Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Makalah dan Materi Agroindustri Pertanian

Download Makalah dan Materi Agroindustri Pertanian - Kosngosan - Sebelum kamu mendownload makalah dan pembelajaran mengenai agroindustri, ada baiknya kamu mengetahui defenisi dan penjelasan mengenai agroindustri itu sendiri.

Agroindustri merupakan jawaban atas tantangan pertanian di era kini. Pesatnya pertumbuhan industri, menjadikan pertanian sebagai salah satu yang termarginalkan dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, agroindustri dinilai dapat memajukan pertanian terhadap gempuran sektor industri seperti industri otomotif dan elektronik.

Kita akan membahas mengenai ilmu agroindustri secara singkat.

Defenisi Agroindustri

Menurut wikipedia, agroindustri sendiri adalah kegiatan yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut. Atau menurut om Austin, yaitu perusahaan yang memproses bahan nabati (yang berasal dari tanaman) atau hewani (yang dihasilkan oleh hewan)

Agroindustri berasal dari dua kata bahasa inggris, yaitu kata agricultural dan kata industry yang berarti suatu industri yang menggunakan hasil pertanian sebagai bahan baku utamanya atau suatu industri yang menghasilkan suatu produk yang digunakan sebagai sarana atau input dalam usaha pertanian

Ilmu Agroindustri merupakan ilmu yang mempelajari suatu sistem terintegrasi yang melibatkan sumberdaya hasil pertanian, manusia, ilmu dan teknologi, uang dan informasi. Produk Agroindustri dapat berupa produk akhir yang siap dikonsumsi ataupun sebagai produk bahan baku industri lainnya.

makalah agroindustri materi agroindustri

Seperti Agribisnis, Agroindustri juga dapat dibagi 2, yaitu Agroindustri hulu yakni subsektor industri yang menghasilkan sarana produksi pertanian, seperti Pupuk, pestisida, herbisida, dll. dan kedua yaitu Agroindustri hilir yaitu subsektor industri yang mengolah hasil-hasil pertanian, seperti Minyak goreng, ikan kaleng, sayuran kaleng, abon ikan asin, dsb.

So, apa perbedaan dan persamaan antara agroindustri dengan agribisnis? Bila dikaji lebih dalaam, ada beberapa hal yang bisa membedakan dan mempersamakan keduanya. Agroindustri dan agribisnis merupakan usaha yang berorientasi pada profit atau keuntungan dengan berbasis pada sektor pertanian.

Keduanya juga menyediakan produk pertanian baik produk siap pakai maupun produk setengah jadi yang dimanfaatkan sektor industri lain sebagai bahan baku.

Kegiatan agroindustri sendiri merupakan sub sektor yang luas yang meliputi industri hulu sektor pertanian sampai dengan industri hilir. Industri hulu adalah industri yang memproduksi alat-alat dan mesin pertanian serta industri sarana produksi yang digunakan dalam proses budidaya pertanian.

Sedangkan industri hilir merupakan industri yang mengolah hasil pertanian menjadi bahan baku atau barang yang siap dikonsumsi atau merupakan industri pascapanen dan pengolahan hasil pertanian

Download juga skripsi tentang Agroindustri Disini

agroindustri pertanian

Perbedaan antara agroindustri dengan agribisnis diantaranya adalah pertama mengenai Ruang lingkup kegiatannya.

Agribisnis meliputi seluruh mata rantai usaha pertanian dari hulu sampai hilir, sedangkan Agroindustri merupakan bagian dari mata rantai tersebut yang berkonsentrasi pada usaha pengolahan hasil pertanian dan menjembatani antara sektor hulu dan hilir.

Makalah Agroindustri ini diharapkan mampu menjadi sentra penggerak ekonomi nasional dan juga pembangunan pertanian. Agroindustri juga diharapkan memainkan peran dalam aktifitas pembangunan daerah, baik dalam sasaran pemerataan pembanguna , pertumbuhan ekonomi maupun stabilitas nasional. untuk mewujudkan harapan tersebut, pembangunan pertanian yang dikaitkan dengan pengembangan Agroindustri yang diarahkan ke wilayah pedesaan.

Oke demikian pembahasan kita mengenai Makalah dan Materi Agroindustri Pertanian. Kamu bisa langsung menyedot file yang dikasih mimin lewat link dibawh ini. Jangan lupa untuk komentar dan share postingan ini sebagai bentuk terimakasih kalian. :D

PENTING : Sebelum kalian membuka file makalah dokumen berbentuk .doc dan materi pembelajaran dalam bentuk .ppt, terlebih dahulu kalian akan mendapati file RAR yang diberikan password. Buka passwordnya dengan memasukkan "www.kosngosan.com" tanpa tanda kutip. Setelah itu kalian bisa membuka dan mengedit file makalah dan materi pembelajarannya.

DOWNLOAD MAKALAH DAN MATERI AGROINDUSTRI PERTANIAN

Petunjuk : Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya