Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Wirausaha Sosial di Indonesia

Apa yangn dimaksud dengan wirausaha sosial? Pengertian wirausaha sosial atau "Social Entrepreneur" adalah suatu kegiatan usaha yang memiliki kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tertentu yang tidak terpenuhi atau memecahkan masalah tertentu yang sedang dihadapi, sementara pelakunya secara bersama-sama mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan serta menggunakannya demi kepentingan sosial dan kemasyarakatan. Sedangkan wirausawan sosial adalah entitas inpidu atau kelompok yang berperan dalam kegiatan wirausaha sosial tersebut.

Ada banyak sekali contoh kewirausahaan sosial di berbagai bidang. Usaha yang berbasis social entrepreneur menjadi salah satu alternatif buat kamu yang ingin berbisnis, tetapi tetap ingin membantu lingkungan disektarmu. Nah pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk berkontribusi terhadap masalah sosial disektiar.

Tujuan atau hasil apa yang ingin dicapai oleh wirausaha sosial? Biasanya para pelaku usahanya yaitu orang orang yang dermawan dan ingin memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang terjadi di sekitar. Misalnya contoh kewirausahaan sosial di bidang kesehatan seperti jasa praktek murah bagi masyarakat pedesaan, jasa konsultasi kesehatan mental gratis, dll.

contoh wirausaha


Contoh WiraUsaha Sosial di Berbagai Bidang

Baiklah langsung saja, kosngosan.com akan membahas beberapa referensi untuk kegiatan usaha yang bersangkutan dengan bidang sosial dibawah ini. Tetapi tidak hanya terkait dengan bidang kesehatan, tetapi ada juga bidang lingkungan, kebutuhan pangan dan juga energi. Berikut diantaranya :

Baca juga : Contoh Wirausaha bidang Jasa


1. Usaha Handicraft berbasis Padat Karya

Kamu bisa memproduksi berbagai aksesoris dari berbagai bahan yang mudah ditemui di daerahmu. Kemudian selanjutnya kamu bisa memberdayakan pengrajin lokal untuk memproduksi barang unik, yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Bisnis ini menggunakan konsep shared-economy di mana kamu bisa bekerjasama dengan pengrajin lokal dalam menyediakan produk souvenir terbaik dengan sistem bagi hasil.


2. Pelatihan Edukasi Wirausahawan

Menjadi wirausahawan memang membuat masyarakat lebih baik dalam membuka lowongan pekerjaan baru. Oleh karena itu, bila kamu punya sumber daya yang cukup, bisa membuka jasa pelatihan untuk entrepreneur muda di kota mu. Kamu tidak harus menggratiskan biaya, tetapi bisa membuka jasa pelatihan ini dengan biaya yang terjangkau dan fasilitas yang cukup.


3. Jualan Kuliner Bayar Seikhlasnya

Banyak sekali orang orang disekitar kita yang kurang beruntung dan ingin makan layak. Oleh karena itu, kamu bisa membuka jasa berjualan makanan dengan bayar seikhlasnya, atau bahkan gratis. Kamu bisa membuka rumah makan, yang memberikan harga murah dan juga memberikan kemudahan untuk orang lain, ada yang bayar seikhlasnya dan ada pula yang gratis


4. Katering Makanan Sehat Organik

Saat ini orang orang semakin sibuk dan tidak sempat lagi untuk menyiapkan makannya. Oleh karena itu kamu bisa membuka jasa katering khusus makanan sehat organik untuk orang orang yang concern terhadap kesehatan. Kamu bisa menggunakan bahan dasar sayur dan lauk yang dengan kaya nutrisi. Dengan berbagai produk inovasi, kamu bertujuan untuk menutrisi orang orang dengan menciptakan generasi yang lebih baik dengan mengajak masyarakat supaya perduli terhadap hidup lebih sehat, melalui makanan olahan rumahan yang bebas pestisida.


5. Pabrik Daur Ulang Plastik

Usaha untuk daur ulang plastik bisa menjadi opsi yang tepat dalam menyelamatkan lingkungan dan termasuk kedalam usaha sosial yang menguntungkan. Usaha daur ulang plastik ini bisa dimulai dari proses pengumpulan plastik dan mengubahkan ke dalam biji plastik, yang kemudian dioper ke perusahaan lain.


6. Layanan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Sampah bisa dikelola menjadi peluang usaha. Apabila sampah disekitar yang tidak berguna dapat dimanfaaatkan dengan melakukan daur ulang untuk dijadikan barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Usaha yang mengolah sampah belakangan ini semakin diminati masyarakat, selain mendapat untung, sobat kosngosan juga bisa berkontribusi menyelamatkan lingkungan sekitar.


7. Jasa Pembelajaran Online Gratis

Usaha bimbingan belajar semakin menjanjikan karena saat ini sulitnya mata pelajaran konvensional, dimana para murid juga dituntut untuk belajar tambahan di luar sekolah. Hal ini karena mayoritas orang tua lebih memilih mendaftarkan anaknya ke bimbel. Jadi kamu bisa membuka jasa bimbingan online murah atau gratis

Tak dipungkiri, kurikulum yang diterapkan di era sekarang (tematik) kadang membuat bingung para murid. Sedangkan orang tua sebagai pendamping saat belajar di rumah juga ikut bingung.


8. Instalasi PLTS Daerah Terpencil

Banyaknya permintaan instalasi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya, menunjukkan semakin banyak masyarakat yang menyadari kegunaan tenaga surya ini. Produk cahaya matahari pun semakin meningkat untuk konsumsi rumah tangga, baik itu di perkotaan maupun di pedesaan. Produk-produk lainnya yang memanfaatkan tenaga surya dari matahari.


9. Produksi Rempah Lokal Kemasan Modren

Indonesia terkenal dengan rempah rempah lokalnya. dulu sampai saat ini rempah rempah banyak digunakan untuk berbagai hal, seperti bumbu masak. Bumbu masak dapur seperti bumbu giling sangat mudah didapatkan di pasar tradisional. Tapi saat ini, kamu bisa mengemasnya dengan kemasan modren dan ditujukan untuk konsumen high end dan dipasarkan di swalayan atau pasar modren.


10. Agen Pengepul Minyak Bekas

Saat ini jenis usaha sudah sangat bervariasi hari dengan memanfaatkan bahan baku mentah hingga bahan baku seperti limbah minyak bekas penggorengan rumah tangga. Kamu bisa memanfaatkan limbah minyak goreng, dengan cara mengubahnya ke dalam berbagai bentuk produk turunan, seperti sabun cuci, bahan bakar minyak hingga lilin. Kamu cukup mempekerjakan beberapa orang yang bertugas untuk mengumpulkan minyak minyak bekas tadi dari rumah ke rumah.


11. Kelas Menjahit Untuk Lansia

Keterampilan menjahit menjadi salah satu keterampilan yang cukup dibutuhkan di zaman sekarang apabila memang ingin membuka jasa konveksi. Untuk para lansia ibu-ibu dan bapak-bapak yang memasuki masa pensiun dan tidak produktif lagi, bisa diberdayakan dengan mengadakan pelatihan keterampilan jahit menjahit, dengan tujuan supaya mereka bisa membuka jasa jahit menjahit di rumah dalam skala kecil


12. Agrowisata Kearifan Lokal

Saat ini pertanian menjadi sangat krusial, tetapi tidak hanya fokus pada produksi komoditi untuk dikonsumsi saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan pemandangan dan juga lingkungannya untuk dijadikan sebagai tambahan penghasilan, seperti konsep agrowisata. Di mana kamu bisa bekerja sama dengan para petani, untuk menciptakan tempat wisata berbasis pertanian. Yang nantinya para pengunjung bisa masuk dan membeli tiket, sembari panen sendiri, nongkrong dan belajar bersama kelompoknya


13. Produksi Produk dari Kain Perca

Bisnis kain perca merupakan salah satu usaha sosial yang memanfaatkan limbah kain yang tidak terpakai oleh industri konveksi. Kain perca merupakan potongan kecil dari kain sisa hasil pembuatan produk garmen komersial. Sobat kosngosán bisa mendapatkan kain perca pabrik yang memproduksi pakaian garmen dan konveksi. Industri ini biasanya menjual kain perca dalam jumlah yang besar, sehingga kamu bisa membuka usaha kreatif dari kain perca ini.


14. Internet Murah di Desa

Kebutuhan internet memang tidak bisa dipungkiri lagi sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tidak terkecuali dengan masyarakat pedesaan. Kamu bisa berbisnis dengan memasang jaringan wi-fi unlimited tanpa adanya batasan kuota. Apalagi saat ini, sangat dianjurkan untuk beraktivitas di dalam ruangan, maka kegiatan berinternet menjadi kebutuhan sehari-hari buat para pekerja.


15. Jasa Pemotongan Hewan Halal

Jasa ini menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu buka. Karena mayoritas masyarakat di Indonesia adalah masyarakat beragama islam, maka kebutuhan akan daging dari hewan halal cukup tinggi. Kamu bisa membuka jasa pemotongan hewan secara syarii dengan memiliki sertifikat dari MUI langsung. Biasanya orang yang bertugas dinamakan JULEHA atau juru sembelih halal. Nantinya kamu juga bisa melatih bagaimana tata cara memotong hewan yang benar dan halal.

Baca juga : Contoh Bisnis Kreatif ala Mahasiswa


Kesimpulan Akhir

Menciptakan peluang usaha berbasis sosial, yang memiliki dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, memang bisa menjadi pilihan kamu yang jiwa entrepreneur, sekaligus loyal terhadap nilai nilai sosial masyarakat. Dengan memulai usaha berbasis sosial, maka diharapkan pengembangan ekonomi mikro semakin maju lagi.

Demikian beberapa ide bisnis ataupun usaha yang berbasis sosial, yang bisa teman-teman kosngosan.com terapkan apabila memang memiliki niat untuk membuka usaha. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sebagai bentuk partisipasi kalian, Jangan lupa untuk Klik tombol share dan bagikan artikelnya ke sosial media masing-masing

Oleh rezaharahap