Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Wirausaha Sekitar Tempat Tinggal

Kalau kamu ditanya, sebutkan contoh wirausaha di sekitar tempat tinggalmu, maka pada kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa referensinya. Ketika memutuskan menjadi seorang wirausahawan, maka kamu perlu untuk menentukan ide bisnis mu seperti apa. Kebanyakan calon entrepreneur pemula, merasa kebingungan hendak memilih ide usahanya seperti apa. Maka dari itu, mimin kosngosan.com akan memberikan beberapa referensi ide untuk kamu geluti nantinya. Penasaran? yuk mari simak pembahasannya dibawah ini

Apa saja yang kamu harus persiapkan dari usaha baru? Pertama kamu harus memperkuat motivasi mu untuk memulai. Selain modal materi berupa dana, penting sekali memiliki mental bisnis yang tahan banting apabila mengalami hambatan atau masalah nantinya. Barulah hal hal teknis seperti lokasi, business plan, model usaha, promosi dan lainnya menyusul

Kamu bisa mengamati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu, apakah yang menjadi peluang yang belum banyak orang geluti tetapi dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak hanya kegiatan ekonomi, tetapi juga yang bersifat usaha sosial, pendidikan, kebudayaan, dan aspek lainnya.


Contoh Wirausaha Di Sekitar mu

contoh wirausaha tempat tinggal

Oke pada bagian dibawah ini, mimin kosngosan akan memberikan beberapa rekomendasi ide usaha yang bisa kamu mulai atau untuk sekedar menambah referensi buat entrepreneur pemula seperti kita. Apa saja itu? mari scrool kebawah.

Baca juga : Contoh Wirausaha bidang Sosial di Indonesia


Toko Sembako

Di daerah terpencil sekalipun setiap orang akan tetap membutuhkan sembako untuk keperluan sehari-hari. Sehingga membuka toko sembako meski kecil adalah salah satu pilihan wirausaha untuk kamu di sekitar tempat tinggalmu.

Jika kamu tidak memiliki toko atau ruangan yang besar, kamu bisa menggunakan sebuah etalase untuk memulai usaha. Mulailah dengan menjual beberapa bahan keperluan rumah yang selalu dicari dan dibutuhkan setiap hari.


Usaha Katering

Jika kamu ahli dalam urusan masak-memasak bisa membuka usaha katering. Kamu hanya membutuhkan dapur, peralatan masak dan pengemesan makanan lainnya. 

Kamu tidak membutuhkan tempat khusus yang luas dan besar seperti bisnis lainnya. setelah memantapkan niat, kamu hanya perlu mempromosikan menu-menu masakan untuk makanan yang kamu buat.

Kamu tidak perlu khawatir meski berada di daerah yang sepi sekalipun. Kamu bisa melakukan promosi melalui jalur media sosial. Kamu akan bisa mendapatkan pesanan yang banyak. 

Beberapa acara-acara besar banyak yang membutuhkan jasa katering ini. Orang-orang umumnya lebih memilih memesan kue dan makanana untuk tamu undangan di acara yang di adakan.


Ternak Ayam Petelur

Beternak yang paling diminati dan memiliki peluang bisnis yang besar saat ini adalah beterak ayam petelur. Melakukan usaha beternak ayam petelur ini bisa dilakukan di sekitar halaman rumah. 

Dengan beberapa ekor ayam saja kamu bisa mendapatkan banyak telur ayam dan bisa kamu jual atau titipkan di toko sembako di tetangga atau dekat rumah. Kamu juga bisa mempromosikan telur ayam ke pasar dimana ada orang yang membutuhkan pasokan telur ayam secara terus menerus.


Ternak Lele atau Ikan Konsumsi Lain

Di beberapa tempat beternak ikan segar menjadi salah satu peluang usaha bagi masyarakat yang memiliki lokasi tempat tinggal di pinggir jalan. Kamu bisa saja mengikuti peluang bisnis ini. Jika kamu memiliki tempat tinggal di pinggir jalan raya sobat kosngosàn bisa membuat kolam ikan kecil.

Cukup membuat kolam ikan denga luas 1 meter atau 2 meter kamu sudah bisa menjual ikan segar. Selain menjual eceran di pinggir jalan, kamu bisa membawa ikan-ikan segar saat panen ke warung makan, rumah makan atau restoran. Peluang usaha ini akan menjamin pemasukan kamu selalu lancar.


Budidaya Jamur Tiram

Gorangan jamur atau jamur krispi saat ini menjadi salah satu menu makanan favorit. Sehingga dengan adanya permintaan jamur tiram yang secara terus-menerus dan selalu meningkat setiap harinya, maka kamu bisa menjadi salah satu produsen dari budidaya jamur tiram ini.

Kamu tidak akan membutuhkan lokasi dan tempat yang luas. Hanya beberapa tempat atau wadah untuk membudidayakan jamur tiram.


Budidaya Sayur dan Buah Organik

Saat ini sayur dan buah organik sedang marak-maraknya di kalangan mama-mama mudah. Dimana selain sehat sayur dan buah organik ini juga memiliki banyak peminat. 

Sehingga melakukan budidaya sayur dan buah organik adalah salah satu usaha yang berpeluang besar sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu memiliki halaman yang luas, maka kamu bisa memaanfaatkannya untuk menanam sayur dan buah organik yang banyak diminati saat ini.


Toko Oleh-Oleh

Setiap tempat memiliki makanan dan barang khas, tradisional tersendiri. Jika wisatawan datang berkunjung, yang pertama dicari adalah keberadaan toko oleh-oleh. 

Kamu bisa membuat aksesoris khas daerah atau membuat makanan ringan khas yang bisa di kemas dan dibawa bepergian jauh.

Kamu bisa menjadikan ini sebagai usaha yang bagus di daerah tempat tinggal kamu. Jika tidak memiliki toko, bisa saja dengan membawa hasil karya kamu ke toko atau pusat oleh-oleh di daerah tempat tinggal. Solusi lainnya yaitu menjual barang dan makanan ringan khas ini melalui online shop.


Salon atau Barbershop

Jika kamu memiliki bakat untuk merias atau merawat muka dan rambut, membuat salon dan jasa barbershop adalah solusinya. 

Barbershop merupakan salah satu tempat yang selalu dikunjungi oleh masyarakat secara berkala. Selain potong rambut, kamu bisa memberikan fasilitas lainnya seperti pijat, perawatan atau bisa jadi dengan merias atau make up.


Usaha Laundry

Usaha satu ini adalah salah satu cara mendapatkan pendapatan dengan mudah. Kamu bisa memilih lokasi yang penghuninya sangat sibuk dan sulit mencuci pakaian. 

Selain itu beberapa dari ibu rumah tangga juga lebih memilih jasa mencuci untuk beberapa kain-kain berat seperti bed cover, selimut, jaket, celana jeans dan lainya. Sehingga jasa membuka laundry ini akan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Baca juga : Tips Mencuci Pakaian yang Hemat


Jasa Penitipan Anak

Jika sobat kosngosan memiliki pengalaman dalam hal mengurus anak, kamu bisa membuka jasa tempat penitipan anak. Untuk tempat penitipan anak ini kamu hanya perlu sebuah ruangan dengan beberapa kasur dan mainan. Tidak membutuhkan banyak barang. 

Selain itu saat ini banyak ibu-ibu muda yang memiliki karir dan sulit untuk melepaskan pekerjaannya lebih memilih untuk menitipkan anak-anaknya. Usaha ini akan sangat bermanfaat bagi beberapa orang tua yang sangat sibuk selama weekdays.


Les Privat Bimbingan Belajar

Jika kamu adalah seorang lulusan sarjana yang memiliki kemampuan untuk mengajar, membuka jasa les atau bimbingan belajar adalah salah satu jasa yang banyak diminati. 

Beberapa orang tua banyak yang mencari bimbingan belajar pribadi untuk memperdalam ilmu di bidang tertentu untuk anak-anaknya. Sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mempekerjakan teman-teman kamu yang memiliki keahlian dibidang yang diminati.


Jual Pulsa & Token

Berbisnis pulsa adalah salah satu usaha yang menjanjikan di beberapa desa atau lokasi yang memiliki akses transportasi kurang. Kamu bisa melakukan bisnis jual pulsa ini, dimana bisnis ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan. 

Selain penggunaan pulsa Hp, pulsa juga sangat dibutuhkan untuk tenaga listrik saat ini. usaha ini akan sangat menguntungkan kamu. Selain itu kerugiannya juga dihitung sangat rendah. Hal ini dikarenakan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak.


Jasa Menjahit

Usaha ini sangat menjanjikan dilakukan di sekitar tempat tinggal kamu. Jika kamu pandai dalam menjahit kamu bisa membuka jasa pembuatan pakaian atau menjahit pakaian. 

Jika kurang mampu mengoperasikan mesin jahit model lama, kini kamu bisa mencari mesin jahit yang bisa digunakan untk semua kalangan atau pemula seperti kamu.


Jual Bibit Tanaman

Di beberapa daerah yang memiliki lahan cukup luas, adalah salah satu peluang untuk membuka toko penjualan bibit tanaman. Apalagi kalau kamu doyan grafting, cangkok, sambung pucuk, dll

Peluang usaha ini akan sangat ramai bagi beberapa orang di desa. Dimana di desa, masyarakat sekitar berpropesi sebagai petani, sehingga dengan menjual bibit tanaman kamu bisa membantu mempermudah petani mendapatkan bibit dengan cepat.


Usaha Kerajinan

Usaha ini adalah merupakan bisnis yang bagus bagi kamu yang tinggal di desa. Membuat beberapa furnitur atau beberapa alat masak yang dibuat dari kayu akan sangat menarik untuk dipasarkan di kota. Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang akan menguntung.


Wirausaha Sekitar lainnya

Beberapa contoh wirausaha di sekitar mu yang bisa dimanfaatkan selain yang sudah kosngosan sebutkan diatas adalah sebagai berikut :

  • Jasa Pijat Keliling
  • Galon Isi Air Minum
  • Daur Ulang Limbah atau Sampah
  • Jasa Cuci Pakaian
  • Tukang Bangunan
  • Warung Pecel dan Angkringan
  • Warung Seblak Isi Suka-suka
  • Warung Indomie (warmindo)
  • Jasa ketok magic keliling
  • Jasa bekam dan pijat panggilan


Kata Penutup

Memiliki usaha yang prospektif di sekitaran tempat tinggal merupakan salah peluang yang bisa kamu coba sebagai penambah income. Akan tetapi, kamu juga harus pintar dalam memilih strategi usaha apa yang paling berpeluang dalam memberikan cuan dan keuntungan besar. Apalagi saat ini kompetisi bisnis semakin ketat

Demikian beberapa tips dan ide usaha yang bisa sobat kosngosan.com ambil untuk sehari hari. Jika kamu ingin menjadi wirausaha atau entrepreneurship, maka memilih ide usaha yang tepat menjadi sangat krusial. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya