action cam gunakan untuk kebutuhan merekam video untuk yang suka travelling dan kondisi medan yang ekstrem. 

Sementara kamera profesional dibutuhkan untuk kebutuhan fotografi suatu event atau acara besar.

Jualan Menggunakan Media Truck

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah bisnis truck food. Kamu pernah mendengar istilah food truck? Yaitu usaha yang menjual makanan dengan memanfaatkan media truk atau mobil besar sebagai tempat berjualan.

Tidak hanya menjual makanan saja, kamu bisa memanfaatkan truk atau mobil besar untuk berjualan barang-barang seperti pakaian, boneka, aksesoris, bibit tanaman, paket data, atau justru memanfaatkannya untuk menyediakan jasa pindahan rumah atau kost.

Pembuatan Souvenir dan Aksesoris Unik

Kamu bisa membuat souvenir dan aksesoris dengan banyak variasi dari berbagai bahan baku unik, seperti kerang, rotan, tempurung kelapa, biji alpukat, lidi, bungkus makanan, dan bahkan sampah yang tidak digunakan lagi.

Kamu bisa menjual dengan harga miring jika pesan dalam jumlah banyak. Marketing seperti ini adalah cara jitu dalam berbisnis, disertai dengan menjual secara online lewat media sosial, e-commerce dan toko online sendiri.

Cafe dengan Konsep yang Berbeda

Usaha yang belum ada di Indonesia selanjutnya bisa jadi adalah cafe dengna konsep anti mainstream. Kamu tentunya sering mencari tempat hiburan, tempat tongkrongan dan tempat belajar sekaligus, bukan? 

Trend anak muda milenial yang suka nongkrong di luar sambil berkumpul dengan kawan-kawan memang tidak akan pernah hilang. 

Bisnis cafe dengan suasana anti mainstream bisa kamu coba untuk menarik perhatian para anak muda. Jadi kamu bisa menciptakan konsep baru seperti cafe pesawat, cafe cargo, cafe bus berjalan dan sebagainya yang tidak ada di kota mu.

Anti mainstream sini bisa kamu lakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang tidak ada di daerahmu. Seperti misalnya membuat cafe dengan suasana outdoor, bertema camping, suasana kartun marvell, dan lain sebagainya


Kata Penutup


Tonton Video Peluang Bisnis Terbaru di Channel Youtub Kosngosan, tekan tombol play dan jangan lupa Subscribe, Like dan Comment ya



Apakah kamu sudah menentukan bisnis seperti apa yang akan kamu mulai di tahun ini? Baiklah lagi kalian pengunjung blog kosngosan.com, 

Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah referensi kalian dalam bidang kewirausahaan. Sebagai bentuk dukungan kalian jangan lupa untuk menekan tombol share di bawah ini dan membagikannya ke media sosial milik kalian, Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya