Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Contoh Skripsi Tentang Agroindustri Pertanian

Apa itu agroindustri? buat kamu mahasiswa jurusan pertanian mungkin pernah membahasnya. Bahkan menjadi salah satu mata kuliah wajib, bukan? Nah pada kesempatan kali ini, kosngosan akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu agroindustri. 

Pengertian Agroindustri pertama sekali dikemukakan oleh seorang ahli yang bernama Austin (1981). Agroindustri adalah suatu industri yang mentransformasikan hasil pertanian (dalam arti luas) menjadi produk industri dalam rangka meningkatkan nilai tambahnya

Dengan demikian agroindustri merupakan suatu sistem terintegrasi yang melibatkan sumberdaya hasil pertanian, manusia, ilmu dan teknologi, uang, dan informasi. Kegiatan industri yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang, dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut

Kata Agroindustri berasal dari dua kata agricultural dan industry yang berarti suatu industri yang menggunakan hasil pertanian sebagai bahan baku utamanya atau suatu industri yang menghasilkan suatu produk yang digunakan sebagai sarana atau input dalam usaha pertanian.

Bidang agroindustri meliputi industri pengolahan hasil pertanian, industri yang memproduksi peralatan dan mesin pertanian, industri input pertanian (pupuk, pestisida, herbisida dan lain-lain) dan industri jasa sektor pertanian.

Ruang lingkup dari agro industri, yakni Agroindustri hulu, subsektor industri yang menghasilkan sarana produksi pertanian dan Agroindustri hilir yaitu subsektor industri yang mengolah hasil-hasil pertanian.

Setelah mimin menjelaskan sedikit mengenai agroindustri, mimin akan membagikan kumpulan skripsi yang mimin dapatkan dari senior saat kuliah di Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian. 

Salah satu perkembangan bidang agroindustri adalah semakin maraknya startup bidang pertanian. Misalnya adalah SayurBox


Download Skripsi Agroindustri

contoh skripsi agroindustri

Transkripsi merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang wajib dibuat oleh mahasiswa Strata 1 dalam syarat untuk menyelesaikan studinya dan mendapatkan gelar sarjana. 

Nah bagi mahasiswa dengan jurusan pertanian atau berada pada naungan Fakultas Pertanian, salah satu opsi untuk penelitian mu adalah di bidang agroindustri

Kenapa agroindustri sangat prospektif untuk diteliti? Karena bidang Penelitian pada topik agroindustri cenderung lebih mudah. 

Kamu bisa mengambil contoh kasus atau studi kasus beberapa bisnis mikro yang menggunakan produk pertanian sebagai bahan baku utamanya

Seperti misalnya Usaha Modal Kecil skala UMKM jualan keripik pisang di daerahmu, kamu bisa melakukan analisis terhadap profit atau jalur distribusi nya. 

Konsultasikan terlebih dahulu kepada dosen pembimbing mana bidang yang lebih tepat untuk kamu teliti nantinya

Disini mimin sudah menyediakan beberapa contoh skrisi tema agroindustri untuk kalian. GUNAKANLAH SKRIPSI DIBAWAH INI SEBAGAI REFERENSI, BUKAN UNTUK BAHAN SALINAN BUAT SKRIPSI KALIAN. 
KARENA KUALITAS DARI SKRIPSI BUKAN DILIHAT DARI SEBERAPA TEBAL HALAMANNYA, TETAPI SEBERAPA BESAR KONTRIBUSIMU DEMI TERSELESAIKANNYA SKRIPSI TERSEBUT.


Petunjuk download 


Setelah kamu mengklik link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. 

Kamu akan langsung mendapatkan filenya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

Ade pangki (ANALISIS AGROINDUSTRI KERIPIK NANGKA DAN KERIPIK NENAS DI PUSAT KERAJINAN DAN MAKANAN KHAS MELAYU KOTA PEKANBARU)

Ahmad Syarifudin (OPTIMALISASI USAHA AGROINDUSTRI TAHU)

Andrio Hafiz (STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI)

Siti maryam (STUDI KELAYAKAN AGROINDUSTRI KEDELAISKALA RUMAH TANGGA (ASPEK TEKNIS, FINANSIAL DAN NILAI TAMBAH)

Weldi Armen (STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI MINUMAN ROSELLA “SRI RAHAYU” DI KOTA PEKANBARU)

Winda Maya Lestari (ANALISIS FINANSIAL AGROINDUSTRI AREN ( Arenga pinnata)


Kata Penutup


Agroindustri merupakan salah satu bagian penting dalam bidang pertanian dimana bisa membantu produk pertanian untuk lebih dikenal di negara lain dengan melakukan eksplorasi dan industrialisasi terhadap produk-produk pertanian.

Buat kamu yang sedang mencari berapa referensi untuk memulai penelitian demi memenuhi syarat karya tulis ilmiah mu maka kamu bisa mendapatkan beberapa contoh skripsi di atas. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan ke teman-temanmu yang lain di media sosial
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya