Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Apakah kamu ingin membuka bisnis bermodal kecil yang masih jarang ditemui dan tidak banyak kompetitor? Kalau iya, Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai peluang usaha yang mungkin saja cocok denganmu. Karena saat ini, orang-orang banyak yang lebih memilih menjadi seorang entrepreneur. Karena menjadi seorang pengusaha bisa memberikan omzet yang lebih besar dibandingkan karyawan, dan juga memiliki waktu yang fleksibel serta bebas.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan sebelum memulai suatu usaha adalah kompetitor, atau pesaing. Karena semakin banyak pesaing itu menandakan bahwa niche atau ceruk pasarnya semakin sempit, dan semakin sulit lah untuk memenangkan kompetisi.

Sebagian orang memang tak bisa untuk mengambil resiko dalam membuka usaha yang memiliki pesaing banyak. Tapi ada juga orang yang berani untuk bersaing dan menciptakan usaha yang memiliki karakteristik nya sendiri, sehingga walaupun tidak menjadi market leader, bisnis nya bisa tetap dikenal oleh pelanggan loyalnya.

Semuanya menjadi pertimbangan, yang penting sobat kosngosan bisa melihat prospek bisnis yang tepat. Dan bagi seorang pemula, mungkin memilih usaha dengan modal kecil adalah pilihan yang bagus karena resikonya juga minim.


Rekomendasi Bisnis Modal Kecil Minim Pesaing

Baiklah langsung saja kita akan membahas mengenai beberapa rekomendasi usaha yang bisa kamu ambil untuk menjadi seorang entrepreneur pemula, dengan mempertimbangkan banyak sedikitnya kompetitor yang berada pada ceruk pasar yang sama.


contoh usaha modal kecil

1.Usaha Potong Rambut Anak

Usaha potong rambut biasanya dilakukan oleh anak muda yang mengerti style dalam dunia permak rambut. Beberapa anak memang sulit diajak potong rambut. Usaha ini umumnya melakukan pengumpulan modal untuk menyewa sebuah ruangan. 

Ruangan ini digunakan untuk beroperasi, potong rambut dengan berbagai model dan gaya yang diinginkan pelanggan. Selain itu ruangan tersebut juga bisa digunakan untuk tinggal dan bermalam. Sehingga selain mendapatkan ruangan untuk usaha, kamu juga bisa mendapatkan tempat tinggal. Modal kecil ini membuat kamu mendapatkan pemasukan yang lumayan setiap harinya.

Baca juga : Media untuk Mempromosikan Usaha


2.Usaha Freelance (Pekerja Lepas)

Usaha ini umumnya dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang jajan. Usaha ini hanya memerlukan keahlian kamu dalam menulis dan butuh kuota untuk mencari referensi. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, usaha ini juga dapat dijadikan pemasukan pasif yang lumayan bagi beberapa orang yang aktif menekuninya.

Usaha tersebut bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja saat ada waktu luang. Sobat kosngósan hanya perlu laptop atau komputer dan jaringan internet. Usaha ini sangat populer dilakukan oleh mahasiswa dan orang-orang.


3. Jasa Penerjemah

Bagi kamu yang memiliki kemampuan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya, ini adalah peluang besar kamu untuk membuka usaha jasa penerjemah. Usaha tersebut saat ini cukup banyak peminatnya. Dimana, menjadi penerjemah bisa kamu jadikan usaha sampingan dengan penghasilan yang lumayan. 

Tanpa modal sedikitpun, kamu sudah bisa menghasilkan uang dari menerjemahkan berkas dan naskah dari beberapa kantor, perusahaan atau dari anak sekolahan. Kamu bisa menawarkan jasa yang kamu miliki di sekolah-sekolah atau kampus. Selain itu kamu juga bisa bergabung di platform online untuk mendapatkan pelanggan.


4. Usaha Jasa Pengetikan

Memiliki komputer dan tidak memiliki usaha apapun, kamu bisa membuka usaha jasa pengetikan. Kamu juga bisa bergabung dengan beberapa platform yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan job. Dimana platform tersebut dapat memasarkan jasa yang kamu miliki. 

Usaha ini tidak membutuhkan modal apapun. Cukup laptop yang kamu miliki dan kamu akan mendapatkan uang dari jasa pengetikan tersebut. Modal minim tersebut dapat memberikan pemasukan kamu jalan terus tanpa butuh tenaga yang banyak. Kamu juga bisa membuka usaha jasa ini di kampu-kampus.


5. Usaha Print 3D dan Stiker Hologram

Usaha kecil ini dapat kamu lakukan di rumah, tanpa ruangan khusus. Jika memiliki skil yang cukup dalam membuat disain stiker atau logo. Usaha dengan modal kecil ini dapat kamu lakukan. Gunakan komputer dan printer di rumah kamu supaya lebih bermanfaat dan menghasilkan uang. Lakukan pemasaran di kantor-kantor, sekolah dan komunitas. Usaha ini selain hanya membutuhkan modal kecil, juga sangat sedikit saingannya di desa-desa.


6. Usaha Jasa Menjahit Pakaian Seragam/Pakaian Adat

Jika memiliki keahlian menjahit, kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu untuk membuka usaha jasa menjahit. Selain hanya membutuhkan modal kecil, kamu juga tidak memerlukan ruangan khusus untuk membuka usaha tersebut. Kamu hanya perlu menggunakan sebagian dari ruang tamu di rumah kamu, ruangan tersebut hanya untuk menempatkan mesin jahit dan satu rak kecil untuk pernak pernik dan bahan untuk menjahit. Usaha modal kecil ini di beberapa pelosok desa hanya terbatas dan beberapa saja yang melakukannya. Sehinga orang-orang umumnya pergi ke kota untuk menjahit baju atau seragam.

Pelung ini sangat cocok bagi sobat kosngosan.com yang tinggal di desa dan belum memiliki banyak pesaing. Usaha jasa menjahit ini juga sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu meluangkan waktu istirahat kamu setelah menyelesaikan tugas lainya.


7. Menjual makanan Siap Saji Sehat sistem Catering atau Pre Order

Catering atau menjual makanan siap makan dilakukan di beberapa tempat saat ini. Di masa pandemi ini, beberapa orang lebih memilih catering untuk makan setiap harinya. Apalagi makanan yang disajikan adalah makanan sehat dan bersih.

Usaha tersebut dilakukan ibu-ibu yang memiliki keahlian super dalam memasak. Sehingga ibu-ibu yang super sibuk dan para pelajar atau mahasiswa lebih memilih menggunakan catering untuk makan setiap harinya. Usaha menjual makanan siap saji ini hanya membutuhkan modal yang sedikit saja, selain itu kamu hanya mmebutuhkan dapur untuk usaha ini.


8. Usaha Kedai Kopi Konsep Anti Mainstream

Membuka usaha kedai kopi tidak mesti di dalam sebuah ruangan, kamu bisa mengubah dan mendesain halaman rumah kamu menjadi tempat nongkrong kekinian yang kece. Buat lampu dan gantungkan di tengah-tengah, kemudian kamu hanya perlu meja dan beberapa kursi.

Selain itu kamu butuh wifi yang bisa membuat pelanggan datang berbondong-bondong ke kedai kopi kamu. Maraknya anak-anak muda saat ini yang membutuhkan lokasi nongkrong yang memiliki wifi untuk bermain game, kedai kamu pasti akan menjadi salah satu lokasi nongkrong ramai. Tidak butuh modal banyak, kamu sudah bisa mendapatkan pemasukan setiap harinya.


9. Menjual Handcraft dari Daur Ulang

Usaha yang satu ini jika dilakukan dengan tekun maka akan menghasilkan keuntungkan yang melimpah. Dimana bahan yang digunakan hanya dari plastik dan barang bekas lainnya. untuk bahan tambahan kamu hanya membutuhkan lem dan bahan tambahan lainnya.

Bahan tambahan yang digunakan untuk usaha ini hanya bahan dengan harga yang sedikit. Tidak membutuhkan modal yang banyak. Sehingga kamu akan mendapatkan hasil yang lumayan. Apabila kamu mengenal tempat yang tepat yang menghargai barang hasil buatan kamu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Keterampilan dengan hasil yang keren akan mendapatkan harga yang tinggi di tempat yang tepat. Usaha ini hanya sedikit saja yang melakukan. Sehingga jika kamu mencoba membuka usaha membuat kerajinan tangan dari barang bekas, kamu akan mendapatkan pemasukan yang cukup tinggi.


10. Jasa Servis HP Cepat (Bisa Ditunggu)

Usaha servis handphone merupakan usaha yang dicari oleh beberapa orang. Dimana setiap orang di semua tempat saat ini memiliki handphone. Sehingga kemungkinan orang untuk menggunakan jasa servis handphone sangat tinggi. 

Usaha yang hanya mengandalkan keahlian ini tidak membutuhkan modal yang banyak dan tidak memiliki banyak pesaing. Kamu hanya perlu duduk dan mengotak atik handphone. Jika ada komponen yang rusak pun, kamu bisa meminta pemilik handphone untuk membelinya sendiri. Sehinga di sini kamu benar-benar hanya membutuhkan obeng kecil dan alat lainnya yang tidak membutuhkan modal besar.


11.Usaha Cuci Motor dan Mobil Sendiri

Saat ini, setiap orang di setiap rumah memiliki minimal satu motor atau mobil dan bisa saja lebih. Bagi beberapa orang peralatan untuk mencuci motor atau mobil hampir tidak ada. Dimana saat musim hujan ini beberapa kendaraan akan lebih cepat kotor karena lumpur. 

Sehingga orang diperkotaan lebih memilih untuk mencuci motor atau mobilnya di tempat pecucian kendaraan. Tapi kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan hanya menyediakan peralatan nya saja, sedangkan si pemilik kendaraan cuci sendiri. Tentunya biaya nya juga lebih murah.


12. Cleaning Service Kost

Jasa yang satu ini khusus untuk anak kost atau rumah yang punya kelebihan dana dan si pemiliknya merasa malas dalam membersihkan kamar miliknya. Sobat kosngosan bisa membentuk tim untuk membangun jasa bersih bersih ini, tanpa modal sama sekali. Hanya mengandalkan jasa tenaga dan promosi dari media sosial misalnya. Mulailah menawarkan jasamu dan pastikan layanannya juga maksimal


13. Iklan Belakang Mobil

Kamu bisa mendirikan jasa iklan yang mempertemukan antara pemilik mobil dengan si pengiklan dan pembuat iklan. Usaha ini adalah memanfaatkan space kosong di belakang layar mobil kamu untuk menghasilkan uang. Caranya kamu cukup membuat proposal kepada pihak pihak yang ingin dipasarkan produknya melalui mobil kamu. Bila kamu adalah pemilik angkutan massal, ini adalah prospek bisnis yang menguntungkan


14. Usaha Penitipan Kendaraan

Usaha ini tidak begitu menggiurkan bagi sebagian orang sehingga jarang dikerjakan. bila dihitung lagi, usaha ini sangat prospektif. Ini berbeda dengan bisnis parkir ya. Bila parkir hanya sebentar dan dalam hitungan jam, sedangkan penitipan kendaraan ini bisa berhari hari bahkan berbulan bulan. Tentu saja kamu harus punya tanah yang luas.


15. Joki Game

Banyak sekali orang yang bermain game online, seperti Pubg, ML, FF dan lainnya. Banyak anak kecil yang sudah punya smartphone dan bermain game online di gadget milik mereka. Jadinya industri gaming sangat menjanjikan saat ini. Kamu bisa memanfaatkan skill untuk menghasilkan uang, caranya dengan menjadi joki atau mengambil alih permainan untuk meningkatkan level. Artinya kamu membuka jasa untuk menaikkan rangking, meningkatkan level.

Baca juga : Contoh Usaha Sekitar Tempat Tinggal


Kata Penutup

Memiliki usaha yang terbilang jarang untuk ditekuni oleh banyak orang memang menjadi salah satu faktor minimnya kompetitor yang bisa membuat kamu memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Oleh karena itu beberapa rekomendasi usaha diatas bisa kamu lakukan dan Pilihlah yang mana sesuai dengan lingkungan di sekitarmu. Semoga bermanfaat untuk teman-teman pengujung kosngosan. Jangan lupa untuk Klik tombol share dan bagikan artikel ini ke linimasa sosial media kalian masing-masing. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk kembali lagi

Oleh rezaharahap