Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Media Untuk Mempromosikan Produk Wirausaha

Apa saja media promosi kewirausahaan yang bisa dijadikan alat untuk mengembangkan skala bisnis? Media promosi adalah suatu instrumen yang digunakan untuk memfasilitasi suatu brand, menyebarkan informasi dan menarik pelanggan baru. Media promosi merupakan salah satu dari beberapa faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu produk. Adanya media ini bertujuan untuk mewadahi sebuah brand atau merk tertentu agar dapat dikenal dan tersebar luas serta menarik minat pelanggan.

Untuk mencapai tujuan usaha yang sebenarnya yaitu pengembangan skala bisnis, maka pemilihan media promosi juga tidak bisa sembarangan, mengingat hal ini sangat berpengaruh terhadap berhasil tidaknya suatu kegiatan penjualan nantinya, yang pada akhirnya memberikan keuntungan maksimal.

Saat ini media promosi online juga sedang trend. Karena orang orang sudah banyak menggunakan internet sebagai konsumsi pribadi mereka. Misal saja media sosial seperti facebook atau instagram. Penggunaan smartphone menjadi alat yang tepat untuk menyasar calon konsumen baru, dengan cara beriklan di plaftrom media sosial tersebut.


Contoh Media Promosi Produk Usaha

Media promosi umumnya terdiri dari berbagai macam bentuk yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Beda usaha berbeda pula media promosinya yang tepat. Berikut beberapa media yang dapat dipilih, sesuai yang mimin kosngosan rangkum, serta digunakan untuk mempromosikan produk wirausahamu :

Baca juga : Contoh Kata Promosi Produk WhatsApp


1. Katalog

contoh media promosi produk usaha

Katalog sangat tepat digunakan untuk mempromosikan produk yang jumlahnya cukup banyak dan bervariasi. Katalog umumnya mampu memuat lebih banyak informasi dengan lengkap mengenai deskripsi barang dibandingkan media promosi lain seperti brosur atau flyer. Beberapa informasi yang biasanya dicantumkan dalam katalog meliputi spesifikasi barang, keunggulan dan kelebihan produk, gambar dan juga harga yang ditawarkan.


2. Pamflet

Pamflet merupakan sebuah media promosi yang berbentuk semacam buku kecil (booklet) yang tidak dijilid. Biasanya pamflet terdiri dari satu lembar yang dicetak di kedua permukaannya, namun juga sobat kosngosan kadang bisa melipatnya pada bagian tengahnya sehingga jika dihitung dapat berjumlah sebanyak empat halaman. Pamflet sendiri sifatnya berbeda dengan poster, karena pamflet lebih ditujukan khusus untuk dibaca sedangkan poster cenderung didesain agar dapat tetap mudah dibaca meski dalam kedaaan bergerak.


3. Brosur

Brosur sudah menjadi media promosi yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Di Indonesia, brosur telah dikenal semenjak tahun 1870-an dan umumnya banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan komersil. Bentuk dan isi brosur sendiri umumnya dicetak pada kedua sisi, dan selanjutnya dilipat dengan pola lipatan tertentu sehingga nantinya membentuk sejumlah panel yang terpisah dan dapat dibaca dengan mudah.


4. Booklet

Booklet merupakan salah satu media komunikasi massa berbentuk media cetak. Umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi , larangan – larangan, maupun anjuran yang ditujukan kepada khalayak ramai. Isi dari booklet umumnya menggambarkan beberapa keunggulan dan kelemahan produk yang sobat kosngosan miliki, bentuk barang, dan juga harga yang ditawarkan. Isi booklet juga lebih rinci dan jelas, namun sayangnya agak sulit menyebar ke lingkungan masyarakat karena lebih lama dan terbatas dalam proses penyampaiannya.


5. Sosial Media

Sosial media merupakan sarana dan saluran informasi yang terbentuk secara daring atau online sehingga para user (pengguna) nya dapat lebih mudah berinteraksi dan membagikan informasi. Media promosi menggunakan sosmed umumnya lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan biaya yang banyak bahkan gratis serta lebih mudah karena produk dapat dengan cepat tersebar luas dan dikenal banyak orang. Beberapa contoh sosial media yang bisa kamu gunakan seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, dan masih banyak lagi.


6. Spanduk

Spanduk merupakan salah satu bentuk media informasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk wirausaha. Spanduk umumnya mudah ditemui di tepi – tepi jalan raya atau di warung – warung makan. Spanduk banyak dipilih dan diminati karena biaya pembuatannya yang dikenal cukup murah serta efektif dalam mempromosikan produk tergantung dengan semenarik apa desain spanduk yang dibuat.


7. Kartu Nama

Dalam beberapa tahun belakangan ini, sebenarnya kartu nama agak kurang diminati sebagian masyarakat karena keberadaannya yang dirasa kurang berfaedah. Hal ini disebabkan karena semakin majunya perkembangan teknologi membuat handphone lebih dipilih dan mudah dijangkau dibanding keberadaan kartu nama. 

Namun, bagi seorang pebisnis kartu nama seperti sobat kosngosan, dapat berperan sangat penting karena umumnya digunakan sebagai sarana promosi yang efektif untuk menonjolkan profil diri dan perusahaan yang kadang tidak dapat dijelaskan secara detail hanya dari handphone.


8. Billboard atau Papan Reklame

Billboard atau lebih dikenal dengan papan reklame merupakan salah satu media promosi dengan ukuran yang cukup besar dan umumnya diletakkan di luar ruangan. Billboard juga bisa dikatakan mirip dengan poster karena cenderung diletakkan di tempat tinggi dengan frekuensi yang ramai dan dilalui banyak orang. Reklame umumnya memiliki 2 sifat. Yakni sebagai media untuk memperoleh keuntungan bagi pihak komersial, dan reklame sosial yang semata – mata digunakan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk material.


9. Flash Mob

Flash Mob merupakan gerakan yang dilakukan oleh sekelompok orang asing yang berkumpul secara tiba – tiba di tempat umum dan melakukan hal yang tidak biasa selama beberapa menit kemudian membubarkan diri begitu saja seolah tidak terjadi apa – apa. Flash mob merupakan salah satu media promosi yang dapat dipilih karena sifatnya yang unik dan eksistensinya yang mampu menarik keberadaan banyak orang.


10. Media Cetak

Media cetak tergolong dalam media massa, umumnya berbentuk kertas yang diprinting sehingga nantinya bisa dibaca dan dinikmati dengan mudah oleh banyak orang. Media cetak terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari koran, majalah, booklet dan lain sebagainya. Isi informasi yang ada di dalamnya biasa ditujukan untuk khalayak umum dengan banyak tujuan seperti iklan atau promosi produk, berita terkini atau pesan yang sifatnya persuasif.


11. Ambient

Ambient atau biasa disebut ambient art merupakan salah satu bentuk new media dalam beriklan dan memiliki cara yang berbeda dengan iklan konvensional lain dalam sisi konten maupun unsur yang lainnya. Ambient media cenderung meninggalkan semangat dan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) di hati para pelanggan seperti sobat kosngosan. Pada umumnya ambient art lebih mengangkat pada cara memainkan emosi khalayak dengan sasaran ide – ide lucu (visual), horror, dan bentuk ekspresi yang lainnya agar ikut melibatkan banyak orang di dalamnya.


12. Flyer

Flyer adalah sebutan lain dari brosur , booklet, atau pamflet yang merupakan terbitan tidak berkala dan terdiri dari satu maupun sejumlah kecil halaman yang tidak terkait dengan terbitan lain serta mampu rampung dalam satu kali terbit. 

Halaman flyer biasanya sering dirangkap menjadi satu, baik menggunakan benang, kawat, atau stapler, memiliki cover atau sampul namun tidak dijilid seperti buku pada umumnya. Flyer memuat informasi yang menjelaskan tentang mutu suatu produk, fasilitas, profil perusahaan atau layanan yang sebenarnya ditujukan untuk media beriklan.


13. Banner

Semakin majunya perkembangan teknologi di masa kini membuat digital printing lebih mudah dalam menyusun dan mendesain X-Banner sehingga keberadaanya semakin populer dan dikenal luas oleh masyarakat. X-Banner dihasilkan oleh mesin flexi dengan kualitas yang cukup bagus namun ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Hal ini membuat banner semakin diminati mengingat biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, serta banner juga termasuk alat branding dengan nilai yang sangat baik.


14. Merchandise

Selain beberapa media cetak dan media sosial, merchandise juga dapat menjadi pilihan yang cukup baik untuk digunakan sebagai media promosi. Yang perlu dicatat adalah, kreativitas dan ketepatan segmen pasar adalah kunci utamanya. Beberapa item yang umumnya digunakan sebagai merchandise contohnya seperti : gantungan kunci, tote bag, topi, t-shirt (kaos), buku/notes, bantal, goody bag, mug, calendar, sticker, bolpoin dan masih banyak lagi.


15. Televisi

Televisi merupakan sarana media promosi terakhir yang sifatnya paling banyak menarik pelanggan. Hal ini dikarenakan televisi dapat menampung banyak iklan dari berbagai produk manapun. Namun karena pembuatan iklan di televisi juga memakan waktu yang cukup lama, maka biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal. Selain itu, durasi iklannya juga tidak lama yakni maksimal 1 menit, karena harus bergantian dengan iklan – iklan yang lainnya.

Baca juga : Contoh Caption Instagram untuk Promosi


Bagian Penutup

Media promosi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk baik berupa barang atau jasa. Jadi sebagai pemilik usaha, tidak ada salahnya memberikan media terbaik untuk promosi usaha sobat kosngosan.com. Semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk bisnismu dalam mengembangkan skala usaha menjadi lebih luas lagi. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media mu ya. Terimakasih banyak!

Oleh rezaharahap