Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan di Indonesia

Apa peluang bisnis langka yang digeluti orang, namun menguntungkan dan prospektif untuk dicoba? Karena sekarang perkembangan teknologi informasi sudah maju, maka kita bisa membuka peluang ide terhadap bisnis yang masih jarang digeluti orang banyak.

Beberapa diantaranya adalah bisnis online yang sudah menjadi trend dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kaum milenial. Bisnis di usia muda juga memiliki berbagai keuntungan. Sebagai anak muda yang melek teknologi, ada berbagai keunggulan yang bisa sobat lakukan sebagai pemula ketika terjun ke dunia usaha.

Ada banyak sekali usaha yang jarang rugi untuk kalian bisa coba sebagai pemula, mulai dari bisnis yang modal 10k sampai bisnis yang membutuhkan modal banyak. Peluang usaha ini bisa dijadikan sebagai bisnis yang benar-benar di tekuni atau hanya sebagai bisnis sampingan saja.

Internet marketing menjadi salah satu opsi yang menarik bagi kalian. Karena jenis bisnis ini sama sekali tidak memiliki modal materi. Cukup bermodalkan akses internet dan perangkat yang mimin yakin kalian semua sudah punya, laptop atau smartphone, sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah kalian mau memulainya dengan ketekunan? Bila iya, mari kita lanjutkan pembahasan ini lagi.


Peluang Usaha yang Langka tapi Menguntungkan

usaha langka menguntungkan

Pertama, sobat kosngósan harus menyadari bahwa internet adalah tempat seperti hutan rimba. Untuk pertama kali, internet belum bisa menghasilkan apa apa untuk kita.

Seiring berjalannya waktu, internet semakin akrab dengan kita. Kita juga sudah mulai sadar bahwa internet ini ternyata bisa digunakan untuk mengeruk keuntungan secara finansial.

Seperti halnya hutan, ada banyak metode mengeruk kekayaan alam di hutan untuk kemudian di konversikan menjadi uang. Beberapa contoh bisnis jarang pesaing, antara lain sebagai Berikut :


Bisnis Online Barang Unik

Sebenarnya ada banyak jenis bisnis di internet yang digandrungi oleh banyak orang, seperti PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead) dan lainnya. Tapi itu sudah mainstream.

Bila kamu adalah tipe pemula dengan hobi tertentu, ini menjadi angin segar untuk dikembangkan. Berjualan online secara langsung kepada klien adalah salah satu cara internet marketing bekerja.

Semisal kamu punya hobi desain, kamu bisa menjual karya atau jasa-mu lewat online store Dan itu bekerja hampir tanpa modal yang berarti.

Contoh saja berjualan barang limbah daur ulang dari plastik, menjadi kerajinan tas atau payung, dan sebagainya. Intinya juallah barang yang unik, kreatif dan inovatif

Banyak media yang bisa kamu lirik sebagai media pemasaran, Seperti website, blog, cms, media sosial seperti youtube, instagram, facebook, twitter, dan wadah online lain yang memungkinkan kamu memperkenalkan produk ke banyak orang.

Perhatikan, akun instagram Selena Gomez misalnya, betapa mahalnya dia dibayar (Endorse) untuk sebuah postingan gambar di akun instagramnya dengan follower terbanyak di dunia! Inilah kekuatan internet marketing yang sebenarnya.


Membangun Start Up yang Solutif

Kalian pasti mengenal Traveloka, Go-Jek, Tokopedia dan berbagai startup terkenal lainnya bukan? Adapun persamaan nya adalah mereka semua dimulai dan dirintis oleh anak muda seperti kalian.

Bagaimana mereka membawa perubahan dari sebuah perusahaan kecil dengan ide sederhana itu kini menjadi platform besar yang memperkerjakan ribuan karyawan dan dengan omset dan investor bejibun!

Disini kita bisa belajar bahwa setiap perusahaan itu pastilah dimulai dari yang namanya adanya masalah. Segala ketidak idealan yang terjadi di sekitarmu, bisa kamu gunakan untuk menjadikannya objek peluang bisnis start up. Apalagi kamu yang masih mudah, penuh inovasi dengan kegiatan aktif dimana-mana.


Menjadi Content Creator Antimainstream

Salah satu cara yang sangat mudah untuk menghasilkan duit adalah dengan menjadi content Creator atau pembuat konten baik itu di platform blog, media sosial seperti tiktok, instagram, situs atau video di channel youtube.

Sobat kosngosan sudah fokus untuk menghasilkan konten yang unik dan berbeda dari biasanya, supaya kamu punya audiens yang tertargeet.

Misalnya ada banyak ide konten untuk membuat video di tiktok atau youtube, kamu bisa fokus pada 1 niche atau topik saja, supaya menjadi ciri khas kamu yang dikenal oleh subscriber atau follower kamu

Kamu sedang mulai mendapatkan trafik seperit pembaca dan penonton, Apakah kamu bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari setiap klik iklan tersebut, dan juga bisa dari sistem endorsement produk

Baca juga: Konten Tiktok yang Jarang ada di Indonesia


Menjadi Social Media Influencer

Hampir sama sebagai seorang content creator, namun kali ini kamu harus memiliki satu keahlian atau tampilan yang menarik sehingga bisa menjadi selebgram atau youtuber yang memiliki pengaruh.

Pengaruh disini bisa mempengaruhi setiap follower atau subscriber yang kamu miliki. Sehingga kamu mudah untuk mendapatkan jasa endorsement.

Profesi ini bisa dibilang sebagai social media influencer. Ada banyak sekali contohnya, seperti seleb tiktok atau instagram, yang punya follwoer banyak, mereka bisa menjual barang dari akun mereka, dan diikuti oleh pengikut mereka


Live Steraming Antimainstream

Apapun platformnya, baik itu tiktok, instagram, facebook atau youtube pastinya punya fitur live streaming yang membantu pengguna untuk berinteraksi secara realtime dengan follower mereka

Nah beberapa platform seperti tiktok, memberikan sistem give away berupa koin yang bisa diberikan oleh viewer kepada para streamer yang mengadakan event tertentu kalau mereka mengangapnya menarik

Ada yang live menggunakan hewan peliharaannya seperti kucing, sambil mandi lumpur, sambil tidur, live sambil jualan, memotong bawang, goyang goyang gak jelas, atau kegiatan lain yang unik dan menarik perhatian orang lain

Nah nantinya dari koin yang kamu dapatkan dari viewer itu lah kamu bisa kumpulkan dan tukarkan ke dalam bentuk rupiah. Jadi kamu bisa mendapatkan uang dari konten aneh dan nyeleneh seperti yang sering kamu tonton di live tiktok


Jasa Print 3D Berbagai Barang

Print 3 dimensi adalah salah satu peluang usaha yang masih jarang di indonesia, tapi sangat dibutuhkan keberadaannya.

Kamu bisa menyediakan jasa percetakan produk 3 dimensi ini, seperti meniru mainan, kunci, miniatur, lukisan, landscape dan sebagainya. Tapi salah satu kendalanya adalah modalnya yang cukup besar untuk membeli mesin cetak 3D

Kamu bisa menawarkan jasa layanan percetakan benda benda 3D seperti pembuatan prototype, arsitektur bangunan, mesin otomotif, dekorasi rumah, custom detail perhiasan, dan juga mainan anak yang disesuaikan dengan permintaan, bisa tokoh anime, kartun, mobil mobilan dll


Sewa Spot Photo Aesthetic

Kebutuhan konten Instagram dan Tiktok untuk kawula muda, bisa menjadi peluang usaha buat kamu. Hal ini menjadikan para milenial mencari spot foto yang menarik.

Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan mengubah ruko atau tempat disekitar mu menjadi spot foto yang estetik.

Misal kamu punya perkampungan, bisa mengubah jadi kampung tema disney, kampung warna warni dan sebagainya. Atau bisa memanfaatkan ruko untuk ruangan photoshoot couple yang aestetic


Jadi Investor di Koperasi Sekolah atau Kampus

Sebagai seorang pelajar atau anak kuliah, sobat kósngosan tentunya memiliki salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang disebut sebagai koperasi. Koperasi disini bisa terdiri dari anggota yang berasal dari guru, dosen, murid dan mahasiswa.

Biasanya setiap anggota bisa menginvestasikan uang yang dia miliki ke dalam koperasi sekolah dengan memberikan berbagai peralatan atau makanan dan dijual kembali di lingkungan sekolah.

Kemudian keuntungannya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama pada akhir tahun. Berinvestasi dan menjadi anggota koperasi bisa mengedukasi kita untuk berinvestasi pada tahap awal, sebelum terjun pada dunia saham dan SBN misalnya


Membuka Preloved Shop atau Import Shop di Daerahmu

Kamu bisa menciptakan toko jualan barang bekas agar mendapat uang jajan lebih, apabila kamu suka fashion bisa mengumpulkan baju bekas, menjual buku pelajaran atau seragam sekolah bekas yang menjadi koleksi tidak terpakai dan menganggur di lemari.

Sehingga kamu juga bisa menjual barang yang masih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi, tetapi tidak bisa kamu pakai lagi. Jadi pada akhirnya kamu tidak akan merasa rugi dan tetap bisa menghasilkan uang dari jualan barang tersebut.


Menjadi Freelancer Lokal

Freelancer adalah sebutan bagi mereka yang bekerja paruh waktu. Karena bekerja sebagai freelancer berarti kamu bekerja dengan waktu yang fleksibel tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang patut untuk kamu coba

Beberapa diantaranya adalah seperti menjadi web developer pada project startup, desain grafis, voluunteer event tertentu

Atau menjadi freelancer tenaga marketing properti, jadi relawan atau saksi di tempat pemilihan umum, dan banyak lagi. Keuntungan sobat kosngosan selain menambah uang jajan, kamu bisa menambah pengalaman bekerja


Jadi Kuiz Hunter dan Give Away

Sebagai pemula, kamu bisa berlatih menjadi kuter dan memenangkan banyak kuis dan lomba untuk menambah pemasukanmu. Apabila kamu baru pertama mendengar profesi ini mungkin bertanya-tanya apa yang dikerjakan oleh orang seperti ini.

Profesi ini bertugas untuk mengumpulkan informasi perlombaan sebanyak mungkin, lalu dikerjakan dan diikuti secara rutin untuk mengharapkan hadiah yang diberikan oleh penyelenggara.

Nah dengan mengikuti berbagai macam lomba, maka diharapkan sobat kosngosan bisa memenangkan sebanyak mungkin perlombaan tersebut


Dropship atau Reseller Barang Unik dan Tren

Dropshipper atau reseller memberikan banyak keuntungan terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah.

Jenis bisnis online ini tidak menyita waktu dan tenaga tetapi tetap mendapatkan keuntungan Perbedaan antara dropship dengan reseller terletak pada stok barang, kebutuhan modal, besaranya risiko dan keuntungan

Pelayanan konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Dropship tidak perlu melakukan pasokan barang, sementara reseller harus. Untuk modal juga dropship nyaris nihil, berbeda dengan reseller yang mesti punya modal


Kebutuhan Dapur Siap Masak

Sebagian ibu rumah tangga yang terlalu sibuk untuk membeli dan mempersipkan bahan baku masakan, bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha dengan menjual bahan makanan siap masak dengan menggunakan packaging yang menarik

Seperti menjual bahan masakan yang sering dipakai rumah tangga di indonesia, seperti baso, sayur, atau sayuran komplit, bumbu masak sup siap pakai, santan sachet, di mana terdiri dari berbagai bahan segar yang sudah siap masak


Makelar Barang Antik

Barang antik punya target serta segmentasi pasar tersendiri. Kamu yang hobi mengoleksi barang antik sebenarnya sedang menginvestasikan uangmu terhadap aset yang jarang sekali orang lakoni.

Suatu waktu kamu bisa jual dengan harga yang tinggi dengan melelang-nya ke kolektor kelas dunia dengan harga selangit.

Sebenarnya ini usaha butuh passion dan kesukaan dibidang tertentu. Misalnya kamu hobi otomotif, dan mengoleksi vespa, kemudian kamu modif vespanya dan jual kembali ke kolektor dengan harga tinggi


Event Memancing atau Lomba Burung Kicau

Masyarakat Indonesia sangat banyak menggelar kegiatan memancing dan juga lomba burung kicau. Biasanya kegiatan ini digelar di akhir pekan antara Hari Sabtu atau Minggu. Kamu bisa menggelar kegiatan ini dan mendapatkan keuntungan.

Caranya adalah dengan mempersiapkan berbagai modal teknis, seperti lahan untuk memancing ataupun untuk pertandingan burung kicau, dan trophy untuk pemenang. Untuk mendapatkan keuntungan kamu bisa mematok biaya pendaftaran sesuai dengan tarif yang sudah disepakati.


Bimbingan Belajar Private secara Online

Peluang internet marketing ini memang sangat terbuka lebar. Ada banyak anak muda yang sukses diluar sana dengan berbagai pengalaman berharganya.

Kita sebagai pemain baru yang baru terjun ke dunia ini, haruslah banyak belajar kepada orang orang seperti mereka. Oleh karena itu kita membutuhkan adanya diskusi yang akan menambah pengetahuan kita terhadap internet marketing.

Perluaslah jaringan pertemanan. Karena inti dari internet marketing itu adalah jaringan bisnis yang luas. Dengan demikian, kamu benar benar bisa mempertahankan keberadaan bisnis dengan matang, tanpa takut kehilangan klien.

Manfaatkan teman - teman kampus atau sekolah untuk memperkuat bisnis. Kerjasama bisnis dari tim yang solid tentu lebih mampu menghasilkan inovasi dan kreatifitas.

Baca juga : Contoh Ide Podcast yang Jarang di Indonesia


Kata Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha yang jarang tapi tetap menguntungkan untuk dicoba Memang ada banyak cara untuk melakukan internet bisnis

Namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa diterapkan bagi pemula seperti sobat kosngosan.com

Memilih beberapa bisnis saja yang paling prospetif untuk make money online adalah hal yang tepat. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan kali ini. sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Jangan lupa untuk share artikel ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya