Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Halo, sobat kosngosan yang ingin masuk universitas ternama, mesti membaca artikel kali mengenai beberapa alasan mengapa kamu, seorang calon mahasiswa harus memilih jurusan Ekonomi Pembangunan sebagai tempat menuntut ilmumu dan penunjang karier mu ke depannya.

Penting sekali, karena mimin merasa banyak dari anak SMA dan sekolah menengah atas sederajat, sering salah memilih jurusan dan terkesan ikut-ikutan atau paksaan dari orang tua. Parahnya, mereka bahkan tidak melakukan survey dan ada yang masih tidak mengenal sama sekali dan nekad untuk mendaftar.

Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah subilmu dari Ekonomi yang membahas perihal pembangunan yang sudah berjalan, sedang, dan akan dilakukan dalam ruang lingkup negara berkembang

Jurusan ini akan banyak membahas mengenai industri, perbankan, keuangan serta aspek bisnis. Ada juga pembahasan seputar isu perekonomian yang sedang hangat dan kemudian kamu akan disuruh untuk menemukan solusi berbagai persoalan ekonomi sesuai dengan ilmu yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah nantinya.


Kelebihan Jurusan Ekonomi Pembangunan

alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan

Ada banyak sekali kelebihan dari jurusan ini yang bisa kamu dapatkan. Jurusan ini akan membuatmu sebagai perencana pembangunan ekonomi, bekerja di badan perencanaan Daerah atau nasional, bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan Indonesia lho. Berikut alasan menurut kosngosan kenapa kamu harus memilih jurusan ini !

Baca juga : Jurusan Kuliah Terbaru di Masa Depan


1. Berkontribusi dalam Dunia Bisnis Makro

Ilmu economy pembangunan bisa membuat pemilik bisnis dapat mengelola bisnisnya sesuai dengan prinsip-prinsip economy yang ada. Melalui ilmu yang didapatkan di program studi economy pembanguanan, nantinya Kamu dapat menjalankan bisnis secara lebih optimal.

2. Mendapatkan Gaji Tinggi

Dengan prospek kerjanya yang terbilang cerah, tak mengherankan kalau alumni program studi ini dapat mengisi posisi yang cukup penting sehingga dapat mendapatkan gaji yang cukup tinggi, misalnya menjadi search and development atau analis dan konsultan economy.

3. Mudah Dijumpai di Perguruan Tinggi

Program studi economy pembangunan dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Beberapa universitas yang ada program studi economy pembangunan di berbagai PTN dan PTS di seluruh Indonesia

4. Pesaingnya Relatif Sedikit

Bagi Kamu yang saat ini hendak melanjutkan pendidikan di fakultas economy, Kamu pun punya peluang yang lebih besar untuk diterima di program studi economy pembangunan. Dibanding program studi lain di fakultas economy, persaingan program studi economy pembangunan tidak begitu ketat.

5. Alumninya Dibutuhkan di Berbagai Jenis Bisnis

Alasan memilih program studi economy pembangunan yang sering diungkapkan oleh banyak orang adalah karena alumninya banyak dibutuhkan untuk menjalankan peran di berbagai bidang bisnis. Alumni tersebut banyak yang mengemban peran vital dalam usaha

6. Materi yang Fleksibel

Ilmu economy pembangunan adalah ilmu yang fleksibel karena tak hanya dapat diaplikasikan di usaha saja. Kamu juga dapat menggunakan ilmu tersebut untuk membuka bisnis sendiri alias berwirabisnis. Hal ini memudahkan Kamu untuk mengatur serta mengelola modal bisnis. Ilmu economy tersebut juga akan memudahkan pengbisnis dalam menghitung akuntansi dalam mengelola laba dan ruginya. Karena itulah, ilmu economy yang satu ini menjadi sangat aplikatif dan sangat dibutuhkan di berbagai hal.

7. Banyak Diperlukan di Dunia Kerja

Jika Kamu penasaran alumni economy pembangunan kerja apa, maka Kamu harus tahu bahwa saat ini banyak usaha ataupun badan bisnis yang membutuhkan alumni dari program studi economy. Dengan besarnya minat dan kebutuhan akan alumni manajemen membuat prospek kerjanya menjadi semakin besar.

8. Jenjang Karier yang Cerah

Jika Kamu berkuliah di program studi economy pembangunan, maka nantinya Kamu dapat melanjutkan pendidikan economy sampai jenjang doktor. Adanya jenjang profesi yang sesuai entu saja akan menunjang profesionalitas Kamu dalam menjalankan tugas di dunia kerja.

9. Pengaplikasian Ilmu Bisa Digunakan Setiap Waktu

Ilmu economy pembangunan tidak akan pernah lekang oleh waktu. Seiring perkembangan zaman, ilmu economy juga akan ikut berkembang. Ilmu yang Kamu pelajari saat ini akan berguna untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

10. Biaya Kuliah Relatif Terjangkau

Alasan memilih program studi economy pembangunan yang berikutnya adalah biayanya yang terbilang lebih terjangkau dibanding program studi lain, seperti misalnya program studi kedokteran ataupun teknik. Tak dapat dipungkiri, faktor biaya sering kali jadi pertimbangan penting bagi sebagian besar orang.

11. Jadi Tenaga Pengajar

Ternyata ilmu economy pembangunan yang Kamu dapatkan di bangku kuliah tak hanya dapat Kamu gunakan untuk bekerja di usaha saja. Kamu juga dapat memanfaatkan ilmu ini dengan menjadi tenaga pengajar atau dosen.

12. Kurikulum dan silabus yang update

Perguruan tinggi yang memiliki visi untuk menanamkan rasa belajar yang mendalam akan memastikan bahwa sistem dan kurikulum mereka selalu menyesuaikan dengan ketetapan institusi seperti Dikti dan Kemenag. Kecepatan perkembangan ilmu pendidikan yang terjadi di setiap bidang, penting bagi perguruan tinggi untuk terus menyusun dan merevisi silabus dan kurikulum mereka. Jadi, pilihlah kampus yang memiliki silabus dan kurikulum yang update.

13. Kuota beasiswa Mencukupi

Mahasiswa harus memikirkan biaya teknis dan non teknis selama kuliah. Dan faktor beasiswa adalah menjadi hal penting untukmu memilih suatu kampus. Kamu bisa mengambil jurusan yang memiliki kuota beasiswa dari kampus ternama, walaupun membuthukan biaya yang cukup maha, mungkin bila kamu beruntung kamubisa mendapatkan beasiswa yang akan membantumu untuk kamu yang memenuhi syarat.

14. Akreditasi Terbaik

Prodi Ekonomi Pembangunan Relatif memiliki akreditasi yang baik, hal ini menyiratkan bahwa institusi pendidikan tersebut telah diakui oleh otoritas resmi yang menangani kualitas pendidikan disuatu negara, misalnya BAN PT bila di Indonesia. Hal ini sangat penting, karena bila kamu kuliah di perguruan tinggi yang tidak terakreditasi, gelar yang kamu dapatkan tersebut tidak akan memiliki nilai dalam hal penempatan kerja, dan juga untuk studi lebih lanjut.

15. Perbandingan antara Jumlah mahasiswa dan guru besar

Sebenarnya ini hanya teoritis saja, bahwa jumlah profesor akan memberikan akreditasi lebih baik terhadap suatu kampus. Begitu juga jumlah mahasiswanya. Memilih untuk kuliah dimana perbandingan mahasiswa-profesor yang optimal memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan profesor dengan baik dan belajar secara efisien.

16. Magang dan penempatan kerja

Kamu juga harus mempertimbangkan dimana mahasiswa di perguruan tinggi tersebut ditempatkan ketika magang, serta institusi atau perusahaan apa saja yang sering merekrut mahasiswanya. Ini akan memberi gambaran tentang kualitas keseluruhan siswa yang lulus dari kampus tersebut. Beberapa perguruan tinggi memiliki program studi komprehensif yang memungkinkan mereka mendapatkan penempatan kerja yang baik atau yang sering kita sebut program ikatan dinas.

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah S2


Kata Penutup

Jurusan ini memang begitu menjadi primadona, namun jangan salah untuk menentukan apakah sebenarnya passionmu di jurusan ini atau tidak. Percuma nanti kalau kamu paksakan. Demikian artikel mengenai Ini Alasan Mahasiswa Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan di Perguruan Tinggi atau Universitas.

Mimin berharap supaya kamu yang masuk universitas adalah benar benar murni karena keinginanmu untuk belajar dan lebih baik, bukan karekan ikut-ikutan atau paksaan. Jangan lupa mengunjungi kosngosan bila kalian sudah diterima menjadi mahasiswa nanti ya, gaes!

Oleh rezaharahap