Kumpulan Ide Bisnis UKM Kreatif yang Bisa Dimulai Saat Lulus Kuliah

Membuka bisnis kecil kecilan memang menjadi pilihan bagi kalian yang ingin terjun ke dunia wisausaha atau enterpreneur. Namun kita sering bingung memilih bisnis seperti apa yang prospektif kedepan. Terlebih bagi kalian yang fresh graduate, ada dua pilihan bekerja di perusahaan atau membuat usaha sendiri.

Di era sekarang ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tentu lebih sulit. Hal ini tentu membuat para lulusan sarjana baru akan butuh usaha lebih agar dapat diterima perusahaan yang diinginkan. Jika merasa kesulitan bersaing dalam lapangan kerja, mengapa para sarjana tidak mencoba jalur usaha sendiri ataupun wiraswasta?

bisnis ukm mahasiswa

Nah, untuk memulai hal ini, sarjana baru tentu perlu ide dan gambaran usaha yang akan dibuat. Artikel kosngosan kali ini akan mencoba membantu dengan memberikan beberapa ide bisnis UKM yang bisa kamu coba. Pilihan UKM di sini akan lebih mementingkan kebutuhan modal usaha yang rendah dan tentunya memberi penjelasan tentang daya tarik dari hal tersebut. Berikut adalah list, ide – ide UKM tersebut


Peluang UKM Terbaru


Buka Usaha Fashion dan Clothing


Ide UKM pertama yang bisa dicoba adalah dalam bidang fasion dan clothing. Dalam hal ini, usaha kamu bisa berbentuk macam – macam dan mengurusi banyak produk fashion dan clothing. Misalnya saja sebagai desainer, produsen dan juga distributor. Hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan dan modalmu.

Usaha Desainer


Untuk desainer, sobat kosngosan bisa mulai dengan mencari partner untuk memproduksi desain pakaian Kamu. Pembuatan desain ini tentu lebih baik dimulai dengan pakaian yang tidak kompleks dan lebih mudah dipasarkan. Desain gambar untuk kaos adalah jalur usaha yang mudah dan tentunya banyak outlet akan lebih menerima daripada desain gaun.

Banyak jasa pembuat kaos bisa kamu gunakan di internet. Dari partner ini, kamu bisa jual desain kamu dan pasarkan secara lebih mudah. Promosi bisa kamu lakukan dengan menggunakan sosial media dan mengarahkan link ke partner pembuat kaos dengan desain kamu tersebut. Jika ingin mempermudah proses pemasaran, gunakan koneksi teman dan juga keluarga untuk membantu kamu menyebarkan produk kamu ini.

Usaha Pembuat Pakaian


Untuk usaha produsen, kamu bisa juga membuka distro untuk membuat pakaian. Distro ini bisa kamu buka dengan bentuk kecil terlebih dahulu dengan pesanan spesifik. Contoh saja, pembuatan kaos desain sendiri, kaos print dan kebutuhan kaos lainnya. Jenis usaha ini bisa kamu jadikan peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Dalam pemenuhan ini, kamu mungkin bisa cari tempat suplai kaos polos untuk nantinya kamu cetak gambar dan sablon sesuai pesanan. Modal seperti ini tentu lebih kecil dibandingkan harus memenuhi kebutuhan pakaian jaket ataupun sejenisnya. Jika sudah berkembang, barulah sobat kosngosan cari tenaga kerja tambahan beserta alatnya untuk dapat memenuhi permintaan jenis pakaian yang lainnya.

Usaha Dagang Pakaian


Untuk jenis usaha terakhir, kamu bisa ambil jalur distribusi. Dalam hal ini, kamu membuka toko dan menjalankan usaha dagang seperti banyak toko pada umumnya. Kamu memilih barang dagangan dari beberapa produsen dan brand, lalu memasarkannya sendiri dengan meningkatkan harga jual. Untuk usaha ini, sangat disarankan tidak langsung mengambil brand mahal.

Di internet, sekarang ini masih banyak brand yang niche tapi memiliki kualitas baik. Hubungi langsung produsen tersebut dan tawarkan kerja sama untuk mendistribusikannya. Hal ini tentu akan lebih mudah dilakukan daripada bekerja dengan partner brand mahal yang terkenal.

Usaha Kerajinan Unik


Selain usaha di fasion dan clothing, UKM yang banyak sekali diambil adalah yang berhubungan dengan kerajinan. Dalam hal ini, kamu bisa pilih berbagai hal untuk dijadikan usaha karena bentuk kerajinan juga ada banyak.

Tapi jika ingin menjual, tentu kamu wajib mengambil pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dalam hal ini, ada dua jenis kerajinan yang naik daun untuk diambil. Usaha yang pertama adalah kerajinan pernak – pernik untuk acara dan yang berikutnya adalah kerajinan geek fandom.

Kerajinan Untuk Acara


Kerajinan yang tipe ini tentu sudah tidak asing lagi. Pernak – pernik untuk pernikahan ataupun bingkisan seminar adalah hal yang umum diberikan. Sekarang ini, kebutuhan kerajinan ini tentu banyak, tapi penyediaannya selalu terbatas. Di setiap kota, biasanya hanya beberapa saja pengusaha kerajinan yang bisa memenuhi hal ini.

Jika masuk ke usaha ini, tentu kamu perlu produk yang baik, unik dan tentunya mudah dibuat menjadi banyak. Kerajinan pesanan banyak ini perlu pemikiran yang baik, karena jika terlalu kompleks, tentu kualitasnya tidak akan seragam saat dibuat banyak. Pilihan yang mudah adalah dengan mencari ide kerajinan dari berbagai website DIY yang ada di internet. Misal saja kerajinan bunga dari plastik bekas ataupun kain perca, adalah contoh yang bisa diambil dengan modal sedikit dan proses pembuatan yang tidak kompleks.

Kerajinan Fandom


Sekarang ini hal – hal seperti film, anime, kartun, drama, idol dan video game tentu memiliki fandom. Ukuran fandom ini tentu akan berbeda – beda, tapi pada umumnya semua menyukai pernak – pernik kerajinan yang berhubungan dengan hal ini.

Kamu bisa coba riset untuk pernak – pernik seperti gantungan kunci, pahatan topeng ataupun sekedar rajutan dengan tema super hero Marvel Avenger. Tentu banyak orang mencari barang kerajinan seperti ini.

Untuk menjual barang copy right seperti ini, kamu bisa coba membuat berdasarkan kemiripan dan tidak mengambil bentuk yang sama persis. Contoh saja seperti fanart dengan style berbeda dari tokoh kartun tertentu.

Dari gambar fanart ini, kamu bisa ambil untuk jadikan gantungan kunci, karena tokohnya tidak terlalu menyerupai tokoh aslinya. Tentu, jika fanart-nya adalah buatan orang lain, kamu perlu izin menggunakannya sebagai barang dagangan. Tapi jika buat fanart sendiri, kamu bebas menjualnya.

Buka Usaha Kuliner


Usaha berikutnya yang sekarang ini sedang hot adalah seputar kuliner. Karena perkembangan teknologi informasi dan jasa karena internet, jualan makanan sekarang bisa dibuat lebih modern dan keren.

Contoh saja, sebelumnya memasarkan jajanan pasar seperti sosis solo ataupun risol mayo, bisa dibuat unik dengan resep tertentu dan dijual melalui sosial media. Untuk pengiriman, jasa seperti GrabFood dan GoFood bisa juga dimanfaatkan.

Dalam usaha kuliner yang sekarang ini populer, kamu bisa fokus pada dua hal, yaitu makanan unik dan makanan challenge. Kedua hal ini menjadi besar karena budaya sharing dan juga pembuatan konten agar menarik perhatian pengguna internet.

Makanan Unik


Makanan unik ini adalah twist yang dihasilkan dari mengrubah resep biasa menjadi lebih unik dan menarik. Tentu perubahan ini tidak bisa asal unik saja, kombinasi rasa dan harga akan mempengaruhi apakah pembeli yang mencoba bisa jadi pelanggan tetap.

Makanan yang bisa dijadikan contoh adalah impossible burger. Burger ini dibuat dengan bahan – bahan kimia dari tumbuhan untuk menkreasikan sensasi makan daging bagi vegetarian. Tentu makanan seperti ini akan mengundang banyak orang mencoba. Tapi bagi yang baru lulus sarjana, hal seperti ini tentu akan sulit tapi ada juga menu yang sederhana tapi tetap unik.

Contoh saja hidangan sederhana seperti martabak telur tapi diberikan twist bumbu ala hidangan luar negeri. Misal dengan daripada menggunakan hanya daun bawang dan daging, kamu bisa gunakan sosis dan bayam. Ataupun menggunakan resep okonomiyaki sebagai inspirasi untuk mengubah style martabak tersebut.

Makanan Challenge


Makanan challenge ini bisa dibilang lebih mudah diwujudkan daripada makanan unik. Tema ini yang sekarang hot adalah tingkat kepedasan dan juga ukuran. Tentu menu special challenge ini adalah sampingan dan kamu hidangkan pada pemesan yang ingin menjawab tantangan.

Tapi pengunjung biasa, tetap akan dilayani dengan menu bentuk standar dari menu tantangan tersebut. Menu tantangan kamu hanya gunakan sebagai pengundang dan bukan menu standar di tempat kamu . Jadi pastikan menu standar kamu tetap enak, tapi juga menu challenge dibuat tetap menarik.


Kesimpulan


Sekian bahasan ide – ide UKM yang bisa sobat kosngosan manfaatkan untuk memulai usaha sendiri sebagai lulusan sarjana baru. Mudah – mudahan hal ini dapat membantu teman teman sekalian. Bagi yang berkenan, silahkan share artikel ini di media sosial kalian dan berikan juga komentar berupa kritik dan saran mengenai pengembangan kosngosan selanjutnya, Terima kasih sudah membaca!
By

0 Response to "Kumpulan Ide Bisnis UKM Kreatif yang Bisa Dimulai Saat Lulus Kuliah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel