Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Mahasiswa

Apa saja ide bisnis kreatif yang jarang ada? Membuka bisnis kecil kecilan memang menjadi pilihan bagi kalian yang ingin terjun ke dunia enterpreneur. Namun kita sering bingung memilih bisnis seperti apa yang menjanjikan kedepan. Terlebih bagi kalian yang fresh-graduate, ada dua pilihan bekerja di perusahaan atau membuat usaha sendiri.

Di era sekarang ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tentu lebih sulit. Hal ini tentu membuat para lulusan sarjana baru akan butuh usaha lebih agar dapat diterima perusahaan yang diinginkan. Jika merasa kesulitan bersaing dalam lapangan kerja, mengapa para sarjana tidak mencoba jalur usaha sendiri ataupun wiraswasta?

Untuk memulai hal ini, sarjana baru tentu perlu ide dan gambaran usaha yang akan dibuat. Artikel kosngosan kali ini akan mencoba membantu dengan memberikan beberapa ide bisnis kreatif dan inovatif yang bisa kamu coba di rumah. 

Pilihan ide usaha di sini akan lebih mementingkan kebutuhan modal yang sesuai dengan kebutuhan kalian masing masing


Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif

contoh usaha kreatif inovatif

Karena berbisnis tidak memandang usia dan latar belakang pendidikan, maka siapa saja bisa memulainya. Tidak terkecuali bagi kamu yang baru lulus kuliah semester ini, dan bingung hendak bekerja dimana.

Berikut adalah list, ide – ide usaha kreatif yang bisa kamu aplikasikan dalam mengisi waktu menganggur mu!


Bisnis Daur Ulang Sampah

Sebutkan cara memasarkan usaha kreatif daur ulang sampah, kalau ditanya demikian, maka jawabnya adalah dengan menggunakan strategi pemasaran online dan offline. Kamu bisa memasarkan usaha daur ulang sampah ini dari rumah ke rumah, dan memperkenalkan lewat sosial media

Economy Circular dengan melakukan daur ulang sampah seperti plastik dan limbah lain menjadi produk yang punya ekonomi, bisa menjadi pilihan buat kalian para mahasiswa.

Modal yang diperlukan adalah mesin pencacah dan mesin pemilah plastik. Untuk sampah daur ulang, kalian bisa bekerja sama dengan para pemulung. Buatlah tim atau bangun perusahaan rintisan yang fokus dalam mengelola bisnis sampah ini.

Baca juga : Bisnis yang Menghasilkan uang tiap hari


Jasa Aquascape dan Biotop

Saat ini banyak orang yang mulai menikmati aquascape untuk dijadikan hiasan di ruangan. Aquascape adalah karya yang menggabungkan antara konsep tanaman air, bebatuan dan kayu apung di dalam akuarium, yang memberikan pemandangan miniatur alam.

Biasanya Aquascape juga dilengkapi dengan beberapa jenis ikan-ikan kecil di dalamnya. Pembuatan Aquascape dan biotop saat ini cukup digemari dan kamu bisa menjadi seorang scaper, yaitu orang yang mendesain aquascape dari awal hingga jadi dan siap untuk dipasang di berbagai ruangan


Creator NFT

Non-Fungible Token atau yang disingkat NFT adalah suatu teknologi yang sedang hype. Sebagai suatu pasar yang masi baru, kamu bisa menjadi pengusaha NFT dengan memanfaatkan daya kreatifitas dan inovasi yang kamu punya. Dengan membuat suatu karya seni digital yang sudah dilabel dengan teknologi NFT.

Karya asli hasil buatanmu seperti logo, animasi dan file lain tidak bisa diduplikasi lagi, harganya pun bisa melonjak naik, sehingga menjadi pemasukan baru bagi sang kreatornya. 

Potensi dari NFT ini secara umum masih menyimpan prospek yang sangat besar, karena masih belum tereksplorasi maksimal di negara kita.


Pembuatan Scrap Frame

Salah satu jenis kerajinan yang memang berbentuk bingkai, tetapi isinya tidak hanya foto atau lukisan, bisa juga dikombinasikan dengan berbagai kebutuhan dari klien

Hal ini termasuk ucapan terimakasih, kado pernikahan, parsel atau hadiah ulang tahun. Jadi buat kamu yang hobi dengan pembuatan benda benda yang membutuhkan kreatifitas tinggi, bisnis ini cukup menggiurkan untuk dicoba.


Youtuber dan Podcaster

Kamu ingin menghasilkan uang dari rumah? Buat channel youtube dan jadilah podcaster sekaligus youtuber. Kamu bisa bercerita dan mewawancarai berbagai narasumber, isinya adalah podcast, dengan berbincang bincang berbagai hal yang lagi trend.

Istilah kerennya, radio broadcasting wannabe. Konten podcaster di kanal youtube, juga sangat besar dan ini terlihat dari persentase pertumbuhan penggunanya yang naik signifikan di Indonesia. 

Dalam konteks creator, kamu bisa menjadi podcaster yang menghasilkan video podcast di channel youtube, tiktok atau bahkan instagram milik sobat kosngosan


Jualan Case HP Custom

Saat ini orang orang sudah punya smartphone sebagai kebutuhan mereka. Namun banyak yang membutuhkan perlindungan cover untuk HP nya supaya tidak gampang lecet dan rusak.

Oleh karena itu berbisnis case atau silikon HP menjadi pilihan. Tidak hanya bentuk dan warna standar seperti putih, hitam atau transparan, tetapi juga konsumen menyukai case custom. Jenis case ini memiliki gambar atau corak yang dipilih sendiri oleh pembelinya.


Sewa Kebutuhan Balita

Kalau dipikir pikir, orangtua yang membeli debay -nya seluruh perlengkapan seperti mainan, alat dorong dan lainnya tentu tidak akan bertahan lama, bukan? Karena pertumbuhan dan perkembangan bayi begitu pesat.

Oleh karena itu dibuatlah jasa penyewaan perlengkapan bayi selama beberapa bulan, sehingga barang tersebut bisa lebih dimaksimalkan manfaatnya. 

Dari sinilah ide rental perlengkapan bayi muncul. Jika ingin berbisnis, ide ini bisa sobat kosngosan coba, terutama karena belum banyak yang melakukannya


Usaha Fashion dan Clothing

Ide UKM pertama yang bisa dicoba adalah dalam bidang fasion dan clothing. Dalam hal ini, usaha kamu bisa berbentuk macam – macam dan mengurusi banyak produk fashion dan clothing.

Misalnya saja sebagai desainer, produsen dan juga distributor. Hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan dan modalmu. 

Kamu bisa membuka toko online untuk tahap awal, begitu modal sudah terkumpul, baru kamu ekspansi membuka toko offline atau toko fisik


Jasa Bidang Desainer

Untuk desainer, sobat kosngosan bisa mulai dengan mencari partner untuk memproduksi desain pakaian Kamu. Pembuatan desain ini tentu lebih baik dimulai dengan pakaian yang tidak kompleks dan lebih mudah dipasarkan. 

Desain gambar untuk kaos adalah jalur usaha yang mudah dan tentunya banyak outlet akan lebih menerima daripada desain gaun.

Banyak jasa pembuat kaos bisa kamu gunakan di internet. Dari partner ini, kamu bisa jual desain kamu dan pasarkan secara lebih mudah.

Promosi bisa kamu lakukan dengan menggunakan sosial media dan mengarahkan link ke partner pembuat kaos dengan desain kamu tersebut. 

Jika ingin mempermudah proses pemasaran, gunakan koneksi teman dan juga keluarga untuk membantu kamu menyebarkan produk kamu ini.


Usaha Konveksi Pakaian

Untuk usaha produsen, kamu bisa juga membuka distro untuk membuat pakaian. Distro ini bisa kamu buka dengan bentuk kecil terlebih dahulu dengan pesanan spesifik. 

Contoh saja, pembuatan kaos desain sendiri, kaos print dan kebutuhan kaos lainnya. Jenis usaha ini bisa kamu jadikan peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Dalam pemenuhan ini, kamu mungkin bisa cari tempat suplai kaos polos untuk nantinya kamu cetak gambar dan sablon sesuai pesanan.

Modal seperti ini tentu lebih kecil dibandingkan harus memenuhi kebutuhan pakaian jaket ataupun sejenisnya. 

Jika sudah berkembang, barulah sobat kosngosan cari tenaga kerja tambahan beserta alatnya untuk dapat memenuhi permintaan jenis pakaian yang lainnya.


Marketing Konveksi

Untuk jenis usaha ini, kamu bisa ambil jalur distribusi. Dalam hal ini, kamu membuka toko dan menjalankan usaha dagang seperti banyak toko pada umumnya.

Kamu memilih barang dagangan dari beberapa produsen dan brand, lalu memasarkannya sendiri dengan meningkatkan harga jual. Untuk usaha ini, sangat disarankan tidak langsung mengambil brand mahal.

Di internet, sekarang ini masih banyak brand yang niche tapi memiliki kualitas baik. Hubungi langsung produsen tersebut dan tawarkan kerja sama untuk mendistribusikannya. Hal ini tentu akan lebih mudah dilakukan daripada bekerja dengan partner brand mahal yang terkenal.


Usaha Kerajinan Unik

Selain usaha di fasion dan clothing, UKM yang banyak sekali diambil adalah yang berhubungan dengan kerajinan. Dalam hal ini, kamu bisa pilih berbagai hal untuk dijadikan usaha karena bentuk kerajinan juga ada banyak.

Tapi jika ingin menjual, tentu kamu wajib mengambil pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dalam hal ini, ada dua jenis kerajinan yang naik daun untuk diambil. 

Usaha yang pertama adalah kerajinan pernak – pernik untuk acara dan yang berikutnya adalah kerajinan geek fandom.


Kerajinan Event tertentu

Kerajinan yang tipe ini tentu sudah tidak asing lagi. Pernak – pernik untuk pernikahan ataupun bingkisan seminar adalah hal yang umum diberikan. 

Sekarang ini, kebutuhan kerajinan ini tentu banyak, tapi penyediaannya selalu terbatas. Di setiap kota, biasanya hanya beberapa saja pengusaha kerajinan yang bisa memenuhi hal ini.

Jika masuk ke usaha ini, tentu kamu perlu produk yang baik, unik dan tentunya mudah dibuat menjadi banyak. Kerajinan pesanan banyak ini perlu pemikiran yang baik, karena jika terlalu kompleks, tentu kualitasnya tidak akan seragam saat dibuat banyak.

Pilihan yang mudah adalah dengan mencari ide kerajinan dari berbagai website DIY yang ada di internet. Misal saja kerajinan bunga dari plastik bekas ataupun kain perca, adalah contoh yang bisa diambil dengan modal sedikit dan proses pembuatan yang tidak kompleks.


Kerajinan Fandom

Sekarang ini hal – hal seperti film, anime, kartun, drama, idol dan video game tentu memiliki fandom. Ukuran fandom ini tentu akan berbeda – beda, tapi pada umumnya semua menyukai pernak – pernik kerajinan yang berhubungan dengan hal ini.

Kamu bisa coba riset untuk pernak – pernik seperti gantungan kunci, pahatan topeng ataupun sekedar rajutan dengan tema super hero Marvel Avenger. Tentu banyak orang mencari barang kerajinan seperti ini.

Untuk menjual barang copy right seperti ini, kamu bisa coba membuat berdasarkan kemiripan dan tidak mengambil bentuk yang sama persis. Contoh saja seperti fanart dengan style berbeda dari tokoh kartun tertentu.

Dari gambar fanart ini, kamu bisa ambil untuk jadikan gantungan kunci, karena tokohnya tidak terlalu menyerupai tokoh aslinya. 

Tentu, jika fanart-nya adalah buatan orang lain, kamu perlu izin menggunakannya sebagai barang dagangan. Tapi jika buat fanart sendiri, kamu bebas menjualnya.


Buka Usaha Kuliner Konsep Kekinian

Usaha berikutnya yang sekarang ini sedang hot adalah seputar kuliner. Karena perkembangan teknologi informasi dan jasa karena internet, jualan makanan sekarang bisa dibuat lebih modern dan keren.

Contoh saja, sebelumnya memasarkan jajanan pasar seperti sosis solo ataupun risol mayo, bisa dibuat unik dengan resep tertentu dan dijual melalui sosial media. Untuk pengiriman, jasa seperti GrabFood dan GoFood bisa juga dimanfaatkan.

Dalam usaha kuliner yang sekarang ini populer, kamu bisa fokus pada dua hal, yaitu makanan unik dan makanan challenge.

Kedua hal ini menjadi besar karena budaya sharing dan juga pembuatan konten agar menarik perhatian pengguna internet.


Makanan yang Unik

Makanan unik ini adalah twist yang dihasilkan dari mengrubah resep biasa menjadi lebih unik dan menarik. Tentu perubahan ini tidak bisa asal unik saja, kombinasi rasa dan harga akan mempengaruhi apakah pembeli yang mencoba bisa jadi pelanggan tetap.

Makanan yang bisa dijadikan contoh adalah impossible burger. Burger ini dibuat dengan bahan – bahan kimia dari tumbuhan untuk menkreasikan sensasi makan daging bagi vegetarian. 

Tentu makanan seperti ini akan mengundang banyak orang mencoba. Tapi bagi yang baru lulus sarjana, hal seperti ini tentu akan sulit tapi ada juga menu yang sederhana tapi tetap unik.

Contoh saja hidangan sederhana seperti martabak telur tapi diberikan twist bumbu ala hidangan luar negeri. Misal dengan daripada menggunakan hanya daun bawang dan daging

Kamu bisa gunakan sosis dan bayam. Ataupun menggunakan resep okonomiyaki sebagai inspirasi untuk mengubah style martabak tersebut


Food Challenge

Makanan challenge ini bisa dibilang lebih mudah diwujudkan daripada makanan unik. Tema ini yang sekarang hot adalah tingkat kepedasan dan juga ukuran. 

Tentu menu special challenge ini adalah sampingan dan kamu hidangkan pada pemesan yang ingin menjawab tantangan.

Tapi pengunjung biasa, tetap akan dilayani dengan menu bentuk standar dari menu tantangan tersebut. Menu tantangan kamu hanya gunakan sebagai pengundang dan bukan menu standar di tempat kamu . 

Jadi pastikan menu standar kamu tetap enak, tapi juga menu challenge dibuat tetap menarik. Kamu juga bisa mencoba untuk membuka peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan saat ini.

Beberapa contoh usaha kreatif dan inovatif lainnya yang bisa kamu jadikan referensi, antara lain :

  • Sewa atau Rental iPhone, Drone dan Kamera
  • Jasa Bioskop Keliling
  • Jasa Gebetan Wisuda
  • Trader Saham atau Crypto
  • Cover Lagu di Youtube
  • Jadi Influencer TikTok 


Kesimpulan

Berbisnis adalah cara kamu untuk mencari pengalaman dan meningkatkan penghasilan. Sekian bahasan ide – ide UKM yang bisa sobat kosngosan manfaatkan untuk memulai usaha sendiri sebagai lulusan sarjana baru. Mudah – mudahan hal ini dapat membantu teman teman sekalian.

Bagi yang berkenan, silahkan share artikel ini di media sosial kalian dan berikan juga komentar berupa kritik dan saran mengenai pengembangan kosngosan selanjutnya, Terima kasih sudah membaca!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya